30 C
Padang
Sabtu, Januari 16, 2021
Beritasumbar.com

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator
H

Payakumbuh, beritasumbar.com – Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin kepada penerima yang telah mendapatkan pemberitahuan melalui SMS.

“Kalau untuk tenaga vaksin atau vaksinator yang telah disiapkan 49 orang. Sembilan sudah selesai pelatihan dan 40 sedang menjalani pelatihan,” kata Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P3) Dinkes Kota Payakumbuh Cinthya Fitri di Payakumbuh, Rabu.

Ia mengatakan untuk sembilan vaksinator yang telah menyelesaikan pelatihan akan ditempatkan untuk delapan puskesmas yang ada di Payakumbuh dan untuk tenaga untuk Dinkes kota.

Sedangkan, untuk 40 vaksinator yang sedang mengikuti pelatihan akan diperuntukan sebagai tenaga tambahan di puskesmas dan rumah sakit.  

Teknis pemberian vaksinasi, calon penerima vaksin yang sebelumnya telah mendapatkan SMS akan mendaftar di hari yang telah ditentukan ke puskesmas yang ditunjuk.

“Ada empat meja nantinya yang tersedia di tempat vaksinasi, meja pertama itu untuk pendaftaran dengan membawa KTP, meja kedua untuk pengkajian kesehatan, meja ketiga untuk vaksinasi dan meja ke empat itu menginput data,” ujarnya

Ia mengatakan pengkajian kesehatan ini memang perlu dilakukan, karena ada beberapa penyakit yang belum dapat diberikan vaksinasi.

“Setelah selesai di vaksin, nanti penerima vaksin akan dipantau selama 30 menit sebelum nantinya dibolehkan pulang,” kata dia.

Ia mengatakan dalam satu pekan nantinya setiap puskesmas akan melakukan vaksinasi selama tiga hari. Dalam satu hari tenaga vaksinasi dapat melayani 10 sampai 20 orang.

“Dan itu masing-masing calon penerima vaksin juga sudah dijadwalkan. Sehingga yang datang ke puskesmas memang yang akan divaksin di hari tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal mengatakan waktu pemberian vaksin di Payakumbuh masih akan menyesuaikan dengan jadwal yang ditentukan dan proses di provinsi.

“Pada tahap pertama ini vaksinasi akan dilakukan untuk tenaga kesehatan di Kota Payakumbuh yang berjumlah 1.084 orang. Sebab, mereka lah yang dekat dengan penderita,” kata dia.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Tokoh Masyarakat Latina Duduk Semeja Dengan Riza Falepi, Bahas Pembangunan Kedepan

Wali Kota Riza Falepi didampingi Sekda Rida Ananda dan Camat David Bachri menjamu tokoh masyarakat Kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina) di salah satu rumah makan di Payakumbuh, Senin (11/1) siang.
- Advertisement -

Peringatan Peristiwa Situjuah Diisi Dengan Ziarah Dan Tabur Bunga

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, peringatan peristiwa Situjuah ke-72 tahun 2021, Jumat (15/1/2021), berlangsung secara sederhana. Bila sebelumnya acara diawali dengan upacara dan berbagai atraksi, kali ini hanya berupa ziarah dan tabur bunga di makam Lurah Kincia Nagari Situjuah Batua, Kecamatan Limo Nagari.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...
- Advertisement -

Pakan Sinayan Perdana Gelar Musrenbang Di Tahun 2021

Mengawali tahun 2021, Kelurahan Pakan Sinayan Payakumbuh Barat menggelar kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di Tingkat Kelurahan, Senin, 11 Januari 2021.

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Asrama Putri Pesantren Cahaya Islam Payakumbuh Terbakar

Kebakaran hebat terjadi di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara, Sabtu (16/1) dini hari. Gedung Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam terbakar sekitar pukul 01.10 WIB.

Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Sekolah Tangguh

Menindaklanjuti persiapan program sekolah tangguh pada rapat evaluasi covid 19 beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota Payakumbuh menggelar Rapat persiapan sekolah tangguh yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Payakumbuh, Rabu(13/1/2021).

Melalui Disperkim, Pemko Payakumbuh Lanjutkan Program peningkatan Kualitas RTLH

Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kota Payakumbuh kembali lanjutkan program kegiatan bantuan swadaya peningkatan kualitas Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Payakumbuh untuk tahun 2021.

Riza Falepi : JK Pensiun, Saya dan Wartawan Merasa Kehilangan

Rapat Koordinasi Pemko Payakumbuh di awal tahun 2021 terasa berbeda. Karena juga ada momen perpisahan dengan pejabat yang memasuki purna tugas atau pensiun di Kafe Agam Jua, Kawasan Batang Agam, Rabu (13/1).

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...

Beberapa Ivent Besar di Disparpora Kota Payakumbuh Terancam Batal Dilaksanakan

Mengingat pandemi covid-19 di Payakumbuh belum sepenuhnya berakhir, beberapa event besar Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disparpora) Kota Payakumbuh terancam batal di laksanakan di tahun 2021.

Bagaimana Itu Sekolah Tangguh? Begini Kata Kadis Pendidikan Agustion

Menindaklanjuti persiapan program sekolah tangguh yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Kota Payakumbuh pada rapat evaluasi Covid-19 beberapa waktu lalu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Agustion menjelaskan beberapa hal demi kelancaran program tersebut.

Perumnas Kubang Gajah Wakili Kota Payakumbuh Dilomba Kampung Tangguh Tingkat Sumbar

Sebagai salah satu kampung tangguh yang masih aktif sampai sekarang, kampung tangguh Perumnas Kubang Gajah Kelurahan Limbukan ditunjuk sebagai salah satu perwakilan Kota Payakumbuh untuk lomba kampung tangguh tingkat Provinsi Sumatera Barat.
- Advertisement -