26 C
Padang
Rabu, Mei 22, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Destinasi Wisata Baru Diujung Limapuluh Kota
D

- Advertisement -

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Goa Aia Singkek,Sebuah destinasi wisata baru di ujung utara Limapuluh Kota. Bertempat di Jorong Malayu Nagari Koto tinggi Kecamatan gunuang Omeh siap menjadi tujuan wisata baru.
Selain memiliki wisata sejarah, seperti Monumen PDRI dan Mueseum Tan Malaka, Gunuang Omeh juga memiliki wisata agraris kebun jeruk yang sudah di kenal dengan nama Jesigo (Jeruk Siam Gunuang Omeh).
Baru baru ini diseputaran kebun jeruk yang terkenal manis tersebut di temukan dua goa atau ngalau yang memiliki keindahan stalaktit dan stalagmitnya. Dinding bukit yang berkilau akan memuaskan dahaga adventure kita jika memasuki Goa Aia Singkek ini.

                    foto fb Betrizon

Menurut Metrizal,mantan Wali Jorong setempat yang gencar mengabarkan melalui medsos pemberian nama Goa Aia Singkek karena goa ini ada dua,dari goa yang satu mengalir air ke goa satu lagi. Dan jarak aliran air ini cukup dekat. Sehingga masyarakat sekitar menyebut aia singkek (air pendek).
Beberapa hari lalu BeritaSumbar bersama kawan kawan mencoba menebus rasa penasaran akan keindahan Goa Aia Singkek ini. Didampingi kakanda Metrizal menelusuri lorong lorong goa tersebut. Terucap kagum akan kebesaran Illahi saat melihat dari dekat keindahan bebatuan alam tersebut.
Ikut bersama rombongan BeritaSumbar, Betrizon putra Gunuang Omeh yang berdomisili di Indragiri Hilir. Betrizon yang juga ketua Gonjong Limo Inhil ini penasaran akan foto foto goa Aia Singkek yang di ekspos di medsos. Tidak mau ketinggalan bersama kelurga Betrizon ikut menelusuri lorong Goa ini.
Disaat rehat usai menikmati keindahan goa dan mengabadikan dalam bidikan lensa kamera Betrizon menyampaikan harapannya melalui BeritaSumbar kepada Pemkab Limapuluh Kota untuk bisa memberikan perhatian bagi pengembangan wisata baru di kecamatan Gunuang Omeh ini.
Kita punya lokasi wisata yang sangat beragam, dari sejarah, wisata agraris sampai wisata alam, Ujar Betrizon yang sehari hari beraktifitas sebagai pendidik di Inhil ini. Dan dalam waktu dekat kita akan bawa rombongand ari Inhil berwisata ke Gunuang omeh ujar Betrizon sambil mencicipi jeruk Siam gunuang Omeh yang terkenal manis tersebut.(*)
 

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img