28 C
Padang
Kamis, Juli 29, 2021
Beritasumbar.com

Psikolog: Kritik Itu Bagian Penting dari Kesehatan Mental Seseorang
P

Kategori -
Kebanyakan orang akan marah atau tidak senang ketika dikritisi oleh seseorang, padahal kritik itu ada manfaat bagi dirinya sendiri sebagai sarana untuk mengevaluasi diri. Dan, kritik itu sendiri merupakan bagian penting dari kesehatan mental seseorang.
“Kritik itu bagian penting dari kesehatan mental seseorang. Salah satu ciri kedewasaan adalah mudah menerima kritik,” ujar seorang Psikolog muda, Irfan Aulia melalui akun Twitternya @UdaIrfan, Ahad (18/5) malam.
Dalam banyak literatur ciri kecerdasan emosional yang tinggi adalah kemampuan menerima dan mengelola kritik. Menurut Irfan, di dalam kerja, tim kritik makin penting, karena tim bertumbuh dengan kritik yang membangun.
“Cohen (2008) menceritakan salah satu ciri pertama pemimpin adalah mau mendengar dan mencerna kritik. Ciri itu ia dapatkan setelah meneliti tingkah laku para pemimpin di organisasi publik (pemerintahan-red),” lanjut Irfan.
Kenapa ciri ini yang pertama ia sampaikan, karena pemimpin khususnya di organisasi publik harus menjaga harmoni sekaligus mencapai target.
“Di lingkungan keluarga ayah yang mau menerima kritik anaknya, memberi contoh dan pelajaran kepada anak untuk berkomunikasi dengan sehat,” katanya.
Saat pernikahan pun, jelas Irfan, ciri sehat komunikasi suami istri adalah kesediaan menerima kritik, biarkan pasangan plong.
“Bukan diam-diam seolah-olah semua baik baik saja, dan tiba tiba berpisah dengan menyakitkan. Diam-diam dan merasa semua aman, lalu tak membiarkan saluran dibuka, bisa berbahaya,” tegas Irfan.
Irfan juga menjelaskan hal ini dengan mengambil contoh yang paling legendaris saat maskapai Korea mengalami banyak kecelakaan, usut punya usut, karena komunikasi mampet. Co-pilot merasa tak sederajat dengan pilot, akibatnya komunikasi jadi hirarkis, dan saat kritis semua sudah terlambat.
“Solusinya simpel, bahasa diubah, sederajat, komunikasi dibuat terbuka, kecelakaan menurun dratis. Itu sebabnya bila anda membangun hubungan, skala apapun, individu sampai dengan negara, biasakan terbuka terhadap kritik,” paparnya.
Irfan juga menghimbau agar jangan memulai hubungan dengan diam-diam, nanti saling menyalahkan, dan melempar kesalahan, susah untuk move on.
“Boleh kok buat aturan main terhadap kritik, yang penting buka saluran, dan jangan pura-pura diam, kita berbeda maka kita bersinergi. Sila dikritik saya, moga jadi masukan dan pelajaran buat saya. Met Isya’ tweps,” pungkas Irfan mengakhiri “kicauannya” seputar masalah kritik. (red)
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pohon Kebahagiaan, Watering..

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 3/1000 Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Di hamparan hijau sawah yang subur, sumber pengairannya berasal dari banyak penjuru mata...
- Advertisement -

MENUJU MEJA MAKAN

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 5/1000cerita Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)IV-e Kembali ke meja makan, pernah menjadi “trendy topic” pada tahun...

ACT Cabang Pasaman Barat Salurkan 10 Ekor Sapi Qurban

Pasaman Barat. BeritaSumbar.com,- Aksi Cepat Tanggap ( ACT ) Cabang Pasaman Barat mendistribusikan 10 ekor sapi Qurban untuk masyarakat berbagai daerah di Pasaman Barat. Pendistribusian dilakukan dari tanggal 20 sampai 23 Juli 2021.
- Advertisement -

Padang Panjang PPKM Level 3, Kakankemenag Ikuti Rapat Bersama Forkopimda

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang mengikuti Rapat Persiapan Pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 di Kota Padang Panjang sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 26 Tahun 2021 tanggal 25 Juli 2021 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2, dan Level 1 serta Mengoptimalkan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Tingkat Desa dan Kelurahan Untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 di Kota Padang Panjang, Selasa (27/07/2021)

