25 C
Padang
Sabtu, April 17, 2021
Beritasumbar.com

Kritik Kenaikan BBM Bersubsidi
K

Kategori -

Ditulis oleh: Irsyad Syafar (Anggota Legsilatif DPRD Provinsi Sumbar)

Pemerintah sangat sering mengatakan bahwa subsidi BBM hanya memberikan uang kepada orang kaya. Ratusan triliun habis dibakar untuk orang kaya. Betulkah demikian? Padahal orang kaya di Indonesia ini tidak lebih dari angka 10%. Selebihnya kelas menengah ke bawah. Bahkan para pengusaha pemegang kekayaan Indonesia tidak sampai angka 2% dari seluruh rakyat Indonesia.

Artinya, pemakai BBM bersubsidi mayoritasnya adalah rakyat miskin dan kelas menengah kebawah. Merekalah para tukang ojek, pengendara motor, pemilik angkot, biskota, sopir truk, mobil pribadi menengah ke bawah dll. Termasuk para penumpang umum, mereka adalah “pengguna” BBM bersubsidi secara tidak langsung.

Masuk juga ke dalam kelompok ini, para petani, nelayan dan pedagang-pedagang kecil yang berpindah dari satu pasar tradisional ke pasar yang lain, dari awal pekan ke akhir pekan. Total-total semua golongan tsb, mereka bisa lebih dari 150 juta orang.

Pemerintah menyatakan bahwa kenaikan 2000 rupiah bbm akan memberikan pemasukan 100 triliyun lebih bagi negara. Dan angka tersebut mayoritasnya berasal dari saku orang2 miskin dan menengah kebawah. Berarti negara ini diselamatkan oleh pengorbanan orang2 miskin. Orang kaya tak ada atau belum ada pengorbanan. Bahkan para pengusaha besar akan senang dengan kenaikan bbm ini, sebab pengusaha2 kecil akan gulung tikar.

Pemerintah menyatakan bahwa untuk mengantisipasi efek kenaikan bbm, rakyat miskin diberikan KIS, KIP dan KKS. Semua kartu2 ini anggarannya sudah ada sebelum bbm dinaikkan. Sebab kalau anggarannya belum ada, pemerintah tidak boleh mengeksekusinya. Harus ditetapkan dulu oleh DPR. Berarti kompensasi yang diberikan kepada rakyat bukanlah dari kenaikan bbm ini.

Pemerintah menjanjikan bahwa angka 100 triliun lebih itu akan digunakan untuk membangun infrastruktur, jalan, sekolahan, rumah sakit dan lain2. Kapan itu akan dilaksanakan? Jelas hanya bisa di APBN-P. Karena APBN sudah selesai. Kalaupun dipercepat, takkan mungkin sebelum bulan april 2015. Karena akan tender dulu, studi kelayakan dan sebagainya. Tapi rakyat miskin, melaratnya dari sekarang, membeli barang dan sembako dengan harga mahal dari sekarang, menanggung mahalnya transportasi dari sekarang.

Sementara orang kaya yang benar kaya, sudah lama tak pakai bbm subsidi, tak beli barang2 murah, sering belanja dengan standar atas. Mereka tidak terlalu dirugikan dengan naiknya bbm. Bahkan pedagang asing yang berjualan diindonesia, terutama jualan minyak, mereka sangat-sangat diuntungkan dengan kenaikan bbm. SPBU mereka mulai ramai didatangi kendaraan2 pribadi. Karena harga bbm mereka tidak jauh berbeda dengan bbm kita, sedangkan kualitasnya mereka bisa lebih baik.

Kalau semua ini adalah karena kebodohan sipengambil kebijakan, maka itu adalah sebuah musibah. Jika ini adalah pembodohan, maka musibah yang lebih besar. Jika ini adalah pesanan pihak asing atau aseng, atau pihak-pihak yang berkepentingan dibelakang penguasa, maka itu musibah yang lebih besar lagi.

Maka, hasbunallahu wa nikmal wakil… kita orang beriman harus semakin bertawakkal kepada Allah, memperkuat usaha dan menguatkan persatuan umat serta mencerdaskan rakyat agar tidak mudah terpedaya dengan citra dan pencitraan…

Jayalah negeriku, redhalah Tuhanku…

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Diusia 180 Tahun Usung Perwujudan Limapuluh Kota Yang Madani,Beradar dan Berbudaya Dengan Mematuhi Protokol Kesehatan

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Kabupaten Lima Puluh Kota merupakan satu dari sembilan belas Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Sumatera Barat yang memiliki luas wilayah 3.354,30 Km² . Kabupaten Lima Puluh kota terdiri dari 13 Kecamatan, 79 Nagari, dan 401 Jorong.
- Advertisement -

Etika Politik Koalisi PKS dan PAN Dalam Menentukan Wakil Walikota Padang

Kota Padang sudah resmi memiliki walikota. Sejak dilantiknya Hendri Septa pada tanggal 7 April 2021. Dimana sebelumnya Hendri Septa menjabat sebagai wakil walikota dan selanjutnya pelaksana tugas Walikota Padang. Posisi tersebut ditempatinya untuk mengisi kekosongan setelah Buya Mahyeldi Ansharullah dilantik sebagai Gubernur Sumbar.

