25 C
Padang
Sabtu, Mei 8, 2021
Beritasumbar.com

IDI Payakumbuh Dan Limapuluh Kota Gelar Seminar Emergency Psychiatry
I

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi menghadiri acara seminar Emergency Psychiatry yang diselenggarakan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Payakumbuh dan Limapuluh Kota bekerjasama dengan Dept. Ilmu Kedokteran Jiwa FK Universitas Padjadjaran (UNPAD) Bandung dan Dinas Kesehatan Limapuluh Kota yang dipusatkan di Aula pertemuan Kantor Bupati Limapuluh Kota, Sabtu, (24/3) kemaren.

Dalam acara tersebut turut hadir, Ketua IDI cabang Payakumbuh dan Limapuluh Kota, Khairul Abdi, Ketua Ikatan Alumni Ilmu Kedokteran FK UNPAD, Sukonco Ediwahyono, para anggota Alumni Ilmu Kedokteran FK UNPAD, Kepala dinas Kesehatan Limapuluh Kota, Tien Septino, Kepala Dinas Sosial Limapuluh Kota, Harmen, Direktur Rumah Sakit Achmad Darwis, Pengurus dan anggota IDI Cabang Payakumbuh dan Limapuluh Kota dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Ketua pelaksana Seminar sekaligus ketua IDI Cabang Payakumbuh dan Limapuluh Kota, Khairul Abdi mengucapkan terimakasih kepada bupati yang telah menghadiri acara seminar tentang masalah darurat gangguan kejiwaan tersebut.

“Saya selaku ketua pengurus IDI Payakumbuh dan Limapuluh Kota Mengucapkan terimakasih kepada bupati yang telah menghadiri acara seminar ini dan tak lupa terimakasih kepada rekan-rekan panitia yang telah bekerja menyukseskan acara seminar ini”, ujarnya.

Dikatakannya, acara seminar Emergency Psychiatry ini adalah sebuah anugerah, sebab dalam kegiatan seminar tersebut IDI Cabang Payakumbuh dan Limapuluh Kota bisa mendatangkan para dokter ahli Psychiatry dari Bandung alumni dari UNPAD.

“Alhamdulillah seminar ini kita mendatangkan dokter-dokter ahli Psychiatry alumni dari FK UNPAD Bandung, selain itu mereka nantinya akan mengadakan bakti sosial di Kabupaten Limapuluh Kota terkait masalah kejiwaan,”sambungnya.

Sementara itu ketua Ikatan Alumni Ilmu Kedokteran Jiwa FK UNPAD, Sukonco Ediwahyono, mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota yang telah menyambut kunjungan dari rombongan dokter ahli kejiwaan tersebut.

Dikatakannya selain untuk menghadiri seminar ini, rombongan dokter Alumni Ilmu Kedokteran Jiwa FK UNPAD ini nantinya akan mengunjungi para alumni FK UNPAD Bandung yang berdomisili di Payakumbuh dan Limapuluh Kota, serta akan mengamalkan tridarma perguruan tinggi dalam bentuk pengabdian masyarakat di Kabupaten Limapuluh Kota.

“Kegiatan ini adalah yang pertamakali kami laksanakan, dan kami memilih Ranah Minang menjadi daerah yang pertama kami kunjungi,”ujarnya.

Menurutnya, ditiap daerah pasti ada permasalahan gangguan jiwa dan cara untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah memperlakukan orang yang terkena gangguan jiwa tersebut dengan cara yang humanis.

“Ditiap daerah pasti ada masyarakat yang mengalami gangguan jiwa. Jadi prinsipnya dengan memperlakukan mereka dengan baik dan memberikan mereka berbagai keterampilan pasti ada kemungkinan untuk mereka kembali menjadi manusia yang normal kembali,”ujarnya.

Ia mengharapkan dengan adanya acara seminar ini dan pengabdian masyarakat nantinya akan memberikan solusi untuk mengatasi masalah gangguan kejiwaan di Kabupaten Limapuluh Kota.

