26 C
Padang
Minggu, Januari 17, 2021
Beritasumbar.com

Penanggulangan Bencana, PAM Libur Natal Dan Libur Tahun Baru 2018 Berjalan Dengan Baik
P

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Penanggulangan banjir dan bencana Longsor yang juga bertepatan dengan pelaksanaan Natal dan Tahun baru 2018 di Limapuluh Kota Sabtu/Minggu (30-31/2017) berlangsung dengan baik dan kondusif.

Bupati Limapuluh Kota H Irfendi Arbi menyebut, semua itu berkat keseriusan dan kerjakeras banyak pihak terutama TNI dan Polri yang telah bekerja keras siang dan malam.

“Alhamdulillah, penanganan bencana banjir dan longsor yang melanda wilayah Kecamatan Pangkalan dan Kapur IX akhir tahun 2017 kemaren berjalan dengan baik dan cepat. Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak terutama pihak TNI dan Polri yang telah berjibaku serta bekerja keras siang dan malam,” ungkap Bupati Irfendi Arbi kepada wartawan usai rapat evaluasi bencana alam  di daerah setempat, Senin ( 1/1).

Dikatakan, pemulihan longsor yang sempat menutup jalan lintas Sumbar-Riau di ruas Kecamatan Pangkalan baru-baru ini dapat terlaksana dengan cepat, jelas tidak terlepas dari kesigapan berbagai  pihak bersama TNI dan Polri. Selain itu juga karena solidnya koordinasi berbagai pihak terkait.

Dijelaskan, penanganan bencana menuntut koordinasi yang baik berbagai pihak. Koordinasi itu tidak saja di level pimpinan, namun juga di lapangan. Tujuannya agar penanggulangan bencana terlaksana dengan lebih efektif.

“Saya selalu meminta OPD terkait berkoordinasi secara solid dengan berbagai pihak, karena koordinasi itu merupakan salahsatu faktor yang akan membuat penanganan bencana berjalan dengan lebih efektif,” ujar Irfendi.

Menyimak kondisi cuaca hingga kini masih ekstrem dan senantiasa diguyur hujan lebat, Irfendi mengajak masyarakat tetap waspada.Begitu pula dengan para petugas dari OPD terkait seperti BPBD dan Dinas Sosial, diminta untuk tetap berada di lapangan dan melaksanakan kewaspadaan dini.

“Meski tinggi air sungai kembali normal, namun kita tetap harus waspada, terutama bagi warga yang tinggal di wilayah rawan bencana. Guna menghindari hal yang tidak diinginkan, saya intruksikan seluruh OPD terkait seperti BPBD dan Dinas Sosial tetap berada di lapangan dan senantiasa berkoordinasi dengan pihak TNI dan Polri,” tutur Irfendi.

Lebih lanjut Irfendi menjelaskan, kondisi terkini wilayah terkena bencana di Kecamatan Pangkalan sudah terbilang aman. Begitu pula lalu lintas Sumbar – Riau, telah lancar kembali.

Sebelumnya dalam peristiwa bencana banjir yang terjadi pada Sabt5u (30/12) lalu, sedikitnya 30 rumah di Jorong Pasar Kenagarian Mangggilang dan 137 rumah di Jorong Sopang Kenagarian Pangkalan Kecamatan Pangkalan terendam air.

“Selain rumah, banjir juga merusak sebuah jembatan gantung yang menjadi urat nadi pekonomian masyarakat di Jorong Sopang, serta merendam sebuah Masjid, kantor kepala Jorong Sopang, Poskesri dan taman –kanak. Banjir disebabkan meluapnya sejumlah sungai yang melewati Kecamatan Pangkalan,” papar Irfendi.

Sementara di Kecamatan Kapur IX, lanjut Irfendi, akibat hujan lebat berkepanjang di penghujung tahun lalu itu, kawasan Rambe sempat tergenang dan tidak bisa dilewati. Namun, kini air sudah menyusut.