Sarang Tawon Di Depan SPBU Ngalau Dibasmi Damkar Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Keberadaan sarang tawon di pohon pelindung tepatnya di depan SPBU Ngalau, Jalan Soekarno Hatta sangat meresahkan warga. Hal itu diketahui berawal dari postingan di grup facebook Informasi Payakumbuh dan Limapuluh Kota, ada warga yang mengingatkan pengendara untuk hati-hati dengan adanya keberadaan sarang tawon tersebut pada Sabtu, 10 April 2021 sore.
- Advertisement -

Bupati Padang Pariaman Kukuhkan H. Mahyudin Putra Minang, SE Cs Jadi Koordinator Pengurus Ranah dan Rantau Secara Nasional

JAKARTA - Ranah dan Rantau harus bersinergi untuk kemajuan kampung halaman. Acara Silaturahmi Ranah dan Rantau dengan Pemkab Padang Pariaman dilaksanakan di Hotel Balairung, Matraman, Jakarta pada Sabtu malam (10-04-2021)

Startup Milenial Bekerja Membangun Negeri: Pelatihan Gratis Digital Marketing dengan Instagram untuk KUMKM se-Indonesia

Startup digital agency Dig.It.All untuk keseskian kalinya kembali berkontribusi dalam pengembangan kapasitas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menegah (KUMKM) yang sedang berupaya melakukan transformasi, dari bisnis tradisional brick and mortar menjadi bisnis yang mampu memanfaatkan peluang dari geliat pertumbuhan pasar online.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Etika Politik Koalisi PKS dan PAN Dalam Menentukan Wakil Walikota Padang

Kota Padang sudah resmi memiliki walikota. Sejak dilantiknya Hendri Septa pada tanggal 7 April 2021. Dimana sebelumnya Hendri Septa menjabat sebagai wakil walikota dan selanjutnya pelaksana tugas Walikota Padang. Posisi tersebut ditempatinya untuk mengisi kekosongan setelah Buya Mahyeldi Ansharullah dilantik sebagai Gubernur Sumbar.

MARI EFEKTIFKAN LAGI LIMBAGO USALI DI SETIAP NAGARI…!

"SEBAGAI salah seorang yang pertama menggulirkan wacana gagasan "Baliak Banagari"di tahun 1990-an silam (waktu itu beberapa kali saya tulis di Skh. Singgalang yang kemudian direspon banyak pihak sehingga bergulir menjadi polemik konstruktif-pen), menurut Mak Yum apa pangka bala (sumber utama malapetaka atau yang menyebabkan) gagalnya agenda Baliak Banagari yang telah dijalankan sejak tahun 2000?" tanya seorang peserta seminar nasional tentang Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah di Museum Adityawarman Padang, tahun 2016 lalu.

TAN GINDO; DALAM DILEMA KEHIDUPAN

“Sudah jatuh tertimpa tangga,dibunuh anak mati induknya, dibunuh induk mati anaknya,begitulah masalah kehidupan mejadi dilemamaka ambil lah hikamah dan kebijksanaankarena dia hanya seperti dua...

USTADZ GURU; SANG KOMANDAN

“Pandai mengeluh sudah bawaan manusiaTak dipelajari sepertinya dia datang sendiriTapi jiwa optimis harus dilatih dan ditumbuhkanSebab alam mengajarkan semua makluk bisa bertahanBahkan manusia bisa...

CURHAT NYI BLORO; RATU LAUT KIJING

“Berani karena benar, takut karena salah,Rajin pangkal pandai (pintar), bisa karena biasa,Hemat pangkal kaya, boros pangkal miskin,Maka pelajarilah sebab musababnya itu,& berharaplah takdir bisa...

BANGKITKAN KESADARAN !

“Dunia pasti berobah dan Kiamat pasti kan terjadi juaKebangkitan dan keruntuhan sebuah bangsa pasti silih bergantiBegitu juga bergulir para penguasa, atas nama jabatan dan...

SEBERKAS CAHAYA DI BUMI MEMPAWAH

“Segelap apapun dunia ini, pasti ada cahayaTergantung bagaimana kita menerimanyaKarena kita manusia dibekali akal fikiranOrang bijak kata; jika tak ada kayu rotanpun jadiMaka, setelah...

KERANJINGAN JADI PEJABAT

“Setiap (pejabat) ketua atau sejenisnya adalah PemimpinTapi setiap Pemimpin belum tentu jadi pejabat,Karena Pemimpin adalah amanah terberat dari-Nya,Maka, tidaklah sulit menjadi pejabat ini dan...

TAN GINDO; APA YANG ENGKAU CARI !?

“Mereka-dia yang berjasa dalam hidupmu,semua yang tersedia dalam jagat rayaSekecil apapun itu, sifat dan ragam bentuknyaSemua adalah ayat-ayat Tuhan yang berjalanBerbagai peristiwa adalah bentuk...

SEKOLAH MERDEKA-KU (2)

"Diri kita bukan hanya milik sendiri, tapi juga orang terdekat,bahkan, darah orang tua dan sanak saudara kita mengalir dalam nadi,namun ingat, ada teman-sahabat dan...
- Advertisement -