25 C
Padang
Jumat, Mei 14, 2021
Beritasumbar.com

Italia Punya Capucino Ranah Minang Punya Teh Talua Ampek Lenggek
I

Kategori -

Oleh Ikhwan Wahyudi

Sejak 15 menit lalu kedua tangan Uwid tak henti mengocok kuning telur dalam gelas menggunakan alat berbentuk pegas dengan ujung kayu, begitu cekatan dan lihainya.

Ia sedang menyiapkan pesanan para pengunjung kedai yang semakin malam kian ramai. Menggunakan kedua tangan, Uwid mengocok kuning telur dalam enam gelas yang diletakkan di tatakan khusus secara bersamaan.

“Teh talua sagaleh mak etek (teh telur satu gelas mak etek),” ucap seorang pengunjung yang baru masuk ke kedai memesan minuman.

Bagi kaum pria di Ranah Minang teh telur atau lebih populer disebut teh talua bukan minuman yang asing malah merupakan salah satu hidangan favorit ketika singgah ke kedai.

Jika dari Italia dikenal minuman capucino maka Ranah Minang punya teh telur sajian khas yang tak kalah nikmat dan memiliki banyak khasiat.

Setelah 15 menit terus mengocok, campuran kuning telur dan gula mulai menyatu membentuk adonan kental berwarna putih kecoklatan.

Dalam membuat minuman istimewa tersebut Uwid bahkan menghitung jumlah kocokan hingga 300 kali agar tingkat kekentalan campuran kuning telur dan gula menyatu sempurna hingga membentuk krim berbuih.

“Harus dikocok sampai 300 kali atau selama 15 menit agar kental, semakin lama dikocok, semakin kental, akan lebih enak,” ucapnya.

Benar saja, adonan yang telah menyatu itu ketika gelas dibalik tidak tumpah karena saking kentalnya hanya melekat pada dinding gelas.

Sebagaimana namanya, teh talua dibuat dari kuning telur ayam dicampur gula pasir yang dikocok hingga kental dan menyatu.

Ada sebagian orang yang mengocoknya menggunakan mesin mixer, namun Uwid memilih menggunakan alat kocokan sederhana berbentuk pegas dari besi dengan ujung kayu.

Kalau pakai mixer sekali buat hanya satu gelas, pakai kocokan sekali buat bisa enam gelas dengan enam kocokan dalam enam gelas pakai dua tangan, ujarnya.

Setelah selesai mengocok Uwid mulai mengambil bubuk teh dan memasukkan ke dalam gelas besar. Ia kemudian menyiram bubuk teh dengan air mendidih.

Menunggu sekitar 30 detik ia menuangkan teh kental mendidih menggunakan saringan ke dalam gelas berisi adonan yang telah dikocok tadi.

Tak lupa ia menambahkan dua sendok makan susu kental manis putih untuk menambah cita rasa. Teh talua siap dihidangkan.

Menariknya teh talua yang dibuatnya terdiri atas empat lenggek atau empat lapis. Pada bagian dasar gelas berwarna putih yang merupakan susu kental manis, tingkat ke dua teh kental berwarna coklat tua, tingkat ke tiga teh kental berwarna coklat muda dan paling atas busa berwarna putih.

Hanya sedikit orang yang mampu meracik teh talua menjadi empat tingkat karena lazimnya hanya tiga tingkat.

Bagi yang belum pernah mencoba mungkin akan beranggapan minuman ini amis. Namun, begitu mencoba, perpaduan rasa teh kental dicampur telur akan menciptakan sensasi seperti minuman coklat kelas satu.

Dapat dipastikan kekhawatiran akan rasa amis itu sirna begitu mencoba tegukan pertama.

Teh telur terasa nikmat diminum saat ketika panas. Pada bagian atas yang merupakan busa putih terasa kesat, manis dan berbuih , di tengah akan terasa sensasi teh kental. Pada bagian bawah terdapat endapan sisa gula yang juga menyisakan rasa manis.

Telur yang digunakan pun variatif bisa telur ayam kampung, ayam negeri hingga telur bebek.

