23 C
Padang
Kamis, Maret 4, 2021
Beritasumbar.com

IDI Payakumbuh Dan Limapuluh Kota Gelar Seminar Emergency Psychiatry
I

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi menghadiri acara seminar Emergency Psychiatry yang diselenggarakan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Payakumbuh dan Limapuluh Kota bekerjasama dengan Dept. Ilmu Kedokteran Jiwa FK Universitas Padjadjaran (UNPAD) Bandung dan Dinas Kesehatan Limapuluh Kota yang dipusatkan di Aula pertemuan Kantor Bupati Limapuluh Kota, Sabtu, (24/3) kemaren.

Dalam acara tersebut turut hadir, Ketua IDI cabang Payakumbuh dan Limapuluh Kota, Khairul Abdi, Ketua Ikatan Alumni Ilmu Kedokteran FK UNPAD, Sukonco Ediwahyono, para anggota Alumni Ilmu Kedokteran FK UNPAD, Kepala dinas Kesehatan Limapuluh Kota, Tien Septino, Kepala Dinas Sosial Limapuluh Kota, Harmen, Direktur Rumah Sakit Achmad Darwis, Pengurus dan anggota IDI Cabang Payakumbuh dan Limapuluh Kota dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Ketua pelaksana Seminar sekaligus ketua IDI Cabang Payakumbuh dan Limapuluh Kota, Khairul Abdi mengucapkan terimakasih kepada bupati yang telah menghadiri acara seminar tentang masalah darurat gangguan kejiwaan tersebut.

“Saya selaku ketua pengurus IDI Payakumbuh dan Limapuluh Kota Mengucapkan terimakasih kepada bupati yang telah menghadiri acara seminar ini dan tak lupa terimakasih kepada rekan-rekan panitia yang telah bekerja menyukseskan acara seminar ini”, ujarnya.

Dikatakannya, acara seminar Emergency Psychiatry ini adalah sebuah anugerah, sebab dalam kegiatan seminar tersebut IDI Cabang Payakumbuh dan Limapuluh Kota bisa mendatangkan para dokter ahli Psychiatry dari Bandung alumni dari UNPAD.

“Alhamdulillah seminar ini kita mendatangkan dokter-dokter ahli Psychiatry alumni dari FK UNPAD Bandung, selain itu mereka nantinya akan mengadakan bakti sosial di Kabupaten Limapuluh Kota terkait masalah kejiwaan,”sambungnya.

Sementara itu ketua Ikatan Alumni Ilmu Kedokteran Jiwa FK UNPAD, Sukonco Ediwahyono, mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota yang telah menyambut kunjungan dari rombongan dokter ahli kejiwaan tersebut.

Dikatakannya selain untuk menghadiri seminar ini, rombongan dokter Alumni Ilmu Kedokteran Jiwa FK UNPAD ini nantinya akan mengunjungi para alumni FK UNPAD Bandung yang berdomisili di Payakumbuh dan Limapuluh Kota, serta akan mengamalkan tridarma perguruan tinggi dalam bentuk pengabdian masyarakat di Kabupaten Limapuluh Kota.

“Kegiatan ini adalah yang pertamakali kami laksanakan, dan kami memilih Ranah Minang menjadi daerah yang pertama kami kunjungi,”ujarnya.

Menurutnya, ditiap daerah pasti ada permasalahan gangguan jiwa dan cara untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah memperlakukan orang yang terkena gangguan jiwa tersebut dengan cara yang humanis.

“Ditiap daerah pasti ada masyarakat yang mengalami gangguan jiwa. Jadi prinsipnya dengan memperlakukan mereka dengan baik dan memberikan mereka berbagai keterampilan pasti ada kemungkinan untuk mereka kembali menjadi manusia yang normal kembali,”ujarnya.

Ia mengharapkan dengan adanya acara seminar ini dan pengabdian masyarakat nantinya akan memberikan solusi untuk mengatasi masalah gangguan kejiwaan di Kabupaten Limapuluh Kota.

“Semoga dengan adanya seminar ini hendaknya dapat menjadi wadah kita untuk menimba ilmu dalam mengatasi masalah gangguan jiwa di berbagai daerah,”Ujaranya.

Ditempat yg sama, Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi dalam sambutanya mengucapkan selamat datang kepada rombongan dokter Alumni Ilmu Kedokteran FK UNPAD dan Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah menyelenggarakan seminar tersebut.

Ia mengatakan dalam menghadapi masalah gangguan jiwa ini butuh kerjasama dan komitmen antar semua pihak yang terkait.

“Menghadapi permasalahan gangguan jiwa ini tidak dapat kita hadapi sendiri, Butuh komitmen pihak-pihak terkait dalam menghadapi permasalahan ini. Semoga dengan adanya kunjungan dari alumni Psychiatry UNPAD ini nantinya akan tercipta sebuah Mou dengan Pemkab Limapuluh Kota untuk mengurangi dan menekan angka gangguan jiwa di Kabupaten Limapuluh Kota,”ujarnya.

Menurutnya untuk menangani gangguan kejiwaan hendaknya pemerintah memiliki rumah sakit jiwa yang berstandar di Indonesia sehingga pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang mengalami gangguan jiwa dapat ditingkatkan.

“Masyarakat yang mengalami gangguan jiwa ini perlu di didik, dibina dan diberikan keterampilan untuk menjadikan mereka normal kembali. Dan perlu adanya rumah sakit jiwa yang berstandar internasional di Indonesia, sehingga pelayanan terkait masalah gangguan jiwa dapat diatasi,”sambungnya.

