29 C
Padang
Selasa, Mei 11, 2021
Beritasumbar.com

Sambut Tahun Baru 2015 SWADANA, WARGA KOTA NIKMATI PESTA KEMBANG API
S

Kategori -

Meski tampil sendiri-sendiri atau dalam bentuk kelompok kecil, tapi pesta kembang api  yang dibiayai sendiri (swadana)  oleh masyarakat, terasa cukup menarik dan mengasikkan. Puluhan ribu warga kota, dan dari sejumlah pedesaan Kabupaten Limapuluh Kota,   Tanah Datar serta Agam, memenuhi jalan utama di  jantung kota Payakumbuh. Semuanya larut dengan kegembiraan, menyambut datangnya Tahun Baru 2015, Kamis (1/1) malam.

Tak ada yang mengomandoi, tepat pukul 00.00 WIB, serentak kembang api yang berada di tangan pengunjung, saling berpacu, terbang ke udara. Langit Payakumbuh, tepatnya di sepanjang Jalan Sudirman dari Simpang Benteng hingga Tugu Adipura, begitu di Jalan Sukarno-Hatta hingga pusat pertokoan di eks stasiun Parit Rantang serta di Jalan A. Yani hingga Jembatan Ratapan Ibu, yang tadinya gelap berubah terang berwana-warni, dihiasi  ratusan kembang api. Bunyi sirene dan terompet  bersahutan menyambut Tahun Baru 2015.

Pemandangan tersebut bagi warga yang sejak pukul 22.00 WIB sudah menumpuk di pusat kota, sebuah hiburan yang sulit terlupakan.  Tidak hanya didominasi kaum remaja, tapi juga dinikmati balita hingga kakek-nenek lanjut usia. Malahan, sejumlah keluarga ada yang menggelar tikar di kawasan taman di depan Kantor PT Pos Payakumbuh, menanti datangnya malam  old and new . Meski hanya berlangsung selama 20 menit, tapi warga tampak cukup  terhibur.

 “Saya datang dari Suliki,  hanya untuk menikmati pesta kembang api, menanti Tahun Baru 2015,” ucap Pak Zulkarnain yang membawa isteri, anak menantu serta cucunya bersama kendaraan pickup terbuka.

Menumpuknya masyarakat menikmati suasana malam penggantian tahun di Payakumbuh, juga sangat menguntungkan bagi pedagang kaliner malam, anggota Asosiasi Pedagang Kaki Lima (APKL) Payakumbuh. Ketua APKL H. Nusyirwan, mengaku omset seluruh anggotanya naik tajam mencapai 125%.  Pedagang musiman, terompet dan kembang api, juga mengaku mengeruk keuntungan cukup lumayan pada malam itu. “Alhamdulillah, seluruh kembang api yang saya miliki ludes terjual,” aku Ibrahim, 39 th, ayah 2 anak ini.

Kapolresta Payakumbuh AKBP Yuliani, SH, ketika dihubungi, mengaku cukup senang dan lega, dengan suasana kota yang kondusif  sepanjang malam penggantian tahun itu. “Kita lega, suasana kota aman dan  terkendali. Kecelakaan lalulintas pun tak terjadi, meski ribuan sepeda motor dan kendaraan roda empat memadati jalan raya ” aku kapolresta.

Malam itu, Polresta Payakumbuh menurunkan 500 lebih personil serta dibantu anggota Satpol PP Payakumbuh untuk berjaga. Sementara itu, Dishubkominfo juga menurunkan petugasnya, menertibkan lalulintas.  Selain itu, anggota Tim 7 dibawah pimpinan Kasatpol PP Fauzi Firaus, SP, juga ikut berpatroli mengamankan kota ini dari gangguan yang tak diingini.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi yang dihubungi,  juga mengaku plong, dengan kondusifnya suasana kota ini. “Saya mendapat laporan, suasana kota sepanjang malam tahun baru, sangat kondusif. Warga benar-benar menikmati malam penggantian tahun, meski pemko tidak menggelar acara  malam tahun baru,” katanya.

Di bagian lain, Walikota Riza Falepi, mengajak masyarakat mamaknai arti penggantian tahun itu, dengan perubahan kehidupan ke arah lebih baik ke depan. “Mari kita tingkatkan kebersamaan, semangat persatuan dan kesatuan. Kita tingkatkan semangat   kerja, koordinasi, integrasi, simplikasi dan sinkronisasi untuk menuju Payakumbuh yang maju dan relegi,” ucap  Riza.

Suasana menyambut tahun baru di Payakumbuh, tampak semarak  dimana-mana. Disetiap sudut kota, kecamatan dan kelurahan, saling menggelar hiburan. Ada yang menggelar  orgen tunggal atau meski dengan fasilitas terbatas berupa tape recorder dan membakar ban bekas.

