29 C
Padang
Kamis, Januari 28, 2021
Beritasumbar.com

DPRD Desak Bupati Limapuluh Kota Realisasikan Anggaran Rp 15 Milyar
D

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, – “Aggaran untuk penanganan Covid-19 yang sudah kita sediakan 15 miliar untuk segera dicaikan segera oleh Pemerintah Daerah” Hal ini disampaikan oleh Deni Asra, S.Si Ketua DPRD Lima Puluhkota (Fraksi Gerindra) yang didampingi oleh Wakil Ketua Wendi Chandra, ST (Fraksi Demokrat) dan Syamsul Mikar (Fraksi Golkar) dalam rapat Pimpinan bersama Ketua-ketua Fraksi DPRD Limapuluh Kota yang dihadiri oleh; Khairul Apit (Ketua Fraksi Gerindra), Sastri Andiko, SH (Fraksi Demokrat), Beni Murdani, SE (Fraksi PKS), Wirman Dt. Pangeran Nan Putiah, SH (Fraksi PPP), Drs. Epi Suardi (Fraksi Hanura), Mulyadi, ST., ME (Fraksi PAN), H. Darlius (Fraksi PKN) bertempat di ruangan rapat Pimpinan, Selasa (28/4).

Rapat Pimpinan bersama dengan ketua Fraksi ini, sehuhubungan dengan Komisi-komisi yang turun langsung ke lapangan melakukan monitor guna cek anggaran Covid-19, apakah sudah sampai ke tengah-tengah masyarakat yang terdampak akibat wabah tersebut atau belum. Dari hasil monitoring tersebut ditemukan bahwa;
1. APD di RSUD dan Puskesmas-puskesmas tidak memadai dan sangat jauh dari kata lengkap.
2. Bantuan berupa sembako belum diterima oleh masyarakat yang terdampak wabah Covid-19, banyak masyarakat yang mengeluh akan hal tersebut.
Ketua DPRD kembali menegaskan “Sehubungan Kota Payakumbuh telah diketahui dua orang positif Covid-19, kita tidak mau kecolongan karena daerah tetangga sudah terjangkit tersebut merebak kewilayah Limapuluh Kota, sementara kita belum punya kesiapan terhadap Alat Perlindungan Diri (APD) bagi tenaga medis kita yang berada di garda depan di Rumah Sakit dan Puskesmas-puskesmas sementara anggaran 15 miliar tersebut yang semulanya diperuntukan untuk pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) yang akan didistribusikan kepada rumah sakit dan puskesmas belum dicairkan oleh Bupati sebagai Ketua Gugus Tugas penanganan covid-19” Ujar Deni Asra Politis Muda dari Partai Gerindra yang terkenal tegas yang diamini oleh pimpinan DPRD dan ketua-ketua Fraksi.
baca juga: Warga Payakumbuh Positif Corona Bertambah Satu Lagi
Kemudian ditambahkannya “Kita minta Bupati selaku Ketua Gugus Tugas penanganan covid-19 untuk segera melakukan tindakan pencairkan dana yang sudah kita anggarkan dalam waktu tiga hari ini untuk penangganan Covid-19 ini, dan segera memberikan bantuan pada masyarakat yang terdampak wabah ini yang bersumber pada anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Kabupaten Limapuluh Kota, hal ini berdasarkan Inpres No. 4 Tahun 2020 Tentang Refocussing Kegiatan, Realokasi Anggaran serta Pengadaan Barang dan Jasa dalam rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) karena masyarakat sudah menunggu bantuan itu,” jelas Deni Asra.
Nada kecewa juga disampaikan, Wakil Ketua Wendi Chandra dan Syamsul Mikar sehuhubungan belum adanya cairnya dana untuk penanganan Covid-19 ini. Seluruh pimpinan dan anggota DPRD Limapuluh Kota mengaku akan melakukan pengawasan terhadap penggunaan anggaran yang dari APBD Limapuluh Kota. Meskipun pihaknya belum mengetahui secara detail anggaran yang digunakan untuk penanganan wabah Covid-19 di Kabupaten Limapuluh Kota. “Insya Allah, DPRD 50 Kota akan terus melaksanakan fungsi pengawasan terhadap penggunaan anggaran penanganan Covid-19 di Kabupaten Limapuluh Kota,” Ujar Syamsul Mikar singkatnya.
“Sebelumnya anggaran itu dibahas akan digunakan untuk menangani permasalahan yang timbul selama masa pandemi Corona. Anggaran tersebut juga digunakan untuk mencegah penyebaran virus Corona. Saat ini kita menunggu tindak lanjut dari Ketua Tim Gugus Tugas penanganan covid-19 Kabupaten Limapuluh Kota,” singkatnya. Dalam rapat yang dihadiri oleh seluruh Ketua Fraksi ini, semuanya sepakat agar Pemerintah Daerah;
1. Mencairkan anggaran penanganan Covid-19 15 miliar dalam tiga hari kedepan agar penanganan dapat dilakukan secara maksimal.
2. Segera memberikan bantuan berupa sembako kepada masyarakat yang terdampak wabah Covid-19.
3. Membuat aturan yang jelas mengenai PSBB di Limapuluh Kota, bukan hanya himbauan sehingga tidak terjadi tumpang tindih aturan di tingkat kecamatan dan nagari, agar bisa dibuat aturan dengan dasar yang jelas.(*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Ingatkan Kemendikbud Soal Siswi Nonmuslim Diwajibkan Berjilbab, PKB Sumbar: Aturan Sekolah Merusak Persatuan Nasional Harus Ditindak