Mau mencoba? silahkan saja singgah ke kedai Mak Etek yang berlokasi di Jalan Raya Padang -Indarung tepatnya di Cengkeh.

Warung itu setiap hari menyajikan hingga 300 gelas teh talua, saat akhir pekan bisa lebih banyak. Teh talua akan dihidangkan dengan gelas dengan tatakan piring kecil.

Mulai dari pejabat hingga warga biasa menjadikan kedai Mak Etek tempat minum teh talua sembari bercerita berbagai persoalan yang menarik.

Salah seorang pelanggan, Joni sengaja datang dari Koto Marapak atau sekitar 10 kilometer dari rumahnya untuk mencicipi teh talua ampek lenggek.

“Rasanya beda dibandingkan tempat lain, tidak terlalu manis dan tidak pahit, pas di lidah,” katanya.

Ia mengaku seminggu dapat tiga kali meneguk kelezatan teh talua ampek lenggek sembari bersilaturahim dengan teman-temannya di kedai.

Rahasia kenikmatan teh telur akan diperoleh ketika adukan kuning telur yang pas dan kental, teh kental yang nikmat serta sedikit campuran susu kental manis.

Jika pembuatnya mampu memadukan komposisi masing-masing bahan dengan pas maka rasanya akan selalu terkenang di lidah dan selalu ingin mencoba lagi.

Tidak hanya dikenal enak, teh telur juga memiliki beberapa khasiat untuk kesehatan. Di antaranya membuat tubuh menjadi lebih berenergi dan bertenaga karena kandungan gula dan glukosa.

Selain itu stamina dan daya tahan tubuh menjadi lebih kuat. Gizi pun cukup baik diambil dari kuning telur yang kaya akan protein. Tidak hanya itu ada juga yang mencampurnya dengan beberapa sendok madu dan buah pinang sehingga memperkaya kandungan vitamin.

Bagi sebagian warga Sumbar, ada yang menjadikan teh telur sebagai menu rutin setiap pagi sebagai minuman pembangkit energi menunjang aktivitas yang akan dilakukan.

“Badan terasa segar dan berenergi,” kata Paul yang rutin minum teh talua setiap pagi.

Sementara, bagi masyarakat luar Sumatera Barat yang berkunjung ke provinsi itu dipastikan belum lengkap rasanya jika tak merasakan sensasi nikmat minuman ini.

Harga teh talua pun terbilang murah dan terjangkau. Dengan merogoh kocek Rp9.000 seseorang sudah dapat menikmati minuman itu.

Tak jarang di kedai-kedai minuman, para laki laki dewasa menyediakan waktu khusus untuk menikmati minuman ini sembari duduk-duduk membahas berbagai hal.

Dengan rasa yang nikmat, harga yang tak membuat kantong bolong serta khasiat yang menjulang, amat memungkinkan dalam beberapa waktu ke depan minuman ini kian populer dan mendunia sebagai mana capucino dari Italia.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Tapan-Pessel di Rundung Banjir; ‘Sedih, Idul Fitri Di Dahului Banjir’

Tapan-Pessel (11/5/21) Banjir menghantam dan menenggelamkan beberapa nagari di kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan. Dari informasi di lapangan diketahui empat nagari terparah, yaitu; Binjai...
- Advertisement -

RSUD-Disdukcapil Sijunjung Kerja Sama Penerbitan Anla-Aksi

Sijunjung, beritasumbar.com - Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD) Sijunjung kembali berinovasi menjalin kerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat untuk penerbitan...

Masih Zona Orange, Pemkab Sijunjung Tidak Fasilitasi Shalat Idul Fitri 1442 Hijriyah

Sijunjung, beritasumbar.com - Pemerintah Kabupaten Sijunjung tidak akan memfasilitasi pelaksanaan Shalat Idul Fitri karena daerah tersebut masuk zona orange dalam kasus Covid-19. Bupati Sijunjung Beny Dwifa...
- Advertisement -

