23 C
Padang
Selasa, Januari 19, 2021
Beritasumbar.com

Breast Cancer Awareness Month: Perang Global Melawan Kanker Payudara
B

Kategori -

Padang,- Breast Cancer Awareness Month (BCAM) awalnya merujuk kepada National Breast Cancer Awareness Month (NBCAM) di Amerika Serikat, sebuah gerakan yang diselenggarakan pada setiap bulan Oktober hasil kerjasama antara American Cancer Society dengan beberapa perusahaan farmasi dan organisasi amal atau charity. NBCAM didirikan pada tahun 1985 dengan tujuan sejak awal adalah untuk mempromosikan mamografi sebagai senjata paling efektif dalam memerangi kanker payudara. Disamping itu BCAM juga bertujuan untuk menggerakkan kewaspadaan atau awareness dan mengedukasi masyarakat terhadap pentingnya skrinning kesehatan payudara dan pengobatan kanker payudara khususnya mamografi. Lalu gerakan tersebut diadopsi oleh masyarakat di banyak negara, termasuk Indonesia. Kampanye ini dimulai pada 1 Oktober dan berakhir pada 31 Oktober setiap tahun.

Untuk menandai Bulan Kesadaran Kanker Payudara 2020, Badan Internasional untuk Penelitian Kanker (IARC) akan menyoroti beberapa proyek penelitian menarik tentang kanker payudara sepanjang Oktober, termasuk temuan dari studi Kanker Payudara Afrika – Disparitas pada Hasil (ABC-DO). Studi ABC-DO adalah studi kohort berbasis rumah sakit terhadap 2.228 wanita yang baru didiagnosis dengan kanker payudara dan direkrut secara prospektif pada tahun 2014-2017 di lima negara di sub-Sahara Afrika. Data epidemiologi dan klinis terperinci pada kohort ini dikumpulkan menggunakan protokol tindak lanjut aktif berdasarkan kesehatan seluler (mHealth) menggunakan ponsel, di mana peserta dihubungi setiap 3 bulan untuk pembaruan status mereka.

Di Indonesia dan Sumatera Barat (Sumbar) khususnya, BCAM ini menjadi penting karena berdasarkan hasil Riset Kesehatan Nasional (Riskesnas) tahun 2019 menunjukkan bahwa Sumbar berada di peringkat kedua pasien kanker di Indonesia. Sampai saat ini, kanker payudara di Indonesia dan di dunia masih menempati peringkat atas penyebab kematian perempuan. Kanker serviks sempat menempati peringkat pertama, namun seiring adanya temuan vaksin dan kesadaran masyarakat, jumlah kasusnya menurun. Sedangkan kanker payudara belum ada vaksinnya, padahal keberadaanya gampang dideteksi karena berada di luar bagian tubuh dan kalau sedari dini ditemukan, tingkat harapan hidup akan tinggi. Namun faktanya dalam banyak kasus ditemukan ketika sudah stadium lanjut, ini disebabkan karena gerakan deteksi dini belum massif dan maksimal dilakukan. Karena kanker pada stadium awal tidak menimbulkan rasa sakit, sehingga cenderung diabaikan.

Kegiatan BCAM yang saat ini diorganisir oleh Lovepink, dengan brand Indonesia Goes Pink 2020. Terdapat serangkaian kegiatan kampanye yang dilombakan di media sosial selama bulan Oktober ini. Lovepink adalah sebuah organisasi nirlaba yang fokus pada kegiatan kampanye deteksi dini kanker payudara, baik secara klinis (Sadanis) maupun deteksi dini terhadap diri sendiri (Sadari). Komunitas ini terdiri dari individu yang secara sukarela menyediakan waktu, tenaga, dan pikiran untuk mendukung visi dan misinya. Seluruh kegiatan berpusat dari Lovepink Care Center (LCC) yang juga menjadi sarana untuk beraktivitas bagi para penyintas kanker payudara. Lovepink berawal dari perkenalan dua orang penyintas kanker payudara, yakni Shanti Persada dan Madelina Mutia, yang bertemu dan saling memberi dukungan saat menjalani terapi pada tahun 2012. Seiring waktu, berlanjut dengan pemikiran untuk memberikan dukungan kepada sesama pasien yang membutuhkan, juga membagikan informasi yang benar tentang kanker payudara, serta menularkan semangat juang dalam proses penyembuhan. Pada 2013, Samantha Barbara bergabung dan menambah energi positif kepada mereka berdua. Disinilah pergerakan Lovepink dimulai, dibawah kepemimpinan Samantha Barbara pada 2014 Lovepink menjadi sebuah Yayasan non profit yang menjalankan misi sosial dengan nama Yayasan Daya Dara Indonesia. Dan sejak akhir tahun 2017 Lovepink sudah bergerak di Sumatera Barat dengan nama Lovepink Padang

