25.3 C
Padang
Kamis, September 23, 2021
Beritasumbar.com

Nagari Koto Bangun Wakili Limapuluh Kota Dalam Lomba Transparansi Pengelolaan Dana Desa
N

Kategori -

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Dalam pengelolaan dana Desa setiap tahun anggaran sangat diperlukan adanya transparansi perencanaan dan pelaksanaan dana Desa/Nagari yang dikucurkan pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Nagari Koto Bangun membuat inovasi yang membanggakan anak nagarinya dan Pemkab Lima Puluh Kota dalam mengelola keuangan nagari.

Keberhasilan itu mengantarkan nagari ini menjadi Wakil Kabupaten Lima Puluh Kota dalam Penilaian Kompetensi dan Transparansi Dana Desa 2020 tingkat Provinsi Sumbar yang dilaksanakan oleh Tim Penilai diketuai Mantan Pamong Senior Rusdi Lubis, dan anggota dari unsur Journalis Eko Yance Edri, Gusfen Khairul, Edi Jarot, Azwar dan Adrian Tuswandi dari Komisi Informasi Sumbar.Penilaian awal dilakukan dengan presentasi Bupati H.Irfendi Arbi dan Wali Nagari Koto Bangun Yusarlis Dt.Sutan Pangulu di rumah dinas Bupati Kamis, 26
November 2020.

Bupati dalam presentasinya menjelaskan Inovasi yang dilakukan dalam pengelolaan keuangan nagari adalah “komitmen yang ikhlas, jelas dan tegas agar pengelolaan dana nagari tepat sasaran dan tidak ada hal menyalahi aturan yang akan menjerat Wali Nagari melanggar hukum”.ujar Bupat.

Pemkab memberikan penghargaan kepada Nagari yang terbaik dalam pengelolaan keuangan secara berjenjang di Kabupaten, Provinsi dan Tingkat Nasional, kita juga menyiapkan Klinik Keuangan Nagari di Kecamatan yang dapat membantu Wali Nagari dalam mengelola keuangan, tukuk Bupati yang banyak mempersembahkan prestasi untuk Kabupaten Lima Puluh Kota.

Wali Nagari Koto Bangun Yusarlis Dt.Sutan Pangulu menjelaskan ” kami melakukan inovasi dalam Transparansi keuangan nagari dimulai dari perencanaan, tepat waktu, tepat sasaran dan menggunakan tekhnologi informasi dengan Website Nagari Codiak,” tutur Wali Nagari yang selalu bersemangat ini.
“Nagari Koto Bangun selalu berinovasi dan anak nagari mendukung penuh untuk kemajuan nagari, salah satunya meningkatnya Pendapatan Asli Nagari 2019 lebih 100 juta dan 2020 karna Pandemi Covid 19 tercapai lebih dari 70 Juta. Ini sesuai dengan Pernag Koto Bangun yang sumber utamanya dari Gambir”

Pendapatan Asli Nagari sangat bermanfaat untuk mendukung kegiatan di lembaga lembaga nagari seperti Ulama, KAN, pemuda Nagari dan kegiatan sosial kemasyarakatan” tutur Wali Nagari.

Sementara itu Kadis DPMD/N A.Zuhdi Perama Putra menegaskan bahwa “pengelolaan keuangan nagari sudah bagus dan dibuktikan tahun 2019 nagari Taram Kec.Harau adalah nagari terbaik tingkat Nasional dalam Transparansi Dana Desa dan Wali Nagarinya menjadi Nara Sumber bersama dengan Bupati H.Irfendi Arbi di Kantor KPK dalam melaksanakan Praktek Baik pengelolaan keuangan desa”, tutur Kadis DPMD/N yang didampingi Camat Kapur IX Ferry Antoni.

Sementara itu Ketua Tim Penilai Rusdi Lubis menjelaskan “Penilaian Kompetensi dan Transparansi Dana Desa di Sumbar adalah inovasi dan pertama di Indonesia, yang bisa dijadi Role Model tingkat Nasional” tutur Mantan Pamong Senior yang banyak pengalaman itu.

Setelah presentasi Bupati dan Wali Nagari kita akan melaksanakan peninjauan ke Nagari Koto Bangun” tutur Rusdi Lubis yang selalu bersemangat.Nagari Koto Bangun diharapkan berprestasi lagi di tingkat Provinsi dan Nasional karna didukung Wali Nagari yang hebat dan antusias anak Nagarinya memajukan nagari. (Relis)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Diduga Abaikan Peringatan Pemerintah,Limbah Hasil Proyek PLTMH Berserakan

Tanah Datar, beritasumbar.com - Pengerjaan pengembangan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Hidromikro (PLTMH) Kalo Kalo Lubuk Jantan diduga abaikan surat peringatan pemerintah daerah tentang limbah kegiatan...
- Advertisement -

Bupati Beny Dwifa Yuswir Launching Gerai Vaksin Bagi Smp Se-Kabupaten Sijunjung

Sijunjung, beritasumbar.com - Bupati Sijunjung Beny Dwifa Yuswir launching gerai vaksin bagi pelajar tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di daerah itu yang dilaksanakan di SMPN...

