29 C
Padang
Senin, Maret 8, 2021
Beritasumbar.com

Payakumbuh Botuang Festival III Kembali Digelar Di Panorama Ampangan
P

Payakumbuh — Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga kembali menggelar Payokumbuah Botuang Festival (PBF) yang berpusat di Panorama Ampangan, Kelurahan Kapalo Koto Ampangan selama dua hari, 7 dan 8 Desember 2019.

Dalam jumpa pers Jumat (6/12) di Ngalau Resto Medan Nan Bapaneh, Kepala Disparpora Andiko Jumarel mengatakan festival ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Payakumbuh Bagodang dalam memeriahkan HUT Kota Payakumbuh ke 49 pada tahun 2019.

“PBF esensinya mangangkat konsep lebih jauh bagaimana menjadikan bambu sebagai komoditi untuk mengangkat ekonomi masyarakat di nagari, khususnya di Aua Kuniang sebagai kampung pengrajin bambu. Kita mendorong masyarakat untuk berkreasi menciptakan karya baru sehingga bernilai menjanjikan, akan ada pelatihan bagi masyarakat setempat, untuk meningkatkan skill masyarakat dalam mengolah bambu,” kata Andiko.

Dikatakan Andiko, meskipun gelaran PBF sudah masuk pada tahun ketiga, namun untuk saat ini iven khas Payakumbuh itu masih dalam tahap pomosi, untuk menunjang kegiatan ini, Pemko khusus mengundang artis ibukota dan artis seni tradisi dari beberapa daerah di nasional.

“Beberapa bentuk kegiatan promosinya bernuansa tradisi, kita memperkenalkan makan bajamba, menampilkan musik tradisi dari berbagai daerah di provinsi dan nasional. Ada saluang tradisi dan randai. Dilaksanakan di Panorama Ampangan sebagai salahsatu objek destinasi wisata di Payakumbuh,” kata Andiko. (Humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kejuaraan Voly Ball Se-Kabupaten Sijunjung, Tim Three Boy Lahir Sebagai Pemenang

Sijunjung, beritasumbar.com - Tim Volly Three Boy Pos X Jorong Bukit Gombak Nagari Padang Laweh Kecamatan Koto Vll menjuarai kejuaraan antar Tim Voly Ball Se-Kabupaten...
- Advertisement -

Warga Transmigrasi Padang Tarok SP 1 Dapat Pelatihan Keterampilan

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Untuk peningkatan nilai ekonomis produksi lahan perkebunan warga transmigrasi Padang Tarok SP 1 Kecamatan Kamang Baru kabupaten Sijunjung, Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Sumbar melakukan pelatihan keterampilan bagi warga transmigrasi. Adapun pelatihan yang diselelenggarakan Dinas Trans Sumbar ini kegiatan pelatihan pengolahan hasil pertanian.

Mr.Ho bersama Indonesia Records Garap Lagu ‘Laki Laki Laku’ Sebagai Bentuk Kritik Sosial

Jakarta (BeritaSumbar.com) - Eksistensi Mr.Ho tengah jadi perhatian penikmat musik di Tanah Air. Lagu-lagu rock ballads karya penyanyi asal Purworejo, Jawa Tengah tersebut kerap...
- Advertisement -

Sempat Resahkan Warga, Seekor Harimau Dahan Masuk Perangkap BKSDA Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Beberapa hari belakangan warga Jorong Sikabu Kabu digemparkan dengan ditemukan hewan ternak mereka mati dikandang. Hewan peliharaan berupa kambing warga tersebut mati dengan luka di leher. Melihat kondisi tersebut warga lansung menduga ada binatang buas yang memangsa ternak mereka dan lansung melaporkan ke pihak Nagari dan diteruskan kepada BKSDA Limapuluh Kota.