Visi Lovepink adalah Indonesia yang bebas dari kanker payudara stadium lanjut tahun 2030, dan misinya meningkatkan kesadaran dan menghilangkan stigma seputar kanker payudara melalui sosialisasi seputar tanda-tanda dan pengobatan kanker payudara, berikut pentingnya deteksi dini dan pemeriksaaan payudara secara berkala; dan dukungan moral kepada para pasien kanker payudara beserta keluarganya. Dalam mendukung misi Lovepink maka ada beberapa kegiatan yang dilakukan secara rutin oleh teman-teman Lovepink yang mendedikasikan waktu dan tenaganya yang tergabung di dalam Pink Squad. Mereka adalah para penyintas kanker payudara dan non penyintas yang tergabung secara sukarela. Mereka mendedikasikan waktu dan tenaga untuk membantu, serta mendukung visi dan misi Lovepink. Sebelum melakukan tugas, seluruh tim sudah dibekali dengan materi dan pelatihan khusus. Informasi lebih lanjut mengenai Lovepink dengan segala pergerakannya dapat diakses pada laman dalam jaringan atau website http://www.lovepinkindonesia.org/. Untuk mendukung mobilitas para Pink Squad juga diadakan Mobil PinkVan, namun sampai saat ini baru ada di Jakarta. Sedangkan wilayah atau cabang lain dari Lovepink sampai sekarang sudah ada di Padang, Bandung, Yogyakarta, Jember, dan Banjarmasin. Semua pergerakan Lovepink di daerah tersebut selama ini di inisiasi dari bawah.

Bulan Kesadaran Kanker Payudara?

Oktober adalah Bulan Kesadaran Kanker Payudara, di banyak negara di seluruh dunia, kanker payudara adalah bentuk kanker yang paling umum di antara perempuan, dan oleh karena itu, sangat penting bagi setiap orang untuk mengetahui informasi ini. Di Indonesia, terdapat 58.286 kasus baru kanker payudara yang terdiagnosis pada tahun 2018 berdasarkan statistik dari The Global Cancer Observatory. Organisasi amal dan kesehatan kanker payudara tidak hanya mendorong statistik penyakit ini turun, tetapi yang lebih penting mengirimkan pesan bahwa deteksi dini adalah cara terbaik untuk mengatasinya.

Pemeriksaan mamografi adalah yang paling efektif, tetapi pemeriksaan mandiri secara teratur juga bisa sangat berguna. Sejak tahun 1990-an, Pita Merah Muda telah digunakan sebagai simbol kesadaran kanker payudara. Orang-orang yang memakai pita merah muda adalah para penyintas dan juga bukan penyintas yang menunjukkan dukungan, jadi pertimbangkan untuk mengenakannya bulan ini juga untuk menunjukkan solidaritas. Dengan melakukan ini, akan membantu meningkatkan kesadaran tentang pentingnya deteksi dini untuk memerangi kanker payudara.

Saat ini, warna itu menunjukkan kesadaran akan kanker payudara, tidak hanya pada pita, selama bertahun-tahun, bangunan terkenal dari seluruh dunia menyala merah muda untuk memperingati Bulan Kesadaran Kanker Payudara. Banyak di antaranya ada di Asia Tenggara seperti Menara KL dan Menara Kembar Petronas di Kuala Lumpur, Singapore Flyer, Quezon Memorial Circle di Manila, dan Hero Monument di Surabaya. Apakah Anda melihat di kota Anda sendiri?

Apakah hanya tentang perempuan? Fokusnya sering kali pada perempuan karena itu adalah bentuk kanker paling umum yang mempengaruhi mereka. Padahal laki-laki pun juga terkena kanker payudara meskipun jarang (hanya sekitar 1% dari kasus kanker payudara). Pelajari lebih lanjut tentang kanker payudara dan sebarkan berita tentang deteksi dini. Kanker tidak hanya mempengaruhi mereka yang hidup dengan penyakit tetapi juga teman dan keluarga mereka. Meskipun ada banyak informasi di luar sana untuk penderita kanker, seperti manfaat yoga dan nasihat gizi, anggota keluarga dan teman dapat memperoleh dukungan dari komunitas pasien kanker payudara seperti Lovepink dan PitaPink (Yayasan Kanker Payudara Indonesia).

