25.5 C
Padang
Jumat, Juli 30, 2021
Beritasumbar.com

DPRD Sampaikan Rekomendasi LKPJ Walikota Payakumbuh 2013
D

Kategori -

DPRD minta Walikota Payakumbuh Riza Falepi  menyikapi positif rekomendasi yang dikeluarkan dewan terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Walikota Payakumbuh Tahun 2013. Meski DPRD tidak lagi punya kartu truf secara politik  menjatuhkan Walikota, tapi bukan berarti rekomendasi DPRD harus diabakan.  Seyogianya, dalam perbaikan kinerja eksekutif ke depan, rekomendasi yang diberikan disikapi secara serius.

Penegasan tersebut  disampaikan juru bicara DPRD Payakumbuh,  Syafrizal, ketika membacakan Rekomendasi DPRD terhadap LKPJ 2013, dalam rapat paripurna istimewa DPRD, Jum’at (30/5). Rapat paripurna itu dipimpin Ketua DPRD H. Wilman Singkuan, didampingi dua wakil ketua H. Sudirman Rusma dan H. Suhaimi Biran, serta seluruh anggota dewan.

Penyampaikan rekomendasi LKPJ 2013 itu, juga dihadiri anggota Muspida, Ketua PN Payakumbuh,  Sekdako H. Benny Warlis, Asisten I Setdako Yoherman, Asisten II Amriul, pimpinan SKPD, pengurus parpol, ormas, LSM dan sejumlah undangan lainnya.

Rekomendasi DPRD atas LKPJ Walikota Tahun 2013, dikatakan, punya peranan penting bagi peningkatan kinerja eksekutif dalam rangka peningkatan kualitas penyelenggaraan kegiatan di bidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.  Dalam situasi  dan kondisi yang sangat dinamis di era globalisasi, eksekutif diminta lebih responsif terhadap perubahan yang terjadi di tengah masyarakat.

Tidak hanya memberikan sejumlah koreksian, tapi DPRD juga memberikan apresiasi pada Pemko Payakumbuh,  atas pencapaian kinerja dalam rangka pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat serta peningkatan kesejahteraan warga kota. Berbagai macam piagam dan penghargaan dari Provinsi dan pemerintan pusat yang diraih, diharapkan makin memacu gairah seluruh jajaran Pemko untuk lebih baik ke depan.

Pendapatan daerah dinilai cukup baik oleh DPRD. Target pendapatan  Rp521,44 Milyar, realisasinya mencapai Rp542,60 Milyar. Hanya saja,  belanja daerah tahun 2013, belum maksimal. Target  pada RPJMD adalah Rp554,56 Milyar,  sementara realiasi belanja daerah, hanya berjumlah Rp512,84 Milyar (92,47%). DPRD menilai, cukup banyak program dan kegiatan yang belum terlaksana atau  tertunda pelaksanaannya.

Rekomendasi DPRD, SKPD-SKPD yang dinilai belum optimal mengaplikasikan program kerjanya, diharapkan  lebih diintervensi kepala daerah, agar program yang direncanakan untuk kepentingan rakyat banyak, benar-benar mencapai sasaran. Di antara SKPD yang belum memenuhi harapan kinerjanya, dikatakan, Dinas Pendidikan, Dinas PU,  Dinas Sosial dan Tenaga Kerja, RSU dr. Adnaan WD, Dinas Tata Ruang dan Kebersihan serta Kantor Lingkungan Hidup.

DPRD menilai, di Dinas Pendidikan sejumlah kegiatan yang tak jalan, seperti pekerjaan pengadaan pakaian dinas, pekerjaan pengadaan alat labor bahasa, dan sejumlah kegiatan yang bersumber dari Dana DAK.  “Kami mengkritisi batalnya pengadaan tanah untuk Tempat Pemakaman Umum (TPU) yang menjadi tanggung jawab Dinsos.

DPRD juga meminta, kendala yang terjadi di RSUD dr. Adnnan WD, seperti tenaga dokter umum dan spesialis, kekurangan ruangan perawatan dan tempat tidur pasien dan  kekurangan peralatan medis, menjadi perhatian Pemko.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kakankemenag Padang Panjang Pimpin Sosialisasi Pemutakhiran Data Mandiri Melalui Aplikasi MySAPK BKN

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang Gelar Kegiatan Sosialisasi Tetang Pemutakhiran Data Mandiri Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui Aplikasi MySAPK BKN di Aula Kankemenag Kota Padang Panjang, Senin (26/07/2021)
- Advertisement -

Jadi Lokus Studi Tiru, GTP UIakan Kembali Dikunjungi Pokdarwis se Kabupaten Sijunjung.

