26 C
Padang
Minggu, Juli 25, 2021
Beritasumbar.com

Kritik Kenaikan BBM Bersubsidi
K

Kategori -

Ditulis oleh: Irsyad Syafar (Anggota Legsilatif DPRD Provinsi Sumbar)

Pemerintah sangat sering mengatakan bahwa subsidi BBM hanya memberikan uang kepada orang kaya. Ratusan triliun habis dibakar untuk orang kaya. Betulkah demikian? Padahal orang kaya di Indonesia ini tidak lebih dari angka 10%. Selebihnya kelas menengah ke bawah. Bahkan para pengusaha pemegang kekayaan Indonesia tidak sampai angka 2% dari seluruh rakyat Indonesia.

Artinya, pemakai BBM bersubsidi mayoritasnya adalah rakyat miskin dan kelas menengah kebawah. Merekalah para tukang ojek, pengendara motor, pemilik angkot, biskota, sopir truk, mobil pribadi menengah ke bawah dll. Termasuk para penumpang umum, mereka adalah “pengguna” BBM bersubsidi secara tidak langsung.

Masuk juga ke dalam kelompok ini, para petani, nelayan dan pedagang-pedagang kecil yang berpindah dari satu pasar tradisional ke pasar yang lain, dari awal pekan ke akhir pekan. Total-total semua golongan tsb, mereka bisa lebih dari 150 juta orang.

Pemerintah menyatakan bahwa kenaikan 2000 rupiah bbm akan memberikan pemasukan 100 triliyun lebih bagi negara. Dan angka tersebut mayoritasnya berasal dari saku orang2 miskin dan menengah kebawah. Berarti negara ini diselamatkan oleh pengorbanan orang2 miskin. Orang kaya tak ada atau belum ada pengorbanan. Bahkan para pengusaha besar akan senang dengan kenaikan bbm ini, sebab pengusaha2 kecil akan gulung tikar.

Pemerintah menyatakan bahwa untuk mengantisipasi efek kenaikan bbm, rakyat miskin diberikan KIS, KIP dan KKS. Semua kartu2 ini anggarannya sudah ada sebelum bbm dinaikkan. Sebab kalau anggarannya belum ada, pemerintah tidak boleh mengeksekusinya. Harus ditetapkan dulu oleh DPR. Berarti kompensasi yang diberikan kepada rakyat bukanlah dari kenaikan bbm ini.

Pemerintah menjanjikan bahwa angka 100 triliun lebih itu akan digunakan untuk membangun infrastruktur, jalan, sekolahan, rumah sakit dan lain2. Kapan itu akan dilaksanakan? Jelas hanya bisa di APBN-P. Karena APBN sudah selesai. Kalaupun dipercepat, takkan mungkin sebelum bulan april 2015. Karena akan tender dulu, studi kelayakan dan sebagainya. Tapi rakyat miskin, melaratnya dari sekarang, membeli barang dan sembako dengan harga mahal dari sekarang, menanggung mahalnya transportasi dari sekarang.

Sementara orang kaya yang benar kaya, sudah lama tak pakai bbm subsidi, tak beli barang2 murah, sering belanja dengan standar atas. Mereka tidak terlalu dirugikan dengan naiknya bbm. Bahkan pedagang asing yang berjualan diindonesia, terutama jualan minyak, mereka sangat-sangat diuntungkan dengan kenaikan bbm. SPBU mereka mulai ramai didatangi kendaraan2 pribadi. Karena harga bbm mereka tidak jauh berbeda dengan bbm kita, sedangkan kualitasnya mereka bisa lebih baik.

Kalau semua ini adalah karena kebodohan sipengambil kebijakan, maka itu adalah sebuah musibah. Jika ini adalah pembodohan, maka musibah yang lebih besar. Jika ini adalah pesanan pihak asing atau aseng, atau pihak-pihak yang berkepentingan dibelakang penguasa, maka itu musibah yang lebih besar lagi.

Maka, hasbunallahu wa nikmal wakil… kita orang beriman harus semakin bertawakkal kepada Allah, memperkuat usaha dan menguatkan persatuan umat serta mencerdaskan rakyat agar tidak mudah terpedaya dengan citra dan pencitraan…

Jayalah negeriku, redhalah Tuhanku…

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Bupati Sijunjung Buka Kegiatan Gebyar PKH Cinta Vaksin

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir membuka secara resmi kegiatan Gebyar PKH Cinta vaksin Nagari Tanjung Gadang, Kecamatan Tanjung Gadang, Senin (19/7).
- Advertisement -

Bupati Sijunjung Buka Kegiatan Gebyar PKH Cinta Vaksin

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir membuka secara resmi kegiatan Gebyar PKH Cinta vaksin Nagari Tanjung Gadang, Kecamatan Tanjung Gadang, Senin (19/7).

