25.5 C
Padang
Selasa, April 13, 2021
Beritasumbar.com

Psikolog: Kritik Itu Bagian Penting dari Kesehatan Mental Seseorang
P

Kategori -
Kebanyakan orang akan marah atau tidak senang ketika dikritisi oleh seseorang, padahal kritik itu ada manfaat bagi dirinya sendiri sebagai sarana untuk mengevaluasi diri. Dan, kritik itu sendiri merupakan bagian penting dari kesehatan mental seseorang.
“Kritik itu bagian penting dari kesehatan mental seseorang. Salah satu ciri kedewasaan adalah mudah menerima kritik,” ujar seorang Psikolog muda, Irfan Aulia melalui akun Twitternya @UdaIrfan, Ahad (18/5) malam.
Dalam banyak literatur ciri kecerdasan emosional yang tinggi adalah kemampuan menerima dan mengelola kritik. Menurut Irfan, di dalam kerja, tim kritik makin penting, karena tim bertumbuh dengan kritik yang membangun.
“Cohen (2008) menceritakan salah satu ciri pertama pemimpin adalah mau mendengar dan mencerna kritik. Ciri itu ia dapatkan setelah meneliti tingkah laku para pemimpin di organisasi publik (pemerintahan-red),” lanjut Irfan.
Kenapa ciri ini yang pertama ia sampaikan, karena pemimpin khususnya di organisasi publik harus menjaga harmoni sekaligus mencapai target.
“Di lingkungan keluarga ayah yang mau menerima kritik anaknya, memberi contoh dan pelajaran kepada anak untuk berkomunikasi dengan sehat,” katanya.
Saat pernikahan pun, jelas Irfan, ciri sehat komunikasi suami istri adalah kesediaan menerima kritik, biarkan pasangan plong.
“Bukan diam-diam seolah-olah semua baik baik saja, dan tiba tiba berpisah dengan menyakitkan. Diam-diam dan merasa semua aman, lalu tak membiarkan saluran dibuka, bisa berbahaya,” tegas Irfan.
Irfan juga menjelaskan hal ini dengan mengambil contoh yang paling legendaris saat maskapai Korea mengalami banyak kecelakaan, usut punya usut, karena komunikasi mampet. Co-pilot merasa tak sederajat dengan pilot, akibatnya komunikasi jadi hirarkis, dan saat kritis semua sudah terlambat.
“Solusinya simpel, bahasa diubah, sederajat, komunikasi dibuat terbuka, kecelakaan menurun dratis. Itu sebabnya bila anda membangun hubungan, skala apapun, individu sampai dengan negara, biasakan terbuka terhadap kritik,” paparnya.
Irfan juga menghimbau agar jangan memulai hubungan dengan diam-diam, nanti saling menyalahkan, dan melempar kesalahan, susah untuk move on.
“Boleh kok buat aturan main terhadap kritik, yang penting buka saluran, dan jangan pura-pura diam, kita berbeda maka kita bersinergi. Sila dikritik saya, moga jadi masukan dan pelajaran buat saya. Met Isya’ tweps,” pungkas Irfan mengakhiri “kicauannya” seputar masalah kritik. (red)
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pemko Payakumbuh Kembali Sukses Gelar Lomba Karya Inovasi dan Teknologi Tepat Guna

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Untuk kedua kalinya, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) kembali menggelar Lomba Karya Inovasi dan Teknologi Tepat Guna Tingkat Kota Tahun 2021.
- Advertisement -

Dipercaya Jadi Pengisi Soundtrack Film, Heniikun Bay Optimis Rilis Album Trilogy ke Dua

Eksistensi Heniikun Bay punya daya tarik tersendiri bagi para penikmat musik di Tanah Air pada saat ini. Kesuksesan grup musik asal Kota Yogyakarta tersebut merilis Extended Play (EP) album trilogy pertama Hexalogy Yakin Wae, membuat mereka optimis untuk meluncurkan album trilogy ke dua yang akan dirilis pada Senin 12 April 2021 di channel YouTube Prima Founder TV.

