27.1 C
Padang
Tuesday, October 27, 2020

Kegiatan APBD 2016 di Sumbar Bisa Terkendala

Padang – Kegiatan pembangunan di Sumatera Barat (Sumbar) terancam tidak dapat dilaksanakan pada Januari 2016 seperti instruksi presiden, karena hasil evaluasi APBD 2016 daerah itu belum diterima secara tertulis.

“Evaluasi APBD 2016 tersebut sebenarnya telah selesai, tetapi waktu itu dilakukan dalam “teleconference” dengan pihak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Sedangkan untuk melaksanakan pekerjaan tentu butuh dasar hukum yang jelas dan tertulis,” kata Sekretaris Daerah Provinsi Sumbar, Ali Asmar di Padang, Selasa.

Menurutnya, instruksi Presiden Joko Widodo itu hanya bisa dilaksanakan di Sumbar jika hasil evaluasi APBD Sumbar 2016 diterima dalam minggu ini.

“Setelah diterima, hasil evaluasi itu kita balas dan kemudian ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) APBD 2016. Setelah itu semua pekerjaan baru bisa dilaksanakan,” katanya.

Namun, jika hasil evaluasi tersebut tidak segera diterima pemprov Sumbar, maka seluruh kegiatan berdasarkan APBD 2016, sulit dilaksanakan pada Januari 2016.

“Meski begitu, kita optimistis hasil evaluasi itu segera sampai,” katanya.

Sementara itu, pimpinan DPRD Sumbar, Arkadius Dt. Intan Bano mengatakan, proses evaluasi APBD Sumbar 2016 oleh Kemendagri saat ini masih dalam jadwal normal.

“Sesuai jadwal, hasil evaluasi itu paling lambat harus sampai di Sumbar pada 20 Desember 2015. Ini masih dalam jadwal,” katanya.

Meski demikian, ia juga berhadap hasil evaluasi itu bisa lebih cepat sampai di Sumbar agar pelaksanaan seluruh pekerjaan bisa dipercepat.

Sebelumnya, Presiden Jokowi saat menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) atas APBN 2016, untuk Kementerian Lembaga (KL) dan Pemerintah Daerah seluruh Indonesia, Senin (14/12) meminta semua proyek yang sudah dalam DIPA, harus segera jalan sejak awal tahun. (Ant/Oleh Agung Pambudi)

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Darma Tani Roadshow Dibasis Lawan

TANAH DATAR,- Wilayah Kecamatan Lintau 9 IX Koto Yang Selama ini dianggap sebagai lumbung suara Eka Putra Dijajaki dengan melakukan road show...

Dana Transfer Daerah Menurun, APBD Payakumbuh Tahun 2021 Berkurang 100 Miliar Lebih, OPD Dan DPRD Siap Terpangkas

Payakumbuh --- Kota Payakumbuh defisit anggaran di Tahun 2021. Akibat dana alokasi umum (DAU) dan dana intensikasi daerah (DID) yang turun signifikan,...

Program Unggulan ASA, Niniak Mamak Bahagia

Ashelfine, SH, MH yang telah diberigelar oleh kaum atau suku dengan gelar Rajo Parpatiah dari Suku Chaniago Nagari Pematang Panjang. Kamanakan Datuak...

Weekend, 9 WARGA PAYAKUMBUH POSITIF CORONA, Sembuh 5 Orang

Payakumbuh --- Libur akhir pekan atau weekend, Sabtu dan Minggu (24-25/10), kasus positif covid-19, di Kota Payakumbuh masih terjadi. Selama dua hari...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM)...

Polling Pilkada Kota Bukittinggi 2020

Mari semangati calon Walikota - Wakil Walikota Bukittinggi pilihan pembaca dengan klik dukungan di polling di bawah ini.

Polling Pilgub Sumbar 2020

Mari dukung dan semangati kandidat calon Gubernur Sumbar di Pilkada serentak 2020 pilihan pembaca dengan klik polling berikut ini.

Sabar AS, Kearifan Lokal Harus Terus Dijaga

Pasaman,-Bakal calon Wakil Bupati Pasaman SABAR AS beserta rombongan hadiri tradisi buka ikan larangan di Jorong 5 Pertemuan Pasaman, Minggu, 30/8/2020
- Advertisement -