ACT Cabang Pasaman Barat Salurkan 10 Ekor Sapi Qurban

Pasaman Barat. BeritaSumbar.com,- Aksi Cepat Tanggap ( ACT ) Cabang Pasaman Barat mendistribusikan 10 ekor sapi Qurban untuk masyarakat berbagai daerah di Pasaman Barat. Pendistribusian dilakukan dari tanggal 20 sampai 23 Juli 2021.
- Advertisement -

Peringatan HUT IAD, Kejari-IAD Sijunjung Tabur Bunga Ke Makam Pahlawan

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam Rangka Peringatan HUT Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) ke 21 Tahun 2021, Kejaksaan Negeri Sijunjung beserta pengurus IAD setempat melaksanakan Ziarah...

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Mengenal Politik Praktis & Pragmatisme

Dalam praktik perebutan maupun mempertahankan sebuah kekuasaan Politik Praktis dan Pragmatisme seolah menjadi dua hal yang sulit dipisahkan, khususnya di negara Demokrasi seperti Indonesia.

Filosofi Lidi

Dari filosofi pohon kelapa yang sangat banyak manfaatnya, bahkan hampir seluruh bagian tanaman kelapa tersebut memberi manfaat untuk kehidupan manusia. Manusia sebagai makhluk yang paling sempurna tentu seharusnya juga memberi manfaat dan berperan menjaga bumi dan lingkungan setelah mengambil manfaat untuk kehidupan. Sesuai juga dengan perintah Tuhan dalam ajaran agama bahwa tujuan Tuhan menurun-kan manusia ke muka bumi ini adalah untuk beribadah dan berbuat yang bermanfaat.

Raih Keridhaan Allah melalui Etos Kerja

Dalam Manajemen Pendidikan Islam, etos kerja (semangat/motivasi kerja) dilandasi oleh semangat beribadah kepada Allah Swt. Maksudnya, bekerja tidak sekedar memenuhi kebutuhan duniawi melainkan juga sebagai pengabdian kepada Allah Swt,

Rugi Rasa Untung

Apakah beberapa fenomena terbalik yang terjadi ditengah masyarakat bangsa ini atau mungkin juga ditengah masyarakat dunia adalah pertanda bahwa kiamat sudah dekat ? Wallahu a’lam bishawab hanya Allah pencipta langit dan bumi yang tahu persis.

Mengatur Konflik dengan Teknik Mind Mapping

Konflik. Ketika kita mendengar kata itu, kebanyakan orang akan membayangkan seperti perang, rusuh, gontok-gontokan, atau orang yang berkelahi antarkampung. Tidak, sebenarnya konflik bisa dimulai dari sesuatu yang kecil. Kalau menurut psikologi, konflik itu bisa dimulai dari ketika kita merasa ada perbedaan, entah perbedaan pendapat atau perasaan tentang sesuatu hal.

DPW PTPI Sumbar Buka Bimbel & Bimtes CPNS 2021 Online

Dewan Pimpinan Wilayah Perkumpulan Trainer Profesional Indonesia Wilayah Sumatera Barat (DPW PTPI Sumbar) resmi membuka kegiatan Bimbingan Belajar (BIMBEL) dan Bimbingan Test CPNS 2021...

BUMN Berburu di Kebun Binatang

Sangat menarik menyimak perjalanan PT POS Indonesia sebuah perusahaan BUMN yang pionir dalam bidang jasa pengiriman barang dan serta pengiriman uang dalam bentuk wesel.

Kita Pancasila

Bangsa yang besar adalah bangsa yang memiliki komitmen dan memahami buah pemikiran dan cara pandang hidup yang disarikan para pendiri bangsa. Mereka telah membuat rumusan atau intisari yang digali dari jiwa bangsa ini, dari ruh bangsa ini, dari sikap hidup bangsa ini, yang berbhineka dan penuh nilai-nilai luhur.

Menanamkan Pendidikan Karakter Kepada Anak Sejak Dini

Pendidikan karakter memiliki peranan penting dalam dunia pendidikan dan sangat menarik untuk diteliti, terutama karena pendidikan karakter berorientasi pada pembentukan karakter siswa.

Pentingnya Penggunaan Dan Pemanfaatan Teknologi Ditengah Pandemi

Pandemi covid 19 merupakan tantangan bagi kita sampai saat ini bagaimana kita menyikapinya dalam melaksanakan berbagai kegiatan. Mulai dari bidang pendidikan, ekonomi, politik, sosial dan lainnya. Seluruhnya merasakan dampaknya.
- Advertisement -