29.4 C
Padang
Minggu, April 18, 2021
Beritasumbar.com

Sebulan, Dua Novel Diluncurkan di Kampus UNP
S

Kategori -

Padang, Sumatera Barat – Sebulan, dua novel diluncurkan di kampus Universitas Negeri Padang (UNP), Sumatera Barat. Itu menandakan, kampus terbesar di jantung kota Padang itu memiliki potensi penulis muda kreatif dan produktif di bidang kepenulisan.

Pekan lalu, di aula Fakultas Teknik, novel “Kamu Itu Subhanallah” karya Nova Eka Putri (Mahasiswi Jurusan Biologi F-MIPA) diluncurkan dan didiskusikan. Pembicaranya, Muhammad Subhan (Penulis & Pegiat Forum Aktif Menulis Indonesia) dan Boy Chandra (Novelis). Acara itu dihadiri 200-an peserta.

Sementara Ahad (24/05/2015), di Teater Tertutup FBS, novel “Di Bawah Langit Dua Benua” karya Rofiq L Hayat (Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni) juga diluncurkan. Usai peluncuran, buku itu dibedah dan didiskusikan oleh Muhammad Subhan (Penulis & Pegiat Forum Aktif Menulis Indonesia) dan Alizar Tanjung (Penulis & Pegiat Rumahkayu). Sebanyak 250-an peserta menghadiri acara itu.

Pembantu Dekan III FBS UNP, Esi Maestro, M.Sn., yang secara resmi meluncurkan novel “Di Bawah Langit Dua Benua” memberikan apresiasi atas terbitnya buku karya mahasiswa FBS. “Sudah sepatutnya, dari FBS, lahir penulis-penulis fiksi yang mengharumkan nama UNP dan dapat memotivasi mahasiswa lainnya ikut berkarya,” kata Esi Maestro.

Pembahas novel itu, Muhammad Subhan, mengatakan, novel “Di Bawah Lagit Dua Dunia” memiliki kekayaan diksi dan kekuatan deskripsi. Penulisnya cukup detail menulis objek-objek sejarah di negara-negara yang dikunjungi para tokoh cerita. Itu menandakan penulis telah melakukan riset sebelum novel itu ditulis.

“Meski kekurangan tetap ada, terutama soal editing dan logika cerita di beberapa bab, namun novel ini mengundang penasaran pembaca dan endingnya mengejutkan,” kata Muhammad Subhan.

Sedangkan menurut Alizar Tanjung, novel “Di Bawah Langit Dua Benua” berpeluang digarap lebih mendalam lagi. “Ide ceritanya bagus, tapi ada beberapa bagian cerita yang perlu dibaca ulang dan dieksploitisir sehingga akan lebih menarik,” kata penyair asal Solok yang menulis novel “Anak-Anak Karangsadah” dan dalam proses terbit.

Novel Petualangan

Novel “Di Bawah Langit Dua Benua” merupakan karya fiksi fantasi bertema cinta dan petualangan. Hendra (tokoh utama) kuliah di London dan melakukan perjalanan keliling Eropa bersama temannya asal Jepang, Yuki. Di Paris, Hendra bertemu Emma, adik temannya semasa kuliah, yang menyukai Hendra, lalu menulis nama mereka berdua di Jembatan Cinta, namun Hendra hanya menanggap Emma sebatas teman.

Di perjalanan lain, Hendra bertemu Aisyah asal Indonesia, seorang muslimah yang menyukai fotografi. Diam-diam Hendra menyukai Aisyah, sebaliknya, Aisyah juga menyukai Hendra, namun tidak ada dialog cinta di antara keduanya. Hendra menelepon ibunya di Payakumbuh menyampaikan bahwa dia jatuh cinta dengan Aisyah, tapi ibunya tidak setuju. Ibu Hendra menginginkan putranya itu pulang dan menikahi Nur, gadis pilihan ibunya di Payakumbuh.

Di Albania, bus yang dikendarai Hendra dan Yuki dibajak mafia internasional. Seluruh penumpang disekap dan perempuan-perempuannya akan dijadikan pelacur. Mafia Albania terlibat aksi perdagangan manusia.

Dibantu Paman Ali, seorang Afrika yang tinggal di Istambul, Hendra dan Yuki tiba-tiba menjadi ‘super hero’ sebab mampu menggagalkan aksi para mafia yang akan memperdagangkan mereka. Yuki yang ahli sistem komputer berhasil mengendalikan kapal, begitupun Hendra tiba-tiba mampu beladiri bersama penumpang laki-laki lalu membunuh dan menangkap puluhan mafia Albania yang dikenal kejam dan sadis.

