21 C
Padang
Jumat, Juli 30, 2021
Beritasumbar.com

Luak Limopuluah-Kampar : Riza Falepi, Adat Salimbago Nan Badunsanak
L

Kategori -

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Luhak Limopuluah dan Kampar adalah “badunsanak, tali indak buliah putuh, dahan indak buliah sakah”. Mengingat pertalian budaya Minangkabau yang telah berkurun panjang masanya melintas batas administrasi pemerintahan sekarang maka perlu dirajut selalu dan dilestarikan.

Pada Senin (19/4) malam, bertempat di Rumah Dinas Wali Kota Riza Falepi Dt Rajo Kaampek Suku menerima kunjungan ninik mamak dari Kampar untuk Bersilaturahmi bersama. Acara dengan memperhatikan protokol kesehatan ini berlangsung alot bak air mengalir di nan landai.

Rombongan Niniok Rajodubalai yang terdiri dari Monti beliau Jasman Dt Rajo Ampuni, cerdik pandai Syofian Dt Majo sati, pucuk suku Domo Nagoi Pulau Gadang Dasril Dt. Paduko Simarajo, orang tuo Suku Domo Amri Ujar Dt. Kumajo Hakim, serta keluarga si Ompu Niniok Rajodubalai dinanti tuan rumah Wali Kota Riza Falepi bersama Ketua LKAAM Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh, Bundo Kanduang, tokoh masyarakat, dan Dinas Pariwisara Pemuda dan Olahraga Kota Payakumbuh.

Acara yang digagas Sekretaris Disparpora Doni Saputra itu diawali perkenalan rombongan oleh mamak Datuok Majo Sati. Rangkaian acara setelah itu Curai Papa adat oleh tokoh Luhak Limopuluah sekaligus Mantan Bupati Limapuluh Kota Alis Marajo Dt Sori Marajo, lalu pemaparan Fenomena Kekinian Adat Budaya Kampar oleh Dt Majosati, dan kato sapatah oleh Pengurus LKAAM Limapuluh Kota Dt Karongkong.

Acara diskusi ringan dalam konteks mempererat ADAT SALIMBAGO NAN BADUNSANAK, yang dihadiri langsung oleh Ketua Dewan pakar adat Lembaga Adat Alam Minangkabau Dr.Alis marajo Dt.sori marajo (bupati 50 kota 2 periode), Sekretaris LKAAM 50 kota Dt.Korongkong.

Kunjungan manjalang dunsanak ini menapaki jejak adat menelusuri barih balobeh jo limbago, pucuk adat Andiko 44 Kampar. Menjadi kunjungan pertama kali sejak Niniok Dt. Dirajo Dibalai dinobatkan.

Dikatakan Dt Majo Sati, kunjungan ini dalam rangka menjalin silaturahim badunsanak seatap adat Minangkabau. Luhak Limopuluah dengan Kampar adalah satu tali adat sejak turun temurun berkurun masa. Adalah Niniok nan Barampek bersaudara Dt. Rajo Dibalai, Dt. Bandaro, Dt. Majoindo dan Dt. Siri, empat orang pucuk bersaudara bertali kait namun sekarang berada di dua daerah.

“Batas administrasi pemerintahan seakan telah memisahkan tapi batin selalu tersambung,” ujarnya.

Sementara itu, Dt Karongkong mewakili LKAAM Kabupaten Limapuluh Kota menyambut baik dunsanak beliau dari Kampar ini dan sekaligus memberikan gambaran perjalanan yang akan dituju.

“Kita mempunyai sejarah dan tutur bajawek tentang hubungan adat ini. Bajajak bak bakiak baurih bak sipasin, indak curiang dibatu di limbago tapakai juo, tali nan indak buliah putuh dahan indak buliah sakah,” tukuknya.

Wali Kota Riza Falepi memaparkan dirinya adalah orang yang tak lama hidup di kampung, besar di rantau, hanya masa kecilnya saat bersekolah berada di kampung, saat ini kembali pulang ke kampung sebagai seorang wali kota.

Menurut pengalaman Riza, sumber peradaban perlu dibangun, bukan sekedar membangun rumah-rumahnya saja karena nanti akan tumbuh sebentar dan bisa hilang dalam sekejap. Tapi, harus dengan dengan sistematis, itulah gunanya kata Riza perlunya universitas dan pusat penelitian adat dan literasi.

