24.2 C
Padang
Rabu, Januari 19, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Pemko Bangun Toilet Standar Hotel Berbintang
P

Kategori -
- Advertisement -

Pemerintah Kota Payakumbuh lewat Bidang Pengelola Pasar Dinas Koperindag, membangun toilet representatif standar hotel berbintang, di kawasan pasar bertingkat blok barat dan blok timur. Toilet umum dimaksud, pemakaiannya diresmikan Walikota Payakumbuh Riza Falepi, Kamis (14/8) malam. Dihadiri Kadis Koperindag Dahler, SH, Ketua Asosiasi Pedagang Kaki Lima (APKL) H. Nursyirwan dan sejumlah undangan lainnya.

Toilet pengganti WC umum sebelumnya itu, direnovasi dengan total dana APBD Payakumbuh 2014, sebesar Rp186.337.900. Dari kondisi awal yang kurang nyaman, jika berada dalam WC tersebut, sekarang sudah berubah sangat signifikan. Lantai dan dindingnya diberi batu granik,  dilengkapi dengan WC jongkok, duduk dan berdiri. Seluruh fasilitas tinggal main pencet saja.

“Jika kita berada dalam toilet ini, tak obahnya tengah berada dalam toilet hotel berbintang atau bandara internasional,” sebut Kabid Pengelola Pasar Davitra, S.Sos, M.Si, melaporkan.

Kehadiran toilet tersebut, tidak hanya buat tamu dan pedagang di kawasan pasar bertingkat. Tapi, juga buat fasilitas pedagang kuliner malam. Selama ini, banyak   tamu yang berkunjung di malam hari ke Payakumbuh, mengalami kesulitan untuk buang air kecil. WC umum yang ada, menjelang magrib sudah ditutup.

Akibat  tidak punya WC umum yang memadai, terutama di malam hari, lantai dua pusat pertokoan bertingkat jadi sasaran buat hajat bagi oknum tak bertanggung jawab. Di pagi hari, sejumlah pedagang di lantai dua, mengomel dan berteriak keras, karena toko mereka sudah bau pesing.

Kondisi tersebut, sudah berakhir, menyusul diresmikannya pemakaian toilet umum itu oleh walikota Riza Falepi. Meski hanya baru tersedia dua unit, masing-masing di belakang Toko Hizra dan di bawah tangga eks Mini Market Aprilia, tapi dinilai sudah cukup untuk mengakomendir kebutuhan toilet di pusat pertokoan bertingkat. Dinas Koperindag merencanakan, juga akan merenovasi sejumlah wc umum lainnya, menjadi toilet, kata Kadis Koperindag Dahler.

Walikota Riza Falepi, mengingatkan, toilet yang baik, cantik dan ekslusif tak akan berarti, jika tidak diiringi dengan perawatan dan pemeliharaan yang intensif. Fasilitas mahal ini akan menjadi sia-sia, jika tidak ditangani oleh tenaga yang telaten. Karena itu, Dinas Koperindag selaku penanggung jawab sarana umum ini, harus mampu menempatkan tenaga yang punya jiwa seni, sensitif terhadap kebersihan dan kesehatan.

 

Walikota Riza, tak ingin, pihak yang mengontrak toilet ini, tidak memiliki rasa memiliki yang tinggi terhadap fasilitas pemerintah ini. Karena itu, tenaga yang menangani fasilitas umum, harus lolos seleksi yang ketat, agar keberadaan toilet umum dirasakan manfaatnya oleh tamu yang berkunjung ke Payakumbuh. “Toilet yang representatif tidak berbau, akan berdampak positif terhadap kemajuan kota ini,”  simpul walikota.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img