25 C
Padang
Sabtu, Juli 27, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Persediaan sapi di pasar ternak Payakumbuh di banjiri sapi dari luar daerah
P

- Advertisement -

Payakumbuh,Beritasumbar.com-Idul adha tahun 2016 yang jatuh pada bulan September mendatang mulai membawa warna pada pasaran ternak qurban di Payakumbuh. Pasar ternak yang terletak di Payobasuang Payakumbuh timur setiap hari Minggu dibanjiri sapi sapi ukuran qurban.

Tapi rata rata sapi yang di perjual belikan di pasar ternak Payakumbuh didatangkan dari luar kota,bahkan dari luar provinsi. Hal ini di sebabkan tingginya permintaan akan sapi qurban di masyarakat untuk Idul Idha 1437 H/2016.

Harga jual juga mengalami peningkatan. Pada hari biasa patokan 1kg daging Rp 90.000,saat ini mencapai kisaran Rp 120.000.Patokan ini saat sapi masih belum di potong. Hal ini di ceritakan Toto setiawan salah satu pelaku bisnis sapi di Kota Payakumbuh dan Limapuluh Kota.

Para pembeli sapi qurban di Pasar ternak ini tidak hanya berasal dari Payakumbuh dan Limapuluh Kota saja.Tapi juga dari Provinsi tetangga. 400-500 ekor sapi setiap hari Minggu diperjual belikan.

ukuran sapi qurban yang banyak di minati untuk idul adha di pasar ternak Payakumbuh
ukuran sapi qurban yang banyak di minati untuk idul adha di pasar ternak Payakumbuh

Belum lagi transaksi di kandang atau rumah toke ternak.Diperkirakan mendekati angka seribu ekor per minggu sapi untuk qurban di Payakumbuh dan Limapuluh Kota di perjual belikan ujar Toto sambil ngopi malam di salah satu warung kopi di Kota Payakumbuh pada Jumat 5/8 malam.

Toto setiawan yang juga lulusan Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh jurusan peternakan ini merasa miris melihat kondisi daerah ini yang mampu memberdayakan petani ternak. Jika hal ini bisa di kondisikan kemungkinan import sapi untuk qurban di daerah ini bisa di minimalisir.

 

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img