Manajemen Ramayana Plaza, juga menyajikan musik live, di teras depan, selain ikut berpesta kembang api. Sementara itu, sebagian warga juga tampak membakar ayam, membakar jagung buat santapan bersama, melawan udara dingin.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Gandeng Pokdarkantibmas, Polres Pariaman Berbagi Takjil dan Masker

Pariaman, beritasumbar.com. Polres Pariaman bergandengan dengan Lembaga Pokdarkantibmas melakukan pembagian Takjil & Masker kepada pengendara yang melintasi ruas jalan di Depan Mapolres Pariaman, Sabtu 8/5/21.
- Advertisement -

Operasi Ketupat Singgalang 2021 Dimulai, Genius Pimpin Apel Pasukan

Pariaman.beritaSumbar.com,- Sepekan jelang pelaksanaan hari raya Idul Fitri 1442 H Tahun 2021, Polres Pariaman laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Singgalang 2021 di Halaman Mapolres Pariaman, Rabu (5/5/2021).

Roda Ekonomi Bukittinggi Mulai Bergerak

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Daya beli masyarakat di pasar kota Bukittinggi, berangsur-angsur mulai membaik, namun suasana perdagangan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19. Seperti terlihat di Pasar...
- Advertisement -

Kapolres Pessel Sampaikan Pesan anggotanya Jaga Kesehatan

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,- Dalam kunjungan itu, Kapolres Pessel melihat situasi pos pelayanan tersebut. Dan, juga kesiapan anggota, termasuk sarana juga prasrana di pos pelayanan.

Tujuh OPD Kota Padang Panjang Peroleh Hak Akses Data Perseorangan Penduduk

Padang Panjang, beritasumbar.com - Sebanyak tujuh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang telah memperoleh hak akses terhadap data perseorangan penduduk. "Ini...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Jelang Idul Fitri, Gema Sehat Juken BKKBN Sumbar Bagi-Bagi Sembako untuk Kaum Dhuafa di Padang

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Persatuan Juang Kencana Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Sumatera Barat (Juken BKKBN Sumbar) melalui Gerakan Amal Sedekah Harian Anggota (Gema Sehat) mendistribusikan paket sembako kepada warga dhuafa di Kota Padang, pada Kamis (6/5/2021).

Serahkan 100 Paket Sembako Untuk Petugas Kebersihan, Wabup Sijunjung: Terima Kasih Emersia Grup

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung Iradatillah menyerahkan 100 paket sembako bantuan Emersia Grup untuk petugas kebersihan yang ada di Lingkungan Pemkab Sijunjung. Penyerahan paket...

Tujuh OPD Kota Padang Panjang Peroleh Hak Akses Data Perseorangan Penduduk

Padang Panjang, beritasumbar.com - Sebanyak tujuh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang telah memperoleh hak akses terhadap data perseorangan penduduk. "Ini...

Bupati Sijunjung Imbau ASN Hingga Masyarakat Salurkan Zakat Lewat Baznas

Sijunjung, beritasumbar.com - Bupati Sijunjung Beny Dwifa Yuswir mengimbau para Aparatur Sipil Negara (ASN), pegawai BUMN, BUMD di daerah itu supaya menyerahkan zakat kepada  Baznas...

Anggota DPR RI Rezka Oktoberia Tampung Aspirasi, Warga Minta Akses Penghubung Bukik Limbuku-Payobasuang

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Sejumlah tokoh masyarakat Nagari Bukik Limbuku, Kecamatan Harau, Lima Puluh Kota menyampaikan aspirasi kepada anggota DPR RI, Rezka Oktoberia...

Peduli Petani, Pemkab Sijunjung Beri Bantuan 173 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Sebanyak 173 unit alat mesin pertanian (alsintan) diserahkan kepada kelompok tani di Kabupaten Sijunjung guna meningkatkan produktivitas pertanian di daerah tersebut. Alsintan itu...

Padang Pariaman Bantu Alsintan Untuk 22 Kelompok Tani

Pariaman, beritasumbar.com - Dalam rangka meningkatkan produktifitas para petani, Pemkab Kabupaten Padang Pariaman memberikan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan). Penyerahan bantuan alat pertanian kepada 20...

Shelia Band, Anak Petani Bawang di Alahan Panjang Rilis Lagu Satu Cinta

Anak-anak petani bawang di Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat mendirikan grup musik bernama Shelia Band. Meskipun berada di daerah minim fasilitas bermusik, tak jadi kendala bagi mereka untuk berkarya. Terbukti dengan peluncuran single perdana mereka yang berjudul Satu Cinta, dirilis pada Selasa, 27 April 2021 di channel Youtube Trinswara Record.

DEMA STAIDA Payakumbuh Gelar Aksi Sosial-Edukasi Dengan Anak Yatim

Payakumbuh, beritasumbar.com - DEMA STAIDA Payakumbuh atau yang dulu dikenal dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) langsungkan kegiatan Daurah Tahfizh Juz 30 di Panti Asuhan Muhammadiyah...

Lewat Safari Ramadhan, Padang Pariaman Jalin Silaturrami-Sosialisasikan Program Pemerintah Ke Masyarakat

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Tim Safari Ramadhan Pemkab Padang Pariaman pada Rabu, (21/4) serentak berakhir melakukan kunjungan ke masjid atau musholla untuk melaksanakan Qiamuramadhan selama...
- Advertisement -