Viralnya sebuah video tentang dipanggilnya orang tua siswa bernama Elianu Hia karena menolak mengenakan jilbab menggegerkan publik sejak Kamis (21/1) kemaren.
- Advertisement -

Senin (25/1), Kasus Positif Nol, 17 Guru Sembuh Dari Covid-19

Baru saja kemarin payakumbuh mendapatkan kabar 2 guru telah bebas dari Covid-19, pada hari Senin (25/1), kabar baik datang dari 17 orang tenaga pendidik yang dikabarkan telah bebas dari isolasi, karena mereka sudah negatif Covid-19.

GOW Ajak Wanita Payakumbuh Lakukan IVA Test

Dalam rangka antisipasi penyakit Kanker Serviks khususnya bagi wanita di Kota Payakumbuh, Gabungan Organinasi Wanita (GOW) Kota Payakumbuh mengikuti pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) test gratis di Puskesmas Padang Karambia. Selasa (26/1).
- Advertisement -

Sikapi Keresahan Warga Akan Balapan Liar, Polres Pasbar Gelar Razia Malam

Akhir akhir ini warga Pasaman Barat di resahkan dengan maraknya balapan liar. Sikapi keresahan warga tersebut, Polres Pasaman Barat melalu jajarannya lakukan razia. Sabtu 23/1 malam sekira pukul 22.00 wib razia digelar di Simpang Empat Pasbar.

Komisi A DPRD Kota Payakumbuh Kunjungi Disdukcapil

Mengawali tahun 2021 Ditengah masih berlangsungnya wabah pandemi Covid-19, Anggota KomisiA DPRD kota Payakumbuh lakukan kunjungan kerja ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kota Payakumbuh, Selasa 26 Januari 2021.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Targetkan Rampung Enam Bulan, Wajah Kawasan Pasar di Padang Panjang Bakal “Tacilak”

Padang Panjang, beritasumbar.com - Pemko Padang Panjang kembali mengganggarkan dana sekitar Rp.8 miliar untuk mempersolek wajah Kawasan Pasar Pusat, setelah tertunda lantaran refocusing anggaran...

Ketua Bhayangkari 50 Kota Terima Penghargaan Wastra

Ketua Bhayangkari Cabang Limapuluh Kota Ny. Maya Trisno Eko sukses merebut pemenang favorit tingkat nasional cerita wastra kompetisi foto daring kebaya dan kain tradisional Indonesia menggunakan kain Tenun Kubang. Maya yang mewakili Bhayangkari se-Indonesia, mendapatkan 22.816 likes dan 427 comments.

Edward DF Sato Sakaki Diacara Karang Taruna Jorong Padang Tangah Sialang

Edward DF Anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) DPRD Kota Payakumbuh sato sakaki terhadap kegiatan yang akan diselenggarakan Karang Taruna Jorong Padang Tangah Sialang Nagari Batu Payuang Kecamatan Lareh Sago Halaban.

DPD PKS Limapuluh Kota Kukuhkan Pengurus di 13 Kecamatan dan 79 Nagari

Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Limapuluh Kota gelar Musyawarah Cabang (Muscab) serentak se-Limapuluh Kota di Aula Hotel Sago Bungsu, Tanjung Pati, Ahad (24/1).

FPL Pasbar Rilis Buku Antologi Puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ Karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat

Sejak Forum Pegiat Literasi Pasaman Barat (FPL Pasbar) berdiri, aktivitas literasi di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat makin kelihatan, terutama pada generasimudanya. Terbukti dengan peluncuran buku antologi puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat yang dirilis oleh FPL Pasbar lewat sebuah acara yang digelar pada Sabtu sore (23/1) di Cafe Seven, Simpang Empat, Pasaman Barat.

KPU Limapuluh Kota Tunjuk Pengacara Untuk Menghadapi Sidang PHP Di MK

Tanjung Pati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menunjuk pengacara Sudi Prayitno,S.H., LL.M. sebagai perwakilannya menghadapi sidang gugatan dari pasangan calon Darman Sahladi-Maskar...

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

Mobil Damp Truk Terbakar Usai Terjun Kejurang Di Kelok Sembilan

Kamis Malam Sekira jam 01.00 wib satu unit mobil jenis damp truk terjun masuk jurang. Menurut saksi mata dilokasi, Truk jenis Hino BA 9148 OU meluncur dari arah Pekanbaru menuju Payakumbuh.

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...
- Advertisement -