30 C
Padang
Kamis, Januari 21, 2021
Beritasumbar.com

Irfendi Arbi Hadiri Harapt Kerja Bupati Dan Walikota Se Indonesia
I

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,– Bupati Kabupaten Limapuluh Kota, Ir. H. Irfendi Arbi, MP menghadiri kegiatan Rapat Kerja Pemerintah tentang Pelaksanaan Percepatan Berusaha di Daerah yang dipimpin langsung oleh Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo yang berpusat di Hall Jakarta Internasional Expo, Kemayoran, Jakarta, Rabu (28/3).

Rapat kerja pemerintah tersebut tampak hadiri oleh, Wakil Presiden RI, Yusuf Kalla, sejumlah Menteri Kabinet Kerja, diantaranya Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Seskab Pramono Anung, Menko Perekonomian, Darmin Nasution, Menteri Keuangan, Sri Mulyani, Kepala BKPM Thomas Lembong, dan Rapat tersebut juga menghadirkan para Bupati, Walikota dan Ketua DPRD Kabupaten/Kota lainnya se Indonesia.

Dalam arahannya Presiden Jokowi menjelaskan jika Rapat Kerja Percepatan Pelaksanaan Berusaha dengan Bupati, Walikota dan Ketua DPRD Kabupaten/Kota Se Indonesia ini bertujuan untuk mempercepat realisasi investasi ditiap-tiap daerah.

“Kegiatan Ini membahas bagaimana mempermudah proses investasi di daerah masing-masing. Sehingga dengan itu dapat memacu pertumbuhan ekonomi ditiap daerah,”ujarnya.

Dikesempatan itu Presiden juga menginginkan adanya kemudahan regulasi dalam proses pengurusan berusaha dan investasi ditiap daerahnya, dan langkah tersebut sudah dituangkan presiden melalui PERPRES No.91 Tahun 2017 Tentang Percepatan Pelaksanaan Berusaha.

“Saya minta pemerintah Kabupaten dan Kota untuk mepermudah pengurus regulasi usah, dan daerah yang belum memiliki Satgas, agar segera dibentuk. Karena kita ingin benar-benar berjalan dan kita jangan sampai kalah dengan negara tetangga,”sambungnya.

Jokowi menambahkan, bahwa peningkatan pertumbuhan ekonomi dapat terus bergerak positif bila pemerintah pusat dan pemerintah daerah dapat bersinergi untuk meningkatkan investasi ke Indonesia. Menurutnya, kunci keberhasilan ini hanya dapat dilakukan dengan niat dari pemerintah daerah dalam mereformasi birokrasi izin usaha.

Sementara itu Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi ketika keluar dari ruangan rapat tersebut, mengatakan pihaknya akan menanggapi dan akan mendukung arahan dari presiden tersebut.

“Dalam arahan Presiden tersebut dapat saya utarakan dengan pertimbangan, bahwa perizinan berusaha yang diterbitkan oleh  pemerintah daerah untuk memulai, melaksanakan, dan mengembangkan kegiatan usaha, perlu ditata kembali agar menjadi pendukung dan bukan sebaliknya menjadi hambatan perkembangan kegiatan usaha.” Ungkapnya.

Ia mengatakan akan berkoordinasi bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait nantinya dalam membahas Perpres thn 2017 tersebut, sehingga Percepatan usaha di Kabupaten Limapuluh Kota berjalan dengan baik.

“Dalam waktu dekat saya akan mengkomunikasikan hasil rapat dengan Presiden ini bersama dinas terkait, sehingga nanti setelah adanya koordinasi akan dapat menciptakan regulasi yang baik dalam Percepatan berusaha didaerah kita”,ucapnya.(rel)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Diduga Takut Lihat Polisi Patroli, Sopir L 300 Tinggalkan Mobil Bermuatan Kayu

Diduga takut saat melihat anggota Polsek Lengayang melakukan patroli wilayah, mobil L 300 warna bermuatan kayu diduga hasil Ilegal Logging ditinggal sopir ditengah jalan, di simpang Lubuak Bagalung, Nagari Lakitan Induk, Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan.
- Advertisement -

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Erwin Yunaz Kunjungi SMKN 1 Payakumbuh

Lakukan kunjungan ke SMKN (Sekolah Menengah Kejuruan Negeri) 1 Payakumbuh, Wakil Walikota Erwin Yunaz disambut langsung oleh kepala sekolah SMKN 1 Yunita Rosanti di ruang kerja bersama beberapa orang guru, Senin (18/1/2021).
- Advertisement -

Darurat Gempa Majene! Segera Bantu Saudara Terdampak!

Dilansir laman resmi BNPB, Data per Jumat (15/1), pukul 06.00 WIB, BPBD Mamuju melaporkan korban meninggal dunia 3 orang dan luka-luka 24. Sebanyak 2.000 warga mengungsi ke tempat yang lebih aman. Sedangkan kerugian material berupa kerusakan, antara lain Hotel Maleo dan Kantor Gubernur Sulbar mengalami rusak berat (RB). Jaringan listrik masih padam pascagempa.

Mimpi bertemu sang Ayah, “Sang Datuk” nya anak-anak; Ceracau soal Wanita hingga Virus Corona

Lama tak berjempa dengan beliau, seingat kami sejak kasus Aksi Panas 4 Maret 2004 bersama Forum Aksi Demokrasi Arus Bawah Univ. Negeri Padang yang berujung di tahannya 20 aktivis UNP oleh sang Rektor waktu itu, beliau mangkat pas seminggu sebelum usai kami dibebas tahankan tepatnya 4 Mei 2004; baru sekali beliau datang dalam mimpi panjang. Entah apa hikmahnya gerangan, hanya Allah SWT yang lebih tahu.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...

Bantuan Covid- 19 Untuk TPA Tidak Transparan, Pengurus Dilaporkan Ke Polisi

Tanah Datar, beritasumbar.com- Diduga dana bantuan Covid-19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur, Jorong Tanjung Tengah, Nagari Tanjung Bonai,Kecamatan Lintau Buo Utara tidak transparan,...

Gugatan SALAM Terhadap Sengketa Pilkada Limapuluh Kota Terregistrasi MK

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Gugatan Pasangan Darman Sahladi-Maskar, M Dt. Pobo (SALAM) terhadap hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota tahun 2020 terregistrasi...

Edward DF Anggota F-PPP Bantu Turnamen Bolavoli Salincam HARMAS

Edward DF anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) DPRD Kota Payakumbuh memberikan bantuan pada panitia Turnamen Bolavoli Salincam HARMAS Balai Panjang Kecamatan Lareh Sago Halaban

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.
- Advertisement -