Bersama IKAB Pessel, Wabup Sambut Kunjungan IKAB Kota Palembang

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Jarak bukan menjadi halangan dalam menjalin Silaturrahmi, ini dilakukan Ikatan Keluarga Agam Bukit Tinggi ( IKAB) Kota Palembang, dengan Ikatan Keluarga Agam Bukit Tinggi ( IKAB), Kabupaten Pesisir Selatan. Kemarin, Minggu (7/3) kemaren.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

HWK Sumbar Tampil di Konser Minang Bersuara II bersama Seniman dari 5 Negara

PADANG (BeritaSumbar.com)– Eksplorasi seni dan budaya dapat menjadi salah satu cara mengatasi banyak permasalahan. Seni dan budaya juga bermanfaat untuk menyukseskan program Pemerintah dalam...

Hadiri Musda XIV Pemuda Muhammadiyah, Ini Pesan Wawako Erwin Yunaz

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Wakil Wali Kota Payakumbuh menghadiri Musyawarah Daerah (Musda) XIV Pemuda Muhammadiyah Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota yang digelar di Gedung Dakwah PDM Kota Payakumbuh, Sabtu (7/3).

Kelurahan Padang Karambia Gelar Pemilihan Ketua LPM Dan Karang Taruna

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - "Mamiliah Badunsanak" begitu slogan dalam pemilihan Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dan Ketua Karang Taruna (KT) Kelurahan Padang Karambia yang dilaksanakan bak pemilihan Kepala Daerah ini, yang dilaksanakan di MTI Tarbiyah Padang Karambia, Minggu (07/03).

Datuak Pangulu Rajo Nan Hitam Terpilih Sebagai Ketua KAN Koto Nan Ompek

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Pemilihan Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Koto Nan Ompek akhirnya terpilih Datuak Pangulu Rajo Nan Hitam, acara ini di gelar di Balai Adat Nagari Koto Nan Ompek, Sabtu, (6/3) kemaren.

Percepatan Penuntasan Pembangunan Monumen PDRI, Pemkab Limapuluh Kota Rakor Dengan Kemenkopolhukam

Jakarta, beritasumbar.com - Untuk menuntaskan pembangunan Monumen Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) di Koto Tinggi, Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota melakukan koordinasi dengan Kementerian Koordinator...

Lantik Ny.Lira Rizki Kurniawan Nakasri Sebagai Ketua Dekranasda Limapuluh Kota, Ini Pesan Dekranasda Sumbar

Padang, beritasumbar.com - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sumatera Barat, Ny. Harnely Mahyeldi melantik 11 orang Ketua Dekranasda kabupaten dan kota daerah itu...

Kejuaraan Voly Ball Se-Kabupaten Sijunjung, Tim Three Boy Lahir Sebagai Pemenang

Sijunjung, beritasumbar.com - Tim Volly Three Boy Pos X Jorong Bukit Gombak Nagari Padang Laweh Kecamatan Koto Vll menjuarai kejuaraan antar Tim Voly Ball Se-Kabupaten...

Target Vaksinasi Melebihi Penduduk, Dinkes Padang Panjang Pertanyakan Data Pemprov Sumbar

Padang Panjang, beritasumbar.com - Pelaksanaan vaksinasi tahap II yang menyasar petugas publik, Pemrov Sumbar  memberikan target kepada Pemko Padang Panjang  dengan sasaran sebanyak 59.516...

90 vial Vaksin Tahap II Tiba di Kota Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Dengan pengawalan ketatat anggota Satuan Brimobda Sumbar Yon B Pelopor Padang Panjang, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Payakumbuh kembali menerima 90 vial vaksin Covid-19 untuk tahap II dan langsung disimpan di Gudang Instalasi Farmasi Dinkes Kelurahan Ibuh, Selasa (02/03) siang.

Ujian Akhir Sekolah SD dan SMP Di Payakumbuh Bakal Dilaksanakan 29 Maret Sampai 1 April 2021

Ujian Nasional (UN) dan ujian kesetaraan tahun 2021 ditiadakan. Dengan ditiadakannya UN dan ujian kesetaraan tahun 2021, maka UN dan ujian kesetaraan tidak menjadi syarat kelulusan atau seleksi masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, di Payakumbuh hanya melaksanakan ujian akhir sekolah (UAS) saja.
- Advertisement -