28 C
Padang
Selasa, Oktober 19, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Payakumbuh Melebihi Target Capaian Program Sejuta Akseptor
P

Kategori -
- Advertisement -

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, – Dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27, jatuh pada Selasa (29/6/2021) Kota Payakumbuh melebihi target program nasional Pelayanan Sejuta Akseptor (PSA), dengan capaian 343,094 persen.

“Target Kota Payakumbuh memberikan pelayanan akseptor sebanyak 330 orang. Ternyata capaian PSA Kota Payakumbuh 3 kali lipat dari target, yaitu sebanyak 1.135,” kata Milizar Mukhtar, Kasi Keluarga Berencana, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DP3AP2KB).

“Adapun PSA yang diberikan DP3AP2KB Kota Payakumbuh adalah pelayanan IUD, pemasangan inflant, suntik KB, pemberian pil KB, kondom dan tubektomi, tindakan bedah steril pada wanita. Pelayanan tersebut berlangsung 1 hari, yaitu pada tanggal 24 Juni 2021, dan dilakukan serentak secara nasional,” tambah Milizar Mukhtar.

Terpisah, Syahnadel Khairi selaku kepala Dinas DP3AP2KB mengungkapkan, “Kota Payakumbuh bisa melebihi target berkat bantuan beberapa pihak. Kami bersinergi dengan Penyuluh Keluarga Berencana (PKB), kader KB se-Kota Payakumbuh. Serta instusi kesehatan, baik milik pemerintah maupun swasta. Seperti Puskesmas se- Kota Payakumbuh, dan RSKIA Annisa untuk tindakan tubektomi.”

“Kami memberikan apresiasi pada seluruh masyarakat yang telah ikut berpartisipasi, dan staf yang telah bekerja sepenuh hati, mengajak masyarakat. Termasuk pada mitra kami tenaga kesehatan dan tenaga medis yang telah berperan penting dalam program nasional Pelayanan Sejuta Akseptor ini,” tutupnya.

Sekedar informasi, bahwa Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) menelorkan program Keluarga Berencana (KB), bernama program Pelayanan KB Sejuta Akseptor dan diberikan secara gratis pada masyarakat, melalui dinas DP3AP2KB kabupaten, kota dan propinsi diseluruh Indonesia. (*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img