25.1 C
Padang
Wednesday, October 28, 2020

Pemko Payakumbuh Sikapi Positif Kebijakan Ekonomi V Jokowi

Paket  Kebijakan Ekonomi V  yang diluncurkan Presiden Joko Widodo,  disikapi positif  Walikota Payakumbuh Riza Falepi, dengan membuat kebijakan, mengeluarkan perizinan serba cepat. Walikota Riza mengingatkan, agar Badan Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPM-PTSP) Payakumbuh,  responsif dengan kebijakan nasional ini. Jjangan sampai ada warga mengeluh karena pengurusan perizinan yang berbelit.

Penegasan tersebut disampaikan Walikota Riza Falepi, dalam rapat koordinasi dengan seluruh pimpinan SKPD di jajaran pemko, di aula balaikota, Jumat (23/10). Rakor tersebut dipimpin Sekdako H. Benni Warlis, bersama Asisten I Yoherman dan Asisten III Iqbal Bermawi,  itu tindak lanjut dari Rakor kepala daerah seluruh provinsi dengan Presiden Joko Widodo di Jakarta, Rabu sebelumnya.

Mengeluarkan surat perizinan yang cepat kepada calon investor, disebut walikota, akan mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi. Dalam mengeluarkan izin, tegasnya, jangan sampai ada yang meminta fee. Jika ada yang berbuat meminta fee, kita akan nolmkilometerkanmpejabatnya, tegas walikota.

Selain  memudahkan pengeluaran izin, termasuk surat keterangan  usaha bagi pelaku ekonomi mikro,  walikota juga meminta seluruh jajaran  perbankan di Payakumbuh, untuk  tidak membatasi jumlah kredit usaha rakyat (KUR).

Menurut walikota,  jika ada pihak perbankan yang mempersulit menyalurkan KUR kepada pelaku usaha, silahkan melaporkannya kepada walikota. “Kita akan tindak lanjuti laporan pelaku usaha, jika tak mendapat sambutan baik dari pihak bank,” tegasnya.

Walau begitu,  kata walikota,  pihaknya akan melakukan koordinasi dengan jajaran perbankan  di Payakumbuh, menyangkut dengan kebijakan pemerintah pusat dalam penyaluran KUR itu. “Kita berharap, pihak bank menyalurkan KUR sebanyak-banyaknya kepada pelaku usaha mikro yang selama ini banyak terkendala dengan permodalan dimaksud.

Sementara itu, dalam menekan laju  inflasi di Sumatera Barat, khususnya di Payakumbuh ke depan, Walikota Riza Falepi meminta TIPD (Tim Inflasi Pemerintah Daerah), juga lebih serius memonitor penyebab terjadinya inflasi di Payakumbuh. Ciptakan iklim dunia usaha yang sehat, dengan meningkatkan produksi dari segala sektor, simpulnya.

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Menteri PPN Soroti Ketersediaan Air Bersih di Pulau Jawa Pada Acara International Workshop on Coastal Reservoir

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas menjadi narasumber dalam acara International Workshop on Coastal Reservoir: “Water Availabilty, Coastal Security and Sustainability” yang...

Para Pengemudi Layanan “Maxim” di Padang Mendonorkan Darah untuk Palang Merah Indonesia

Padang,- Pada tangga 24 Oktober, sekitar 15 pengemudi layanan dan puluhan masyarakat yang peduli di kota ini telah mengisi bank persediaan darah...

Penyegaran Komitmen PPK Pilkada 2020

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Pariaman melakukan kegiatan penyegaran komitmen profesionalitas, dan integritas kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK)...

Ini Sanksi Bagi Anggota Fraksi Gerindra Yang Tidak Laksanakan Instruksi Partai

Sijunjung, Berita Sumbar--Anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD Kabupaten Sijunjung, terancam dipecat dan dilakukan Pergantian Antar Waktu (PAW), bila tidak melaksanakan instruksi partai...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM)...

Polling Pilkada Kota Bukittinggi 2020

Mari semangati calon Walikota - Wakil Walikota Bukittinggi pilihan pembaca dengan klik dukungan di polling di bawah ini.

Polling Pilgub Sumbar 2020

Mari dukung dan semangati kandidat calon Gubernur Sumbar di Pilkada serentak 2020 pilihan pembaca dengan klik polling berikut ini.

Sabar AS, Kearifan Lokal Harus Terus Dijaga

Pasaman,-Bakal calon Wakil Bupati Pasaman SABAR AS beserta rombongan hadiri tradisi buka ikan larangan di Jorong 5 Pertemuan Pasaman, Minggu, 30/8/2020
- Advertisement -