26 C
Padang
Kamis, Februari 25, 2021
Beritasumbar.com

Italia Punya Capucino Ranah Minang Punya Teh Talua Ampek Lenggek
I

Kategori -

Oleh Ikhwan Wahyudi

Sejak 15 menit lalu kedua tangan Uwid tak henti mengocok kuning telur dalam gelas menggunakan alat berbentuk pegas dengan ujung kayu, begitu cekatan dan lihainya.

Ia sedang menyiapkan pesanan para pengunjung kedai yang semakin malam kian ramai. Menggunakan kedua tangan, Uwid mengocok kuning telur dalam enam gelas yang diletakkan di tatakan khusus secara bersamaan.

“Teh talua sagaleh mak etek (teh telur satu gelas mak etek),” ucap seorang pengunjung yang baru masuk ke kedai memesan minuman.

Bagi kaum pria di Ranah Minang teh telur atau lebih populer disebut teh talua bukan minuman yang asing malah merupakan salah satu hidangan favorit ketika singgah ke kedai.

Jika dari Italia dikenal minuman capucino maka Ranah Minang punya teh telur sajian khas yang tak kalah nikmat dan memiliki banyak khasiat.

Setelah 15 menit terus mengocok, campuran kuning telur dan gula mulai menyatu membentuk adonan kental berwarna putih kecoklatan.

Dalam membuat minuman istimewa tersebut Uwid bahkan menghitung jumlah kocokan hingga 300 kali agar tingkat kekentalan campuran kuning telur dan gula menyatu sempurna hingga membentuk krim berbuih.

“Harus dikocok sampai 300 kali atau selama 15 menit agar kental, semakin lama dikocok, semakin kental, akan lebih enak,” ucapnya.

Benar saja, adonan yang telah menyatu itu ketika gelas dibalik tidak tumpah karena saking kentalnya hanya melekat pada dinding gelas.

Sebagaimana namanya, teh talua dibuat dari kuning telur ayam dicampur gula pasir yang dikocok hingga kental dan menyatu.

Ada sebagian orang yang mengocoknya menggunakan mesin mixer, namun Uwid memilih menggunakan alat kocokan sederhana berbentuk pegas dari besi dengan ujung kayu.

Kalau pakai mixer sekali buat hanya satu gelas, pakai kocokan sekali buat bisa enam gelas dengan enam kocokan dalam enam gelas pakai dua tangan, ujarnya.

Setelah selesai mengocok Uwid mulai mengambil bubuk teh dan memasukkan ke dalam gelas besar. Ia kemudian menyiram bubuk teh dengan air mendidih.

Menunggu sekitar 30 detik ia menuangkan teh kental mendidih menggunakan saringan ke dalam gelas berisi adonan yang telah dikocok tadi.

Tak lupa ia menambahkan dua sendok makan susu kental manis putih untuk menambah cita rasa. Teh talua siap dihidangkan.

Menariknya teh talua yang dibuatnya terdiri atas empat lenggek atau empat lapis. Pada bagian dasar gelas berwarna putih yang merupakan susu kental manis, tingkat ke dua teh kental berwarna coklat tua, tingkat ke tiga teh kental berwarna coklat muda dan paling atas busa berwarna putih.

Hanya sedikit orang yang mampu meracik teh talua menjadi empat tingkat karena lazimnya hanya tiga tingkat.

Bagi yang belum pernah mencoba mungkin akan beranggapan minuman ini amis. Namun, begitu mencoba, perpaduan rasa teh kental dicampur telur akan menciptakan sensasi seperti minuman coklat kelas satu.

Dapat dipastikan kekhawatiran akan rasa amis itu sirna begitu mencoba tegukan pertama.

Teh telur terasa nikmat diminum saat ketika panas. Pada bagian atas yang merupakan busa putih terasa kesat, manis dan berbuih , di tengah akan terasa sensasi teh kental. Pada bagian bawah terdapat endapan sisa gula yang juga menyisakan rasa manis.

Telur yang digunakan pun variatif bisa telur ayam kampung, ayam negeri hingga telur bebek.

Mau mencoba? silahkan saja singgah ke kedai Mak Etek yang berlokasi di Jalan Raya Padang -Indarung tepatnya di Cengkeh.

Warung itu setiap hari menyajikan hingga 300 gelas teh talua, saat akhir pekan bisa lebih banyak. Teh talua akan dihidangkan dengan gelas dengan tatakan piring kecil.

Mulai dari pejabat hingga warga biasa menjadikan kedai Mak Etek tempat minum teh talua sembari bercerita berbagai persoalan yang menarik.

Salah seorang pelanggan, Joni sengaja datang dari Koto Marapak atau sekitar 10 kilometer dari rumahnya untuk mencicipi teh talua ampek lenggek.

“Rasanya beda dibandingkan tempat lain, tidak terlalu manis dan tidak pahit, pas di lidah,” katanya.

Ia mengaku seminggu dapat tiga kali meneguk kelezatan teh talua ampek lenggek sembari bersilaturahim dengan teman-temannya di kedai.

Rahasia kenikmatan teh telur akan diperoleh ketika adukan kuning telur yang pas dan kental, teh kental yang nikmat serta sedikit campuran susu kental manis.

Jika pembuatnya mampu memadukan komposisi masing-masing bahan dengan pas maka rasanya akan selalu terkenang di lidah dan selalu ingin mencoba lagi.

Tidak hanya dikenal enak, teh telur juga memiliki beberapa khasiat untuk kesehatan. Di antaranya membuat tubuh menjadi lebih berenergi dan bertenaga karena kandungan gula dan glukosa.

Selain itu stamina dan daya tahan tubuh menjadi lebih kuat. Gizi pun cukup baik diambil dari kuning telur yang kaya akan protein. Tidak hanya itu ada juga yang mencampurnya dengan beberapa sendok madu dan buah pinang sehingga memperkaya kandungan vitamin.

