28 C
Padang
Minggu, Oktober 24, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Kemenag Padang Panjang ikuti KIE Perhajian via Zoom Meeting bersama Dirjen PHU RI
K

Kategori -
- Advertisement -

Padang Panjang, BeritaSumbar.com, _Menindaklajuti surat Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Sumatera Barat Nomor B 1172/Kw.03/4-b/Hj.00/06/2021 tanggal 17 Juni 2021, maka Kakankemenag Kota Padang Panjang yang difasilitasi oleh Kasi PHU mengikuti Zoom Meeting bersama Pengurus Besar Forum Komunikasi Alumni Petugas Haji Indonesia (PB FK APHI) dengan Peserta Undangan PHU Kankemenag Kota Padang Panjang di Aula Kankemenag Kota Padang Panjang, Kamis (24/06/2021)

Hadir dalam acara ini Kasi PHU Endang Sriyani bersama JFU Haji dan Umrah, Perwakilan Dinas Kesehatan Kota Padang Panjang, Perwakilan BM/BSI, Perwakilan Bang Nagari Syari’ah, KBIH Al-Mabrur, perwakilan Ormas Islam, KBIH Armina, BSM Travel,dll

Sementara itu Kakankemenag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang juga memonitor acara ini via Zoom Meeting dari Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat di Padang yang sedang melaksanakan Dinas Luar yakni acara Pengukuhan Pengurus Wilayah Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (PW-APRI) Provinsi Sumatera Barat.

Adapun Narasumber dalam acara ini terdiri dari : Pertama, Dirjen PHU Kementrian Agama RI dengan Materi Kebijakan Penyelenggaraan Ibadah Haji; Kedua, Pejabat BPKH RI dengan Materi Hal Ihwal Pengelolaan Keuangan Haji; Ketiga, Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat dengan Materi Kebijakan Teknis Penyelenggaraan Ibadah Haji; Keempat Kabid PHU Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat dengan Materi Implementasi KMA Nomor 660 Tahun 2021; Kelima, Ketua PW FK APHI Provinsi Sumatera Barat dengan Materi Strategi Bimsik Sepanjang Tahun dan Dakwah Haji.

Kegiatan ini berlangsung selama lima sesi dengan lima Narasumber dari Kementerian Agama Pusat dan Kantor Kementrian Agama Provinsi Sumatera Barat.

Dirjen PHU Kemenag RI H. Khoirizi H Dasir dalam pemaparannya mengatakan, “Kebijakan Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun ini telah jelas dan terang benderang baik dari Pemerintah Indonesia maupun Pemerintah Saudi Arabia bahwa tidak ada pemberangkatan haji tahun ini yang telah tertuang dalam KMA Nomor 660 Tahun 2021 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji,” katanya.

“Tinggal tugas kita ikut memberitahukan/meneruskan Informasi Penting ini kemasyarakat mulai dari pusat sampai kedaerah,” tambahnya.

Senada dengan itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Sumatera Barat H. Syamsuir menanggapi Dirjen PHU Kemenag RI bahwa di Sumatera Barat telah dilakukan Sosialisasi KMA Nomor 660 Tahun 2021 kepada seluruh jamaah haji, Forkopimda pemerintah daerah, dan pihak terkait seperti Biro Jasa Pelayanan Haji dan Umrah oleh jajaran Kementerian Agama mulai dari Provinsi sampai ke Kabupaten/Kota.

“Bahkan seluruh Penyuluh Agama ditingkat kecamatan pun telah ikut serta memberikan Informasi dan Edukasi kepada Jamaah dan Masyarakat baik secara langsung maupun melalui media sosial ,” tutur Syamsuir.

Menambahkan penjelasan Pelaksana Tugas (Plt) Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat, Kabid PHU Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat H.Joben membenarkan hal itu, “sampai saat ini Alhamdulillah semua jamaah haji yang tertunda berangkat dari Sumatera Barat telah mengerti dan memahami hal yang terjadi,” ujar Joben.

“Ini membuktikan bahwa seluruh lini di Kementerian Agama baik Pusat, Kanwil, Kabupaten/Kota sampai tingkat Kecamatan bahkan Kelurahan/Desa dan Nagari telah turut serta memberikan Informasi dan Edukasi kepada Jamaah dan Masyarakat tentang Pembatalan Keberangkatan Jama’ah yang,” tambahnya.

Sebelum acara Zoom Meeting ini berakhir, perwakilan calon jama’ah haji yang batal berangkat dipersilahkan untuk bertanya pada sesi tanya-jawab.

Karena seluruh peserta dari Kemenag Kota Padang Panjang yang mengikuti kegiatan Zoom Meeting ini telah paham dam maklum, maka tidak ada pertanyaan ataupun instrupsi dari calon jama’ah haji maupun Biro Jasa Penyelenggaraan Haji dan Umrah.

Kepala Seksi PHU Kemenag Kota Padang Panjang Endang Sriyani bersyukur dan mengucapkan terimakasih kepada seluruh Peserta yang telah memenuhi undangan Zoom Meeting ini. (adi)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img