30 C
Padang
Sabtu, Januari 16, 2021
Beritasumbar.com

Nagari Koto Bangun Wakili Limapuluh Kota Dalam Lomba Transparansi Pengelolaan Dana Desa
N

Kategori -

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Dalam pengelolaan dana Desa setiap tahun anggaran sangat diperlukan adanya transparansi perencanaan dan pelaksanaan dana Desa/Nagari yang dikucurkan pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Nagari Koto Bangun membuat inovasi yang membanggakan anak nagarinya dan Pemkab Lima Puluh Kota dalam mengelola keuangan nagari.

Keberhasilan itu mengantarkan nagari ini menjadi Wakil Kabupaten Lima Puluh Kota dalam Penilaian Kompetensi dan Transparansi Dana Desa 2020 tingkat Provinsi Sumbar yang dilaksanakan oleh Tim Penilai diketuai Mantan Pamong Senior Rusdi Lubis, dan anggota dari unsur Journalis Eko Yance Edri, Gusfen Khairul, Edi Jarot, Azwar dan Adrian Tuswandi dari Komisi Informasi Sumbar.Penilaian awal dilakukan dengan presentasi Bupati H.Irfendi Arbi dan Wali Nagari Koto Bangun Yusarlis Dt.Sutan Pangulu di rumah dinas Bupati Kamis, 26
November 2020.

Bupati dalam presentasinya menjelaskan Inovasi yang dilakukan dalam pengelolaan keuangan nagari adalah “komitmen yang ikhlas, jelas dan tegas agar pengelolaan dana nagari tepat sasaran dan tidak ada hal menyalahi aturan yang akan menjerat Wali Nagari melanggar hukum”.ujar Bupat.

Pemkab memberikan penghargaan kepada Nagari yang terbaik dalam pengelolaan keuangan secara berjenjang di Kabupaten, Provinsi dan Tingkat Nasional, kita juga menyiapkan Klinik Keuangan Nagari di Kecamatan yang dapat membantu Wali Nagari dalam mengelola keuangan, tukuk Bupati yang banyak mempersembahkan prestasi untuk Kabupaten Lima Puluh Kota.

Wali Nagari Koto Bangun Yusarlis Dt.Sutan Pangulu menjelaskan ” kami melakukan inovasi dalam Transparansi keuangan nagari dimulai dari perencanaan, tepat waktu, tepat sasaran dan menggunakan tekhnologi informasi dengan Website Nagari Codiak,” tutur Wali Nagari yang selalu bersemangat ini.
“Nagari Koto Bangun selalu berinovasi dan anak nagari mendukung penuh untuk kemajuan nagari, salah satunya meningkatnya Pendapatan Asli Nagari 2019 lebih 100 juta dan 2020 karna Pandemi Covid 19 tercapai lebih dari 70 Juta. Ini sesuai dengan Pernag Koto Bangun yang sumber utamanya dari Gambir”

Pendapatan Asli Nagari sangat bermanfaat untuk mendukung kegiatan di lembaga lembaga nagari seperti Ulama, KAN, pemuda Nagari dan kegiatan sosial kemasyarakatan” tutur Wali Nagari.

Sementara itu Kadis DPMD/N A.Zuhdi Perama Putra menegaskan bahwa “pengelolaan keuangan nagari sudah bagus dan dibuktikan tahun 2019 nagari Taram Kec.Harau adalah nagari terbaik tingkat Nasional dalam Transparansi Dana Desa dan Wali Nagarinya menjadi Nara Sumber bersama dengan Bupati H.Irfendi Arbi di Kantor KPK dalam melaksanakan Praktek Baik pengelolaan keuangan desa”, tutur Kadis DPMD/N yang didampingi Camat Kapur IX Ferry Antoni.

Sementara itu Ketua Tim Penilai Rusdi Lubis menjelaskan “Penilaian Kompetensi dan Transparansi Dana Desa di Sumbar adalah inovasi dan pertama di Indonesia, yang bisa dijadi Role Model tingkat Nasional” tutur Mantan Pamong Senior yang banyak pengalaman itu.

Setelah presentasi Bupati dan Wali Nagari kita akan melaksanakan peninjauan ke Nagari Koto Bangun” tutur Rusdi Lubis yang selalu bersemangat.Nagari Koto Bangun diharapkan berprestasi lagi di tingkat Provinsi dan Nasional karna didukung Wali Nagari yang hebat dan antusias anak Nagarinya memajukan nagari. (Relis)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Laga Divisi 3 Turnamen Nusa Bersinar Cup Di NDB Ditutup Wawako Erwin Yunaz

Wakil Wali Kota Erwin Yunaz tidak setengah-setengah memberikan support kepada pemain dan panitia sejak Turnamen Nusa Bersinar CUP dihelat pertengahan Desember tahun lalu. Laga Divisi 3 yang dibuka dan diresmikan orang nomor dua di Kota Payakumbuh itu, juga ditutupnya dengan menyerahkan hadiah langsung kepada sang pemenang, Kamis (8/1) malam, di lapangan Badminton Outdoor Kelurahan Nunang Daya Bangun (NDB), Kecamatan Payakumbuh Barat.
- Advertisement -

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.

