25.5 C
Padang
Jumat, Juli 30, 2021
Beritasumbar.com

Pemkab Painan Himbau Produsen Salurkan Pupuk Sesuai RDKK
P

Kategori -

 

Painan, Sumbar – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), mengimbau produsen pupuk bersubsidi di daerah itu untuk menyalurkan pupuk sesuai dengan kebutuhan dan rencana defenitif kebutuhan kelompok (RDKK) yang diajukan petani.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Hortikultura dan Perkebunan Pesisir Selatan Afrizon Nazar di Painan, Jumat, mengatakan produsen juga harus menginventarisir gudang bagi distributor pupuk bersubsidi di daerah itu guna meminimalisir persoalan (penyelewengan) pupuk subsidi yang bakal terjadi.

Katanya, pupuk bersubsidi merupakan barang dalam pengawasan yang pengadaan dan penyalurannya mendapat subsidi dari pemerintah dalam memenuhi kebutuhan pupuk kelompok tani atau masyarakat di sektor pertanian seperti tanaman pangan, perkebunan, hortikultura, peternakan dan perikanan.

Namun program tersebut tidak diperuntukkan bagi tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan atau perusahaan perikanan budidaya milik perusahaan, baik swasta maupun negeri.

Pemkab juga mengimbau petani di kabupaten itu untuk mengurangi pemakaian pupuk an organik (Kimia) guna mengantisipasi agar tidak terjadi kelangkaan pupuk bersubsidi di daerah itu.

Menurutnya, pemakaian pupuk an organik terlalu banyak juga tidak baik untuk tanaman berikutnya karena dapat merusak kesuburan tanah. Meski masih memanfaatkan pupuk an organik, namun kapasitasnya agar dapat dikurangi dengan mengalihkan ke organik.

Pengalihan pemakaian pupuk an organik ke organik juga dapat menekan biaya pengeluaran bagi petani, disamping menjaga kesuburan tanah. Pemanfaatan pupuk organik hasilnya jauh lebih baik dan berkualitas dibanding pupuk kimia (an organik).

Kepala Bagian Perekonomian Pesisir Selatan Rosdi mengatakan, pada tahun ini (2015) pemerintah mengalokasikan pupuk subsidi organik dan an organik di kabupaten itu sebanyak 20,96 ribu ton.

Jenis pupuk yang dialokasikan sama dengan tahun lalu yakni Urea, SP-36, ZA dan NPK. Khusus pupuk organik mendapat alokasi sebanyak 1.619,34 ton dan pupuk an organik sebanyak 8.155 ton. Sedangkan pupuk an organik terdiri dari jenis Urea dan SP-36 sebanyak 1.515,74 ton, ZA sebanyak 1.649,74 ton dan NPK sebanyak 5.155.99 ton.

Sebanyak 16.687 ton diantaranya diperuntukan bagi tanaman pangan, 518 ton untuk hortikultura, sebanyak 2.064 ton bagi perkebunan, sebanyak 598,08 ton untuk peternakan, pada sektor perikanan budidaya dan peternakan sebanyak 228,66 ton.

 

[Ant/Oleh Junisman]
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Tiga ASN Kankemenag Padang Panjang Mengikuti Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Pejabat Fungsional Penyuluh Agama Islam Melalui Jalur Penyesuaian/Inpassing

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Tiga ASN Kankemenag Kota Padang Panjang mengikuti Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Pejabat Fungsional Penyuluh Agama Islam melalui Jalur Penyesuaian/Inpassing, Selasa (27/07/2021).
- Advertisement -

Jadi Lokus Studi Tiru, GTP UIakan Kembali Dikunjungi Pokdarwis se Kabupaten Sijunjung.

Padang Pariaman, beritasumbar.com.,-Nagari Ulakan melalui potensi kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park (GTP) yang dimiliki, kembali menjadi pusat perhatian. Hal itu dibuktikan, dengan adanya kunjungan Studi Tiru ke destinasi wisata ini, yang digagas oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat. Dalam kesempatan kali ini, Dinas Pariwisata Provinsi selaku penyelenggara Pelatihan Sadar Wisata di Kabupaten Sijunjung memboyong seluruh peserta untuk melakukan Studi Tiru ke kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park di Nagari Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakih Kabupaten Padang, pada Selasa (27/7).

