26 C
Padang
Minggu, Januari 17, 2021
Beritasumbar.com

Labuah Basilang Gelar Khatam Alquran Sekaligus Serah Terima Kepala Kelurahan
L

Payakumbuh, BeritaSumbar.com ,-” Perayaan khatam al quran tahun 2018 di Mesjid Istiqlal diikuti 71 santri khatam dan 12 santri wisuda iqra, yang duajar oleh 10 orang guru. Hampir 1 bulan panitia telah menyiapkan agenda ini. Prosesi basimak telah kita laksanakan pada Ahad (01/04/2018) kemaren, hari kita akan gelar resepsi dan penyerahan hadiah yang telah disiapkan panitia dan sumbangan donatur.
Walikota Payakumbuh diwakili Staf Ahli, Dafrul Pasi bersama Kepala kankemenag yang diwakili Kasi Bimas Islam, Endra Rinaldi bersama Kasi PDPP, safrizal hadir bersama dalam resepsi perayaan khatam al quran TPQ Mesjid Istiqlal Kelurahan Labuah Basilang Kec. Payakumbuh Barat tersebut. Selain panitia dan wali murid, Perayaan alek nagari yang digelar pada Senin (02/04) itu juga dihadiri langsung 2 Kepala kelurahan yang akan melaksanakan pisah sambut.
Kepada Walikota dan Kepala kankemenag serta undangan yang hadir, Ketua Panitia khatam H. Indra Sakti menyampaikan ucapan terima kasih kepada panitia, walimurid serta donatur yang telah aktif mensukseskan perayaan khatam al quran ini.
Dalam sambutannya, Kasi Bimas Islam sampaikan selamat kepada peserta khatam, walisantri dan panitia yang telah mengangkat alek gadang ini.
” Setiap tahunnya kita telah mengkhatam sekian banyak santri, pernahkah kita dari orang tua mengevaluasi termasuk pengurus. Zaman dulu, santri yang telah khatam ikut membantu guru di surau, dengan kemajuan zaman kini para guru sudah disediakan di TPQ, bahkan didatangkan ke rumah-rumah. Namun pernah kita evaluasi ?.
Kita sangat mendukung tema yang diapungkan, penciptaan generasi yang cinta dan mengamalkan al quran, tema ini sangat baik dalam menunjang ABS/ABK. Setidaknya tradisi Magrib Mengaji tetap kita pertahankan, walaupun di rumah. Kami sangat bangga dengan jemaah mesjid Istiqlal, setahu kami mesjid kita ini selalu ramai dengan jemaahnya. kami pesankan kepada santri yang khatam hari ini, setidaknya 71 santri khatam al quran, mulai dari shalat shubuh, Ashar, Magrib dan Isya. karena shalat Dzuhur anada sudah di sekolah. Mari kita ramaikan mesjid,” pesan Endra Rinaldi.
Sementara itu, Staf Ahli walikota, Dafrul Pasi menyebutkan bahwa zaman kekinian sudah mulai terlihat gejala perang candu seperti yang pernah terjadi di Rusia.
Tantangan kekinian semakin tajam menghantam Indonesia, khususnya umat muslim di dunia. Indonesia saat ini sedang dibombardir dengan candu termasuk pengaruh negatig lainnya, seperti fashion, food, suka hal baru berfoya-foya. Kalau kita tidak bijakkita akan alami lost generation (kehilangan generasi). Kita punya banyak generasi muda namun tidak ada kekuatan dalam membangun negaranya. Melalui wadah khatam al quran ini, kita berharap tentu saja anak kita kembali belajar, mentadaburi, mengamalkan al quran. Marilah kita wujudkan generasi qurani, kita jadikan membaca dan mengamalkan al quran sebagai sebuah kebutuhan. Lanjutkan proses pembelajaran ke tingkat yang leih sempurna, mari kita dukung bersama,” pesan Dafrul Pasi.
Kegiatan ini ditutup dengan serah terima jabatan lurah setelah pada tanggal 28 Maret 2017 lalu telah dilantik Walikota Payakumbuh. Serah terima jabatan yang dilaksanakan di Mesjid Istiqlal ini antara Lurah lama Wandri Malay kepada lurah baru Novri yang disaksikan Walikota Payakumbuh dan warga Kelurahan Labuah Basilang.(*/rel)
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.
- Advertisement -

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.