Gubernur Sumatra Barat Serahkan Sertifikat Hafiz Qur’an Kepada Santri PontrenMu Kauman

Padangpanjang, BeritaSumbar.com,- H. Mahyeldi, SP menyerahkan sertifikat tanda kelulusan sebanyak 128 bagi para penghafal Qur’an yang merupakan santriwan - Santriwati Pondok Pesantren Muhammadiyah (PontrenMu) Kauman Padang Panjang.
- Advertisement -

Pasar Bawah Bukittinggi Bakal Direnovasi

Bukittinggi, BeritaSumbar.com, — Senin 5/4 Menteri Perdagaan RI Kunjungi pasar bawah Bukittinggi. Kunjungan tersebut dalam rangka meninjau harga sembako dan sekaligus pemetaan rencana renovasi pasar tradisional menjadi pasar modern.

Polres Payakumbuh Amankan Tiga Tersangka Terduga Penggelapan Dana Koperasi

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat mengamankan tiga orang tersangka terduga penggelapan dana Koperasi Serba Usaha (KSU) Sutra Ketinggian Sarilamak, Kabupaten Limapuluh Kota. Kasat...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

MARI EFEKTIFKAN LAGI LIMBAGO USALI DI SETIAP NAGARI…!

"SEBAGAI salah seorang yang pertama menggulirkan wacana gagasan "Baliak Banagari"di tahun 1990-an silam (waktu itu beberapa kali saya tulis di Skh. Singgalang yang kemudian direspon banyak pihak sehingga bergulir menjadi polemik konstruktif-pen), menurut Mak Yum apa pangka bala (sumber utama malapetaka atau yang menyebabkan) gagalnya agenda Baliak Banagari yang telah dijalankan sejak tahun 2000?" tanya seorang peserta seminar nasional tentang Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah di Museum Adityawarman Padang, tahun 2016 lalu.

TAN GINDO; DALAM DILEMA KEHIDUPAN

“Sudah jatuh tertimpa tangga,dibunuh anak mati induknya, dibunuh induk mati anaknya,begitulah masalah kehidupan mejadi dilemamaka ambil lah hikamah dan kebijksanaankarena dia hanya seperti dua...

USTADZ GURU; SANG KOMANDAN

“Pandai mengeluh sudah bawaan manusiaTak dipelajari sepertinya dia datang sendiriTapi jiwa optimis harus dilatih dan ditumbuhkanSebab alam mengajarkan semua makluk bisa bertahanBahkan manusia bisa...

CURHAT NYI BLORO; RATU LAUT KIJING

“Berani karena benar, takut karena salah,Rajin pangkal pandai (pintar), bisa karena biasa,Hemat pangkal kaya, boros pangkal miskin,Maka pelajarilah sebab musababnya itu,& berharaplah takdir bisa...

BANGKITKAN KESADARAN !

“Dunia pasti berobah dan Kiamat pasti kan terjadi juaKebangkitan dan keruntuhan sebuah bangsa pasti silih bergantiBegitu juga bergulir para penguasa, atas nama jabatan dan...

SEBERKAS CAHAYA DI BUMI MEMPAWAH

“Segelap apapun dunia ini, pasti ada cahayaTergantung bagaimana kita menerimanyaKarena kita manusia dibekali akal fikiranOrang bijak kata; jika tak ada kayu rotanpun jadiMaka, setelah...

KERANJINGAN JADI PEJABAT

“Setiap (pejabat) ketua atau sejenisnya adalah PemimpinTapi setiap Pemimpin belum tentu jadi pejabat,Karena Pemimpin adalah amanah terberat dari-Nya,Maka, tidaklah sulit menjadi pejabat ini dan...

TAN GINDO; APA YANG ENGKAU CARI !?

“Mereka-dia yang berjasa dalam hidupmu,semua yang tersedia dalam jagat rayaSekecil apapun itu, sifat dan ragam bentuknyaSemua adalah ayat-ayat Tuhan yang berjalanBerbagai peristiwa adalah bentuk...

SEKOLAH MERDEKA-KU (2)

"Diri kita bukan hanya milik sendiri, tapi juga orang terdekat,bahkan, darah orang tua dan sanak saudara kita mengalir dalam nadi,namun ingat, ada teman-sahabat dan...

SEKOLAH MERDEKA-KU (1)

“Ketika ruh ditiupkan sang Khalik dalam Rahim ibumu dan diterima,Sebuah modal hidup; mata, mulut, hati dan fikiran dan lainnya sudah tersediaNamun, kenapa engkau penjarakan,...
- Advertisement -