23 C
Padang
Kamis, Januari 28, 2021
Beritasumbar.com

Payakumbuh Diguyur Hujan, Pelaksanaan Sholat IStisqo Diganti Dengan Tausyiah Agama
P

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Pelaksanaan Sholat Istisqo’ yang direncanakan oleh Pemerintah Kota Payakumbuh bersama Kementerian Agama Kota Payakumbuh pada Selasa (24/9) pagi di Lapangan Sari Bulan, Kelurahan Sawahpadang Auakuniang, Kecamatan Payakumbuh Selatan hanya diisi dengan penyampaian Tausyiah dan Doa bersama. Hal itu menyusul telah turunnya hujan mengguyur Kota Payakumbuh pada Senin (23/9) malam.

“Alhamdulillah semalam sudah turun hujan, kami minta pendapat para ulama terkait rencana sholat Istisqo kita pagi ini, dan apa keputusannya kami ikut pendapat ulama dalam hal ini MUI,” ujar Walikota diwakili Sekretaris Daerah Rida Ananda.

Dikatakan, untuk menetapkan kondisi luar biasa, pihaknya berpedoman kepada standar operasional prosedur (SOP) bencana, termasuk bencana kabut asap.

“Sesuai ketentuan ambang batas kualitas udara penetapan SOP bencana adalah 259. Kondisi kita minggu kemarin pada angka 165 s.d. 241. Baru pada hari minggu 22 September, berada pada angka 311, maka Senin pagi kita gelar Rakor dan mengambil sejumlah keputusan,” jelasnya.

Adapun keputusan yang diambil sesuai dengan siaran Pers Pemko Payakumbuh kemarin adalah meliburkan anak sekolah tanggal 23-25 September 2019 dan melaksanakan Sholat Istisqo pada Selasa (24/9)pagi.

Sementara, Ketua MUI Kota Payakumbuh Buya Mismardi, BA yang berindak selaku khatib menjelaskan bahwa dengan turunnyanhujan semalam, maka sholat Istiaqo’ hanya diisi dengan penyampaian Tausyiah dan doa bersama. Dikatakan, hal itu sudah berdasarkan hasil konsultasi dengan Ketua MUI Sumatera Barat.

“Sebelum hari ini sudah banyak yang melaksanakan sholat Istisqo’ dan Alhamdulillah hujan turun semalam merata di Kota Payakumbuh dan sekitar. Jadi hasil muzakarah kami termasuk dengan MUI Sumbar sholat Istisqo’ hanya diisi tausyiah dan doa,” terangnya.

Dikatakan, hal itu belandaskan kepada dasar adanya hukum dalam Islam menurut mazhab Syafi’i, dimana hukum ada kalau ada sebab. Kalau sebab tak ada maka hukum juga tak ada,
Ada hukum karena ada sebab. “Karena hujan sudah turun, maka sholat minta hujan tentu tidak diperlukan lagi,” terangnya.

Dijelaskan, adapun menurut Mazhab Maliki, jika kita sudah bersiap-siap hendak kelapangan melaksanakan Sholat Istisqo’ dan hujan turun saat itu, maka sholat tetap dilaksanakan. Cuma dalam kasus kita, hujan sudah turun dari semalam, bukan saat kita siap-siap kelapangan,” tambahnya.

Dalam tausyiahnya Buya Mismardi mengajak para jamaah untuk bertaubat kepada Allah SWT atas dosa dan kesalahan yang dilakukan, agar bencana kabut asap dan bencana lainnya bisa jauh dari Kota Payakumbuh. Himbauan senada juga disampaikan Kepala Kantor Kemenag Kota Payakumbuh Jufrimal saat memberikan sambutan.

Kegiatan yang juga dihadiri Ketua DPRD Kota Payakumbuh Hamdi Agus, ST beserta sejumlah anggota DPRD dan seluruh kepala OPD serta staf ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh Ust. H. Kadyarman, Lc. (relis)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Tim Klewang Ringkus Raja Jambret Kota Padang

HS, 23 tahun, harus merasakan timah panas dari polisi bersarang di kakinya. Ia ditangkap karena diduga terlibat dalam kasus pencurian gawai di delapan Tempat Kejadian Perkara (TKP) Kota Padang. Modusnya, pelaku menjambret korban yang lengah di jalan raya dan membobol masuk melalui jendela rumah pada tengah malam.
- Advertisement -

Promosikan Wisata Di Kota Tambang, Rezka Oktoberia Gelar Sepeda Sehat Explore Sawahlunto

Ikut promosikan wisata sehat di kota Sawahlunto, Rezka Oktoberia Ketua Srikandi Pemuda Pancasila Sumbar bekerja sama dengan Rebana Foundation menggelar event Sepeda Sehat Explore Wisata Sawahlunto pada Minggu (24/01/2021) pagi.