“Semoga dengan adanya seminar ini hendaknya dapat menjadi wadah kita untuk menimba ilmu dalam mengatasi masalah gangguan jiwa di berbagai daerah,”Ujaranya.

Ditempat yg sama, Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi dalam sambutanya mengucapkan selamat datang kepada rombongan dokter Alumni Ilmu Kedokteran FK UNPAD dan Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah menyelenggarakan seminar tersebut.

Ia mengatakan dalam menghadapi masalah gangguan jiwa ini butuh kerjasama dan komitmen antar semua pihak yang terkait.

“Menghadapi permasalahan gangguan jiwa ini tidak dapat kita hadapi sendiri, Butuh komitmen pihak-pihak terkait dalam menghadapi permasalahan ini. Semoga dengan adanya kunjungan dari alumni Psychiatry UNPAD ini nantinya akan tercipta sebuah Mou dengan Pemkab Limapuluh Kota untuk mengurangi dan menekan angka gangguan jiwa di Kabupaten Limapuluh Kota,”ujarnya.

Menurutnya untuk menangani gangguan kejiwaan hendaknya pemerintah memiliki rumah sakit jiwa yang berstandar di Indonesia sehingga pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang mengalami gangguan jiwa dapat ditingkatkan.

“Masyarakat yang mengalami gangguan jiwa ini perlu di didik, dibina dan diberikan keterampilan untuk menjadikan mereka normal kembali. Dan perlu adanya rumah sakit jiwa yang berstandar internasional di Indonesia, sehingga pelayanan terkait masalah gangguan jiwa dapat diatasi,”sambungnya.

Selanjutnya Bupati berharap dengan adanya seminar ini, dapat memberikan manfaat dan solusi untuk mengatasi dan menekan angka gangguan jiwa di Kabupaten Limapuluh Kota.

“Mudah-mudahan dengan seminar ini kita mendapatkan ilmu serta menciptakan berbagai solusi untuk mengatasi masalah gangguan jiwa di Kabupaten Limapuluh Kota dan hendaknya seminar ini dapat berlanjut ketingkat Interent pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota nantinya,”pungkas Bupati.(relis)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

DPRD Limapuluh Kota Telah Bentuk Pansus Aset

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota Deni Asra menyampaikan kalau panitia khusus (pansus) aset telah disepakati dalam rapat paripurna DPRD, beberapa waktu lalu.
- Advertisement -

Roda Ekonomi Bukittinggi Mulai Bergerak

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Daya beli masyarakat di pasar kota Bukittinggi, berangsur-angsur mulai membaik, namun suasana perdagangan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19. Seperti terlihat di Pasar...

BNPT Dianugerahi Gatra Innovation Awards 2021 Atas Rilis BNPT TV

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dianugerahi Gatra Innovation Awards 2021 atas Inovasi Edukasi, Kontraradikalisme, dan Deradikalisasi Melalui BNPT TV. Gatra Innovation Awards tahun ini mengangkat tema ‘Inovasi Nyata Membangkitkan Asa Masyarakat’, digelar secara daring pada Jumat, 30 April 2021.
- Advertisement -

Komisi C DPRD Desak RSUD Adnaan WD Selesaikan Tunggakan Pembayaran Jasa Tenaga Medis

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Komisi C DPRD Kota Payakumbuh melaksanakan pertemuan bersama Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit RSUD Adnaan WD Kota Payakumbuh untuk mendengarkan penjelasan terkait polemik pembayaran jasa medis dan insentif Covid-19 yang terjadi di RSUD, bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD, Kamis (6/5).

