26 C
Padang
Senin, Juli 26, 2021
Beritasumbar.com

Meraup 87 Medali, Walikota Bangga Dengan Binaan Sendiri
M

Kategori -

Meraup 16 emas, 29 perak dan 42 perunggu, mengantarkan posisi Payakumbuh di urutan ke-15 dalam klasemen perolehan medali Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Barat XIII/2014, di Dharmasraya, yang berakhir 26 Desember lalu. Pasangan Walikota Payakumbuh Riza Falepi dan Wawako H. Suwandel Muchtar serta Ketua DPRD YB. Dt. Parmato Alam, mengaku puas dan bangga dengan torehan prestasi atlet kontingen Payakumbuh itu.

“Saya senang, puas, dan bangga dengan catatan prestasi yang diukir seluruh atlet dari berbagai cabang olahraga tersebut. Perjuangan mereka selama Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Barat di Dharmasraya, pantas diapresiasi. Warga kota layak berterimakasih kepada pahlawan olahraga tersebut,” sebut ketiga pemimpin kota itu, ketiga dihubungi terpisah, Minggu (28/12).

Meski terpaut di papan bawah  klasemen perolehan medali, namun seluruh atlet binaan sendiri seluruh cabang olahraga Payakumbuh itu, telah membuktikan, bahwa  mereka mampu berprestasi tinggi. “Inilah yang membuat kita bangga, karena tampil dengan kekuatan murni, binaan sendiri.  Bukan mendatangkan atlet impor dari provinsi tetangga,” sebut walikota.

Dikatakan walikota, jika tujuan Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Barat membina dan mencetak atlet berprestasi di Ranah Minang ini, model yang dibuat Payakumbuh inilah yang pantas diteladani. Karena, kita membina anak negeri ini secara berjenjang dalam berbagai cabang olahraga. Dana APBD buat olahraga, harus dinikmati putera daerah kota ini.

“Jauh hari Saya sudah ingatkan KONI dan Disparpora Payakumbuh, untuk tidak mendatangkan atlet impor. Karena, kemenangan yang diperoleh adalah kebahagiaan semu.  Menang dengan memakai atlet provinsi lain, sama saja membunuh olahraga di daerah ini,” tegasnya.

Alhamdulillah, meski terbatas dalam segala hal, mulai dari prasarana dan sarana olahraga yang minim, tapi semangat atlet Payakumbuh berlaga di arena  Pekan Olahrag Provinsi Sumatera Barat, luar biasa. Mereka mampu merebut medali, dan tampil di panggung dengan dada busung dan kepala tegak. Dengan total 87 medali, kontingen Payakumbuh pulang dengan hati yang berbunga-bunga. “Kita akan berikan bonus kepada seluruh atlet dan pelatih peraih  medali tersebut,” tegas Riza.

Ketua DPRD YB. Dt. Parmato Alam, juga mengaku puas dengan catatan prestasi atlet Payakumbuh dimaksud. “Ke depan, DPRD akan mendorong pemerintah kota  membuat perencanaan pembangunan prasarana dan sarana olahraga yang jelas. Lakukan skala prioritas,  dan cabang olahraga mana yang harus didahulukan, sesuai dengan catatan prestasi olahraga bersangkutan,” sebut Dt. Parmato Alam, politis Partai Golkar ini.

Laporan Ketua Umum KONI Payakumbuh Dedrizal dan Kepala Dinas Parpora Syahnadel Khairi, dari 26 cabang olahraga dengan kekuatan 361 atlet dan 120 pelatih/offisial yang dikirim ke Dharmasraya, tercatat 24  cabang olahraga yang sukses mendulang medali.

Cabang olahraga yang merebut medali, meliputi judo dengan 4 emas, 1 perak dan 5 perunggu. Cabang olahraga yang dipimpin Yudi Thamrin dan AKP Azhari, Kapolsek Gadut Payakumbuh  ini, berada di urutan terdepan dalam perolehan medali dalam kontingen Payakumbuh. Kemudian disusul cabang senam dengan torehan 3 emas, 6 perak dan 2 perunggu.

Berikutnya, menembak 2 emas, 1 perak.  Wushu 2 emas dan 7 perunggu. Tinju 1 emas, 2 perak, dan 7 perunggu. Tarung derajat, 1 emas, 2 perak dan 2 perunggu. Balap sepeda, 1 emas, 1 perak dan 2 perunggu. Kempo, 1 emas, 1 perak dan 1 perunggu. Aerosport (terbang layang), 1 emas, 1 perak dan 1 perunggu.