Senin (25/1), Kasus Positif Nol, 17 Guru Sembuh Dari Covid-19

Baru saja kemarin payakumbuh mendapatkan kabar 2 guru telah bebas dari Covid-19, pada hari Senin (25/1), kabar baik datang dari 17 orang tenaga pendidik yang dikabarkan telah bebas dari isolasi, karena mereka sudah negatif Covid-19.
- Advertisement -

Akui Kesalahan Staf, Kepala SMKN 2 Padang Minta Maaf

Menindaklanjuti santernya kabar mengenai pemaksaan penggunaan kerudung bagi siswi non muslim di SMKN 2 Padang, Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Barat, Adib Alfikri, menggelar jumpa pers, Jumat (22/1/2021) malam.

Sekolah TK dan Paud Dimasa Pandemi, Ini Komentar Bunda Paud Payakumbuh

Guna memutus mata rantai penyebaran wabah Covid 19 dan aktifitas masyarakat bisa berjalan, Pemerintah telah membolehkan masyarakat beraktifitas dengan ketentuan tetap menjalani protokol kesehatan.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Antisipas Bahaya Dimusim Hujan, DLH Pangkas Ratusan Pohon

Pemangkasan ratusan pohon di sekitar Payakumbuh Kota terus dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Payakumbuh selama Januari 2021. Hal ini untuk mengantisipasi berbagai musibah yang mungkin timbul akibat terpaan angin dan hujan pada pohon-pohon yang menjadi peneduh dan paru-paru kota tersebut.

2 Ribuan Vaksin Sinovac Sampai Di Dinkes Kota Payakumbuh

Sebanyak 2.320 dosis vaksin Covid-19 tiba di kantor Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, ribuan dosis vaksin Sinovac tersebut akan digunakan saat pencanangan yang direncanakan Senin (01/02) depan untuk seluruh Forkopimda Kota Payakumbuh dan selanjutnya tenaga kesehatan (nakes) yang memenuhi syarat.

PBJ Dalbang Lakukan Gerak Cepat Dalam Proses Pengadaan Barang Dan Jasa

Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh melalui Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Pengendalian Pembangunan (PBJ Dalbang) melakukan gerak cepat untuk proses pengadaan barang dan jasa pemerintah yang telah dimulai sejak awal Januari 2021 ini.

Komisi A DPRD Kota Payakumbuh Kunjungi Disdukcapil

Mengawali tahun 2021 Ditengah masih berlangsungnya wabah pandemi Covid-19, Anggota KomisiA DPRD kota Payakumbuh lakukan kunjungan kerja ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kota Payakumbuh, Selasa 26 Januari 2021.

Legislator akan perjuangkan nasib guru honorer di Payakumbuh

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat akan memperjuangkan nasib guru honorer dan tenaga honorer yang ada di daerah tersebut.

Disnakerin Payakumbuh Berinfak, Bantu Yayasan Cahaya Islam Yang Alami Musibah Kebakaran

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh Wal Asri bersama jajarannya kembali mendatangi Pesantren Cahaya Islam yang berada di Jalan Puti Elok Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara, Selasa (26/1).

Sempat 4 Tahun Kosong, Pengadilan Negeri Payakumbuh Sekarang Miliki Wakil Ketua

Sudah 4 tahun lamanya Pengadilan Negeri Kota Payakumbuh tidak memiliki pejabat wakil ketua. Akhir-akhir ini, beberapa pengadilan negeri di Sumatera Barat memang kekurangan pejabat struktural, salahsatunya untuk jabatan wakil ketua, seperti di Payakumbuh.

GOW Ajak Wanita Payakumbuh Lakukan IVA Test

Dalam rangka antisipasi penyakit Kanker Serviks khususnya bagi wanita di Kota Payakumbuh, Gabungan Organinasi Wanita (GOW) Kota Payakumbuh mengikuti pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) test gratis di Puskesmas Padang Karambia. Selasa (26/1).

13 Anak Punk Diamankan Dan Dibina Satpol PP Payakumbuh

Menindaklanjuti laporan masyarakat yang resah dan merasa terganggu oleh tindakan gank punk di wilayah Kota Payakumbuh, Tim Penegak Perda Kota Payakumbuh atau yang lebih dikenal dengan Satpol PP ini mengamankan sebanyak 13 muda-mudi yang berstyle punk itu, Selasa (26/1) sekitar pukul 14.35 WIB.

3 BPC HIPMI Gelar Pelantikan Di Balaikota, Ini Kata Riza Falepi

Meski tak diundang dalam pelantikan pengurus Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) 3 daerah di Sumbar di Balai Kota pada Sabtu (23/1) lalu, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi tetap menyampaikan selamat kepada kepada 3 Ketua Pengurus Hipmi yang baru tersebut.
- Advertisement -