Upacara Dan Tabur Bunga Peringatan Tragedi Titian Dalam

Kendati gerimis, namun upacara tabur bunga dalam rangka peringatan peristiwa gugurnya 9 Syuhada di Titian Dalam di Kenagarian Pandam Gadang, Kecamatan Gunuang Omeh, Senin (11/1) kemaren tetap berlangsung hikmat dan lancar.
- Advertisement -

Warga Tanjuang Gadang dihebohkan Penemuan Mayat Laki Laki

Masyarakat Jorong Guaguak None Kenagarian Tanjung Gadang kabupaten Sijunjung dihebohkan dengan penemuan mayat laki-laki Minggu (10/1) Sekitar pukul 09.30 WIB.

Kerugian Capai Angka 600 Juta lebih, Pemko Siap Bantu Ponpes Cahaya Islami

Musibah kebakaran yang menimpa Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam di Lingkungan Padang Kaduduak Kelurahan Tigo Koto Diate yang terjadi pada Sabtu (16/1) dini hari sekitar pukul 01.10 WIB menyebabkan 124 santriwati dan 20 orang ustadzah harus dirumahkan.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Erwin Yunaz Pimpin Goro Di Gedung Asrama Ponpes CI Yang Terbakar

Wakil Wali Kota Erwin Yunaz memimpin gotong royong pembersihan dan pembenahan puing-puing bekas kebakaran yang menimpa Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara Minggu (17/1) pagi.

Berpasangan Dengan YB Dt Parmato Alam, Wawako Kalahkan Dirut Perumda Tirta Sago Di Nusa Bersinar Cup

Wakil Wali Kota Payakumbuh memenangkan pertandingan eksekutif saat pembukaan turnamen Nusa Bersinar Cup 2020 di lapangan PB. Nusa Kelurahan Nunang Daya Bangun (NDB), Sabtu (16/01) malam.

Wawako Buka Open Turnamen Nusa Bersinar CUP

Masih dalam rangka peringangatan HUT Kota Payakumbuh yang ke 50, secara resmi Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz membuka open turnamen Nusa Bersinar CUP

Bantuan Randang Siap Saji Dari Pemko Kepada Yayasan Cahaya Islam Yang Alami Musibah Kebakaran

Pemerintah Kota Payakumbuh memberikan bantuan berupa randang kepada Pondok Pesantren Cahaya Islam yang dilanda musibah. Asrama putri ponpes yang berada di Kawasan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate itu ludes dilahap si jago merah, Sabtu (16/1) dini hari.

Kerugian Capai Angka 600 Juta lebih, Pemko Siap Bantu Ponpes Cahaya Islami

Musibah kebakaran yang menimpa Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam di Lingkungan Padang Kaduduak Kelurahan Tigo Koto Diate yang terjadi pada Sabtu (16/1) dini hari sekitar pukul 01.10 WIB menyebabkan 124 santriwati dan 20 orang ustadzah harus dirumahkan.

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Asrama Putri Pesantren Cahaya Islam Payakumbuh Terbakar

Kebakaran hebat terjadi di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara, Sabtu (16/1) dini hari. Gedung Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam terbakar sekitar pukul 01.10 WIB.

Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Sekolah Tangguh

Menindaklanjuti persiapan program sekolah tangguh pada rapat evaluasi covid 19 beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota Payakumbuh menggelar Rapat persiapan sekolah tangguh yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Payakumbuh, Rabu(13/1/2021).

Melalui Disperkim, Pemko Payakumbuh Lanjutkan Program peningkatan Kualitas RTLH

Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kota Payakumbuh kembali lanjutkan program kegiatan bantuan swadaya peningkatan kualitas Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Payakumbuh untuk tahun 2021.

Riza Falepi : JK Pensiun, Saya dan Wartawan Merasa Kehilangan

Rapat Koordinasi Pemko Payakumbuh di awal tahun 2021 terasa berbeda. Karena juga ada momen perpisahan dengan pejabat yang memasuki purna tugas atau pensiun di Kafe Agam Jua, Kawasan Batang Agam, Rabu (13/1).
- Advertisement -