31 C
Padang
Sabtu, Mei 15, 2021
Beritasumbar.com

Kadis Pertanian Tutup SPLHT dg Gelar Temu Lapang
K

Kategori -

Setelah mengikuti Sekolah Lapangan Pengendalian Hama Terpadu (SLPHT) sebanyak 12 kali pertemuan, sebanyak 50 petani anggota  tiga  kelompok tani (Keltan) di Kecamatan Payakumbuh Selatan, masing-masing Keltan Subur Indah, Keltan Cermai dan Keltan Kemuning,  menggelar temu lapang di Kelurahan Sawah Padang, Kecamatan setempat, Selasa (22/10).

Gelar temu lapang  itu,  dalam rangka  menutup kegiatan SLPHT yang dihadiri  Kepala Balai Perlindungan Tanaman Pangan dan Holtikultura (BPTPH) Provinsi Sumbar,  diwakili Burhan, SP dan  Kepala Dinas Pertanian, Drs. Iqbal Bermawi, M.Si, Kabid Tanaman Pangan Holtikultura Ir. Ali Tismal, Kepala BPP Payakumbuh Selatan, Hamdi,  Sekretaris Camat Payakumbuh Selatan Drs. B. Nasution dan sejumlah penyuluh lapangan.

Kepala BPTPH diwakili Burhan,  dalam sambutannya, mengajak petani untuk menerapkan ilmu dan pengalaman yang diterima selama SLPHT. Menurutnya, dalam peningkatan produksi, petani jangan terganjal lagi dengan persoalan hilangnya pupuk di pasaran. Seyogianya, petani beralih  memakai pupuk organik yang jauh lebih murah daripada pupuk non organik. Penggunaan pupuk buatan, katanya, selain mengamankan tanaman dari hama juga dapat meningkatkan hasil pertanian.

Sementara itu, Kadis Pertanian Kota Payakumbuh, Drs. Iqbal Bermawi, M.Si mengatakan,  sangat mendukung program ini dan berharap dapat memberikan dampak positif terhadap kemajuan pertanian di kota ini.  Ditambahkannya, SLPHT yang merupakan program propinsi ini, seyogianya,  berlanjut tiap tahun dengan jangkauan kelurahan-kelurahan lainnya di Payakumbuh.

Dikatakan,  program  sekolah lapangan selama ini, terbukti  mampu menggairahkan petani meningkatkan produksinya. Keltan-keltan yang telah melakukan SLPHT, mampu meningkatkan hal panen padi di atas 8 ton per hektar.  Target Dinas Pertanian, mendmencapai Ketiga Korong seluruh keltan di Payakumbuh mampu menghasilkan produksi 10 ton per hektar.

Kedepan,  diharapkan kepada petani untuk tidak memakai pestisida karena dengan pestisida akan banyak mendatangkan hama atau penyakit tanaman, kita ingin nantinya seluruh petani kota ini menjadi petani organik, simpul Iqbal

Pada acara tersebut, salah seorang peserta SLPHT Erlinda Martini melakukan ekspose tentang cara pembuatan PGPR atau biang yang merupakan perangsang pertumbuhan akar, kemudian pembuatan kalsium (Ca), Natrium P, Natrium N dan Natrium K yang kesemua bahannya berasal dari alam seperti ikan lele, siput, akar-akar dan lain sebagainya.

Acara tersebut ditandai dengan penyerahan sertifikat bagi peserta SL dan temu ramah antar keltan dengan kadis pertanian dan kepala BPTPH Sumbar serta diakhiri dengan makan siang bersama.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Tim KRYD Polres Dan Tim 7 Pemko Payakumbuh Lebih Intensif Dalam Razia Yustisi Prokes Dan Pelanggaran Perda Lainnya

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Pada minggu terakhir bulan ramadhan 1442 H tahun ini, Tim Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) merupakan Tim khusus yang dibentuk polres yang personilnya gabungan dari beberapa satuan kerja di Polres Payakumbuh. Dalam pelaksanaan operasi yustisi penegakan hukum protokol kesehatan, tim ini bekerja sama dengan Satpol PP payakumbuh.
- Advertisement -

Gandeng Pokdarkantibmas, Polres Pariaman Berbagi Takjil dan Masker

Pariaman, beritasumbar.com. Polres Pariaman bergandengan dengan Lembaga Pokdarkantibmas melakukan pembagian Takjil & Masker kepada pengendara yang melintasi ruas jalan di Depan Mapolres Pariaman, Sabtu 8/5/21.