Terkait Akad Kontrak Kerja Di Universitas Muhammadiyah Sumbar, Komunitas Amar Ma’ruf Nahi Mungkar Layangkan Petisi

Sesuai dengan khittahnya, Muhammadiyah sebagai Persyarikatan memilih dan menempatkan diri sebagai Gerakan Islam amar-ma'ruf nahi mungkar dalam masyarakat, dengan maksud yang terutama ialah membentuk keluarga dan masyarakat sejahtera sesuai dengan Dakwah Jamaah.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Jelang Idul Fitri, Gema Sehat Juken BKKBN Sumbar Bagi-Bagi Sembako untuk Kaum Dhuafa di Padang

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Persatuan Juang Kencana Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Sumatera Barat (Juken BKKBN Sumbar) melalui Gerakan Amal Sedekah Harian Anggota (Gema Sehat) mendistribusikan paket sembako kepada warga dhuafa di Kota Padang, pada Kamis (6/5/2021).

DPRD Limapuluh Kota Telah Bentuk Pansus Aset

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota Deni Asra menyampaikan kalau panitia khusus (pansus) aset telah disepakati dalam rapat paripurna DPRD, beberapa waktu lalu.

Wantan Wabup Limapuluh Kota Gelar Silaturahmi Dengan Awak Media

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Mantan Wakil Bupati Limapuluh Kota Ferizal Ridwan bersilaturahmi bersama tokoh masyarakat Luak Limopuluah dan anggota Balai Wartawan di Sarilamak, Kamis (6/5).

Serahkan 100 Paket Sembako Untuk Petugas Kebersihan, Wabup Sijunjung: Terima Kasih Emersia Grup

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung Iradatillah menyerahkan 100 paket sembako bantuan Emersia Grup untuk petugas kebersihan yang ada di Lingkungan Pemkab Sijunjung. Penyerahan paket...

Tujuh OPD Kota Padang Panjang Peroleh Hak Akses Data Perseorangan Penduduk

Padang Panjang, beritasumbar.com - Sebanyak tujuh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang telah memperoleh hak akses terhadap data perseorangan penduduk. "Ini...

Bupati Pimpin Apel Pasukan Operasi Ketupat Singgalang 2021 Di Polres Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Bupati Limapuluh Kota pimpin apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Ketupat Singgalang 2021 pada Rabu 5/4. Apel pasukan ini sekaligus pengecekan akhir kesiapan pengamanan hari raya Idul Fitri 1442 H, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait, seperti TNI, Pemda, dan mitra kamtibmas, di Mapolres Limapuluh Kota.

Bupati Sijunjung Imbau ASN Hingga Masyarakat Salurkan Zakat Lewat Baznas

Sijunjung, beritasumbar.com - Bupati Sijunjung Beny Dwifa Yuswir mengimbau para Aparatur Sipil Negara (ASN), pegawai BUMN, BUMD di daerah itu supaya menyerahkan zakat kepada  Baznas...

Temui Kaban Geologi, Wabup RKN: SK Geopark Harau Insya Allah Akhir Mei

Bandung,BeritaSumbar.com, - Wakil Bupati Kabupaten Limapuluh Kota, Rizki Kurniawan Nakasri (RKN) berkunjung ke Kepala Badan Geologi Kementrian ESDM, di Bandung.

Siapkan SPAM Regional Batang Maek Kuniang, pemkab Audiensi Dengan Pemprov dan BWSS V Padang

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com,- Untuk memenuhi kebutuhan air bersih di Kabupaten Lima Puluh Kota melalui Sistem Penyedia Air Minum (SPAM), Biro Kerja Sama Provinsi Sumatera Barat, Balai Wilayah Sungai Sumatera V Padang dan Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Barat lakukan audiensi dengan Bupati Safaruddin DT. Bandaro Rajo. Audiensi itu terkait program SPAM regional Batang Maek Kuniang sebagai peningkatan tata kelola penyedian air minum layak dan aman di daerah.

Anggota DPR RI Rezka Oktoberia Tampung Aspirasi, Warga Minta Akses Penghubung Bukik Limbuku-Payobasuang

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Sejumlah tokoh masyarakat Nagari Bukik Limbuku, Kecamatan Harau, Lima Puluh Kota menyampaikan aspirasi kepada anggota DPR RI, Rezka Oktoberia...
- Advertisement -