28.4 C
Padang
Rabu, Agustus 4, 2021
Beritasumbar.com

“Rusak Otak Lantaran Kecanggihan Teknologi”

Kategori -

BeritaSumbar.com,-Otak merupakan salah satu organ tubuh yang berperan sangat penting dalam pemrosesan informasi. Otak manusia mencapai 2% dari keseluruhan berat tubuh, mengkonsumsi 25% oksigen dan menerima 1,5% curah jantung (Astuti, 2014). Walaupun otak hanyalah suatu benda berukuran kecil dimana strukturnya lunak sperti tahu, beratnya hanya sekitar tiga pon, namun kemampuannya dalam memproses informasi seolah tak terbatas (Solso, 2007).

Korteks serebral yang terdiri dari lobus-lobus memiliki peran penting dalam kinerja otak. Nah bagi pecandu game, fungsi inilah yang terganggu. Tidak hanya fugsi otak yang terganggu, namun kecanduan game juga bisa merubah perilaku. Karena dalam bermain game online, anak akan sangat meresapi seakan-akan itu nyata baginya. Dapat dilihat anak-anak maupun remaja yang kecanduan game akan bertingkah sesuai game online yang di mainkannya seakan-akan otaknya berpindah ke game atau mungkin barangkali game-lah yang menjadi otaknya beperilaku. Apakah mereka tidak sadar bahwa telah menghabiskan waktu berjam-jam untuk bermain game? Sehingga melupakan apa yang ada disekitarnya dan malah terperangkap di dalam zona gamenya. Handayani, Nita.dkk (2017) dalam penelitiannya pengaruh game kekerasan terhadap aktivitas otak anak melalui pemetaan sinyal otak (Brain Mapping) menggunakan Wireless EEG , memaparkan bahwa pada saat bermain game, frekuensi gelombang dhelta dan theta meningkat terutama pada bagian frontal. Daya gelombang alpha mengalami penurunan sedangkan gelombang beta mengalami peningkatan pada saat bermain game. Hal ini mengindikasikan bahwa orang akan mengalami beban mental dan berada pada kondisi stres saat bermain game, terutama game yang mengandung unsur kekerasan. Penelitian yang dilakukan dengan pemeriksaan MRI (Magnetic Resonance Imaging) pada otak pecandu game, terlihat adanya perubahan struktur dendrit sel-sel di otak yang dapat mengakibatkan masalah pada pengontrolan tingkah laku dimana struktur otak ini biasanya ditemukan pada pasien Skizofrenia, Syndrom Down, Autisme, dan orang yang kontrol impulsnya buruk.

Secara tampak, bermain game selama berjam-jam dapat merusak mata, karena terlalu lama menatap layar hp atau komputer untuk bermain game online yang memiliki radiasi cahaya resolusi tinggi. Jari-jari yang selalu aktif menekan tombol dapat berpengaruh buruk bagi saraf. Bermain game dalam jangka waktu yang lama dan secara terus menerus dapat menyebabkan otak tidak cukup istirahat sehingga menimbulkan gangguan emosi dan stress bahkan sampai ke tahap akut ada yang berujung kematian karena organ-organ yang seharusnya ostirahat terus-terusan dipaksakan untuk bermain game. dikutip dari kompas.com Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO ) Resmi menyetujui kecanduan game atau game disorder sebagai penyakit peralihan mental, WHO memasukkannya ke daftar “gangguan karena perilaku adiktif” atau penyakit yang disebabkan oleh kebiasaan atau kecanduan.

Pada dasarnya, setiap perkembangan teknologi selalu memberikan dampak positif bagi yang bijak dalam pemakaiannya. Tak bisa dipungkiri, bermain online pun sebenarnya bisa mengasah otak dan kemampuan menganalisis anak jika masih dalam kadar yang semestinya. Game online akan senantiasa memberikan pengaruh positifnya melalui kontrol yang baik khususnya dari orang tua.  Bagaimana tidak, orang tua banyak menginginkan yang isntan sehingga cenderung mengabaikan dampak yang akan ditimbulkan setelah itu. Misalnya memberikan hp saat anak sedang menangis dengan memperlihatkan fitur-fitur yang menaik bagi anak. Maka secara tidak langsung orang tua sedang menanamkan kepada otak anak bahwa dengan menangis anak akan bisa bermain dengan fitur tersebut yang disalurkan melalui hp. Akhirnya setiap anak terbiasa dengan hal tersebut dan menjadikan tangisan sebagai tameng untuknya bermain. Itu sebabnya perlu pengawasan ketat dari orang tua terhadap anak. Alih-alih memberikan hp saat menangis, mungkin menghibur dengan cara lain bisa dilakukan seperti bermain bongkar-pasang yang bisa meningkatkan kreativitas, cara berpikir dan pemecahan masalah anak.

Tentu tidak harus bermain game dahulu bukan untuk mengajarkan anak berkreativitas? Jika anak sudah memasuki tahapan usia sekolah, artinya orang tua harus lebih tegas dalam memberikan batasan-batasan waktu anak dalam bermain game sehingga dapat meminimalisir dampak-dampak negatif dari penggunaan hp terhadap anak. Sulit merubah anak saat kecanduan game, namun mudah mengotrol anak saat masih belum mencapai ke tahap candu. Dengan memberikan batasan-batasan waktu, dan selalu memantau atau pun mendampingi anak adalah cara sederhana agar anak tidak kecanduan game sehingga anak tidak terkategorikan gila karena sudah kecanduan. Orang tua yang tegas dan pandai dalam mengalokasikan kemajuan teknologi adalah rumah bagi anak-anak yang siap menjadi pilar kebanggan negeri bukan malah menjadi budak teknologi.

penulis: Dini Marianty


Semester III Prodi Psikologi Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama-Agama Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Tim KKN UNRI Berinovasi, Batu Payuang Pakai Rambu Rambu Penunjuk Jalan

Limapuluh Kota, BeritaSumbar.com,-Kuliah kerja nyata (KKN) merupakan suatu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia. Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu hingga dua bulan yang bertempat di daerah setingkat desa.
- Advertisement -

Jadi Lokus Studi Tiru, GTP UIakan Kembali Dikunjungi Pokdarwis se Kabupaten Sijunjung.

