24.9 C
Padang
Friday, November 27, 2020
Beritasumbar.com

IDI Payakumbuh Dan Limapuluh Kota Gelar Seminar Emergency Psychiatry
I

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi menghadiri acara seminar Emergency Psychiatry yang diselenggarakan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Payakumbuh dan Limapuluh Kota bekerjasama dengan Dept. Ilmu Kedokteran Jiwa FK Universitas Padjadjaran (UNPAD) Bandung dan Dinas Kesehatan Limapuluh Kota yang dipusatkan di Aula pertemuan Kantor Bupati Limapuluh Kota, Sabtu, (24/3) kemaren.

Dalam acara tersebut turut hadir, Ketua IDI cabang Payakumbuh dan Limapuluh Kota, Khairul Abdi, Ketua Ikatan Alumni Ilmu Kedokteran FK UNPAD, Sukonco Ediwahyono, para anggota Alumni Ilmu Kedokteran FK UNPAD, Kepala dinas Kesehatan Limapuluh Kota, Tien Septino, Kepala Dinas Sosial Limapuluh Kota, Harmen, Direktur Rumah Sakit Achmad Darwis, Pengurus dan anggota IDI Cabang Payakumbuh dan Limapuluh Kota dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Ketua pelaksana Seminar sekaligus ketua IDI Cabang Payakumbuh dan Limapuluh Kota, Khairul Abdi mengucapkan terimakasih kepada bupati yang telah menghadiri acara seminar tentang masalah darurat gangguan kejiwaan tersebut.

“Saya selaku ketua pengurus IDI Payakumbuh dan Limapuluh Kota Mengucapkan terimakasih kepada bupati yang telah menghadiri acara seminar ini dan tak lupa terimakasih kepada rekan-rekan panitia yang telah bekerja menyukseskan acara seminar ini”, ujarnya.

Dikatakannya, acara seminar Emergency Psychiatry ini adalah sebuah anugerah, sebab dalam kegiatan seminar tersebut IDI Cabang Payakumbuh dan Limapuluh Kota bisa mendatangkan para dokter ahli Psychiatry dari Bandung alumni dari UNPAD.

“Alhamdulillah seminar ini kita mendatangkan dokter-dokter ahli Psychiatry alumni dari FK UNPAD Bandung, selain itu mereka nantinya akan mengadakan bakti sosial di Kabupaten Limapuluh Kota terkait masalah kejiwaan,”sambungnya.

Sementara itu ketua Ikatan Alumni Ilmu Kedokteran Jiwa FK UNPAD, Sukonco Ediwahyono, mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota yang telah menyambut kunjungan dari rombongan dokter ahli kejiwaan tersebut.

Dikatakannya selain untuk menghadiri seminar ini, rombongan dokter Alumni Ilmu Kedokteran Jiwa FK UNPAD ini nantinya akan mengunjungi para alumni FK UNPAD Bandung yang berdomisili di Payakumbuh dan Limapuluh Kota, serta akan mengamalkan tridarma perguruan tinggi dalam bentuk pengabdian masyarakat di Kabupaten Limapuluh Kota.

“Kegiatan ini adalah yang pertamakali kami laksanakan, dan kami memilih Ranah Minang menjadi daerah yang pertama kami kunjungi,”ujarnya.

Menurutnya, ditiap daerah pasti ada permasalahan gangguan jiwa dan cara untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah memperlakukan orang yang terkena gangguan jiwa tersebut dengan cara yang humanis.

“Ditiap daerah pasti ada masyarakat yang mengalami gangguan jiwa. Jadi prinsipnya dengan memperlakukan mereka dengan baik dan memberikan mereka berbagai keterampilan pasti ada kemungkinan untuk mereka kembali menjadi manusia yang normal kembali,”ujarnya.

Ia mengharapkan dengan adanya acara seminar ini dan pengabdian masyarakat nantinya akan memberikan solusi untuk mengatasi masalah gangguan kejiwaan di Kabupaten Limapuluh Kota.

“Semoga dengan adanya seminar ini hendaknya dapat menjadi wadah kita untuk menimba ilmu dalam mengatasi masalah gangguan jiwa di berbagai daerah,”Ujaranya.

Ditempat yg sama, Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi dalam sambutanya mengucapkan selamat datang kepada rombongan dokter Alumni Ilmu Kedokteran FK UNPAD dan Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah menyelenggarakan seminar tersebut.

Ia mengatakan dalam menghadapi masalah gangguan jiwa ini butuh kerjasama dan komitmen antar semua pihak yang terkait.

“Menghadapi permasalahan gangguan jiwa ini tidak dapat kita hadapi sendiri, Butuh komitmen pihak-pihak terkait dalam menghadapi permasalahan ini. Semoga dengan adanya kunjungan dari alumni Psychiatry UNPAD ini nantinya akan tercipta sebuah Mou dengan Pemkab Limapuluh Kota untuk mengurangi dan menekan angka gangguan jiwa di Kabupaten Limapuluh Kota,”ujarnya.

Menurutnya untuk menangani gangguan kejiwaan hendaknya pemerintah memiliki rumah sakit jiwa yang berstandar di Indonesia sehingga pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang mengalami gangguan jiwa dapat ditingkatkan.

