25 C
Padang
Thursday, November 26, 2020
Beritasumbar.com

Koto Tinggi Maek Jadi Nagari, Masyarakat Ucapkan terimakasih kepada Pemkab Limapuluh Kota
K

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Harapan masyarakat nagari Maek untuk bisa memekarkan nagari mereka akhirnya mulai terwujud. Nagari Koto Tinggi dinyatakan menjadi nagari dengan di lantiknya pejabat walinagari setempat oleh Bupati Limapuluh Kota beberapa hari yang lalu. Ucapan terimakasihpun mengalir dari tokoh tokoh masyarakat setempat kepada Pemkab Limapuluh Kota beserta jajaran yang sudah merelasisasikan usulan mereka.

“Permohonan pemekaran nagari ini sebenarnya sudah kami ajukan sejak kepemimpinan Bupati Amri Darwis lewat dari satu dekade lalu. Namun, hingga masa jabatannya habis, harapan pemekaran Nagari Maek tak kunjung terealisasi. Bahkan ketika bupati sudah bertukar dengan Alis Marajo,  Maek masih saja satu nagari,” ungkap tokoh masyarakat Koto Tinggi Maek Darwis kepada wartawan.

Begitu daerah ini dipimpin Bupati Irfendi Arbi, mimpi masyarakat Maek untuk memekarkan nagari penghasil Gambir itu akhirnya terwujud. Seluruh masyarakat benar-benar bersuka cita. Saking gembira, masyarakat Koto Tinggi langsung membangun gedung permanen senilai Rp75 juta secara swadaya buat kantor Wali Nagari Persiapan Koto Tinggi Maek.

“Alhamdulillah, akhirnya harapan pemekaran nagari kami terkabul. Kami sangat berbesar hati dan berterimakasih kepada bupati Irfendi Arbi,” ulang Darwis sembari berharap Nagari Persiapan Koto Tinggi Maek ini segera didefenitifkan.

“Secara pribadi, saya sangat puas dengan kinerja Bupati Irfendi. Sebab, selama kepemimpinan beliau daerah ini mampu meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dan juga banyak mendapatkan prestasi tingkat nasional,” puji Darwis yang juga mantan Kepala Desa Koto Tinggi Maek.

Hal senada juga disampaikan tokoh masyarakat lainnya Masri M. Mantan kepala Desa Ronah Maek tersebut melihat apa yang disuguhkan bupati sesuai dengan apa yang diharapkan masyarakat serta apa yang dijanjikan Irfendi ketika Pilkada lalu.

“Jujur saja, saya puas dengan kinerja Bupati Irfendi. Menurut saya masyarakat Maek mendukung penuh kepemimpinan Bupati Irfendi,” tutur Masri.

Purnawirawan Polisi itu juga melihat Irfendi adalah seorang pemimpin yang sederhana, ramah dan rendah hati. Tak kalah hebatnya, Irfendi sudah cukup banyak mendapatkan prestasi gemilang.

“Kami melihat Bupati Irfendi senantiasa tampil sebagai sosok yang sangat sederhana, baik, selalu menunjukan empati dan suka membuat orang senang, serta melihat semua orang sama,” tututr Masri.

sosok yang sangat baik dan dekat dengan masyarakat. Menurutnya, Irfendi pemimpin yang memikirkan Limapuluh Kota sudah berbuat yang terbaik bagi masyarakat dan daerah ini.

“Saya melihat Irfendi sudah menunjukan pembangunan yang baik, adil dan merata. Sejumlah daerah terpinggir sudah mendapat perhatian secara bertahap,” ujar Editiwarman.

Begitu pula tanggapan tokoh masyarakat Maek lainnya Zulkarnaini Dt. Majo Nan Panjang. Menurutnya, berbagai prestasi yang diraih bupati dan daerah ini tidak terlepas dari kepiawaian Irfendi Arbi.

“Saya melihat, dalam taburan prestasi tersebut bupati masih saja didera berbagai isu miring. Saya berharap bupati Irfendi tidak cemas dengan hoax tersebut,” ujar Zulkarnaini yang juga pensiunan polisi sembari menyebut bangga dan senang dengan Bupati Irfendi.

Tak beda dengan komentar para tokoh masyarakat tersebut, pemuka masyarakat Jorong Ronah Maek Ali Amri juga menyebut masyarakat Maek sangat bergembira dengan kehadiran Bupati Irfendi di nagari Seribu Menhir tersebut.

“Masyarakat kami betul-betul senang dan berterimakasih dengan pak Irfendi karena harapan pemekaran nagari yang sudah lebih satu dekade bahkan satu dasawarsa ditunggu baru terbukti di tangan pak Irfendi,” ujar Ali Amri.

Hal itu ikut dikuatkan tokoh masyarakat dari Jorong Koto Godang Maek Anwar Dt. Siri. Menurutnya, meski di Nagari Maek ini tidak menang dalam Pilkada lalu, tapi Irfendi tetap sayang dengan masyarakat maek. Buktinya, selama kepemimpinannya bupati itu sudah berulang-ulang kali datang ke Maek melihat langsung kondisi masyarakat sekaligus memberikan perhatiannya.