IKM Baruah Gunuang Terbentuk

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Dua puluh dua orang mahasiswa yang berasal dari Nagari Baruah Gunuang yang merupakan perwakilan dari berbagai kampus di Indonesia menghadiri kegiatan first gathering dalam pembentukan keluarga mahasiswa di nagari dengan nama Ikatan Keluarga Mahasiswa Baruah Gunuang (IKMB).
- Advertisement -

8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru

Cerita Berseri, Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 4/1000 cerita “8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru” Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Sebutan 8...

Komisi B DPRD Kota Payakumbuh Desak PAM Tirta Sago Secepatnya Atasi Permasalahan Debit Air

Payakumbuh,BeritaSumbar.com- Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Payakumbuh mendesak agar Perumda Air Minum (PAM) Tirta Sago dapat segera mengatasi permasalahan debit air di kota itu.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

School of Randang Sebagai Wisata Gastronomi Kota Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Tantangan kedepan dari kepala daerah adalah bagaimana membangun network dan komunikasi, tetapi yang perlu digaris bawahi adalah sumber daya manusia (SDM) di dalam tentu perlu untuk mereka benahi.

Investasi Cryptocurrency Naik Signifikan

Padang,- Investasi beberapa Cryptocurrency mengalami Kenaikan signifikan pada 2021, Triliunan Rupiah terserap dalam investasi ini

Padang Pariaman Bantu Alsintan Untuk 22 Kelompok Tani

Pariaman, beritasumbar.com - Dalam rangka meningkatkan produktifitas para petani, Pemkab Kabupaten Padang Pariaman memberikan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan). Penyerahan bantuan alat pertanian kepada 20...

Bukittinggi Siap Menuju Pusat Kuliner dengan Konsep Malioboro

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Sebagai pusat kunjungan wisatawan di Sumatera Barat, Kota Bukittinggi terus berbenah. Tidak hanya pada objek wisatanya, pusat kuliner juga menjadi perhatian...

DPRD Lima Puluh Kota Dorong Pemda Tangkap Peluang Ekonomi Yang Ditawarkan Gubernur Jawa Barat

Lima Puluh Kota,  - Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mengambil peluang ekonomi yang ditawarkan Gubernur...

Terkait Kebijakan Impor Beras, ini Komentar PPI

Jakarta,-Pemerintah baru saja memutuskan untuk melakukan impor beras 1 juta ton dan menugaskan Bulog untuk melaksanakan kebijakan impor tersebut. Terkait dengan kebijakan tersebut, PPI merasa perlu untuk menyampaikan pandangan

Permata Bank dan Astra Life Luncurkan AVA iFamily Protection

Produk e-bancassurance inovatif hasil kolaborasi PermataBank dan Astra Life yang memberikan santunan rawat inap hingga Rp3jt per hari, hadirkan produk perlindungan dan layanan terbaik yang terdigitalisasi bagi keluarga Indonesia

NYALA | OCBC NISP Luncurkan Solusi Finansial Fitness Guna Membangun Generasi Indonesia yang Financially Fit

Solusi Financial Fitness by NYALA OCBC NISP fokus membangun generasi Indonesia agar memiliki pengetahuan, kebiasaan dan mindset finansial yang tepat. Solusi Financial Fitness hadirkan lebih dari sekadar produk keuangan, ini adalah program pendampingan keuangan untuk membawa Indonesia melaju jauh menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2045.

Wujudkan Transaksi di Sumbar Berbasis Syariah, Ini Harapan Mahyeldi dan Wako Payakumbuh

Payakumbuh, beritasumbar.com - Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumatera Barat mengharapkan masyarakat lebih paham dengan ekonomi syariah serta ke depannya semua transaksi keuangan di daerah...

DEREKSI hadir di Padang

Hallo Sumbar. YEAY!! 🤗 DEREKSI hadir di Padang niiih 😍😍 Khawatir tidak efektif? Dengerin dulu testimoni dari alumni kita 😊
- Advertisement -