“Masyarakat yang mengalami gangguan jiwa ini perlu di didik, dibina dan diberikan keterampilan untuk menjadikan mereka normal kembali. Dan perlu adanya rumah sakit jiwa yang berstandar internasional di Indonesia, sehingga pelayanan terkait masalah gangguan jiwa dapat diatasi,”sambungnya.

Selanjutnya Bupati berharap dengan adanya seminar ini, dapat memberikan manfaat dan solusi untuk mengatasi dan menekan angka gangguan jiwa di Kabupaten Limapuluh Kota.

“Mudah-mudahan dengan seminar ini kita mendapatkan ilmu serta menciptakan berbagai solusi untuk mengatasi masalah gangguan jiwa di Kabupaten Limapuluh Kota dan hendaknya seminar ini dapat berlanjut ketingkat Interent pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota nantinya,”pungkas Bupati.(relis)

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Sistem Pembelajaran Tatap Muka Bergantung Perkembangan Penanganan Covid-19 di Daerah

JAKARTA - Satgas Penanganan Covid-19 terus melakukan koordinasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terkait kemungkinan diadakannya kembali Pembelajaran Tatap Muka pada...

Urgensi Vaksin Covid-19

Oleh: Ayu Resti Andrea Suri - Mahasiswa Biologi Universitas Andalas Baru-baru ini masyarakat telah digencarkan oleh banyaknya vaksin yang...

Budidaya Sri Rejeki, Pilihan Bisnis Santai Namun Menjanjikan Saat Pandemi

Oleh: Iga Permata Hany & Jelita Putri Adisti Mari mengenal salah satu jenis tumbuhan yang sedang marak dibudidayakan dikalangan...

Dicokok KPK, Ini Sepak Terjang Edhy Prabowo di KKP

Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo ditangkap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron membenarkan hal tersebut. "Iya...

Setahun Kinerja DPRD Limapuluh Kota Disampaikan Melalui Sidang Paripurna

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Dengan akan berakhirnya kinerja 1 tahun DPRD Kabupaten Limapuluh Kota tahun 2020 yang dimulai dari bulan Agustus 2019  sampai dengan...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Nagari Koto Bangun Wakili Limapuluh Kota Dalam Lomba Transparansi Pengelolaan Dana Desa

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Dalam pengelolaan dana Desa setiap tahun anggaran sangat diperlukan adanya transparansi perencanaan dan pelaksanaan dana Desa/Nagari yang dikucurkan pemerintah pusat...

Diduga Gantung Diri, Pria di Limapuluh Kota Ditemukan Tak Bernyawa di Sebuah Pohon

Limapuluh Kota, BeritaSumbar.com - Seorang pria yang belum diketahui identitasnya didapatkan tak bernyawa dan tergantung disebuah pohon di Koto Baru Simalanggang, Kecamatan...

Irfendi Arbi Terima Penghargaan Achievement Motivation Person

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi terus menorehkan prestasi luar biasa di penghujung masa jabatannya.  Kali ini Irfendi sukses meraih penghargaan...

Andes : “Warga Harau dan Kecamatan Payakumbuh Pilih Darman Sahladi-Maskar No Urut 2”

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Gerakan politisi yang satu ini untuk kemenangan Darman Sahladi-Maskar M Dt Pobo, patut diacungi jempol. Yaitu Marsanova Andesra.

Setahun Kinerja DPRD Limapuluh Kota Disampaikan Melalui Sidang Paripurna

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Dengan akan berakhirnya kinerja 1 tahun DPRD Kabupaten Limapuluh Kota tahun 2020 yang dimulai dari bulan Agustus 2019  sampai dengan...

SMP Muhammadiyah 6 Padang Ukir Prestasi Lewat Pembinaan Bakat Siswa

Keberadaan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah 6 Padang termasuk salah satu sekolah yang diperhitungkan di Sumatera Barat, karena prestasi yang diraih oleh para siswanya di berbagai ajang perlombaan. Selain membekali dengan ilmu agama, sekolah ini juga membina dan menyalurkan bakat dan keterampilan para siswanya.

Mempererat Silaturrahmi, Wartawan Tanah Datar Kunjungi Balai Wartawan Luak Limopuluah

Payakumbuh, BeritaSumbar.com - Perwakilan wartawan yang bertugas di Kabupaten Tanah Datar, mendatangi Balai Wartawan Luak Limopuluah pada Senin (23/11) sore. Kedatangan insan...

Temukan Pungli Di Padang Panjang, Segera Lapor Ke Rumah Aspirasi

Padang Panjang, beritasumbar.com - Kepala Kejaksaan Negeri Kota Padang Panjang Dwi Indrayati, SH, MH melalui Kasi Perdata dan Tata Usaha Negara, Minang...

Irfendi Arbi, Bupati Peduli Pendidikan

Limapuluh Kota, BeritaSumbar.com,- Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi kepala daerah yang peduli dan memiliki perhatian serta komitmen tinggi terhadap pembangunan pendidikan, profesionalitas...

Dua Minggu Menghilang,Juragan Padi Di Temukan Meninggal Dunia, Diduga Gantung Diri.

Tanah Datar,beritasumbar.com - Dua minggu pergi dari rumah,juragan padi di Kecamatan Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar di temukan tidak bernyawa dan sudah...
- Advertisement -