Padang Pariaman, beritasumbar.com.,-Nagari Ulakan melalui potensi kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park (GTP) yang dimiliki, kembali menjadi pusat perhatian. Hal itu dibuktikan, dengan adanya kunjungan Studi Tiru ke destinasi wisata ini, yang digagas oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat. Dalam kesempatan kali ini, Dinas Pariwisata Provinsi selaku penyelenggara Pelatihan Sadar Wisata di Kabupaten Sijunjung memboyong seluruh peserta untuk melakukan Studi Tiru ke kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park di Nagari Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakih Kabupaten Padang, pada Selasa (27/7).

8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru

Cerita Berseri, Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 4/1000 cerita “8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru” Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Sebutan 8...
- Advertisement -

Kakankemenag Padang Panjang Lantik Emi Ratna Aprilana Sebagai Kasi Penmad

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang Drs. H. Gusman Piliang, MM lansung pimpin Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Kepala Seksi Pendidikan Madrasah pada Kantor Kementerian Agama Kota Padang, Senin (02/08/2021)

Qori Lestari Semangati Masyarakat Jalani PPKM Lewat Rilis Lagu Jangan Menyerah

Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat Qori Lestari tersentuh dan terinspirasi menulis lagu Jangan Menyerah. Dokter cantik asal Kota Bandung tersebut ingin menyemangati masyarakat Indonesia dalam menjalaninya.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Kuliah Daring, Belajar Sambil Bekerja Di Masa Pandemi

Penerapan Kuliah Daring berawal sejak pandemi Covid-19 pada bulan Maret tahun 2020 di Indonesia, dimana segala aktivitas perkuliahan di lakukan melalui Program Daring, adapun beragam fitur media sosial di gunakan untuk bertatap muka guna kegiatan tersebut antara lain ; Zoom Meeting, Google Meet, WAG, E-Learning,serta aplikasi media lainnya.

Mengenal Politik Praktis & Pragmatisme

Dalam praktik perebutan maupun mempertahankan sebuah kekuasaan Politik Praktis dan Pragmatisme seolah menjadi dua hal yang sulit dipisahkan, khususnya di negara Demokrasi seperti Indonesia.

Filosofi Lidi

Dari filosofi pohon kelapa yang sangat banyak manfaatnya, bahkan hampir seluruh bagian tanaman kelapa tersebut memberi manfaat untuk kehidupan manusia. Manusia sebagai makhluk yang paling sempurna tentu seharusnya juga memberi manfaat dan berperan menjaga bumi dan lingkungan setelah mengambil manfaat untuk kehidupan. Sesuai juga dengan perintah Tuhan dalam ajaran agama bahwa tujuan Tuhan menurun-kan manusia ke muka bumi ini adalah untuk beribadah dan berbuat yang bermanfaat.

Raih Keridhaan Allah melalui Etos Kerja

Dalam Manajemen Pendidikan Islam, etos kerja (semangat/motivasi kerja) dilandasi oleh semangat beribadah kepada Allah Swt. Maksudnya, bekerja tidak sekedar memenuhi kebutuhan duniawi melainkan juga sebagai pengabdian kepada Allah Swt,

Rugi Rasa Untung

Apakah beberapa fenomena terbalik yang terjadi ditengah masyarakat bangsa ini atau mungkin juga ditengah masyarakat dunia adalah pertanda bahwa kiamat sudah dekat ? Wallahu a’lam bishawab hanya Allah pencipta langit dan bumi yang tahu persis.

Mengatur Konflik dengan Teknik Mind Mapping

Konflik. Ketika kita mendengar kata itu, kebanyakan orang akan membayangkan seperti perang, rusuh, gontok-gontokan, atau orang yang berkelahi antarkampung. Tidak, sebenarnya konflik bisa dimulai dari sesuatu yang kecil. Kalau menurut psikologi, konflik itu bisa dimulai dari ketika kita merasa ada perbedaan, entah perbedaan pendapat atau perasaan tentang sesuatu hal.

DPW PTPI Sumbar Buka Bimbel & Bimtes CPNS 2021 Online

Dewan Pimpinan Wilayah Perkumpulan Trainer Profesional Indonesia Wilayah Sumatera Barat (DPW PTPI Sumbar) resmi membuka kegiatan Bimbingan Belajar (BIMBEL) dan Bimbingan Test CPNS 2021...

BUMN Berburu di Kebun Binatang

Sangat menarik menyimak perjalanan PT POS Indonesia sebuah perusahaan BUMN yang pionir dalam bidang jasa pengiriman barang dan serta pengiriman uang dalam bentuk wesel.

Kita Pancasila

Bangsa yang besar adalah bangsa yang memiliki komitmen dan memahami buah pemikiran dan cara pandang hidup yang disarikan para pendiri bangsa. Mereka telah membuat rumusan atau intisari yang digali dari jiwa bangsa ini, dari ruh bangsa ini, dari sikap hidup bangsa ini, yang berbhineka dan penuh nilai-nilai luhur.

Menanamkan Pendidikan Karakter Kepada Anak Sejak Dini

Pendidikan karakter memiliki peranan penting dalam dunia pendidikan dan sangat menarik untuk diteliti, terutama karena pendidikan karakter berorientasi pada pembentukan karakter siswa.
- Advertisement -