Tim Satgas Covid Kota Payakumbuh Lakukan Monitoring Ke Posko Tingkat Kelurahan

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Dalam rangka penanganan dan pengendalian Covid-19 di Payakumbuh, Tim Satgas Covid-19 yang tergabung kedalam tujuh kelompok melakukan monitoring ke Posko PPKM mikro di tingkat kelurahan, Selasa (11/05).
- Advertisement -

Banjir Bandang Tapan-Pessel; TRC BPBD Ingatkan 1078 KK Masih Tetap Waspada & Mengungsi di Rumah-Rumah Saudara Terdekat

Tapan-Pessel (12/5/2021). Sehari pasca banjir bandang yang berasal dari meluapnya sungai Batang Tapan Pesisir Selatan, Tim TCR BPBD masih mengingatkan dan menyarankan warga tetap...

Wako Tak Hadir di Paripurna LKPJ, Marfendi: Jangan Dikritisi Berlebihan

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Ketidakhadiran wali kota Bukittinggi, Erman Safar dalam sidang paripurna Laporan Kerja Pertanggungjawaban (LKPJ) 2020 di aula sidang utama dewan, tidak bisa...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

163 Narapidana Lapas Sijunjung Dapat Remisi Idul Fitri 1442 Hijriyah

Sijunjung, beritasumbar.com - Sebanyak 163 narapidana di Lembaga Permasyarakatan (LP) Kelas ll B Muaro Sijunjung mendapat remisi Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah. Kepala...

Roda Ekonomi Bukittinggi Mulai Bergerak

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Daya beli masyarakat di pasar kota Bukittinggi, berangsur-angsur mulai membaik, namun suasana perdagangan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19. Seperti terlihat di Pasar...

Bupati Sijunjung Pimpin Apel Gabungan, 198 Personil Ditugaskan Amankan Lebaran

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk melihat kesiapan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Bupati Sijunjung Beeny Dwifa Yuswir memimpin langsung ‎Apel gelar pasukan dalam...

BNPT Dianugerahi Gatra Innovation Awards 2021 Atas Rilis BNPT TV

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dianugerahi Gatra Innovation Awards 2021 atas Inovasi Edukasi, Kontraradikalisme, dan Deradikalisasi Melalui BNPT TV. Gatra Innovation Awards tahun ini mengangkat tema ‘Inovasi Nyata Membangkitkan Asa Masyarakat’, digelar secara daring pada Jumat, 30 April 2021.

Bersama Forkopimda, Bupati Kunjungi Warga Terdampak Bencana Banjir

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Pasca banjir di Nagari Manggilang, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin DT. Bandaro Rajo bersama dengan unsur Forkopimda meninjau langsung lokasi banjir dan menyerahkan bantuan kepada warga terdampak.

Hergun : THR 100 Persen Kado Terindah Dalam Peringatan May Day

Jakarta,- Pemerintah memberlakukan kebijakan semua perusahaan wajib membayarkan THR kepada karyawannya 100 persen tanpa dicicil demi pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi.

Dewan Penasehat IMO-Indonesia ; Saatnya KPK Bersihkan Oknum Pegawai Yang “Bermain Mata” Dengan Markus

JAKARTA | Ketua Komisi Pemberantaaan Korupsi (KPK) Firli Bahuri didesak untuk membersihkan lembaganya dari oknum anggota yang melakukan praktik tidak terpuji.

Anggota DPR RI Rezka Oktoberia Tampung Aspirasi, Warga Minta Akses Penghubung Bukik Limbuku-Payobasuang

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Sejumlah tokoh masyarakat Nagari Bukik Limbuku, Kecamatan Harau, Lima Puluh Kota menyampaikan aspirasi kepada anggota DPR RI, Rezka Oktoberia...

Selama Libur Lebaran Idul Fitri Objek Wisata Bukittinggi Tetap Buka, Wako: Pengunjung Masuk Dibatasi

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Objek wisata yang ada di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat tetap dibuka selama libur lebaran hari raya Idul Fitri 1442 hijriah. "Objek wisata...

DEMA STAIDA Payakumbuh Gelar Aksi Sosial-Edukasi Dengan Anak Yatim

Payakumbuh, beritasumbar.com - DEMA STAIDA Payakumbuh atau yang dulu dikenal dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) langsungkan kegiatan Daurah Tahfizh Juz 30 di Panti Asuhan Muhammadiyah...
- Advertisement -