23 C
Padang
Kamis, Januari 28, 2021
Beritasumbar.com

Nofriwandi Harap Adat Istiadat Juga Masuk Prioritas Musrenbang
N

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Pembangunan sektor fisik masih mendominasi usulan rencana pembangunan tahun 2019 di Kecamatan Payakumbuh Utara. Hal itu mengemuka dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Payakumbuh Utara tahun 2018 yang diikuti oleh unsur kelurahan se-Payakumbuh Utara di Kantor Camat setempat pada Senin (26/02).
Acara Musrenbang dibuka oleh Walikota Payakumbuh yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan Edvidel Arda. Turut hadir sejumlah anggota DPRD asal pemilihan Payakumbuh Utara seperti Wilman Singkuan, Ahmad Ridha, Heri Iswandi Datuak Munti, Chandra Setipon, dan Alhudri Datuak Rangkayo Mulie.
Dari barisan eksekutif tampak hadir, Kepala Dinas (Kadis) PUPR Muslim, Kadis Pendidikan Agustion, Kadis Koperasi dan UKM Dahler, Kadis Lingkungan Hidup Jon Kennedy, Kadis Ketahanan Pangan Walasri, dan Camat Payakumbuh Utara Nofriwandi. Musrenbang juga dihadiri Ketua KAN Koto Nan Gadang Datuak Patiah Baringek serta para delegasi dari seluruh kelurahan yang ada di Kecamatan Payakumbuh Utara.
“Sudah sejak 2016 masyarakat Taruko mengusulkan pembangunan jalan usaha tani, namun sampai saat ini belum dapat direalisiasikan oleh Pemko Payakumbuh, oleh karena itu pada kesempatan ini kami mohon ini diprioritaskan,” ujar Arif Malano, tokoh masyarakat Kelurahan Ikua Koto Dibalai.
Senada dengan itu, Kelurahan Balai Tangah Koto mengusulkan pembangunan drainase di depan SD Islam Raudhatul Jannah menjadi prioritas utama, hal itu guna menghindari genangan air apabila hujan turun.
Kelurahan Koto Kociak Kubu Tapak Rajo (K3TR) dan Kelurahan Napar pun menjadikan sarana fisik menjadi prioritas utama. Kelurahan K3TR mengusulkan pembangunan jalan menuju kantor lurah yang baru, sementara Napar ingin perbaikan drainase pada Jalan Kenanga yang rawan tergenang karena kontur jalan yang cekung.
Meski didominasi usulan pembangunan fisik, Camat Payakumbuh Utara Nofriwandi mengatakan ada juga pembangunan non fisik yang pantas dijadikan prioritas.
“Ada usulan pelatihan kesenian randai, pelatihan adat dan pelatihan kader mubaligh yang saat ini betul betul sangat diperlukan, sebab kita rasakan minat anak muda kita kearahbitu sangat sedikit, dan kita khawatir adat istiadat minangkabau menjadi asing dikalangan generasi penerus kita,” ujar Nofriwandi.
Dikatakan, pihaknya menampung semua usulan prioritas sesuai dengan kuota yang sudah disampaikan dalam Musrenbang kelurahan sebelumnya.
“Semua usulan fisik dan non fisik kita akomodir semua sebagai suatu usulan. Kita akan musyawarahkan mana dari usulan tersebut yang akan menjadi orioritas usulan ditingkat kecamatan,” jelasnya.
Ditambahkan, “Kehadiran bapak bapak kita di DPRD dan para kepala OPD tentu memberi harapan bahwa segala usulan kita tadi akan diperjuangkan terealisasi oleh beliau-beliau pada tahun 2019 mendatang,” pungkas Nofriwandi.(*/rel)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Erwin Yunaz Hadiri Pelantikan Pengurus Hipmi 3 Daerah

Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz hadir dalam hari yang teristimewa bagi organisasi Himpinan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) 3 daerah di Sumbar. Yakni Kota Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota, dan Kota Sawahlunto.
- Advertisement -

Terkait Tambak Udang Dan Tarok City, mahasiswa Lingkar Piaman Datangi Kantor DPRD Padang Pariaman

Pariaman,BeritaSumbar.com,-Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam LIMAPIA bersama Himpunan Mahasiswa Islam komisariat Universitas Eka sakti, pemuda xtc kota Pariaman dan pemuda amal beramal berunjuk rasa...

