24 C
Padang
Minggu, Januari 17, 2021
Beritasumbar.com

Masuki Pertengahan Tahun 2020, Kunjungan MPP Payakumbuh Capai Angka 17 Ribu
M

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Memasuki pertengahan tahun 2020, jumlah kunjungan di Mal Pelayanan Publik (MPP) Payakumbuh sejak di soft launching pada akhir Desember 2019 lalu sudah mencapai angka 16.936.
Hal itu dapat dilihat dari data yang diperoleh media melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Payakumbuh, Jumat (3/7).
Pada Desember 2019 lalu tercatat 2270 kunjungan, Januari sebanyak 3045 kunjungan, Februari sebanyak 5413 kunjungan, Maret sebanyak 4534 kunjungan. dan Juni sebanyak 1674 kunjungan.
“Untuk April dan Mei, ada pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sehingga pelayanan dialihkan ke OPD dan instansi masing-masing karena MPP ditutup. Di bulan Juni, MPP dibuka kembali saat pemberlakuan tatanan normal baru produktif aman Covid-19 (TNBPAC), kunjungan belum terlalu banyak dan belum semua instansi mengisi konter pelayanannya,” kata Kepala DPMPTSP Drs. H. Harmayunis didampingi Kabid Pelayanan Terpadu Drs. Agus Tri Susatya, M.Pa.

Dari 27 konter layanan yang ada di MPP, kunjungan terbanyak berada di pelayanan disdukcapil, kemudian disusul oleh Samsat, Disnakerperin, Dinas Sosial, dan DPMPTSP.
Sementara itu, pelayanan yang menjadi primadona bagi warga Kota Payakumbuh dan warga daerah tetangga adalah layanan Imigrasi untuk pembuatan dan perpanjangan paspor, kendati layanannya terbatas hanya 20 orang perharinya.
“Untuk informasi, pelayanan imigrasi yang sebelumnya ada setiap hari kerja, sekarang hanya melayani pada hari Selasa dan Kamis, dimana penerimaan berkas sampai pukul 12 siang, dan pengambilan paspor pada pukul 1 hingga 4 sore,” terang Harmayunis atau yang lebih dikenal dengan panggilan Inyiak.
“Masyarakat yang berurusan dengan imigrasi saat ini belum seberapa, kalau nanti permintaan pelayanannya banyak dan ramai, maka pihak imigrasi kembali melayani setiap hari kerja di MPP. Kita lihat perjalanan keluar negeri saat ini dipengaruhi oleh wabah Covid-19,” ujarnya.
Pemangkasan birokrasi yang menjadi terobosan besar Pemerintah Kota Payakumbuh ini diharapkan Wali Kota Riza Falepi dan Wakil Wali Kota Erwin Yunaz sebagai perwujudan visi-misi duet pemimpin Kota Randang itu untuk menghadirkan pelayanan prima kepada masyarakat.
“Seiring berjalannya waktu, akan ada adaptasi pelayanan yang dapat diukur, semoga kita dapat terus membuat masyarakat bahagia dengan semua pelayanan yang kita berikan,” ungkap Harmayunis alias Inyiak. (Relis)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Waspadai ! Perbudakan Intelektual dibalik Akreditasi Perguruan Tiggi

Perguruan Tinggi / Kampus adalah salah satu wadah pendidikan yang sangat berperan penting untuk kemajuan peradaban bangsa dengan mencetak para intelektual yang berkualitas. Melalui keilmuan yang dimilikinya mereka akan terjun kemasyarakat untuk menyelesaikan berbagai problem yang dihadapi.
- Advertisement -

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...

Bupati Limapuluh Kota Serahkan Bantuan Kepada Korban Kebakaran Di Simalanggang

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi memberikan bantuan korban kebakaran rumah semi permanen, Selasa(12/1) di Nagari Koto Baru Simalanggang Kecamatan Payakumbuh.
- Advertisement -

Ide Sekolah Tangguh Covid-19, Erwin Yunaz Siapkan Pilot Proyek Di Kecamatan Payakumbuh Barat

Proses belajar mengajar (PBM) tatap muka sudah dimulai di Payakumbuh sejak awal tahun 2021. Namun kondisi pandemi Covid-19 membuat protokol kesehatan ketat harus diterapkan di sekolah. Seluruh warga sekolah seperti siswa, guru, dan tenaga kependidikan wajib memakai masker, mencuci tangan, dan mengecek suhu tubuh untuk bisa masuk ke lingkungan sekolah.

Peringatan Peristiwa Situjuah Diisi Dengan Ziarah Dan Tabur Bunga

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, peringatan peristiwa Situjuah ke-72 tahun 2021, Jumat (15/1/2021), berlangsung secara sederhana. Bila sebelumnya acara diawali dengan upacara dan berbagai atraksi, kali ini hanya berupa ziarah dan tabur bunga di makam Lurah Kincia Nagari Situjuah Batua, Kecamatan Limo Nagari.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Asrama Putri Pesantren Cahaya Islam Payakumbuh Terbakar

Kebakaran hebat terjadi di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara, Sabtu (16/1) dini hari. Gedung Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam terbakar sekitar pukul 01.10 WIB.

Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Sekolah Tangguh

Menindaklanjuti persiapan program sekolah tangguh pada rapat evaluasi covid 19 beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota Payakumbuh menggelar Rapat persiapan sekolah tangguh yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Payakumbuh, Rabu(13/1/2021).

Melalui Disperkim, Pemko Payakumbuh Lanjutkan Program peningkatan Kualitas RTLH

Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kota Payakumbuh kembali lanjutkan program kegiatan bantuan swadaya peningkatan kualitas Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Payakumbuh untuk tahun 2021.

Riza Falepi : JK Pensiun, Saya dan Wartawan Merasa Kehilangan

Rapat Koordinasi Pemko Payakumbuh di awal tahun 2021 terasa berbeda. Karena juga ada momen perpisahan dengan pejabat yang memasuki purna tugas atau pensiun di Kafe Agam Jua, Kawasan Batang Agam, Rabu (13/1).

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...

Beberapa Ivent Besar di Disparpora Kota Payakumbuh Terancam Batal Dilaksanakan

Mengingat pandemi covid-19 di Payakumbuh belum sepenuhnya berakhir, beberapa event besar Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disparpora) Kota Payakumbuh terancam batal di laksanakan di tahun 2021.

Bagaimana Itu Sekolah Tangguh? Begini Kata Kadis Pendidikan Agustion

Menindaklanjuti persiapan program sekolah tangguh yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Kota Payakumbuh pada rapat evaluasi Covid-19 beberapa waktu lalu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Agustion menjelaskan beberapa hal demi kelancaran program tersebut.
- Advertisement -