Tingkatkan Pelayanan, Di Payakumbuh Buku KIR Ditiadakan, Diganti Smart Card

Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Perhubungan (Dishub) untuk meningkatkan layanan kepengurusan pengujian kendaraan bermotor KIR atau uji kelayakan kendaraan pada kendaraan umum, baik itu angkutan umum maupun kendaraan barang. Sehingga, sekarang telah diterapkan sistem Smart Card (Kartu Pintar) KIR.
- Advertisement -

Dengan Dana CSR, PT HKI Bantu Perbaikan Jalan Di Lareh Sago Halaban

Upaya keras dan perjuangan masyarakat Lasahan untuk perbaikan infrastruktur jalan utama di Kecamatan Lareh Sago Halaban yang menghubungkan Payakumbuh-Tanah Datar ini akhirnya berbuah manis dan segera terwujud, setelah sejumlah tokoh masyarakat dan pemuda mengadakan perbahasan final yang bertempat di ruangan Kantor Camat Lareh Sago Halaban pada Rabu (13/01) siang.

Taruko Menuju Kampung Wisata

Mengawali tahun 2021, Kota Payakumbuh mencoba siapkan destinasi unggulan untuk menarik wisatawan datang. Destinasi tersebut berada di Taruko, Kelurahan Ikua Koto Dibalai, Kecamatan Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Peringatan Peristiwa Situjuah Diisi Dengan Ziarah Dan Tabur Bunga

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, peringatan peristiwa Situjuah ke-72 tahun 2021, Jumat (15/1/2021), berlangsung secara sederhana. Bila sebelumnya acara diawali dengan upacara dan berbagai atraksi, kali ini hanya berupa ziarah dan tabur bunga di makam Lurah Kincia Nagari Situjuah Batua, Kecamatan Limo Nagari.

Irfendi Arbi Serahkan APD Bantuan Donatur

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi menyerahkan bantuan mesin hand sprayer, cairan desinfektan, masker dan hand sanitizer serta vitamin bagi sekolah-sekolah, kantor wali nagari, kantor camat dan lainnya di Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota. Ia berharap bantuan donatur yang disalurkan melalui forum peduli Sumatera Barat itu mampu mencegah penyebaran Covid-19 di daerah ini.

Dengan Dana CSR, PT HKI Bantu Perbaikan Jalan Di Lareh Sago Halaban

Upaya keras dan perjuangan masyarakat Lasahan untuk perbaikan infrastruktur jalan utama di Kecamatan Lareh Sago Halaban yang menghubungkan Payakumbuh-Tanah Datar ini akhirnya berbuah manis dan segera terwujud, setelah sejumlah tokoh masyarakat dan pemuda mengadakan perbahasan final yang bertempat di ruangan Kantor Camat Lareh Sago Halaban pada Rabu (13/01) siang.

Bupati Limapuluh Kota Serahkan Bantuan Kepada Korban Kebakaran Di Simalanggang

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi memberikan bantuan korban kebakaran rumah semi permanen, Selasa(12/1) di Nagari Koto Baru Simalanggang Kecamatan Payakumbuh.

Sampah Berserakan Di Lembah Harau, Ini Komentar Penggiat Wisata

Kawasan Sarasah Bunta Harau, sudah tidak bisa digarap apapun untuk tujuan wisata natural, artinya kealamiannya mulai tercemar. Hal ini tampak dari banyaknya sampah plastik yang menumpuk di salahsatu objek Wisata di Kabupaten Limapuluh Kota itu.

Kinerja Penyelesaian Perkara Pengadilan Agama Tanjung Pati Di Tahun 2020 Alami Peningkatan

Selama tahun 2020,kinerja pengadilan agama Tanjung Pati di Kecamatan Harau Kabupaten Limapuluh Kota mengalami peningkatan.

Upacara Dan Tabur Bunga Peringatan Tragedi Titian Dalam

Kendati gerimis, namun upacara tabur bunga dalam rangka peringatan peristiwa gugurnya 9 Syuhada di Titian Dalam di Kenagarian Pandam Gadang, Kecamatan Gunuang Omeh, Senin (11/1) kemaren tetap berlangsung hikmat dan lancar.

Pengadilan Agama Tanjung Pati 2021 Perbaharui Komitmen Pembangunan Zona Integritas

Menyongsong tahun 2021, Pengadilan Agama Tanjung Pati Kabupaten limapuluh Kota memperbaharui komitmen dalam Pembangunan Zona Integritas di instansi tersebut.

70 Putra Putri Limapuluh Kota Ikuti Pelatihan Calon Anggota Polri

Selamat kepada yang terpilih sebagai peserta Pembinaan dan Pelatihan Calon Anggota Polri bagi putra dan putri Kabupaten Lima Puluh Kota yang akan dilatih oleh Polres 50 Kota" kata Bupati Lima Puluh Kota H.Irfendi Arbi selaku Inspektur upacara di halaman Mapolres 50 Kota, Rabu (6/1) Sarilamak pada Pembukaan Pembinaan dan Pelatihan Calon Anggota Polri Kabupaten Lima Puluh Kota.

Warga sekitar kumpulkan donasi untuk menangkan Kampung Sarugo di API Award

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Guna memenangkan perkampungan wisata Kampung Saribu Gonjong (Sarugo) di Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2020 sebagai Kampung Adat Terpopuler warga...
- Advertisement -