Selanjutnya Bupati berharap dengan adanya seminar ini, dapat memberikan manfaat dan solusi untuk mengatasi dan menekan angka gangguan jiwa di Kabupaten Limapuluh Kota.

“Mudah-mudahan dengan seminar ini kita mendapatkan ilmu serta menciptakan berbagai solusi untuk mengatasi masalah gangguan jiwa di Kabupaten Limapuluh Kota dan hendaknya seminar ini dapat berlanjut ketingkat Interent pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota nantinya,”pungkas Bupati.(relis)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Gelar Raker Bulanan, GMK Fokus Pada Urusan Sosial dan Tidak Ikut Politik Praktis

Padang, beritasumbar.com - Pasir jambak pada Minggu, (28/2) dipenuhi orang berseragam merah abu abu yang berlogokan GMK. Organisasi tersebut tak lain adalah Grup Minàng...
- Advertisement -

Bupati Dan Wakil Bupati Limapuluh Kota Pimpin Apel Gabungan Perdana

Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo bersama Wakil Bupati Rizki Kurniawan Nakasri memimpin apel gabungan perdana di halaman Kantor Bupati Lima Puluh Kota, Selasa, (2/3/2021).

Ujian Akhir Sekolah SD dan SMP Di Payakumbuh Bakal Dilaksanakan 29 Maret Sampai 1 April 2021

Ujian Nasional (UN) dan ujian kesetaraan tahun 2021 ditiadakan. Dengan ditiadakannya UN dan ujian kesetaraan tahun 2021, maka UN dan ujian kesetaraan tidak menjadi syarat kelulusan atau seleksi masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, di Payakumbuh hanya melaksanakan ujian akhir sekolah (UAS) saja.
- Advertisement -

Walinagari Serta Perangkat Di Tanah Datar Belum Menerima Gaji Selama Tiga Bulan

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Sebanyak 75 orang Walinagari beserta Perangkat pemerintahan nagari di wilayah Kabupaten Tanah Datar belum menerima gaji selama tiga bulan terakhir dari Pemerintah Daerah setempat.

Gelar Raker Bulanan, GMK Fokus Pada Urusan Sosial dan Tidak Ikut Politik Praktis

Padang, beritasumbar.com - Pasir jambak pada Minggu, (28/2) dipenuhi orang berseragam merah abu abu yang berlogokan GMK. Organisasi tersebut tak lain adalah Grup Minàng...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Target Vaksinasi Melebihi Penduduk, Dinkes Padang Panjang Pertanyakan Data Pemprov Sumbar

Padang Panjang, beritasumbar.com - Pelaksanaan vaksinasi tahap II yang menyasar petugas publik, Pemrov Sumbar  memberikan target kepada Pemko Padang Panjang  dengan sasaran sebanyak 59.516...

Bupati Dan Wakil Bupati Limapuluh Kota Pimpin Apel Gabungan Perdana

Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo bersama Wakil Bupati Rizki Kurniawan Nakasri memimpin apel gabungan perdana di halaman Kantor Bupati Lima Puluh Kota, Selasa, (2/3/2021).

Ultah Perdana DPC PPWI Tanah Datar Diperingati Sederhana

Tanah Datar, beritasumbar.com - Peringatan ulang tahun ke-1 Organisasi Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) DPC Kabupaten Tanah Datar,diperingati dengan semangat kesederhanaan di Dzee Caffe...

Gelar Raker Bulanan, GMK Fokus Pada Urusan Sosial dan Tidak Ikut Politik Praktis

Padang, beritasumbar.com - Pasir jambak pada Minggu, (28/2) dipenuhi orang berseragam merah abu abu yang berlogokan GMK. Organisasi tersebut tak lain adalah Grup Minàng...

Terkait Isu KLB, Rezka Oktoberia: Demokrat Tegak Lurus Bersama SBY dan AHY

Payakumbuh, beritasumbar.com - Anggota DPR RI Partai Demokrat, Rezka Oktoberia memberikan tanggapannya terkait isu Kongres Luar Biasa (KLB) yang tengah menghampiri partainya. Dia memastikan kader...

Harmonisasi Kepala Daerah, Ketua DPRD Lima Puluh Kota: Jangan Seperti Bupati-Wabup Sebelumnya

Sarilamak, beritasumbar.com - Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota Deni Asra agar pasangan Bupati dan Wakil Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin, Dt Bandari Rajo dan...

PD PII Padang Dilantik; SKB 3 Menteri Kembali Menuai Tantangan

Polemik SKB tiga Menteri kembali menuai tantangan berat dari berbagai elemen di Sumatera Barat, selain tokoh ulama dan tokoh adat; saat ini juga di...

Penilaian Kemenpan RB, Polres Payakumbuh Sangat Baik Memberikan Pelayanan Publik

Payakumbuh, beritasumbar.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memberikan penghargaan kepada Polres Payakumbuh sebagai Pelayanan Publik Sangat Baik dalam evaluasi pelayanan...

Pasca Dilantik Sebagai Bupati Sijunjung, Ini Penegasan Beny Dwifa Yuswir

Sijunjung, Beritasumbar.com - Bupati Sijunjung Beny Dwifa Yuswir menegaskan tugas pertama akan memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Penegasan ini disampaikan bupati pada pidato...

Bawaslu Limapuluh Kota Terbitkan Buku ‘Kilas Pengawasan’ Pilkada 2020

Limapuluh Kota, Beritasumbar.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Limapuluh Kota menerbitkan buku 'Kilas Pengawasan' yang berisi seluruh kerja yang telah dilaksanakan oleh pengawas...
- Advertisement -