Riza mencontohkan Negara Cina dan Korea bisa maju. Ini menjadi pemikiran sekaligus pertanyaan bagi setiap orang, jawabannya setiap negara maju punya kekuatan hati dan mental untuk maju dari akar sejarah kebudayaan mereka.

“Korea dan Cina bisa unggul dari orang lain di bidang industri, mulai dari pertanian, teknologi, dan bahkan kebudayaannya,” kata Riza.

Riza memaparkan bagaimana dengan sebuah daerah yang tidak ada sumber daya untuk pertumbuhan ekonomi besar seperti pertambangan? Apa yang bisa dikembangkan?

“Kekayaan budaya membuat kita maju, saat ini konsep itu belum terpakai. Makanya keinginan kita perguruan tinggi berperan sangat penting disini, kolektifitas kita harus ditransformasikan menjadi kekuatan. Jangan hanya urusan adat diurusi orang adat saja, ini akan berbeda bila ada unsur ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan,” kata Riza.

Bagaimana membangun itu? Riza menyebutkan ranah Minang sudah punya modal sebenarnya, dimana ajaran Minangkabau dan Agama Islam pemikirannya sama dan sesuai dengan kemajuan zaman. Tidak bertentangan dengan apa yang ada, jika bisa berjalan sesuai dengan koridor yang ada.

“Makanya dengan silaturahmi, harusnya terjalin komunikasi tak hanya sekedar bertemu-bertemu saja. Hal inilah yang sering kita lupa, sedangkan untuk mentransformasikan ini butuh pemimpin yang lebih kuat, tapi bagaimana kita menyatukan pikiran dan energi kita untuk bergerak maju bersama-sama dengan adat budaya kita, identitas kita sebagai orang minang,” kata Riza.

Di akhir paparannya, Riza berjanji akan menjaga silaturahmi ini terus-menerus layak satu keluarga dalam adat nan salimbago antara Andiko 44 dengan Luhak Limopuluah.

Informasi lain yang media peroleh, menurut keterangan Dt. Majo Sati, insyaallah setelah lebaran akan diadakan pertemuan besar adat antara Niniok Rajodubalai dengan dunsanak mereka seperti Dt. Siri di Mungka, Dt. Bandaro di Mahat, dan Dt. Majo Indo di Koto Loweh. (Humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Sebungkus ES Cindua “Merubah Tangis Menjadi Senyum” Pada Program Jumat Barokah.

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Apapun bisa dilakukan seseorang, yang penting ada kemauan dan usaha yang maksimal. Seperti yang dikerjakan oleh seorang Bapak yang bernama Fadhlur Rahman Ahsas, yang hari ini menjadi penggerak UMKM dengan melakukan berdagang ES Cindua Sagu Abak dengan berkeliling memakai motor buntutnya.
- Advertisement -

Unit Pemberantasan Pungli Kota Payakumbuh laksanakan Sosialisasi Pencegahan Pungli dan Gratifikasi bagi ASN dan Penyedia/Rekanan

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Unit Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar Kota Payakumbuh mengadakan sosialisasi pencegahan pungli dan gratifikasi dalam pengadaan barang dan jasa bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) serta bagi penyedia/rekanan yang bekerjasama dengan Instansi di Pemerintah Kota Payakumbuh yang digelar di Aula Ngalau Indah lantai 3 Kantor Wali Kota Payakumbuh, Rabu(28/7).

Penandatangan Kontrak Pembangunan Balai Nikah dan Manasik Haji Padang Panjang Barat Terlaksana

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_ Setelah Sukses Penandatangan Kontrak Pembangunan Gedung Kelas Baru MTsN Kota Padang Panjang dua hari yang lalu di Mushalla Kampus II MTsN Kota Padang Panjang, kembali dilaksanakan Penandatangan Kontrak Pembangunan Balai Nikah dan Manasik Haji Kecamatan Padang Panjang Barat antara Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kankemenag Kota Padang Panjang dengan Pemenang Tender dan Pengawas yang disaksikan oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat,
- Advertisement -

Turnamen Hercules Cup II Digelar

Sijunjung, Berita Sumbar--Sebanyak 16 ( Enam Belas) Club bola berlaga pada turnamen Hercules Cup ll Tanjung Ampalu, kecamatan Koto Vll Kabupaten Sijunjung, pertandingan perdana di mulai pada Minggu (25/7) dilapangan bola kaki Tuna Karya Tanjung Ampalu.

