23 C
Padang
Rabu, Januari 27, 2021
Beritasumbar.com

Psikolog: Kritik Itu Bagian Penting dari Kesehatan Mental Seseorang
P

Kategori -
Kebanyakan orang akan marah atau tidak senang ketika dikritisi oleh seseorang, padahal kritik itu ada manfaat bagi dirinya sendiri sebagai sarana untuk mengevaluasi diri. Dan, kritik itu sendiri merupakan bagian penting dari kesehatan mental seseorang.
“Kritik itu bagian penting dari kesehatan mental seseorang. Salah satu ciri kedewasaan adalah mudah menerima kritik,” ujar seorang Psikolog muda, Irfan Aulia melalui akun Twitternya @UdaIrfan, Ahad (18/5) malam.
Dalam banyak literatur ciri kecerdasan emosional yang tinggi adalah kemampuan menerima dan mengelola kritik. Menurut Irfan, di dalam kerja, tim kritik makin penting, karena tim bertumbuh dengan kritik yang membangun.
“Cohen (2008) menceritakan salah satu ciri pertama pemimpin adalah mau mendengar dan mencerna kritik. Ciri itu ia dapatkan setelah meneliti tingkah laku para pemimpin di organisasi publik (pemerintahan-red),” lanjut Irfan.
Kenapa ciri ini yang pertama ia sampaikan, karena pemimpin khususnya di organisasi publik harus menjaga harmoni sekaligus mencapai target.
“Di lingkungan keluarga ayah yang mau menerima kritik anaknya, memberi contoh dan pelajaran kepada anak untuk berkomunikasi dengan sehat,” katanya.
Saat pernikahan pun, jelas Irfan, ciri sehat komunikasi suami istri adalah kesediaan menerima kritik, biarkan pasangan plong.
“Bukan diam-diam seolah-olah semua baik baik saja, dan tiba tiba berpisah dengan menyakitkan. Diam-diam dan merasa semua aman, lalu tak membiarkan saluran dibuka, bisa berbahaya,” tegas Irfan.
Irfan juga menjelaskan hal ini dengan mengambil contoh yang paling legendaris saat maskapai Korea mengalami banyak kecelakaan, usut punya usut, karena komunikasi mampet. Co-pilot merasa tak sederajat dengan pilot, akibatnya komunikasi jadi hirarkis, dan saat kritis semua sudah terlambat.
“Solusinya simpel, bahasa diubah, sederajat, komunikasi dibuat terbuka, kecelakaan menurun dratis. Itu sebabnya bila anda membangun hubungan, skala apapun, individu sampai dengan negara, biasakan terbuka terhadap kritik,” paparnya.
Irfan juga menghimbau agar jangan memulai hubungan dengan diam-diam, nanti saling menyalahkan, dan melempar kesalahan, susah untuk move on.
“Boleh kok buat aturan main terhadap kritik, yang penting buka saluran, dan jangan pura-pura diam, kita berbeda maka kita bersinergi. Sila dikritik saya, moga jadi masukan dan pelajaran buat saya. Met Isya’ tweps,” pungkas Irfan mengakhiri “kicauannya” seputar masalah kritik. (red)
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Ketua Bhayangkari 50 Kota Terima Penghargaan Wastra

Ketua Bhayangkari Cabang Limapuluh Kota Ny. Maya Trisno Eko sukses merebut pemenang favorit tingkat nasional cerita wastra kompetisi foto daring kebaya dan kain tradisional Indonesia menggunakan kain Tenun Kubang. Maya yang mewakili Bhayangkari se-Indonesia, mendapatkan 22.816 likes dan 427 comments.
- Advertisement -

Antisipasi Penyebaran Covid-19 Pemko Payakumbuh Sidak Sekolah

Tingginya kasus positif covid-19 dilingkungan pendidikan beberapa hari terakhir ini, membuat Pemerintah Kota Payakumbuh mengambil langkah cepat dengan melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) untuk melihat keadaan sekolah dalam penerapan protokol kesehatan.

Pemko Payakumbuh Ikuti Meeting Zoom Dengan Kemendagri

Menindaklanjuti Surat Edaran Mendagri Nomor 903/145/SJ TGL 12 Januari 2021 tentang percepatan pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021 dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah, Pemerintah Kota Payakumbuh mengikuti kegiatan Webbinar yang digelar melalui via zoom meeting, Rabu(20/1).
- Advertisement -

Pemuda Lingkungan Tarok Serahkan Bantuan Bagi Yayasan Cahaya Islam

Belasan pemuda Lingkungan Tarok mendatangi pengurus pondok pesantren Cahaya Islam yang bangunan asrama putri yayasan itu mengalami musibah kebakaran pada Sabtu (16/1) dini hari lalu. Kedatangan anak-anak muda itu didampingi langsung oleh Gusmulyadi, Ketua Karang Taruna Puti Elok, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara.