Mafia yang berhasil dikalahkan itu akhirnya diproses hukum di Albania. Sementara Hendra dan Yuki melanjutkan perjalanan ke Istambul. Karena kehilangan uang dan surat-surat berharga, Paman Ali membantu keuangan Hendra dan Yuki, lalu Yuki mengajak Hendra ke Jepang.

Di Tokyo, iman Hendra diuji. Ia bertemu Harumi, gadis Jepang yang cantik dan berniat berbuat mesum dengan Hendra, tapi Hendra menolak. Hendra tersinggung atas sikap Harumi lalu memutuskan pulang ke Payakumbuh.

Di Payakumbuh Hendra menikmati kembali kehidupan normalnya sebagai orang Minang. Namun, suatu hari, tiba-tiba Yuki dan Harumi datang ke Payakumbuh. Hendra terkejut. Rupanya, kedatangan Harumi dan Yuki untuk meminta maaf atas sikap Harumi sewaktu di Jepang. Selain itu, Yuki dan Harumi memutuskan menjadi muslim/muslimah setelah membaca Alquran Surat Al-Mujadalah ayat 7 yang menjadi kata sandi dalam surat Hendra ke Yuki sebelum meninggalkan Jepang.

Pada kesempatan itu, Yuki menyampaikan niat Harumi ingin menjadi istri Hendra, karena keteguhan iman Hendra yang tidak mudah tergoda dengan perempuan yang belum halal baginya. Hendra menerima Harumi menjadi istrinya dan berencana kembali ke Jepang untuk bekerja di sana.

Di titik ini, awalnya pembaca menduga Hendra akan menikah dengan Aisyah, gadis muslimah yang ia temui di Zurich dalam sebuah perjalanan ke Istambul sebelum menjadi korban mafia. Atau menikah dengan Nur, gadis sekampung pilihan ibunya. Sangat mengejutkan ketika akhirnya Hendra menikahi Harumi dengan alasan gadis Jepang itu telah menjadi muslimah. (rel)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Luncurkan Program Lumbung Air Wakaf, Wako Payakumbuh Apresiasi ACT

Payakumbuh, beritasumbar.com - Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan program Lumbung Air Wakaf di Halaman PT. Multi Rezeki Selaras, di Kelurahan Padang Data Tanah Mati, Kecamatan...
- Advertisement -

Bupati Padang Pariaman Kukuhkan H. Mahyudin Putra Minang, SE Cs Jadi Koordinator Pengurus Ranah dan Rantau Secara Nasional

JAKARTA - Ranah dan Rantau harus bersinergi untuk kemajuan kampung halaman. Acara Silaturahmi Ranah dan Rantau dengan Pemkab Padang Pariaman dilaksanakan di Hotel Balairung, Matraman, Jakarta pada Sabtu malam (10-04-2021)

Etika Politik Koalisi PKS dan PAN Dalam Menentukan Wakil Walikota Padang

Kota Padang sudah resmi memiliki walikota. Sejak dilantiknya Hendri Septa pada tanggal 7 April 2021. Dimana sebelumnya Hendri Septa menjabat sebagai wakil walikota dan selanjutnya pelaksana tugas Walikota Padang. Posisi tersebut ditempatinya untuk mengisi kekosongan setelah Buya Mahyeldi Ansharullah dilantik sebagai Gubernur Sumbar.
- Advertisement -

Untuk Pertama Kali, School Of Randang Digelar di Kota Payakumbuh

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,— Agar dapat mengenalkan dan melestarikan kearifan lokal masakan tradisional ranah Minang dalam memasak Randang, Dinas Tenaga Kerja dan Industri melalui UPTD Sentra Randang kota Payakumbuh laksanakan kegiatan School of Randang yang berlangsung di dapur utama sentra rendang IKM kota Payakumbuh, Senin (12/4/2021).

Polres Pessel tangkap 5 orang Penyalahgunaan Narkoba

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Selama operasi antik 2021 digelar, tim dari satreskrim Polres Pesisir Selatan ungkap 5 kasus narkoba. Hasil ini disampaikan Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo. S.IK.MM melalui Kasat Narkoba Polres Pessel AKP. Hidup Mulia, SH.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Startup Milenial Bekerja Membangun Negeri: Pelatihan Gratis Digital Marketing dengan Instagram untuk KUMKM se-Indonesia

Startup digital agency Dig.It.All untuk keseskian kalinya kembali berkontribusi dalam pengembangan kapasitas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menegah (KUMKM) yang sedang berupaya melakukan transformasi, dari bisnis tradisional brick and mortar menjadi bisnis yang mampu memanfaatkan peluang dari geliat pertumbuhan pasar online.

