31 C
Padang
Senin, Desember 6, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Kodim 0306/50 Kota-ICBS Gelar Sejumlah Perlombaan Untuk Pelajar Dan Babinsa
K

Kategori -
- Advertisement -

Limapuluh Kota, beritasumbar.com – Momentum memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Kodim 0306/50 Kota menggelar beberapa kegiatan keagamaan di Lembah Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, Senin (25/10).

Kegiatan yang digelar bersama Insan Cendekia Boarding School (ICBS) itu menggelar lomba tahfidz dan dai cilik untuk pelajar SD dan SLTP.  Sementara lomba adzan dan imam khusus bagi Babinsa yang ada di Lingkungan Kodim 0306/50 Kota.

Dandim 0306/50 Kota, Letkol. Mochammad Denny Nurcahyo berharap kegiatan tersebut dapat melahirkan generasi muda yang tidak hanya cerdas secara ilmu pengetahuan teknologi (Iptek), namun juga cerdas dalam bidang keagamaan atau iman dan taqwa (Imtaq).

Sehingganya dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan masyarakat Luak Limapuluh secara umum serta juga dapat menangkal berkembangnya paham-paham radikal yang ke tengah-tengah masyarakat.

“Dengan kegiatan ini hendaknya dapat meningkatkan Imtaq masyarakat dan menjadi pondasi dalam membangun generasi kedepannya. ICBS dipilih karena merupakan sekolah keagamaan terbesar di Luak Limapuluh,” ujar Dandim Moch Denny.

Ia menambahkan dengan adanya kegiatan keagamaan tersebut diharapkan dapat menumbuhkan kecintaan dan semangat kebangsaan sehingga mereka makin mencintai NKRI.

“Kegiatan ini akan timbul kecintaan dan semangat kebangsaan dari peserta atau anak didik, sehingga kita tidak mudah dipecah belah,” jelasnya.

Sementara itu, khusus untuk lomba adzan dan imam bagi Babinsa untuk memotivasi semua Babinsa agar bisa adzan dan imam, sehingganya peranannya semakin dirasakan masyarakat.

“Kegiatan Babinsa banyak bersama masyarakat, mereka juga harus mampu adzan dan mengimami masyarakat saat shalat berjamaah,” jelasnya.

Lomba tahfidz dalam rangka HUT TNI

Pimpinan ICBS Harau Roni Patihan berharap dengan adanya kegiatan yang digelar bersama TNI dapat menumbuhkan generasi yang cinta Al-Qur’an serta mendukung program pemerintah, karena mereka yang akan jadi estafet untuk masa yang akan datang.

“Kita tentu bangga dengan digelarnya kegiatan oleh Kodim 0306/50 Kota di sekolah kami. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat terus menumbuhkan generasi yang cinta Al-Quran,” katanya.

Ia menguraikan jumlah pesertanya 180 orang yang berasal dari sekolah-sekolah yang ada di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota, serta Babinsa dari Koramil di Jajaran Kodim 0306/50 Kota.

“peserta sangat antusias mengikuti, untuk lomba tahfidz tingkat Sekolah Dasar dengan hafalan satu juz dan tiga Juz untuk tingkat SLTP,” katanya.

Roni menambahkan, selain berhadiah puluhan juta, peserta terbaik nantinya akan mendapatkan kemudahan untuk sekolah di ICBS. (Di)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img