“Meski air sudah menyusut, namun kita tetap harus waspada karena cuaca masih banyak hujan,” ulang Irfendi.(rel)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...
- Advertisement -

Nagari Koto Tuo Wakili Sijunjung Lomba Kampung Tangguh Tingkat Sumbar

Nagari Koto Tuo Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Sijunjung dinilai Tim Kampung Tangguh Provinsi Sumatera Barat, Jumat (15/1). Nagari Koto Tuo mewakili kabupaten Sijunjung dalam penilaian Kampung Tangguh yang akan bersaing dengan nagari lain di Sumbar.

Cegah Covid-19, Payakumbuh Siapkan 5 Kelurahan Ikut Lomba KTRG

Kota Payakumbuh siapkan lima kelurahan untuk mengikuti lomba Kampung Tageh Rumah Gadang (KTRG) tingkat nasional 2021. KTRG atau kampung tangguh nusantara, terkait dengan keseriusan kota dan kabupaten dalam penanggulangan dan pencegahan covid-19.
- Advertisement -

Momen Goro Di NDB, F-WIN Turun Tangan Bareng Nilmaizar

Momen langka terjadi di Kelurahan Nunang Daya Bangun (NDB). Wali Kota Riza Falepi dan Wakil Wali Kota Erwin Yunaz (F-Win) bersama mantan pelatih Tim Nasional Indonesia Nil Maizar turun lapangan bahu-membahu bergotong royong (Goro) bersama masyarakat setempat membersihkan pekarangan kantor lurah NDB, Jumat (08/01).

BPC. HIPMI Pessel Periode 2021 – 2024 dilantik

Para pengusaha muda di Kabupaten Pesisir Selatan diajak untuk lebih bersatu lagi dalam suatu wadah atau organisasi. Ini diperlukan untuk lebih memproteksi para pengusaha muda hingga meningkatkan kompetensinya.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Edward DF Anggota F-PPP Bantu Turnamen Bolavoli Salincam HARMAS

Edward DF anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) DPRD Kota Payakumbuh memberikan bantuan pada panitia Turnamen Bolavoli Salincam HARMAS Balai Panjang Kecamatan Lareh Sago Halaban

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Peringatan Peristiwa Situjuah Diisi Dengan Ziarah Dan Tabur Bunga

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, peringatan peristiwa Situjuah ke-72 tahun 2021, Jumat (15/1/2021), berlangsung secara sederhana. Bila sebelumnya acara diawali dengan upacara dan berbagai atraksi, kali ini hanya berupa ziarah dan tabur bunga di makam Lurah Kincia Nagari Situjuah Batua, Kecamatan Limo Nagari.

Irfendi Arbi Serahkan APD Bantuan Donatur

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi menyerahkan bantuan mesin hand sprayer, cairan desinfektan, masker dan hand sanitizer serta vitamin bagi sekolah-sekolah, kantor wali nagari, kantor camat dan lainnya di Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota. Ia berharap bantuan donatur yang disalurkan melalui forum peduli Sumatera Barat itu mampu mencegah penyebaran Covid-19 di daerah ini.

Dengan Dana CSR, PT HKI Bantu Perbaikan Jalan Di Lareh Sago Halaban

Upaya keras dan perjuangan masyarakat Lasahan untuk perbaikan infrastruktur jalan utama di Kecamatan Lareh Sago Halaban yang menghubungkan Payakumbuh-Tanah Datar ini akhirnya berbuah manis dan segera terwujud, setelah sejumlah tokoh masyarakat dan pemuda mengadakan perbahasan final yang bertempat di ruangan Kantor Camat Lareh Sago Halaban pada Rabu (13/01) siang.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...

Bupati Limapuluh Kota Serahkan Bantuan Kepada Korban Kebakaran Di Simalanggang

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi memberikan bantuan korban kebakaran rumah semi permanen, Selasa(12/1) di Nagari Koto Baru Simalanggang Kecamatan Payakumbuh.

Sampah Berserakan Di Lembah Harau, Ini Komentar Penggiat Wisata

Kawasan Sarasah Bunta Harau, sudah tidak bisa digarap apapun untuk tujuan wisata natural, artinya kealamiannya mulai tercemar. Hal ini tampak dari banyaknya sampah plastik yang menumpuk di salahsatu objek Wisata di Kabupaten Limapuluh Kota itu.
- Advertisement -