26 C
Padang
Jumat, September 17, 2021
Beritasumbar.com

Pengaruh Perencanaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Konsep Manajemen
P

Kategori -

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata perencanaan berasal dari kata rencana yang berarti rancangan atau rangka dari sesuatu yang akan dilakukan atau dikerjakan pada masa yang akan datang. Perencanaan merupakan rancangan awal suatu kegiatan karena semata-mata untuk mempersiapkan segala sesuatu untuk mencapai keberhasilan. Jadi, perencanaan adalah suatu usaha untuk memilah pengetahuan, fakta, dan imajinasi untuk menghilangkan kesenjangan dengan melakukan perubahan untuk membawa masa depan kepada masa sekarang.

Ada yang menyatakan bahwa sarana dan prasarana pendidikan itu tidaklah sama, seperti hal nya sarana pendidikan adalah peralatan dan perlengkapan yang digunakan secara langsung agar tujuan pendidikan dapat tercapai, contohnya seperti kelas, buku, perpustakaan, laboratorium. Sedangkan yang dimaksud prasarana pendidikan adalah seluruh fasilitas yang secara tidak langsung digunakan untuk menunjang proses pendidikan, seperti halaman sekolah, kebun sekolah, taman sekolah, dan jalan menuju sekolah.

Sarana dan prasarana adalah alat atau perlengkapan baik dari yang kecil maupun yang besar yang digunakan dalam proses pembelajaran, baik yang bergerak maupun yang tidak bergerak serta yang digunakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya untuk mencapai tujuan yang di inginkan. Sarana dan prasarana sangat penting dalam sebuah sekolah karena dengan adanya sarana dan prasarana yang lengkap akan membantu siswa dalam mencapai tujuannya dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Berdasarkan pengertian sarana dan prasarana di atas dapat disimpulkan bahwa sarana dan prasarana adalah komponen terpenting dalam dunia pendidikan demi tercapainya suatu tujuan. Pengertian sarana pendidikan itu sendiri adalah seluruh peralatan dan perlengkapan yang ada di sekolah yang secara langsung digunakan untuk menunjang proses pembelajaran di sekolah. Sedangkan prasarana pendidikan adalah seluruh perangkat yang secara tidak langsung digunakan untuk proses pendidikan, seperti halaman sekolah, taman sekolah, dan lain-lain. Sarana dan prasarana adalah seluruh komponen yang ada baik itu peralatan maupun perlengkapan yang ada di sekolah yang secara langsung maupun tidak langsung digunakan untuk menunjang proses pendidikan. 

Adapun pengertian sarana dan prasarana dalam konteks pendidikan islam, dimana dalam konteks ini merumuskan perpaduan antara teori-teori umum dengan islam. Sarana pendidikan islam adalah seluruh peralatan yang secara langsung digunakan untuk menunjang proses pembelajaran pendidikan islam. Sedangkan prasarana pendidikan islam adalah seluruh fasilitas yang secara tidak langsung digunakan untuk proses pendidikan islam. Sarana dan prasarana pendidikan islam adalah seluruh komponen yang terlibat dalam proses pembelajaran baik secara langsung maupun tidak langsung untuk menunjang proses pendidikan islam.

Sarana dan prasarana pendidikan ini memang tidak sama, namun keduanya saling melengkapi. Sarana dan prasarana juga mempunyai tujuan yang sama, yaitu sama-sama mencapai pendidikan yang efektif dan efisien. Sarana dan prasarana pendidikan ini wajib ada, karena semakin hari sarana dan prasarana pasti akan berubah-ubah mengikuti perkembangan zaman. Begitu pun pendidikan, karena dunia pendidikan juga akan berkembang sesuai dengan perkembangan zaman, semua ini akan mempermudah siswa dalam mendapatkan ilmu kedepannya.

