29 C
Padang
Jumat, Juli 26, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Minggu Pertama Agustus Pekan Menyusui Sedunia
M

Kategori -
- Advertisement -

Oleh: Ns. Muthmainnah, M.Kep
Dosen Fakultas Keperawatan Universitas Andalas

Pekan ASI sedunia atau World Breastfeeding Week (WBW) berlangsung mulai 1-7 Agustus setiap tahunnya. ASI merupakan makanan terbaik untuk bayi. Tidak satupun makanan dan susu formula yang dapat menggantikan ASI. ASI harus segera diberikan setelah dilahirkan dalam waktu 30 menit sebab itu paling kuat untuk merangsang produksi ASI selanjutnya.

ASI ekslusif merupakan pemberian ASI saja tanpa tambahan makanan lain pada bayi berumur 0-6 bulan. Pemberian ASI diberikan tanpa makanan lain walaupun hanya air putih sampai bayi berumur 6 bulan. ASI mengandung nutrien yang dibutuhkan bayi dalam jumlah yang benar dan tidak pernah basi. Manfaat paling penting dari menyusui adalah perlindungan terhadap infeksi seperti diare, infeksi pernapasan dan lainnya. ASI mengandung protein, lemak, vitamin, mineral, enzim yang dibutuhkan bayi sehingga mengurangi resiko berbagai jenis kekurangan nutrisi.

ASI mengandung asam lemak penting yang dibutuhkan bagi pertumbuhan otak, mata dan pembuluh darah yang sehat. ASI selalu berada pada suhu yang paling cocok dengan bayi karena tidak membutuhkan persiapan apapun. Bayi bisa mencerna dan menggunakan nutrient dalam ASI secara lebih efisien daripada yang terdapat dalam jenis susu lainnya. Kekurangan nutrisi tidak dapat terjadi pada bayi yang disusui karena ASI memenuhi kebutuhan energi bayi sampai 6 bulan. Semakin banyak bukti yang menunjukkan bahwa anak-anak yang menerima ASI memiliki hasil tes kecerdasan yang lebih tinggi. Anak akan berisiko rendah mengalami obesitas dan diabetes.

Menyusui juga memiliki beberapa manfaat psikologis. Menyusui memberi ibu kesempatan yang lebih besar untuk berhubungan secara intim dengan bayi dan mengembangkan hubungan kasih sayang dalam jangka panjang. Bayi juga akan berkembang menjadi anak yang aman secara emosi karena bayi mulai mengenali sentuhan ibu dalam beberapa waktu setelah lahir. Kontak fisik yang teratur dan berlangsung terus dengan ibu menolong bayi mengembangkan kemampuan untuk menghadapi masalah dan konflik dalam kehidupannya. Menyusui secara ekslusif dapat menunda haid dan kehamilan sehingga dapat digunakan sebagai alat kontrasepsi alami. Menyusui mengurangi resiko kanker payudara dan kanker ovarium.  

Keberhasilan ASI ekslusif 6 bulan dapat diwujudkan dengan motivasi yang kuat, pengetahuan ibu dan keluarga tentang menyusui dan usaha yang terus menerus. Dukungan suami dan keluarga memiliki dampak yang besar terhadap keberhasilan masa ibu menyusui. Suasana hati dan kebatinan Ibu harus diperhatikan karena gangguan psikis dapat mempengaruhi produksi ASI.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img