Wako Izinkan Sholad Id Di Masjid Atau Lapangan

Payakumbuh --- Menindaklanjuti Surat Edaran baru Gubernur Sumatera Barat Nomor : 09/Ed/GSB-2021 Tentang Penyelenggaraan Shalat Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah/2021 Masehi Dalam Masa Pandemi Corona Virus 2019 (Covid-19) Di Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, Wali kota Riza Falepi menyampaikan membolehkan warganya untuk shalat idul Fitri sepanjang tidak membahayakan kondisi lingkungan, artinya sepanjang daerah yang melaksanakan beresiko rendah

Azwar Siri Ketum LPPKI Mengecam Tindakan Oknum Debt Colektor yang Melakukan Upaya Paksa

Padang,BeritaSumbar.com,- Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (LPPKI) melalui Ketua Umumnya Azwar Siri.SH mengecam tindakan oknum puluhan Debt Colektor yang mengepung anggota TNI AD Serda Nurhadi anggota Babinsa Semper Timur Kodim 0502 Jakut yang sedang membantu warga nyetir mobil di Tol Koja Barat Jakut pada hari kamis 6 Mei 2021 sebagaimana video yang viral dan beredar luas dikalangan medsos. Hal tersebut disampaikannya saat berbincang-bincang dengan awak media di Kantor Advokatnya di Padang Sumatera Barat pada Minggu 9/5/2021.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

DPRD Lima Puluh Kota Dorong Pemda Tangkap Peluang Ekonomi Yang Ditawarkan Gubernur Jawa Barat

Lima Puluh Kota,  - Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mengambil peluang ekonomi yang ditawarkan Gubernur...

Masuk Bursa Capres 2024, Ridwan Kamil: Kalau Jalannya Terbuka Saya Bismillah

Payakumbuh, beritasumbar.com - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan kesiapan dirinya untuk maju sebagai Calon Presiden RI 2024 apabila memang jalan untuk maju terbuka. Pria yang...

Enam Penambang Emas Tertimbun Longsor Di Solok Selatan, Dua Meninggal

Padang Aro, beritasumbar.com - Akibat curah hujan yang tinggi sejak beberapa hari terakhir, sebanyak enam orang penambang emas asal Jawa Tengah tertimbun longsor di...

Gak Melulu Pedas! 6 Kuliner Khas Minangkabau Ini Rasanya Manis

Salah satu kekhasan kuliner Minangkabau yang dikenal oleh masyarakat Nusantara adalah rasanya yang pedas. Dimulai dari rendang daging, ayam balado, sate padang hingga keripik...

Oleh oleh “Ane” Kota Pariaman diserbu pembeli

Pariaman, beritasumbar.com, Perkembangan Wisata di Kota Pariman setiap Tahun, Bulan, Minggu, bahkan hari terus berkembang pesat. Minat kunjungan wisatawan ke Kota Pariaman terus meningkat setiap...

Dr. Astrid Pratidina Susilo, Sp. An : "Kota Payakumbuh Nyaman, Makanannya Enak"

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, ~ "Hampir satu tahun di sini, saya sangat terkesan dengan Payakumbuh. Kotanya nyaman, orangnya ramah, makanannya enak. Benar kata filosofi, 'airnya jernih,...

Puasa, Kelapa Muda Jadi Primadona

Di bulan Ramadan ini, kelapa muda menjadi primadona. Paling diincar sebagai menu berbuka puasa karena banyak manfaat. Tak ayal, hampir di sepanjang jalan di...

Racikan Yang Khas Jadikan Sajian Gulai Kepala Ikan Ini Istimewa

Bagian ikan satu ini ternyata tak lepas dari racikan hidangan masyarakat Indonesia. Di rumah makan khas Padang, Anda akan menemukan menu gulai kepala ikan...

Rahasia Cara Sehat Menyantap Masakan Minang Dibeberkan

Menyantap masakan padang tak selamanya berbahaya untuk kesehatan. Ahli penyakit pencernaan dan pengamat kesehatan, Ari Fahrial Syam, menilai masakan padang tetap bisa dinikmati secara...

Komunitas Anak-Anak Minang Jabodetabek Akan Menggelar Festival Jajanan Minang 2016

BeritaSumbar.com - PADANG – Minangkabau selain dikenal dengan adat dan budayanya, juga dikenal dengan kulinernya yang diakui oleh dunia. Kelezatannya baru saja mendapat sanjungan...
- Advertisement -