“Saya tahu betul pak Irfendi adalah orang yang baik dan rendah hati serta tidak mempunyai dendam politik sama sekali. Meski kalah di Maek, toh beliau sudah lebih berulang kali datang ke Maek dalam tahun ini. Saya pastikan, beliau sayang dengan masyarakat Maek,” yakin Dt. Siri.

Dt Siri juga menilai Irfendi orang yang respon terhadap kondisi masyarakat. Ia optimis, daerah ini bisa jauh lebih baik ke depannya di tangan Irfendi.

Dalam percakapan tersebut, para tokoh masyarakat itu juga menyampaikan harapannya agar pemekaran Nagari Maek terus dilanjutkan dengan pembetukan Nagari Tigo Sakato, Paoruso dan Ronah Sopan.(rel)

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

KPK Menyerahkan Aset BMN Untuk Mendukung Operasional Kantor KASN

Bertempat di Kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Selasa (24/11/20) diselenggarakan acara serah terima penetapan status penggunaan barang milik negara yang berasal dari...

DIKLATSAR Pecinta Alam Penting Bagi Pendaki Modern Maupun Pendaki Pemula

Oleh : SEPTIANI (Raff 400 Tst) ~ Mahasiswa Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Andalas. Diklatsar Pecinta Alam, sebuah kata yang...

Peduli Terhadap Lintau, H suherman TRD Buka Akses Jalan Tepi Selo – Unggan Sumpur Kudus

Tanah Datar,BeritaSumbar.com,-Meski bukan tercatat sebagai seorang pasangan calon bupati atau gubernur tidak menyurutkan langkah dan niat baik H Suherman untuk berbakti terhadap...

Terjadi Lagi Di Tanah Datar Seorang Pria Akhiri Hidup Dengan Gantung diri

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Berselang beberapa jam dari penemuan jasad di Nagari Pangian,kembali lagi ditemukan mayat dengan mengakhiri hidup gantung diri di Nagari...

Tak Kunjung Penuhi Panggilan Polisi, HY Dijemput Paksa

Riau,- Akhirnya Oknum ustad kondang HY Resmi ditahan oleh unit Reskrim Polsek kota Pekanbaru pada 22 November 2020 dimapolsek kota Pekanbaru...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Diduga Gantung Diri, Pria di Limapuluh Kota Ditemukan Tak Bernyawa di Sebuah Pohon

Limapuluh Kota, BeritaSumbar.com - Seorang pria yang belum diketahui identitasnya didapatkan tak bernyawa dan tergantung disebuah pohon di Koto Baru Simalanggang, Kecamatan...

Irfendi Arbi Terima Penghargaan Achievement Motivation Person

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi terus menorehkan prestasi luar biasa di penghujung masa jabatannya.  Kali ini Irfendi sukses meraih penghargaan...

Andes : “Warga Harau dan Kecamatan Payakumbuh Pilih Darman Sahladi-Maskar No Urut 2”

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Gerakan politisi yang satu ini untuk kemenangan Darman Sahladi-Maskar M Dt Pobo, patut diacungi jempol. Yaitu Marsanova Andesra.

Setahun Kinerja DPRD Limapuluh Kota Disampaikan Melalui Sidang Paripurna

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Dengan akan berakhirnya kinerja 1 tahun DPRD Kabupaten Limapuluh Kota tahun 2020 yang dimulai dari bulan Agustus 2019  sampai dengan...

SMP Muhammadiyah 6 Padang Ukir Prestasi Lewat Pembinaan Bakat Siswa

Keberadaan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah 6 Padang termasuk salah satu sekolah yang diperhitungkan di Sumatera Barat, karena prestasi yang diraih oleh para siswanya di berbagai ajang perlombaan. Selain membekali dengan ilmu agama, sekolah ini juga membina dan menyalurkan bakat dan keterampilan para siswanya.

Mempererat Silaturrahmi, Wartawan Tanah Datar Kunjungi Balai Wartawan Luak Limopuluah

Payakumbuh, BeritaSumbar.com - Perwakilan wartawan yang bertugas di Kabupaten Tanah Datar, mendatangi Balai Wartawan Luak Limopuluah pada Senin (23/11) sore. Kedatangan insan...

Temukan Pungli Di Padang Panjang, Segera Lapor Ke Rumah Aspirasi

Padang Panjang, beritasumbar.com - Kepala Kejaksaan Negeri Kota Padang Panjang Dwi Indrayati, SH, MH melalui Kasi Perdata dan Tata Usaha Negara, Minang...

Sudah Zona kuning, Kegiatan PBM Tatap Muka Di Payakumbuh Mulai Rabu Ini

Payakumbuh, beritasumbar.com - Setelah ditetapkan kembali sebagai daerah zona kuning atau daerah dengan zona penyebaran rendah, Pemerintah Kota Payakumbuh, Sumatera Barat akan...

Irfendi Arbi, Bupati Peduli Pendidikan

Limapuluh Kota, BeritaSumbar.com,- Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi kepala daerah yang peduli dan memiliki perhatian serta komitmen tinggi terhadap pembangunan pendidikan, profesionalitas...

Dua Minggu Menghilang,Juragan Padi Di Temukan Meninggal Dunia, Diduga Gantung Diri.

Tanah Datar,beritasumbar.com - Dua minggu pergi dari rumah,juragan padi di Kecamatan Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar di temukan tidak bernyawa dan sudah...
- Advertisement -