24 C
Padang
Kamis, Januari 21, 2021
Beritasumbar.com

Dicurigai Bermasalah, Pasar Semi Modern Siap Diresmikan
D

Kategori -

Sempat dianggap bermasaalah, akhirnya gedung baru pasar semi modern yang berdiri kawasan Pasar Raya Solok siap diresmikan. Dan pemakaian gedung baru pasar semi modern yang dibangun dengan dana APBD Kota Solok senilai Rp18 miliar lebih menunggu persetujuan DPRD Kota Solok.

“Kita menunggu penetapan dan sistim sewa atas kios yang ada di pasar semi modern sebelum diresmikan pemakaiannya. Dan kita masih menunggu persetujuan dewan atas persoalan tersebut,” ungkap Wali Kota Solok, Irzal Ilyas di hadapan sejumlah wartawan di pressroom, Balai Kota Solok, Selasa (13/1).
Terkait persoalan yang pernah mencuat atas pembangunan pasar semi modern yang sempat menjadi perhatian banyak pihak, Irzal Ilyas mengatakan bahwa semua telah tuntas dan tinggal memanfaakan bangunan tersebut bagi para pedagang.

Pasar semi modern yang dibangun dengan dana APBD Kota Solok dengan sistim multiyear dan telah tuntas pembangunannya ditahun 2013 silam, hingga kini masih menunggu kapan bangunan tersebut akan dimanfaatkan. Sebelumnya, pembangunan gedung baru pasar semi modern yang dibangun dilahan bekas kantor Pos dikawasan Pasar Raya Solok sempat menjadi sorotan banyak pihak termasuk DPRD Kota Solok.

Bahkan atas persoalan pembangunan pasar semi modern yang tidak kunjung dimanfaatkan meski telah tuntas pengerjaannya sesuai dengan kontrak kerja pada pertengah 2013 silam, anggota DPRD Kota Solok sempat mengusung penggunaan hak angket dewan. Namun entah kenapa, pengunaan hak angket dewan tersebut “menguap” tanpa ada kejelasan dan muaranya hingga masa bakti anggota DPRD Kota Solok 2009-2014 itu habis.
Penggunaan hak angket dewan sebagai bentuk pengawasan anggota DPRD Kota Solok terhadap kegiatan pembangunan bukan saja kandas dalam kasus pembangunan pasar semi modern yang dianggap bermasaalah.

Penggunaan hak angket dewan juga pernah diusung oleh anggota DPRD Kota Solok atas persoalan pembangunan kolam renang di rumah dinas Wali Kota Solok yang dinilai tidak sesuai dengan peruntukan anggaran kala itu. Namun upaya pengusungan hak angket atas pembangunan kolam renang dirumah dinas Wali Kota Solok itupun kandas ditengah jalan.

Terkait persoalan pembangunan pasar semi modern di kawasan Pasar Raya Solok, juga sempat menjadi perhatian pihak penegak hukum. Bahkan untuk memastikan persoalan tersebut tim dari Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat sempat turun ke objek perkara. Namun menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Solok, Ir. Ardy Sofyan , memang ada beberapa persoalan yang dianggap tidak sesuai dengan perencanaan dan persoalan tersebut telah ada solusinya.

Kini pemanfaatan gedung baru pasar semi modern dikawasan Pasar Raya Solok tinggal menunggu waktu saja.
Irzal Ilyas berharap dengan pemenfaatan pasar semi modern nantinya, persoalan perdagangan yang terjadi dikawasan Pasar Raya Solok selama ini dapat teratasi. (Posmetro)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Beny Dwifa Yuswir Terpilih Secara Aklamasi Sebagai Ketua DPD Golkar Sijunjung

Beny Dwifa Yuswir, Bupati terpilih,mendapat Amanah secara aklamasi menjadi Ketua Dewan Pimpinan Daerah ( DPD) Partai Golkar Kabupaten Sijunjung, priode 2020-2025, dalam Musyawarah Daerah ( Musda) X Partai Golkar Kabupaten Sijunjung, di Gedung Pancasila Muaro. Minggu ( 17/1).
- Advertisement -

BPC. HIPMI Pessel Periode 2021 – 2024 dilantik

Para pengusaha muda di Kabupaten Pesisir Selatan diajak untuk lebih bersatu lagi dalam suatu wadah atau organisasi. Ini diperlukan untuk lebih memproteksi para pengusaha muda hingga meningkatkan kompetensinya.

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.
- Advertisement -

Darurat Gempa Majene! Segera Bantu Saudara Terdampak!

Dilansir laman resmi BNPB, Data per Jumat (15/1), pukul 06.00 WIB, BPBD Mamuju melaporkan korban meninggal dunia 3 orang dan luka-luka 24. Sebanyak 2.000 warga mengungsi ke tempat yang lebih aman. Sedangkan kerugian material berupa kerusakan, antara lain Hotel Maleo dan Kantor Gubernur Sulbar mengalami rusak berat (RB). Jaringan listrik masih padam pascagempa.

Sopir 2 Dan Kernet Bus ALS Dibekuk Jajaran Polres Sijunjung

Jajaran Satreskrim Polres Sinjujung akhirnya berhasil ungkap kasus kematian salah seorang warga Tanjuang Gadang beberapa hari Lalu. Dua orang Pelaku pembunuh OK (40) berhasil dibekuk. Sementara dua lainnya masih masuk daftar pencarian orang.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...

Bantuan Covid- 19 Untuk TPA Tidak Transparan, Pengurus Dilaporkan Ke Polisi

Tanah Datar, beritasumbar.com- Diduga dana bantuan Covid-19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur, Jorong Tanjung Tengah, Nagari Tanjung Bonai,Kecamatan Lintau Buo Utara tidak transparan,...

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...
- Advertisement -