Bagi sebagian warga Sumbar, ada yang menjadikan teh telur sebagai menu rutin setiap pagi sebagai minuman pembangkit energi menunjang aktivitas yang akan dilakukan.

“Badan terasa segar dan berenergi,” kata Paul yang rutin minum teh talua setiap pagi.

Sementara, bagi masyarakat luar Sumatera Barat yang berkunjung ke provinsi itu dipastikan belum lengkap rasanya jika tak merasakan sensasi nikmat minuman ini.

Harga teh talua pun terbilang murah dan terjangkau. Dengan merogoh kocek Rp9.000 seseorang sudah dapat menikmati minuman itu.

Tak jarang di kedai-kedai minuman, para laki laki dewasa menyediakan waktu khusus untuk menikmati minuman ini sembari duduk-duduk membahas berbagai hal.

Dengan rasa yang nikmat, harga yang tak membuat kantong bolong serta khasiat yang menjulang, amat memungkinkan dalam beberapa waktu ke depan minuman ini kian populer dan mendunia sebagai mana capucino dari Italia.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kecelakaan di Pendakian Kodok Palupuh, 20 Penumpang Nyaris Tewas

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Sebanyak 20 penumpang bus PO Family BA 7983 DU nyaris tewas, setelah bus hilang kendali di Simpang Pendakian Kodok, Jorong Batang...
- Advertisement -

Kapolres Ajak Warga, Ikut Berikan Informasi Ilegal Logging maupun Karhutla.

Komitmen tegas disampaikan Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo, S.IK menindak lanjuti arahan dan intruksi dari Presiden RI Ir. Joko Widodo dalam rangka mencegah serta meminimalisir kebakaran hutan, bencana alam dan ilegal logging.

Jadi Kabareskrim Polri, Komjen Pol Agus Andrianto Dukung Penuh Program Presisi Kapolri

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menunjuk Komjen Pol Agus Andrianto menjabat Kabareskrim Polri. Sebelumnya, Agus menjabat Kabaharkam Polri.
- Advertisement -

Cegah Narkoba Di Jajaran Internal, Personel Polres Sijunjung Tandatangani Fakta Integritas

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mencegah pemakaian nakorba pada jajaran internal, semua personel Polres Sijunjung menandatangani komitmen moral untuk tidak menyalahgunakan, memakai, dan atau mengedarkan ...

Lutut Membesar Sebesar Bola Kaki, Ini Penyebabnya

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Miris, rupanya lutut membesar sebesar bola kaki dialami Bintang Herlambang (18), yang kini tengah dirawat di Rumah Sakit Yarsi Bukittinggi, karena...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Enam Penambang Emas Tertimbun Longsor Di Solok Selatan, Dua Meninggal

Padang Aro, beritasumbar.com - Akibat curah hujan yang tinggi sejak beberapa hari terakhir, sebanyak enam orang penambang emas asal Jawa Tengah tertimbun longsor di...

Gak Melulu Pedas! 6 Kuliner Khas Minangkabau Ini Rasanya Manis

Salah satu kekhasan kuliner Minangkabau yang dikenal oleh masyarakat Nusantara adalah rasanya yang pedas. Dimulai dari rendang daging, ayam balado, sate padang hingga keripik...

Oleh oleh “Ane” Kota Pariaman diserbu pembeli

Pariaman, beritasumbar.com, Perkembangan Wisata di Kota Pariman setiap Tahun, Bulan, Minggu, bahkan hari terus berkembang pesat. Minat kunjungan wisatawan ke Kota Pariaman terus meningkat setiap...

Dr. Astrid Pratidina Susilo, Sp. An : "Kota Payakumbuh Nyaman, Makanannya Enak"

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, ~ "Hampir satu tahun di sini, saya sangat terkesan dengan Payakumbuh. Kotanya nyaman, orangnya ramah, makanannya enak. Benar kata filosofi, 'airnya jernih,...

Puasa, Kelapa Muda Jadi Primadona

Di bulan Ramadan ini, kelapa muda menjadi primadona. Paling diincar sebagai menu berbuka puasa karena banyak manfaat. Tak ayal, hampir di sepanjang jalan di...

Racikan Yang Khas Jadikan Sajian Gulai Kepala Ikan Ini Istimewa

Bagian ikan satu ini ternyata tak lepas dari racikan hidangan masyarakat Indonesia. Di rumah makan khas Padang, Anda akan menemukan menu gulai kepala ikan...

Rahasia Cara Sehat Menyantap Masakan Minang Dibeberkan

Menyantap masakan padang tak selamanya berbahaya untuk kesehatan. Ahli penyakit pencernaan dan pengamat kesehatan, Ari Fahrial Syam, menilai masakan padang tetap bisa dinikmati secara...

Komunitas Anak-Anak Minang Jabodetabek Akan Menggelar Festival Jajanan Minang 2016

BeritaSumbar.com - PADANG – Minangkabau selain dikenal dengan adat dan budayanya, juga dikenal dengan kulinernya yang diakui oleh dunia. Kelezatannya baru saja mendapat sanjungan...

Kuliner Khas Pantai Puruih

Jalan-jalan di Kota Padang tidak lengkap jika belum mengunjungi dan menikmati keindahan pantainya, masyarakat setempat menyebutnya dengan istilah Taplau yaitu singkatan dari Tapi Lauik (Pantai)...

Kopi Asal Limapuluh Kota Tembus Pasar Nasional

Payakumbuh - Produk olahan Kopi asal Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat (Sumbar), siap menembus pasar nasional, kata pelaku usaha kopi Aank, di Payakumbuh, Selasa. Ia mengatakan hal...
- Advertisement -