Lakukan Program Sambang Warga,Bhabinkamtibmas Pasa Gadang Kunjungi Sekolah

Dalam Rangka melaksanakan program Sambang Warga, Bhabinkamtibmas Kelurahan Pasa Gadang kunjungi Sekolah SD.N 27 dan 32 Pemancungan Kelurahan Pasa Gadang Kecamatan Kota Padang,Jum'at 22/01/2021.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Berontaknya Alam di Provinsi Kalimantan Selatan

Seminggu yang lalu kita dikejutkan denganbencana banjir yang parah yang terjadi di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). Mengapa saya katakan parah? Karena banjir ini melanda hampir seluruh kabupaten/kota di Kalsel. Barang kali ini adalah banjir yangterparah yang pernah terjadi di wilayah provinsi ini.Sekali lagi, mengapa bisa separah ini? Sebelum tahun 1990Provinsi Kalsel terkenal dengan hutan tropikalnya,dan saat itu hasil tambang yang dikenal masyarakat umum hanyalah intan.

Mimpi bertemu sang Ayah, “Sang Datuk” nya anak-anak; Ceracau soal Wanita hingga Virus Corona

Lama tak berjempa dengan beliau, seingat kami sejak kasus Aksi Panas 4 Maret 2004 bersama Forum Aksi Demokrasi Arus Bawah Univ. Negeri Padang yang berujung di tahannya 20 aktivis UNP oleh sang Rektor waktu itu, beliau mangkat pas seminggu sebelum usai kami dibebas tahankan tepatnya 4 Mei 2004; baru sekali beliau datang dalam mimpi panjang. Entah apa hikmahnya gerangan, hanya Allah SWT yang lebih tahu.

Darurat Gempa Majene! Segera Bantu Saudara Terdampak!

Dilansir laman resmi BNPB, Data per Jumat (15/1), pukul 06.00 WIB, BPBD Mamuju melaporkan korban meninggal dunia 3 orang dan luka-luka 24. Sebanyak 2.000 warga mengungsi ke tempat yang lebih aman. Sedangkan kerugian material berupa kerusakan, antara lain Hotel Maleo dan Kantor Gubernur Sulbar mengalami rusak berat (RB). Jaringan listrik masih padam pascagempa.

Melahirkan Kepercayaan Masyarakat Untuk di Vaksinasi

Untuk lahirkan Kepercayaan Masyarakat Pada Vaksin Covid-19 pemerintah perlu lebih transparan soal vaksin Covid-19, terutama pada aspek keamanan dan biaya.

Waspadai ! Perbudakan Intelektual dibalik Akreditasi Perguruan Tiggi

Perguruan Tinggi / Kampus adalah salah satu wadah pendidikan yang sangat berperan penting untuk kemajuan peradaban bangsa dengan mencetak para intelektual yang berkualitas. Melalui keilmuan yang dimilikinya mereka akan terjun kemasyarakat untuk menyelesaikan berbagai problem yang dihadapi.

Menkes: Bantu para Tenaga Medis dengan Patuhi Protokol Kesehatan

Upaya keras pemerintah dalam menghadapi dan menangani pandemi Covid-19 di sisi hilir tidak akan lengkap bila tanpa dibarengi dengan upaya di sisi hulu atau pencegahan. Maka itu, kesadaran seluruh pihak untuk melakukan upaya proaktif mencegah penyebaran Covid-19 amat diharapkan.

Keuntungan Berbisnis Kotoran

Mungkin agak tekesan jorok istilah keuntungan berbisnis kotoran ini kita dengar. Tapi hal ini sangat membantu meningkatkan ekonomi para petani. Kotoran disini yang dimaksud adalah kotoran binatang ternak seperti sapi, kambing, kerbau atau lainnya yang banyak di pelihara masyarakat.

Universitas Bung Hatta Padang Tekan MoU dengan Yayasan Madani

Kamis 17 Desember 2020, bertempat di ruang Rektorat Universitas Bung Hatta Padang telah ditanda tangani kesepakatan atau MOU antara universitas Bung Hatta Padang dengan Yayasan Madani yang mempelopori gerakan Kembalikan Marwah Minangkabau.

Politik Dinasti dan Gerbang Meritokrasi

Bagi banyak individual, tata aturan kekerabatan tidaklah secara teoritis mengesampingkan aturan politik. Menurut definisi morgan terdahulu, kekerabatan megatur keadaan socitas dan yang kedua mengatur civitas. Atau menggunakan terminologi yang sering digunakan sekarang ini yang pertama merujuk pada struktur-struktur respositas dan kedua merujuk pada dikotomi yang jelas.

Simalakama Pandemi: Liburan atau Stay at Home?

Oleh : Niken Februani dan Siska Yuningsih - Mahasiswa Biologi FMIPA Universitas Andalas Corona sudah menjadi beban dunia sejak pertama kalinya China melaporkan adanya penyakit...
- Advertisement -