ACT Cabang Pasaman Barat Salurkan 10 Ekor Sapi Qurban

Pasaman Barat. BeritaSumbar.com,- Aksi Cepat Tanggap ( ACT ) Cabang Pasaman Barat mendistribusikan 10 ekor sapi Qurban untuk masyarakat berbagai daerah di Pasaman Barat. Pendistribusian dilakukan dari tanggal 20 sampai 23 Juli 2021.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Mengenal Politik Praktis & Pragmatisme

Dalam praktik perebutan maupun mempertahankan sebuah kekuasaan Politik Praktis dan Pragmatisme seolah menjadi dua hal yang sulit dipisahkan, khususnya di negara Demokrasi seperti Indonesia.

Filosofi Lidi

Dari filosofi pohon kelapa yang sangat banyak manfaatnya, bahkan hampir seluruh bagian tanaman kelapa tersebut memberi manfaat untuk kehidupan manusia. Manusia sebagai makhluk yang paling sempurna tentu seharusnya juga memberi manfaat dan berperan menjaga bumi dan lingkungan setelah mengambil manfaat untuk kehidupan. Sesuai juga dengan perintah Tuhan dalam ajaran agama bahwa tujuan Tuhan menurun-kan manusia ke muka bumi ini adalah untuk beribadah dan berbuat yang bermanfaat.

Raih Keridhaan Allah melalui Etos Kerja

Dalam Manajemen Pendidikan Islam, etos kerja (semangat/motivasi kerja) dilandasi oleh semangat beribadah kepada Allah Swt. Maksudnya, bekerja tidak sekedar memenuhi kebutuhan duniawi melainkan juga sebagai pengabdian kepada Allah Swt,

Rugi Rasa Untung

Apakah beberapa fenomena terbalik yang terjadi ditengah masyarakat bangsa ini atau mungkin juga ditengah masyarakat dunia adalah pertanda bahwa kiamat sudah dekat ? Wallahu a’lam bishawab hanya Allah pencipta langit dan bumi yang tahu persis.

Mengatur Konflik dengan Teknik Mind Mapping

Konflik. Ketika kita mendengar kata itu, kebanyakan orang akan membayangkan seperti perang, rusuh, gontok-gontokan, atau orang yang berkelahi antarkampung. Tidak, sebenarnya konflik bisa dimulai dari sesuatu yang kecil. Kalau menurut psikologi, konflik itu bisa dimulai dari ketika kita merasa ada perbedaan, entah perbedaan pendapat atau perasaan tentang sesuatu hal.

DPW PTPI Sumbar Buka Bimbel & Bimtes CPNS 2021 Online

Dewan Pimpinan Wilayah Perkumpulan Trainer Profesional Indonesia Wilayah Sumatera Barat (DPW PTPI Sumbar) resmi membuka kegiatan Bimbingan Belajar (BIMBEL) dan Bimbingan Test CPNS 2021...

BUMN Berburu di Kebun Binatang

Sangat menarik menyimak perjalanan PT POS Indonesia sebuah perusahaan BUMN yang pionir dalam bidang jasa pengiriman barang dan serta pengiriman uang dalam bentuk wesel.

Kita Pancasila

Bangsa yang besar adalah bangsa yang memiliki komitmen dan memahami buah pemikiran dan cara pandang hidup yang disarikan para pendiri bangsa. Mereka telah membuat rumusan atau intisari yang digali dari jiwa bangsa ini, dari ruh bangsa ini, dari sikap hidup bangsa ini, yang berbhineka dan penuh nilai-nilai luhur.

Menanamkan Pendidikan Karakter Kepada Anak Sejak Dini

Pendidikan karakter memiliki peranan penting dalam dunia pendidikan dan sangat menarik untuk diteliti, terutama karena pendidikan karakter berorientasi pada pembentukan karakter siswa.

Pentingnya Penggunaan Dan Pemanfaatan Teknologi Ditengah Pandemi

Pandemi covid 19 merupakan tantangan bagi kita sampai saat ini bagaimana kita menyikapinya dalam melaksanakan berbagai kegiatan. Mulai dari bidang pendidikan, ekonomi, politik, sosial dan lainnya. Seluruhnya merasakan dampaknya.
- Advertisement -