25 C
Padang
Jumat, Juni 14, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Departemen Agronomi Unand Adakan Workshop Penyusunan RPS OBE
D

Kategori -
- Advertisement -

Padang,Beritasumbar.com,- Sabtu tanggal 4 November 2023, departemen Agronomi Fakultas Pertanian Universitas Andalas mengadakan workshop penyusunan RPS yang berbasis OBE (Outcome based Education) di Pangeran Beach Hoteng Padang. Kegiatan ini diikuti oleh dosen S1 agroteknologi dan dosen S2 Agronomi beserta beberapa tenaga kependidikan yang diadakan untuk melengkapi RPS yang berbasis OBE di dua program studi yaitu program studi S1 Agroteknologi dan Prodi S2 Agronomi. Kegiatan ini diselenggarakan atas dasar untuk menjawab beberapa isu pendidikan yang menjadi permasalahan di sebuah Perguruan Tinggi.

Khusus di perguruan tinggi permasalahan akreditasi misalnya yang menjadi isu pendidikan dewasa ini yang perlu mendapatkan perhatian untuk terus ditingkatkan dari waktu kewaktu menyesuaikan kebutuhan dan tuntutan dari berbagai lini. Akreditasi digunakan sebagai tolak ukur oleh mahasiswa dan pengguna lulusan untuk memilih suatu program studi yang akan diikuti. Untuk itu, akreditasi yang selama ini masih berskala nasional perlu ditingkatkan menjadi berskala internasional.

Tentunya dengan perubahan ini akan meningkatkan daya saing dari suatu program studi ataupun perguruan tinggi. Begitu juga lulusan, menjadi suatu pertimbangan untuk mencari dan mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan pengguna lulusan. Kesemuanya ini berkaitan langsung dengan kurikulum yang dipakai. Untuk itu, kurikulum yang lama dan masih menggunakan sistem lama perlu diperbaharui dan disesuaikan dengan dunia kerja saat ini.

Seperti yang kita ketahui bahwa kurikulum merupakan suatu perangkat rencana yang mengenai tujuan dan isi serta bahan pelajaran sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Perkembangan kurkulum dipengaruhi oleh beragam aspek mulai dari kebutuhan peserta didik, sistem nilai, kebutuhan masyarakat maupun arah program pendidikan, hingga perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Menuju kurikulum yang lebih baik, maka digelar workshop pengembangan kurikulum yang berbasis OBE (Outcome Based Education). Kurikulum OBE merupakan suatu bentuk pendidikan yang berpusat pada outcome bukan hanya materi yang harus diselesaikan.

Pada OBE dapat mengukur hasil pembelajaran (Outcome) dan memungkinkan mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan baru yang mempersiapkan mereka pada level global. Dengan kata lain bahwa OBE sebagai pendekatan yang menekankan pada keberlanjutan proses pembelajaran secara inovatif, interaktif, dan efektif.

Rencana pembelajaran Semester (RPS) yang berbasis OBE mempunyai keterkaitan langsung dengan Akreditasi. Kegiatan ini difokuskan pada penyusunan RPS yang manjadi titik awal dalam merencanakan proses pembelajaran.

Pada kesempatan ini, didatangkan dua orang narasumber yang sudah mempunyai rekam jejak dalam penyusunan kurikulum dan RPS, yang pertama yaitu bapak Ir. Jonrinaldi, ST, MT, Ph.D, ASEAN Eng, ESlog dan Bapak Dedison Gasni, ST.MT, Ph.D yang kedua narasumber tersebut merupakan dosen dari fakultas Teknis Universitas Andalas.

Pada Kesempatn tersebut narasumber memebrikan dengan rinci materi dalam penyusunan kurikulum dan RPS yang berbasis OBE dan dilanjutkan dengan diskusi dengan semua peserta workshop. Hasil dari kegiatan ini adalah tersusunnya RPS yang berbasis OBE dan dapat diimplementasikan dalam proses belajar mengajar sehingga proses pembelajaran dapat mengikuti perkembangan teknologi yang sangat cepat.

Penulis: Obel SP.MP
Dosen Prodi Agroteknologi Fak Pertanian Unand

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img