Payakumbuh-Berita Sumbar.Com_Suasana pagi itu (20/02) begitu semarak, sejumlah anak terlihat mantap melangkah menuju halaman Kantor KAN Kenagarian Limbukan.

Sebanyak 42 anak TPQ dan 48 lansia Kelompok Yasin Darul Fallah mengikuti Khatam Alquran dan wisuda iqra’ yang dilaksanakan selama dua hari, yang berpusat di halaman Kantor KAN Limbukan.

Bagi masyarakat Limbukan, prosesi khatam alquran dihelat dengan sangat meriah. Anak-anak yang telah tamat 30 juz Alquran akan diarak keliling kampung sebagai bagian dari rasa syukur dan tradisi yang telah berlangsung sejak lama.

Acara khatam Alquran ini dilaksanakan sejak kemarin rabu pagi (19/02). Siang tadi adalah prosesi arak-arakan atau pawai, dengan menggunakan pakaian kebesaran berupa gamis ditambah sorban bagi lelaki, dan pakaian gaun dipadu hijab yang indah bagi para perempuan.

Dilepas oleh Lurah limbukan Firdaus syawir, Arak-arakan tadi akan berjalan berkeliling kampung diiringi tabuhan marching band dan kibaran bendera merah putih, Para orangtua pun tak ketinggalan untuk ikut dalam iring-iringan dengan berpakaian adat minang.

Berbagai acara diadakan untuk memeriahkan khataman, lomba Adzan, fasion show, muslimah, cakak banta, yang diikuti anak-anak juga lansia. masyarakatpun sangat antusias mengikuti rangkaian acara hingga tengah malam.

Pengurus TPQ Darul Fallah, Buya Al-fuadi berharap “Khatam Alquran bukan berarti berhenti mempelajari Kitab Suci Alquran. Sebab, sebagai umat Islam diwajibkan untuk bisa pandai membaca, memahami dan mengamalkannya sampai akhir hayat nanti, harapnya”.

Ketua panitia Hidayat, mengucapkan terima kasihnya kepada seluruh elemen masyarakat juga para perantau, “Kami selaku panitia khatam Alquran sangat berterima kasih sekali kepada masyarakat dan perantau Limbukan atas partisipasinya sehingga acara ini bisa terlaksana dengan sangat meriah, “ucapnya. Hal serupa juga disampaikan oleh peserta khatam melalui video ke group W.A perantau Limbukan.(jhon.a)

loading...