Sarana dan prasarana ini sangat cocok bila digunakan dan dimanfaatkan sebaik mungkin karena dapat digunakan dalam jangka panjang. Jika sarana dan prasarana pendidikan ini terpelihara dengan baik maka peralatan atau perlengkapan yang sudah disediakan dapat digunakan untuk beberapa tahun kedepan, sehingga sekolah juga dapat menghemat biaya. Dan bagi sarana dan prasarana yang rusak bisa dilakukan dengan melakukan perencanaan, apakah nanti barang yang rusak itu akan diganti dengan barang yang sama atau dengan barang yang lebih dibutuhkan.

Setiap mata pelajaran mempunyai karakter yang sangat berbeda dengan mata pelajaran lainnya. Karena setiap mata pelajaran mempunyai kepentingan yang berbeda dalam penggunaan sarana dan prasarana pendidikan. Dalam proses pembelajaran guru memerlukan sarana dan prasarana yang dapat mendukung kinerjanya dalam proses pembelajaran, seperti hal kecilnya saja spidol, papan tulis, dan pengahapus papan. Sehingga pembelajaran dapat berlangsung dengan efektif.

Dengan memadainya sarana dan prasarana pendidikan, sekarang guru dapat menyampaikan materi kepada siswanya dengan cara tulisan dan peragaan, tidak hanya terfokus pada ucapan saja atau secara lisan. Setiap guru membutuhkan yang namanya sarana dan prasarana demi menunjang proses pembelajaran. Jika sarana dan prasarana pendidikan yang dimiliki oleh suatu sekolah sudah semakin lengkap dan memadai, maka guru akan lebih mudah dalam  pelaksanaan tugasnya sebagai tenaga pendidik.

Dalam kegiatan pembelajaran, seperti peserta didik (siswa), tenaga pendidik (guru) dan sekolah akan terlibat secara langsung. Peserta didik akan terbantu dengan adanya sarana dan prasarana pendidikan. Namun, tidak semua siswa mempunyai tingkat kecerdasan atau kepintaran yang bagus sehingga penggunaan sarana dan prasarana pendidikan akan lebih membantu peserta didik dalam pembelajaran. Terlebih yang memiliki kelemahan atau kekurangan dalam mengikuti proses pembelajaran. Sekolah mempunyai kewajiban sebagai orang yang bertanggung jawab dalam perencanaan, pengelolaan, dan pemeliharaan seluruh sarana dan prasarana pendidikan.           

Kualitas suatu pendidikan harus didukung dengan adanya sarana dan prasarana di instansi pendidikan yang terkait. Hubungan antara sarana dan prasarana dengan proses pendidikan bisa disebut bahwa sarana dan prasarana pendidikan bisa sebagai proses kerjasama pendayagunaan seluruh sarana dan prasarana pendidikan secara efektif dan efisien. 

Perencanaan sarana dan prasarana sangat berpengaruh sekali terhadap proses belajar siswa di sekolah. Karena, dengan adanya perencanaan ini akan membantu siswa dalam mendapatkan sarana dan prasarana yang memadai. Perencanaan sarana pendidikan dapat diartikan sebagai merancang kebutuhan yang masih belum mencukupi untuk penunjangan efektivitas belajar siswa, karena sarana pendidikan perlu mendapat perhatian yang lebih, jika salah satu sarana dan prasarana terabaikan maka tujuan yang hendak dicapai tidak akan terwujud.

Jadi sangat jelas perencanaan sarana dan prasarana sangat berpengaruh dalam proses pendidikan karena dengan adanya sarana dan prasarana akan membantu siswa dan guru dalam proses pembelajaran, jika sarana dan prasarana tidak ada, itu akan membuat proses pembelajaran tidak akan berjalan dengan lancar, jadi sangat jelas pengaruhnya.

Itulah kenapa pentingnya perencanaan, karena dengan adanya perencanaan yang baik terhadap sarana dan prasarana pendidikan ini maka kebutuhan suatu lembaga pendidikan akan tercapai sesuai dengan perkembangan zaman. Bila dilihat pada zaman sekarang, umumnya lembaga pendidikan sudah mulai mengikuti perkembangan zaman, contohnya saja mulai dari masuk sekolah atau mendaftar masuk sekolah sampai dengan lulus sekolah, sekolah itu sudah mulai menerapkan teknologi berbasis online.