BNPT Gandeng Pemuka Agama untuk Cegah Pengaruh Radikal Terorisme pada Generasi Milenial

Generasi milenial sangat rentan terpengaruh pada paham radikal terorisme yang menjadi misi bagi organisasi terlarang dunia, seperti ISIS dan Wahabi. Guna mencegah hal tersebut, Deputi Bidang Pencegahan Perlindungan dan Deradikalisasi - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bekerjasama dengan Yayasan Harmoni Pemersatu Bangsa menggelar Dialog Kebangsaan dengan tema ‘Kebhinekaan Penyelamat Bangsa’, pada Jumat malam (9/4/2021) di Taman Miniatur 99 Masjid Dunia, Desa Pasir Madang, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Munas IV Akbarindo Canangkan Profesionalisme Masyarakat Jasa Konstruksi untuk Pembangunan Indonesia

Sebagai upaya untuk meningkatkan profesionalisme masyarakat jasa konstruksi dalam mewujudkan pembangunan Indonesia, Asosiasi Kontraktor Bangunan Konstruksi Indonesia (Akbarindo) mengadakan Musyawarah Nasional (Munas) IV pada Kamis, 8 April 2020 di Hotel Ambhara, Kebayoran Baru, Jakarta.

BNPT: Perkuat Sinergi Antar Lembaga Untuk Cegah Terorisme

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar Rapat Koordinasi dalam Rangka Penandatanganan Dokumen Kesepakatan Rencana Aksi Kementerian/Lembaga Dalam Program Penanggulangan Terorisme di Wilayah Provinsi Sulawesi Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Jawa Barat, dan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021 pada Kamis, 8 April 2021 di Hotel Pullman, Jakarta.

Ridwan Kamil Tepati Janji, Hadiah Motor Buat THL Pemko Payakumbuh Akhirnya Datang

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menepati janjinya kepada salahsatu Tenaga Harian Lepas (THL) Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh, Adi Ironi.

Alodokter– Alomedika Berkalaborasi Dengan Dinkes, Puslatkesda, Dan IDI Dukung Percepatan Program Vaksinasi Dengan Pelatihan Vaksinator Terbesar Di Indonesia

Jakarta, - ALODOKTER, platform kesehatan digital no.1 di Indonesia, berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes), Pusat Pelatihan Kesehatan Daerah (Puslatkesda), dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk mengadakan pelatihan vaksinator massal. Pelatihan ini menargetkan lebih dari 10.000 tenaga kesehatan untuk berpartisipasi dan mendapatkan sertifikasi vaksinator COVID 19.

TERKAIT INSIDEN MABES POLRI, Ketum PB Perbakin ; Pelaku Bukan Anggota dan KTA Tersebut Palsu !

JAKARTA | Ditemukan sejenis KTA Perbakin dari terduga pelaku penyerangan MABES POLRI pada Rabu 31/03 siang kemarin yang menjadi pemberitaan pada media massa mendapat klarifikasi dari Ketua Umum PB Perbakin Letnan Jenderal TNI Joni Supriyanto.

DPRD Lima Puluh Kota Dorong Pemda Tangkap Peluang Ekonomi Yang Ditawarkan Gubernur Jawa Barat

Lima Puluh Kota,  - Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mengambil peluang ekonomi yang ditawarkan Gubernur...

Kunjungi Payakumbuh, Ridwan Kamil Buka Peluang Pemasaran Produk UMKM-Pertanian Luak Limopuluh Di Jabar

Payakumbuh, beritasumbar.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membuka peluang untuk pemasaran hasil produk Usaha Mikro, Kecil dan menengah (UMKM) serta pertanian dari Kota...

Bea Serendy Garap Videoklip Lagu Romantis Karya AM. Kuncoro, Sampai Matahari Berhenti Bersinar

Bea Serendy akan meramaikan dunia musik Indonesia dengan single solo perdananya yang berjudul ‘Sampai Matahari Berhenti Bersinar’, setelah sukses merilis lagu duet bersama Alex Yunggun, kakak kandungnya. Penyanyi cantik tersebut menjalani syuting videoklipnya pada Jumat 26 Maret 2021 di Yogyakarta.
- Advertisement -