31 C
Padang
Minggu, Mei 19, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Peningkatan Mutu Pelayanan Keperawatan Melalui Penerapan Pencegahan Resiko Jatuh Di Ruang Interne Wanita RSUP DR.M.Djamil
P

Kategori -
- Advertisement -

Oleh: Ns.Yuanita Ananda, S.Kep., M.Kep
Dosen Fakultas Keperawatan Universitas Andalas

Pelayanan keperawatan sering dijadikan tolak ukur citra dan mutu sebuah Rumah Sakit di mata masyarakat. Keselamatan pasien menjadi indikator dari mutu RS. Salah satu indikator dari keselamatan pasien yaitu pencegahan resiko jatuh. Tenaga keperawatan mempunyai kewajiban untuk melakukan pencegahan resiko jatuh karena resiko jatuh mempunyai dampak yang besar bagi pasien seperti lamanya hari rawatan pasien, memperparah kondisi pasien dan lainnya.

Oleh karena itu, dibutuhkan pemberian sosialiasi dan edukasi kepada tenaga medis baik itu dokter, perawat, maupun ahli gizi yang ada di ruangan dalam upaya pencegahan resiko jatuh pada pasien. Kegiatan ini dilakukan oleh Tim Dosen Dasar Keperawatan Keperawatan Dasar (DKKD) Fakultas Keperawatan Universitas Andalas terdiri dari Dr. Yulastri Arif, M.Kep, Ns. Zifriyanthi Minanda Putri, M.Kep, Ns. Dewi Murni, M.Kep, Ns. Esthika Ariany Maisa, M.Kep, Ns. Yuanita Ananda, M.Kep, serta mahasiswa Praktek Profesi Manajemen Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Andalas melakukan kegiatan sosialisasi sosialisasi dan edukasi upaya pencegahan resiko jatuh pada pasien.

Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan di ruang rawat Interne Wanita (IW) RSUP Dr. M Djamil Padang pada tanggal 7 Februari 2023. Kegiatan dihadiri oleh dokter, perawat, dan ahli gizi. Konsep sosialisasi ini dikemas secara menarik yaitu dimulai dengan melakukan pretest kepada peserta untuk mengetahui pemahaman tentang pencegahan resiko jatuh kemudian dilanjutkan dengan pemberian edukasi terakhir dilakukan post test kembali untuk melihat pemahaman tentang pencegahan resiko jatuh

Diharapkan dengan adanya edukasi ini perawat di ruang rawat inap Interne Wanita RSUP Dr.M.Djamil Padang dapat mengoptimalkan kualitas manajemen pelayanan dan indikator mutu keperawatan melalui penerapan resiko jatuh pada pasien serta dapat diaplikasikan langsung sehingga mutu pelayanan keperawatan dapat optimal karena pelayanan keperawatan sering dijadikan tolak ukur citra dan mutu sebuah Rumah Sakit di mata masyarakat.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img