Namun, dilihat dari kota kecil atau perdesaan, sarana dan prasarananya tidak memadai sama sekali. Dimulai dari bangunan yang sudah tidak layak untuk dipakai lagi, buku yang tidak lengkap, penggunaan teknologi dan informasi yang tidak memadai, dan masih banyak yang lainnya lagi.

Hal itu merupakan contoh permasalahan yang timbul akibat pengelolaan sarana dan prasarana dalam pendidikan yang tidak berjalan dengan baik sehingga tujuan dari suatu lembaga pendidikan tidak akan tercapai. Itulah sebabnya perencanaan sarana dan prasarana sangat penting dalam suatu lembaga pendidikan, agar tujuan yang diinginkan dapat tercapai dengan baik.

Sesuai dengan perkembangan zaman sekarang, sebaiknya pemerintah itu lebih memperhatikan lagi bagaimana sarana dan prasarana pendidikan yang ada di lingkungan mereka masing-masing. Karena sarana dan prasarana itu sangat berpengaruh terhadap belajar siswa. Jika perencanaan tersebut sudah berjalan dengan baik, barulah lembaga pendidikan itu bisa dikatakan berjalan dengan baik atau berjalan dengan efektif dan efisien. Begitu pun sebaliknya, jika perencanaan tersebut tidak berjalan dengan baik, maka lembaga pendidikan tersebut tidak akan dapat berkembang sesuai dengan tuntutan zaman dan lembaga pendidikan tersebut tidak dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

Dr. Hj Demina, M. Pd, Firman M. Pd. I,
Putri Wulan Dari, Leni Sumarni

Institut Agama Islam Negeri Batusangkar
Sumatera Barat, Indonesia

E-mail: putriwulandari032001@gmail.com
sumarnileni003@gmail.com

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Gerindra Bukittinggi Beri Bantuan Rp10 Juta kepada Pelajar yang Kuliah di Mesir

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Kepedulian terhadap dunia pendidikan ditunjukkan Partai Gerindra Kota Bukittinggi, dengan memberi bantuan uang tunai Rp10 juta kepada mahasiswa yang melanjutkan pendidikan...
- Advertisement -

Peningkatan Hasil Produksi di Sektor Pertanian, Bupati Safaruddin Serahkan Alsintan

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Datuak Bandaro Rajo menyerahkan bantuan alat dan mesin pertanian tahap I sebanyak 53 dari 116 alat-alat pertanian (Alsintan). Bantuan Alsintan yang bersumber dari hibah Kementerian Pertanian RI diserahkan kepada kelompok tani penerima manfaat yang tersebar di 13 kecamatan yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota, Provinsi Sumatera Barat.

Forum Annisa DWP Kankemenag Kota Padang Panjang Gelar Kajian Jum’at Berkah

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang Buya H. Alizar Datuak Sindo Nan Tongga beri tausyiah dalam kegiatan Jum'at Mubarakah Forum Annisa DWP Kankemenag Kota Padang Panjang di Aula Kankemenag, Jum'at (10/09/2021).
- Advertisement -

Cara Aman Transaksi Elektronik, Ini Webinar Kemenkominfo RI di Limapuluh Kota

Limapuluh Kota ,BeritaSumbar.com,— Era digital ditandai dengan transaksi finansial yang tidak lagi menggunakan uang tunai. Melainkan menggunakan sarana elektronik, seperti transaksi melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM), kartu debet, kartu kredit, serta transaksi yang menggunakan teknologi tinggi seperti e-banking, e-commerce, atau epayment.

Wabup Lima Puluh Kota Buka Musrenbang Nagari Solok Bio Bio

Lima puluh kota,BeritaSumbar.com,-Nagari Solok Bio-Bio Kecematan Harau Kab. Lima Puluh Kota dalam hal ini melaksanakan Musyawarah Perencanaan pembangunan (Musrenbang) Solok Bio-Bio Nagari Harau, Senin, (13/09/2021).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Jabatan Itu Amanah, Jangan Kau Minta Apalagi Beli

Rasulullah Nabi Muhammad SAW dalam sebuah hadis melarang umatnya untuk meminta jabatan. Rasulullah juga enggan memberikan jabatan kepada orang yang meminta jabatan dan rakus.

