24 C
Padang
Senin, Agustus 2, 2021
Beritasumbar.com

Parah, Tujuh PTS di Sumbar Dinonaktifkan
P

Kategori -

Padang – Di­rek­torat Jenderal Pen­di­dikan Tinggi (Dikti) menon­aktifkan tujuh perguruan tinggi di Sumatera Barat. Kemudian, dua perguruan tinggi di Kabupaten Solok Selatan mendapat ‘lampu merah’ dari Kopertis Wi­layah X untuk segera me­ngirimkan laporan kegiatan per semester ke Dikti jika tidak ingin dinonaktifkan. Dua perguruan tinggi ter­sebut adalah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Wi­dyaswara dan Sekolah Ting­gi Ilmu Pendidikan (STKIP) Widyaswara Muara Labuh, Solok Selatan.

Koordinator Kopertis Wilayah X Ganefri me­nga­takan, dua sekolah tinggi ini mendapat warning dari pe­merintah karena tidak mem­berikan pelaporan kegia­tan belajar mengajar, bahkan kegiatan wisuda. Aki­bat­nya, jika sampai enam semester ti­dak mem­­berikan pe­la­po­ran, per­gu­ruan tinggi ini bi­sa dinon­ak­tifkan.

“Setiap kali me­­­lakukan ke­gia­tan wisuda per­­guruan tinggi ha­rus ber­koor­di­nasi dengan Ko­pertis dan Dikti se­hing­ga nama mahasiswa bisa tercatat dan bisa diter­bitkan ijazah. Jika tidak disam­paikan pe­laporan, yang ru­gi adalah maha­sis­wa,” ucap Ganefri ketika di­hubungi Ha­lu­an, Minggu (14/6).

Ganefri juga mengatakan, se­hubungan de­ngan penon­ak­tif­kan beberapa per­­­guruan tinggi di Indonesia oleh Dikti, sebanyak tujuh perguruan tinggi di Sumbar juga men­dapat im­­bas tersebut. Tujuh per­guruan tinggi yang di­non­aktifkan Dikti tersebut ada­lah Institut Sains dan Tek­nologi Pembangunan Nu­santara yang beralamat di Jalan Jenderal Sudirman 19, Kota Padang dan telah ber­diri sejak 1989 silam.

Ke­mudian, Sekolah Tinggi Il­mu Manajemen Sumbar yang beralamat di Jalan Pa­lembang Nomor 20 Ga­ung Teluk Bayur, Kelurahan Gaung Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang, Akademi Teknologi Pratama yang beralamat di Kota Pa­dang dan berdiri sejak 1994 lalu, Akademi Teknik Ta­man Siswa yang berdiri ta­hun 2000 di Padang, Aka­demi Bahasa Asing Alaska Padang yang beralamat di Khatib Sulai­man Nomor 17 dan berdiri sejak 2001 silam, Politeknik Tri Dhar­ma yang beralamat di Jalan Jhoni Anwar Nomor 27 dan berdiri 2002 dan STIT YAPTIB Sim­pang IV Pasaman.

“Perguruan tinggi ini dinon­aktifkan, karena memang sudah lama tidak menggelar proses belajar mengajar, tidak ada m­a­hasiswa, tidak ada dosen. Karena itu, kami rekomendasikan untuk dinonaktifkan,” ucap Ganefri.

Ganefri mengatakan sebelum merekomendasikan untuk dinon­aktifkan, terlebih dahulu Ko­pertis akan melakukan pem­binaan. Bagi yang rasio dosen dan mahasiswa tidak imbang, Koper­tis akan menyarankan untuk menambah dosen atau mengu­rangi penerimaan mahasiswa.

Sebelumnya, Dikti telah me­nonaktifkan 235 perguruan tinggi se-Indonesia. Menurut Direktur Direktorat Kelembagaan dan Kerja Sama Ditjen Dikti, Her­mawan Kresno Dipojono, per­guruan tinggi (PT) yang dinon­aktifkan bukan semata-mata kare­na terindikasi ijazah palsu, melain­kan disebabkan beberapa faktor.

“Yang nonaktif itu bisa secara sistem atau bisa karena adanya laporan. Salah satu faktornya adalah rasio dosen dan mahasiswa yang tidak seimbang yaitu 1:300,” ungkap Hermawan.