Padang Pariaman, beritasumbar.com.,-Nagari Ulakan melalui potensi kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park (GTP) yang dimiliki, kembali menjadi pusat perhatian. Hal itu dibuktikan, dengan adanya kunjungan Studi Tiru ke destinasi wisata ini, yang digagas oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat. Dalam kesempatan kali ini, Dinas Pariwisata Provinsi selaku penyelenggara Pelatihan Sadar Wisata di Kabupaten Sijunjung memboyong seluruh peserta untuk melakukan Studi Tiru ke kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park di Nagari Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakih Kabupaten Padang, pada Selasa (27/7).

Kadiv Pemasyarakatan Kemenkunham Sumbar Serahkan Bantuan Sembako

Sijunjung, Berita Sumbar—Kepala Divisi Permasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat M. Ali Syeh Banna, menyerahkan bantuan dalam bentuk Paket Sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19 didampingi Bistok Aloan Situngkir Kalapas kelas ll B Muaro Sijunjung, Subhan Maliq Karutan Sawahlunto dan Robi Kepala Lapas Narkotika Sawahlunto di Lapas Kelas ll B, Muaro Sijunjung, Kamis (29/7).
- Advertisement -

Puluhan Hektar Sawah Di Jorong Pudak Nagari Sijunjung Mengalami Kekeringan

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Puluhan hektar sawah tadah hujan di jorong Pudak Nagari Sijunjung, disinyalir gagal diolah tahun ini, karena rendahnya curah hujan saat ini, kata Malin Cahyo, Tokoh Masyarakat Jorong Pudak, Sabtu (24/7).

Dua Meninggal dan 28 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Angka kematian akibat Covid-19 di Payakumbuh terus meningkat, dimana dalam beberapa hari terakhir ini terdapat masyarakat yang dinyatakan meninggal karena terpapar virus corona.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

MTsN 5 Padang Pariaman Gelar Kegiatan Madrasah Berbagi di Momen Idul Adha.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- "Bahagia itu bersama, bukan sendiri. Senang itu bersama, bukan sendiri. Bahagia itu sesungguhnya sederhana, ketika digapai bersama". Itulah ungkapan yang terucap, oleh Dra. Lismaini Amir, M.Si. Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Padang Pariaman, ketika disambangi awak media di ruang kerjanya usai penyerahan bantuan paket sembako kepada beberapa murid-muridnya.

MENUJU MEJA MAKAN

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 5/1000cerita Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)IV-e Kembali ke meja makan, pernah menjadi “trendy topic” pada tahun...

8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru

Cerita Berseri, Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 4/1000 cerita “8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru” Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Sebutan 8...

Pohon Kebahagiaan, Watering..

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 3/1000 Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Di hamparan hijau sawah yang subur, sumber pengairannya berasal dari banyak penjuru mata...

Tua, dalam Keajaibannya (Miracle Life)

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 2/1000 Cerita Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)/IV-e Kita semua berhak tahu…! Sebuah penelitian besar di Amerika Serikat menemukan bahwa: Usia...

Ada Temaram di Pintu Aging

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 1/1000 “Ada Temaram di Pintu Aging” Oleh : H. Nofrijal, MA  Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama/IV-e Sudah biasa dan terbiasa ada kata-kata...

Kunjungan Wagub Sumbar Ke Sijunjung, Ini Rangkaian Kegiatannya

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy mengunjungi Kabupaten Sijunjung pada Kamis, 22/7 dengan sejumlah rangkaian kegiatan bersama pemkab setempat. Selama berada berada...

Sefnat Waicang Sampaikan Aspirasi Masyarakat Grime Nawa ke DPD RI

JAKARTA - Perwakilan Masyarakat yang juga Tokoh Masyarakat yang diberikan kuasa untuk persiapan proses pemekaran Kabupaten Grime Nawa diketuai oleh Sefnat Waicang, S.P dan jajaran melakukan kunjungan ke DPD RI, Senayan, Jakarta pada Jumat (16-07-2021)

Banyaknya Keluhan Tentang Konsumen, DPW LPPKI DKI Jakarta Dibentuk

JAKARTA - LPPKI (Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia) terus bergerak melakukan pengembangan organisasi, baik ditingkat Provinsi (DPW), maupun ditingkat Kabupaten Kota (DPC).

Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat Laksanakan Sosialisasi Ranperda Tentang Mars Sumatera Barat

Padang,BeritaSumbar.com,-Bertempat di Ruang Rapat Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat, 01 Juli 2021. Melalui UPTD Taman Budaya Sumatera Barat dilaksanakan sosialisasi Rancangan Peraturan Daerah (RANPERDA) tentang Mars Sumatera Barat yang akan ditetapkan menjadi Mars Daerah dengan judul Mars Sumatera Barat yang diciptakan oleh B. Andoeska.
- Advertisement -