Komisi B DPRD Kota Payakumbuh Desak PAM Tirta Sago Secepatnya Atasi Permasalahan Debit Air

Payakumbuh,BeritaSumbar.com- Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Payakumbuh mendesak agar Perumda Air Minum (PAM) Tirta Sago dapat segera mengatasi permasalahan debit air di kota itu.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Mahasiswa KKN Unand Padang Lakukan kegiatan bagi-bagi masker dan hand sanitizer buatan sendiri.

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Sebanyak 18 mahasiswa Universitas Andalas Padang angkatan 2018 yang dari berbagai jurusan melaksanakan bakti masyarakat di kelurahan Bulakan Balai Kandi kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh.

Dua Meninggal dan 28 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Angka kematian akibat Covid-19 di Payakumbuh terus meningkat, dimana dalam beberapa hari terakhir ini terdapat masyarakat yang dinyatakan meninggal karena terpapar virus corona.

Unit Pemberantasan Pungli Kota Payakumbuh laksanakan Sosialisasi Pencegahan Pungli dan Gratifikasi bagi ASN dan Penyedia/Rekanan

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Unit Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar Kota Payakumbuh mengadakan sosialisasi pencegahan pungli dan gratifikasi dalam pengadaan barang dan jasa bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) serta bagi penyedia/rekanan yang bekerjasama dengan Instansi di Pemerintah Kota Payakumbuh yang digelar di Aula Ngalau Indah lantai 3 Kantor Wali Kota Payakumbuh, Rabu(28/7).

Pemko Payakumbuh Apresiasi kegiatan Rehab Rumah Dari Alumni SMEA Negeri Payakumbuh Milenial

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Atas dasar solidaritas dan kemanusiaan, Ikatan Alumni SMEA Negeri Payakumbuh (Snepa) laksanakan kegiatan bedah/rehab rumah bagi salah seorang alumni mereka yang kurang mampu yang berdomisili di kelurahan Padang Data Tanah Mati, kecamatan Payakumbuh Barat.

Satu Meninggal, 27 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan terjadinya tambahan kasus satu orang masyarakat positif Covid-19 yang meninggal dunia pada Selasa (27/07).

Lawan Pembiayaan Rentenir, Gubenur Bersama OJK Kukuhkan Tim TPAKD Se Sumbar

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Setelah dilakukan pertemuan dan sosialisasi sebelumnya pada bulan Maret 2021, yang digagas OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Provinsi Sumatra Barat bersama seluruh kabupaten/kota Provinsi Sumatra Barat yang bertujuan untuk menyusun serta percepatan pengukuhan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) kabupaten/kota di Sumatra Barat.

Komisi B DPRD Kota Payakumbuh Desak PAM Tirta Sago Secepatnya Atasi Permasalahan Debit Air

Payakumbuh,BeritaSumbar.com- Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Payakumbuh mendesak agar Perumda Air Minum (PAM) Tirta Sago dapat segera mengatasi permasalahan debit air di kota itu.

Sopir L300 PT Suka Fajar Meninggal Di Pencucian Mobil

Payakumbuh,Beritasumbar.com _Payakumbuh- Warga kelurahan Limbukan dikejutkan dengan kabar meninggalnya seorang sopir profit L300 PT. Suka fajar di tempat pencucian mobil Sutan Kelurahan Limbukan Kecamatan Payakumbuh selatan.

Ayo Ikut! Mega Gebyar Vaksinasi Bakal Dipusatkan Di Balaikota Payakumbuh Selama Seminggu

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Demi menjawab tingginya animo masyarakat Payakumbuh yang ingin mendapatkan haknya untuk divaksin Covid-19, Pemerintah Kota Payakumbuh akan melaksanakan mega gebyar vaksinasi selama satu minggu di halaman balaikota.

Ular Piton Berukuran Besar Berhasil Dievakuasi Damkar Payakumbuh Di Taman Ratapan Ibu

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Seekor ular jenis piton berukuran besar sepanjang 3 meter berhasil dievakuasi oleh Tim Animal Rescue Pemadam Kebakaran Kota Payakumbuh di kawasan Ruang Terbuka Hijau Taman Ratapan Ibu, Ibuh, Jumat (16/7).
- Advertisement -