Hermawan juga menegaskan bahwa jika perguruan tinggi yang sudah dinyatakan nonaktif tetapi masih melakukan kegiatan belajar mengajar tanpa melakukan per­baikan, maka izin pendirian pe­r­gu­ruan tinggi akan dibekukan.

“Kalau masih nakal juga bisa dipidanakan. Tetapi jika sudah ada laporan dari masyarakat yang merasa dirugikan. Karena kita tidak berhak sampai ke situ,” tandasnya.

Untuk mencegah semakin maraknya perguruan tinggi bo­dong, Hermawan mengatakan dirinya telah melakukan sosia­lisasi tentang pangkalan data perguruan tinggi (PDPT) ke sejumlah sekolah. Hal itu untuk mengedukasi masyarakat agar lebih cermat memilih perguruan tinggi.

“Kami sudah paparkan semua data mana perguruan tinggi yang aktif dan nonaktif yang dapat dilihat oleh semua masyarakat di web kami forlap.dikti.go.id untuk mengedukasi masyarakat agar cermat memilih perguruan tinggi,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua STIE Widyaswara Solsel Syamsu Ri­zaldi mengatakan, pihaknya be­lum menerima surat teguran dari Kopertis X tersebut. Mengenai laporan semester yang diki­rim­kan ke Dikti, pihaknya belum mengeceknya.

“Laporan itu dikirim secara online melalui website. Yang mengirim itu sekretaris. Saya belum mengecek apakah sekre­taris sudah mengirimnya atau belum. Yang jelas, kami ada me­ngi­rim laporan evaluasi per semes­ter,” ujarnya. (okezone)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

MTsN 5 Padang Pariaman Gelar Kegiatan Madrasah Berbagi di Momen Idul Adha.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- "Bahagia itu bersama, bukan sendiri. Senang itu bersama, bukan sendiri. Bahagia itu sesungguhnya sederhana, ketika digapai bersama". Itulah ungkapan yang terucap, oleh Dra. Lismaini Amir, M.Si. Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Padang Pariaman, ketika disambangi awak media di ruang kerjanya usai penyerahan bantuan paket sembako kepada beberapa murid-muridnya.
- Advertisement -

Tua, dalam Keajaibannya (Miracle Life)

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 2/1000 Cerita Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)/IV-e Kita semua berhak tahu…! Sebuah penelitian besar di Amerika Serikat menemukan bahwa: Usia...

617 Siswa SLTP Dan SLTA Dapat Bantuan Beasiswa Dari Program Sijunjung Cerdas

Sijunjung, Berita Sumbar--Sebanyak 617 Orang Siswa SLTP dan SLTA sekabupaten Sijunjung mendapat bantuan biaya pendidikan dari program Sijunjung Cerdas Tahap l tahun 2021, dana untuk Mustahik yang dikelola Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sijunjung. Adapun nilai bantuan yang diserahkan hari ini senilai Rp. 186.850.000, (Seratus Delapan Puluh Enam Juta Delapan Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah), penyerahaan diberikan oleh Bupati secara simbolis kepada sekolah kata Ketua Baznas Sijunjung H. Hidayattullah, Muaro Sijunjung hari ini.
- Advertisement -

Satu Meninggal, 27 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan terjadinya tambahan kasus satu orang masyarakat positif Covid-19 yang meninggal dunia pada Selasa (27/07).

Tim KKN UNRI Berinovasi, Batu Payuang Pakai Rambu Rambu Penunjuk Jalan

Limapuluh Kota, BeritaSumbar.com,-Kuliah kerja nyata (KKN) merupakan suatu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia. Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu hingga dua bulan yang bertempat di daerah setingkat desa.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak...

Mangombang Nan Talipek, Rang Kampai Nagari Simpang Kapuak Bapanghulu

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah belasan tahun gelar penghulu Datuak Monti Bosa talipek atau tidak dipakainya, Warga Suku Kampai Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka,...

Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Wabup Sijunjung Minta Camat-Walnag Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Iraddatillah memimpin rapat kerja usaha percepatan penanganan dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut, Rabu, 30/6. Raker tersebut melibatkan...

Kapolres Padang Pariaman Semprot Disinfektan di Seputar Rumah Warga Isolasi Mandiri

Padang Pariaman,   - Mendengar laporan terkait adanya satu keluarga sedang isolasi mandiri melanggar protokol kesehatan, Kapolres Padang Pariaman AKBP. Dian Nugraha HBWPS. SH. SIK,...
- Advertisement -