Edward DF Ketua Pelaksana Pelantikan Pengurus DPD LPM Kota Payakumbuh

Surat Keputusan (SK) Kepengurusan DPD LPM 2020-2025 yang terbentuk pada Musda beberapa waktu lalu sudah diterbitkan DPD LPM Provinsi Sumbar. Dalam waktu dekat kepengurusan tersebut akan dilantik.
- Advertisement -

KPU Limapuluh Kota Tunjuk Pengacara Untuk Menghadapi Sidang PHP Di MK

Tanjung Pati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menunjuk pengacara Sudi Prayitno,S.H., LL.M. sebagai perwakilannya menghadapi sidang gugatan dari pasangan calon Darman Sahladi-Maskar...

Sempat 4 Tahun Kosong, Pengadilan Negeri Payakumbuh Sekarang Miliki Wakil Ketua

Sudah 4 tahun lamanya Pengadilan Negeri Kota Payakumbuh tidak memiliki pejabat wakil ketua. Akhir-akhir ini, beberapa pengadilan negeri di Sumatera Barat memang kekurangan pejabat struktural, salahsatunya untuk jabatan wakil ketua, seperti di Payakumbuh.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Antisipas Bahaya Dimusim Hujan, DLH Pangkas Ratusan Pohon

Pemangkasan ratusan pohon di sekitar Payakumbuh Kota terus dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Payakumbuh selama Januari 2021. Hal ini untuk mengantisipasi berbagai musibah yang mungkin timbul akibat terpaan angin dan hujan pada pohon-pohon yang menjadi peneduh dan paru-paru kota tersebut.

2 Ribuan Vaksin Sinovac Sampai Di Dinkes Kota Payakumbuh

Sebanyak 2.320 dosis vaksin Covid-19 tiba di kantor Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, ribuan dosis vaksin Sinovac tersebut akan digunakan saat pencanangan yang direncanakan Senin (01/02) depan untuk seluruh Forkopimda Kota Payakumbuh dan selanjutnya tenaga kesehatan (nakes) yang memenuhi syarat.

PBJ Dalbang Lakukan Gerak Cepat Dalam Proses Pengadaan Barang Dan Jasa

Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh melalui Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Pengendalian Pembangunan (PBJ Dalbang) melakukan gerak cepat untuk proses pengadaan barang dan jasa pemerintah yang telah dimulai sejak awal Januari 2021 ini.

Komisi A DPRD Kota Payakumbuh Kunjungi Disdukcapil

Mengawali tahun 2021 Ditengah masih berlangsungnya wabah pandemi Covid-19, Anggota KomisiA DPRD kota Payakumbuh lakukan kunjungan kerja ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kota Payakumbuh, Selasa 26 Januari 2021.

Legislator akan perjuangkan nasib guru honorer di Payakumbuh

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat akan memperjuangkan nasib guru honorer dan tenaga honorer yang ada di daerah tersebut.

Disnakerin Payakumbuh Berinfak, Bantu Yayasan Cahaya Islam Yang Alami Musibah Kebakaran

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh Wal Asri bersama jajarannya kembali mendatangi Pesantren Cahaya Islam yang berada di Jalan Puti Elok Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara, Selasa (26/1).

Sempat 4 Tahun Kosong, Pengadilan Negeri Payakumbuh Sekarang Miliki Wakil Ketua

Sudah 4 tahun lamanya Pengadilan Negeri Kota Payakumbuh tidak memiliki pejabat wakil ketua. Akhir-akhir ini, beberapa pengadilan negeri di Sumatera Barat memang kekurangan pejabat struktural, salahsatunya untuk jabatan wakil ketua, seperti di Payakumbuh.

GOW Ajak Wanita Payakumbuh Lakukan IVA Test

Dalam rangka antisipasi penyakit Kanker Serviks khususnya bagi wanita di Kota Payakumbuh, Gabungan Organinasi Wanita (GOW) Kota Payakumbuh mengikuti pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) test gratis di Puskesmas Padang Karambia. Selasa (26/1).

13 Anak Punk Diamankan Dan Dibina Satpol PP Payakumbuh

Menindaklanjuti laporan masyarakat yang resah dan merasa terganggu oleh tindakan gank punk di wilayah Kota Payakumbuh, Tim Penegak Perda Kota Payakumbuh atau yang lebih dikenal dengan Satpol PP ini mengamankan sebanyak 13 muda-mudi yang berstyle punk itu, Selasa (26/1) sekitar pukul 14.35 WIB.

3 BPC HIPMI Gelar Pelantikan Di Balaikota, Ini Kata Riza Falepi

Meski tak diundang dalam pelantikan pengurus Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) 3 daerah di Sumbar di Balai Kota pada Sabtu (23/1) lalu, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi tetap menyampaikan selamat kepada kepada 3 Ketua Pengurus Hipmi yang baru tersebut.
- Advertisement -