Dosen Unand Beri Pelatihan Teknik Relaksasi benson Untuk Mengatasi Gangguan Tidur Pada Lansia

Dosen Universitas Andalas dari Fakultas Keperawatan, memberikan pelatihan tentang “Teknik Relaksasi Benson Untuk Mengatasi Gangguan Tidur Pada Lansia” Kegiatan ini dilaksanakan di Panti jompo Wisma Cinta Kasih kota Padang. Dosen-dosen tersebut ialah Gusti Sumarsih Agoes, S.Kp, M.Biomed, Ns. Arif Rohman Mansur, M.Kep dan Ns. Windy Freska, M.Kep

Manajemen Kesehatan Diri Di Masa Pandemi Covid-19

Pandemik merupakan penyebaran luas (mendunia) penyakit baru yang disebabkan agen biologis. Pandemik memiliki beberapa karakteristik yaitu merupakan penyakit baru (paling sering: zoonosis, penyakit akibat virus), penyebaran tingkat global dan sebagian besar mayarakat tidak memiliki kekebalan tubuh.

Gorengan Politik

Pernah mencoba makan goreng pisang? Bagaimana, enak bukan? Apalagi dimakan saat hari hujan ditemani segelas kopi bersama kawan, sensasinya sungguh nikmat sekali. Momen indah, yang ingin terus terulang.

Yang Heboh Sudah Terbiasa Bikin Heboh

Tadi malam agak beda pula informasinya. Pemberitaan di salah satu media online menyebutkan KPK sedang OTT di Sumbar. Bahkan langsung mengarah kepada Pemprov Sumbar. “Bakalisiak” pula semua orang dibuatnya. Sehingga yang tenang jadi heboh.

Buya Mahyeldi Profesional Lantik Pejabat

Agaknya dua puluh empat jam gerak-gerik Buya Mahyeldi selalu di pantau. Diperhatikan betul, tak berkedip mata dibuatnya. Kebijakanya selalu di sorot dan di preteli satu persatu. Sepertinya terlalu berlebihan akan tetapi diambil saja sisi positifnya. Banyak yang perhatian kepada Buya Mahyeldi

Era Industri 4.0 Dikhawatirkan Menggerus Nilai-Nilai Kemanusiaan

Jakarta,BeritaSumbar.com. – Dunia pendidikan saat ini sedang mengalami masalah yang serius. Dengan perubahan Ilmu Pendidikan dan Teknologi (Iptek) yang sangat cepat dan kompleks.

Pemberdayaan PKK Dalam Meningkatkan Self Management Terkait Pandemik Covid-19 Di Jorong Bansa

Pandemik Covid 19 berdampak pada perubahan berbagai aspek kehidupan baik dimensi bio, psiko, sosio, ekonomi, spiritual dan kultural. Infeksi virus SARS-CoV-2 (coronavirus) sebagai penyakit infeksi baru yang belum diketahui obatnya, menyerang secara tiba-tiba dengan penularan dan penyebaran progresif yang cepat mengakibatkan kecemasan dan ketakutan hampir diseluruh lapisan masyarakat.

Surat Untuk Pejabat Daerah Kabupaten Solok

Bismillahirrohmanirrahim. Dengan segala ketulusan ketulusan dan kecintaan kepada Kabupaten Solok, demi kesetiaan serta pengabdian kepada Ibu Pertiwi. Semuanya berlalu begitu saja tanpa rasa berdosa merayakan kemerdekaan di ruang rapat paripurna DPRD Kabupaten Solok 18 Agustus 2021.

Fakultas Pertanian Unand Bangun Kawasan Konservasi Bunga Bangkai di Tilatang Kamang Kabupaten Agam

Bunga bangkai raksasa (Amorphophallus titanum Becc.) merupakan spesies bunga terbesar di dunia dengan ukuran bisa mencapai lebih dari 2 meter dengan diameter lebih dari 1 meter.
- Advertisement -