Kemudian, cabang tenis 3 perak dan 1 perunggu. Renang 2 perak dan 3 perunggu, Dayung 2 perak dan 2 perunggu. Atletik 3 perak. Silat 2 perak.  Bola basket 1 perak. Bola Voli 1 perak.  Sedangkan cabang lainnya, taekwondo beroleh 3 perunggu, karate 2 perunggu, catur 2 perunggu, angkat berat 1 perunggu, panjat tebing 1 perunggu, sepak takraw 1 perunggu, tenis meja 1 perunggu dan sepakbola 1 perunggu.

Sedangkan, cabang olahraga yang belum beruntung merebut medali pada Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Barat ini, terdiri dari bulutangkis, balap motor, futsal, dan bola voli pantai. Walau begitu, atas nama pendamping kontingen, Ketua Umum KONI Dedrizal bersama Wakil Ketua KONI Ostimardi serta Kepala Disparpora Syahnadel, mohon maaf kepada publik, warga kota, atas kegagalan dimaksud.

“Mohon maaf, atas kegagalan sejumlah cabang olahraga tersebut. Mereka sudah berjuang maksimal, tapi sportif kita akui,  lawan lebih baik dari atlet Payakumbuh,” sebut Dedrizal dan Syahnadel.

Sukses yang tertunda itu, menurut Dedrizal dan Syahnadel, akan menjadi evaluasi kedua lembaga pembina olahraga itu, untuk membenahi sistem pembinaan olahraga ke depan. “Kami akan duduk semeja lagi, mencari solusi terbaik, membenahi dan melakukan pembinaan olahraga yang intensif ke depan,” tegas keduanya.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Seluruh Jajaran ASN Kankemenag Kota Padang Panjang Ikuti Takbiran Virtual

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang, beserta seluruh jajaran ASN Kankemenag Kota Padang Panjang mengikuti Semarak Malam Takbiran Idhul Adha Virtual bersama Presiden Republik Indonesia, Senin (19/07/2021) Pukul 19.30 Wib secara Virtual via Zoom Meeting, Channel You Tube, Tv Nasional, dan Medsos Kementerian Agama Republik Indonesia
- Advertisement -

Kakankemenag Padang Panjang Lansung Menyembelih Hewan Qurban di Hari Tasyrik

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang bersama seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Kankemenag Kota Padang Panjang melaksanakan Penyembelihan Hewan Qurban 1442 Hijriyyah / 2021 Masehi di Lapangan Parkir Kankemenag Kota Padang Panjang, Rabu (21/07/2021)

HUT Adhyaksa, Ini Capaian Kinerja Kejari Sijunjung

Sijunjung, beritasumbar.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) Sijunjung, Sumatera Barat meraih beberapa keberhasilan dalam menggungkap berbagai kasus dan penyelamatan uang negara, sedikitnya ada Rp.4,5 miliar...
- Advertisement -

Khutbah Arafah Di Masjid Namirah

Khutbah Arafah dari Masjid Namirah tanggal 9 Dzulhijjah 1442 Hijriyyah/19 Juli 2021 Masehi disampaikan oleh Fadhilatu Syaikh Dr. Bandar bin Abdul Aziz Balilah Hafizhahullah (semoga Allah menjaganya).

Kakankemenag Padang Panjang Lansung Menyembelih Hewan Qurban di Hari Tasyrik

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang bersama seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Kankemenag Kota Padang Panjang melaksanakan Penyembelihan Hewan Qurban 1442 Hijriyyah / 2021 Masehi di Lapangan Parkir Kankemenag Kota Padang Panjang, Rabu (21/07/2021)
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak...

Mangombang Nan Talipek, Rang Kampai Nagari Simpang Kapuak Bapanghulu

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah belasan tahun gelar penghulu Datuak Monti Bosa talipek atau tidak dipakainya, Warga Suku Kampai Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka,...

Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Wabup Sijunjung Minta Camat-Walnag Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Iraddatillah memimpin rapat kerja usaha percepatan penanganan dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut, Rabu, 30/6. Raker tersebut melibatkan...

Kapolres Padang Pariaman Semprot Disinfektan di Seputar Rumah Warga Isolasi Mandiri

Padang Pariaman,   - Mendengar laporan terkait adanya satu keluarga sedang isolasi mandiri melanggar protokol kesehatan, Kapolres Padang Pariaman AKBP. Dian Nugraha HBWPS. SH. SIK,...
- Advertisement -