31 C
Padang
Selasa, Desember 7, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Faktor yang Mempengaruhi Pembangunan Negara Berkembang
F

- Advertisement -

Oleh: Syaiful Anwar, SE., M.Si

(Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Kampus II Payakumbuh)

Hampir semua negara berkembang menganut sistem ekonomi “campuran” (mixed economy system), yaitu suatu sistem yang membiarkan beroperasinya mekanisme pasar bebas, akan tetapi pihak pemerintah juga aktif melakukan berbagai kegiatan dalam rangka mengelolan perekonomian nasional pada umumnya, dan mengatur pengalokasian sumber daya. Pada dasarnya, terpisahnya sektor swasta dari sektor pemerintahan dan juga peranan maupun arti penting masing-masing, merupakan suatu akibat yang bersumber dari situasi historis dan politis disetiap negara berkembang.

Dalam perekonomian yang didominasi oleh sektor pemerintahan, kegiatan investasi berupa pengadaan proyek-proyek serta aneka program pembangunan di pedesaan akan dilakukan sendiri secara langsung oleh pemerintah. Sedangkan di negara-negara yang sektor swastanya kuat, pepemrintah berperan terbatas , yakni sekedar menyediakan insentifsperti keringanan pajak guna mendorong kaum pengusaha untuk meningkatkan penyerapan dan pendayagunaan tenaga kerja. Dengandemikian walaupun hampir semua nrgara berkembang sama-sama mengahadapi maslah pengangguran, namun cara pemechannya berbeda satu sama lain, dan ini juga tergantung pada besar ksecilnya peranan atau arti penting relatif sektor pemerintah dan sektor swastanya.

Selain itu ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi pembangunan negara berkembang, diantaranya ialah sebagai berikut:

Struktur Industri

Sebagian besar negara berkembang adalah negara agraris, baik itu ditinjau dari perspektif ekonomi, sosial dan budayanya. Sementara itu peranan sektor manufaktur dan jasa-jasa di antara negara-negara berkembang juga memperlihatkan perbedaan yang cukup mencolok. Sebagian besar negara di Amerika Latin memilki sektor industri yang lebih tinggi dibandingkan dengan negar di Asia dan di Afrika. Namun sejak tahun 1970-an dan 1980-an beberapa negara di Asia seperti Taiwan, Korea Selatan, Hong Kong dan Singapura berhasil mempercepat pertumbuhan output manufaktur mereka sehingga dalam waktu singkat mereka menjadi negara industri baru yang bhakan mampu mengungguli negara-negara di Amerika Latin.

Ketergantungan Eksternal: Ekonomi, Politik dan Kultural

Sebagian besar negara berkembang masih diliputi oleh ketergantungan yang cukup besar kepada pihak-pihak luar. Kebanyakan negara berkembang yang berukuran kecil sangat bergantung pada hubungan perdagangan internasional dengan negara-negara maju. Hampir semua nagara kecil bergantung pada negara maju untuk memperoleh pasokan tekhnologi produksi. Dalam hubungan ekonomi itu maka terjadilah tranmisi atau transfer kultural dari negara maju ke negara berkembang.

Komposisi Etnik dan Agama

Etnik da agama memainkan peran penting bagi berhasil atau gagalnya usaha-usaha pembangunan. Secara umum semakin besar kebergaman etnik dan agama di suatu negara, akan semakin besar kemungkinan gejolak internal dan instabilitas politiknya. Hampir semua negara atau unit politik yang begitu cepat meraih keberhasilan dalam usaha-usaha pembangunan adalah yang masyarakatnya relatif homogen seperti Korea Selatan, Taiwan, Singapura dan Hong Kong.

Dalam kebanyakan kasus satu atau beberapa etnik, khususnya yang tergolong miniritas mengalami diskriminasi, baik yang bersifat alamiah maupun kerena kesengajaan. Pada dekade 1990-an, konflik etnik dan gama yang mengakbatkan kehancuran dan kebinasaan telah terjadi di Afganistan, Rwanda, Mozambique, Sri Lanka, Irak, India, Soamlia, Ethiopia, Liberia, Angola, Myanmar, Sudan, Yugoslovia, Haiti dan Zaire3.

Namun itu tidak berarti bahwa keberagaman etnik dan agama identik dengan hal-hal menakutkan seperti ketimpangan, kekacauan atau instabilitas. Kini sudah cukup banyak negara-negara yang masyarakatnya beragam secara etnik dan agama bisa meraih kemajuan-kemajuan yang mengagumkan.

#SyaifulAnwar #Unand #Payakumbuh

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img