Diduga Lakukan Penganiayaan Berat, 4 Pria Ini Dibekuk Tim Gagak Hitam

Padang Pariaman ,BeritaSumbar.com,- Tim Gagak Hitam Sat Reskrim Polres Padang Pariaman gabungan dengan anggota Polsek Batang Anai dan Polsek Lubuk Alung berhasil menangkap pelaku yang diduga melakukan penganiayaan berat yang dilakukan oleh empat orang bersama-sama, pelaku tersebut inisial AJH (30), RAA (23), YA (18), dan RYP (18). Keempat pelaku itu ditangkap di Durian Tarung, Kelurahan Pasar Ambacang, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, pada Jumat 17/9/2021 sekira pukul 18:00 WIB.
- Advertisement -

Diduga Abaikan Peringatan Pemerintah,Limbah Hasil Proyek PLTMH Berserakan

Tanah Datar, beritasumbar.com - Pengerjaan pengembangan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Hidromikro (PLTMH) Kalo Kalo Lubuk Jantan diduga abaikan surat peringatan pemerintah daerah tentang limbah kegiatan...

Warga Pasaman Diminta Kritis Hadapi Konten Daring

Pasaman,BeritaSumbar.com, — Dosen Komunikasi UPNVJ, Rut Rismanta Silalahi mengajak warga Kabupaten Pasaman, Sumbar untuk berpikir kritis ketika berinteraksi dengan konten daring.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Pemkab Dukung Pembangunan Gedung Kejaksaan Negeri Kabupaten Limapuluh Kota

Lima Puluh Kota,Beritasumbar.com,-Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo menerima kunjungan kerja Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat Anwarudin Sulistiyono di aula rumah dinas Bupati Lima Puluh Kota, Senin (20/09/2021). Kunjungan juga disambut oleh Ketua DPRD Lima Puluh Kota Deni Asra, Asisten I, dan Kepala OPD.

Bupati Buka Acara Bimtek Pengelolaan Perpustakaan

Lima Puluh Kota,Beritasumbar.com,-Bupati Safaruddin Datuak Bandaro Rajo, menghadiri dan membuka secara langsung Acara Bimbingan Teknis Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar yang diadakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lima Puluh Kota, bertempat di aula pertemuan cahaya 2, hotel Sago bungsu, Lubuak Batingkok Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, Selasa (21/9/2021).

Warga Kampus Bantu UKT Mahasiswa

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Dampak Pandemi Covid –19 sangat berpengaruh terhadap kelanjutan pendidikan di Indonesia. Mahasiswa Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh (Politani) juga merasakan dampak tersebut, ada sebagain mahasiswa mengalami kesulitan membayar UKT/ SPP di Semester Ganjil 2021/2022 ini.

Masuk 100 Pelaksana, Puluhan Peserta Ikuti Sekolah Kader Pengawasan Di Limapuluh Kota

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat menjadi salah satu daerah dari 100 titik yang ditunjuk oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI sebagai...

Literasi Digital, Melanie Soebono Hadir Virtual di Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, — Aktris sekaligus musisi senior yang juga dikenal sebagai aktivis lingkungan hidup, Melanie Soebono hadir secara virtual menyapa warga Kabupaten Limapuluh Kota. Melanie menjadi narasumber Literasi Digital yang diprakarsai Kemenkominfo, Sabtu (21/8).

Berikut Hal Yang Tidak Boleh Disebar di Internet

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, — Warga Kabupaten Limapuluh Kota, Sumbar, diminta untuk waspada mengumbar data pribadi di internet. Berikut sederet hal yang tidak boleh disebar di internet menurut pakar yang dihadirkan Kemenkominfo via webinar.

KONI 50 Kota dan Tanah Datar Hearing Soal Program Pembinaan Olahraga

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Limapuluh Kota menerima kunjungan KONI Kabupaten Tanah Datar di Kantor Sekretariat KONI, Jl Olahraga, kawasan pusat Kota Payakumbuh. Bukan untuk bertanding, melainkan saling bertukar informasi seputar kegiatan serta program kerja dalam rangka pembinaan olahraga di daerah masing-masing.

Wujudkan Manusia Beriman-Akhlak, Pemkab Limapuluh Kota Targetkan Setiap Nagari Miliki Rumah Tahfidz

Limapuluh Kota, beritasumbar.com  - Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat menargetkan setiap nagari atau desa adat di daerah tersebut memiliki rumah tahfidz, guna mewujudkan manusia...

Tinjau Lahan Pembangunan Rest Area Ulu Aia, Ini Kata Gubernur Sumbar dan Bupati Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Gubernur Sumatera Barat H. Mahyeldi Ansharullah, S.P. lakukan kunjungan kerja peninjauan Rest area Ulu Aia, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota. Didampingi Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Datuak Bandaro Rajo, Gubernur menyampaikan pemerintah provinsi akan melakukan penataan kawasan kelok sembilan dan akan memberikan jaminan kepada pedagang agar tetap memperoleh pendapatan.

Peningkatan Hasil Produksi di Sektor Pertanian, Bupati Safaruddin Serahkan Alsintan

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Datuak Bandaro Rajo menyerahkan bantuan alat dan mesin pertanian tahap I sebanyak 53 dari 116 alat-alat pertanian (Alsintan). Bantuan Alsintan yang bersumber dari hibah Kementerian Pertanian RI diserahkan kepada kelompok tani penerima manfaat yang tersebar di 13 kecamatan yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota, Provinsi Sumatera Barat.
- Advertisement -