26.1 C
Padang
Jumat, Oktober 22, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator
H

- Advertisement -

Payakumbuh, beritasumbar.com – Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin kepada penerima yang telah mendapatkan pemberitahuan melalui SMS.

“Kalau untuk tenaga vaksin atau vaksinator yang telah disiapkan 49 orang. Sembilan sudah selesai pelatihan dan 40 sedang menjalani pelatihan,” kata Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P3) Dinkes Kota Payakumbuh Cinthya Fitri di Payakumbuh, Rabu.

Ia mengatakan untuk sembilan vaksinator yang telah menyelesaikan pelatihan akan ditempatkan untuk delapan puskesmas yang ada di Payakumbuh dan untuk tenaga untuk Dinkes kota.

Sedangkan, untuk 40 vaksinator yang sedang mengikuti pelatihan akan diperuntukan sebagai tenaga tambahan di puskesmas dan rumah sakit.  

Teknis pemberian vaksinasi, calon penerima vaksin yang sebelumnya telah mendapatkan SMS akan mendaftar di hari yang telah ditentukan ke puskesmas yang ditunjuk.

“Ada empat meja nantinya yang tersedia di tempat vaksinasi, meja pertama itu untuk pendaftaran dengan membawa KTP, meja kedua untuk pengkajian kesehatan, meja ketiga untuk vaksinasi dan meja ke empat itu menginput data,” ujarnya

Ia mengatakan pengkajian kesehatan ini memang perlu dilakukan, karena ada beberapa penyakit yang belum dapat diberikan vaksinasi.

“Setelah selesai di vaksin, nanti penerima vaksin akan dipantau selama 30 menit sebelum nantinya dibolehkan pulang,” kata dia.

Ia mengatakan dalam satu pekan nantinya setiap puskesmas akan melakukan vaksinasi selama tiga hari. Dalam satu hari tenaga vaksinasi dapat melayani 10 sampai 20 orang.

“Dan itu masing-masing calon penerima vaksin juga sudah dijadwalkan. Sehingga yang datang ke puskesmas memang yang akan divaksin di hari tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal mengatakan waktu pemberian vaksin di Payakumbuh masih akan menyesuaikan dengan jadwal yang ditentukan dan proses di provinsi.

“Pada tahap pertama ini vaksinasi akan dilakukan untuk tenaga kesehatan di Kota Payakumbuh yang berjumlah 1.084 orang. Sebab, mereka lah yang dekat dengan penderita,” kata dia.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img