Ditulis oleh Yervi Hesna (Dosen Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Andalas; seorang penyintas kanker payudara; Koordinator Lovepink Padang), dan Virtuous Setyaka (Dosen Hubungan Internasional, FISIP, Universitas Andalas; Ketua Koperasi Mandiri Dan Merdeka; dan Simpatisan Lovepink).

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

PWI Tanah Datar Gelar KLW

Persatuan Wartawan Indonesia Tanah Datar gelar karya latihan wartawan di pendopo Indojalito Kamis (14/01) ini.
- Advertisement -

Beberapa Ivent Besar di Disparpora Kota Payakumbuh Terancam Batal Dilaksanakan

Mengingat pandemi covid-19 di Payakumbuh belum sepenuhnya berakhir, beberapa event besar Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disparpora) Kota Payakumbuh terancam batal di laksanakan di tahun 2021.

Diduga Takut Lihat Polisi Patroli, Sopir L 300 Tinggalkan Mobil Bermuatan Kayu

Diduga takut saat melihat anggota Polsek Lengayang melakukan patroli wilayah, mobil L 300 warna bermuatan kayu diduga hasil Ilegal Logging ditinggal sopir ditengah jalan, di simpang Lubuak Bagalung, Nagari Lakitan Induk, Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan.
- Advertisement -

Donas Merilis Album The Best Song Volume 1 di Prima Founder Records

Kesuksesan seorang penyanyi tak lepas dari kemampuan seorang penulis lagu dalam mengkomposisi nada untuk lirik, agar dapat diterima oleh orang banyak. Seperti halnya dengan Rimawan Ardono AS yang biasa dipanggil Donas, Musisi Nasional asal Kota Yogyakarta, karya-karya lagunya telah mengantar kesuksesan bagi banyak penyanyi di Tanah Air.

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Darurat Gempa Majene! Segera Bantu Saudara Terdampak!

Dilansir laman resmi BNPB, Data per Jumat (15/1), pukul 06.00 WIB, BPBD Mamuju melaporkan korban meninggal dunia 3 orang dan luka-luka 24. Sebanyak 2.000 warga mengungsi ke tempat yang lebih aman. Sedangkan kerugian material berupa kerusakan, antara lain Hotel Maleo dan Kantor Gubernur Sulbar mengalami rusak berat (RB). Jaringan listrik masih padam pascagempa.

Melahirkan Kepercayaan Masyarakat Untuk di Vaksinasi

Untuk lahirkan Kepercayaan Masyarakat Pada Vaksin Covid-19 pemerintah perlu lebih transparan soal vaksin Covid-19, terutama pada aspek keamanan dan biaya.

Waspadai ! Perbudakan Intelektual dibalik Akreditasi Perguruan Tiggi

Perguruan Tinggi / Kampus adalah salah satu wadah pendidikan yang sangat berperan penting untuk kemajuan peradaban bangsa dengan mencetak para intelektual yang berkualitas. Melalui keilmuan yang dimilikinya mereka akan terjun kemasyarakat untuk menyelesaikan berbagai problem yang dihadapi.

Menkes: Bantu para Tenaga Medis dengan Patuhi Protokol Kesehatan

Upaya keras pemerintah dalam menghadapi dan menangani pandemi Covid-19 di sisi hilir tidak akan lengkap bila tanpa dibarengi dengan upaya di sisi hulu atau pencegahan. Maka itu, kesadaran seluruh pihak untuk melakukan upaya proaktif mencegah penyebaran Covid-19 amat diharapkan.

Keuntungan Berbisnis Kotoran

Mungkin agak tekesan jorok istilah keuntungan berbisnis kotoran ini kita dengar. Tapi hal ini sangat membantu meningkatkan ekonomi para petani. Kotoran disini yang dimaksud adalah kotoran binatang ternak seperti sapi, kambing, kerbau atau lainnya yang banyak di pelihara masyarakat.

Universitas Bung Hatta Padang Tekan MoU dengan Yayasan Madani

Kamis 17 Desember 2020, bertempat di ruang Rektorat Universitas Bung Hatta Padang telah ditanda tangani kesepakatan atau MOU antara universitas Bung Hatta Padang dengan Yayasan Madani yang mempelopori gerakan Kembalikan Marwah Minangkabau.

Politik Dinasti dan Gerbang Meritokrasi

Bagi banyak individual, tata aturan kekerabatan tidaklah secara teoritis mengesampingkan aturan politik. Menurut definisi morgan terdahulu, kekerabatan megatur keadaan socitas dan yang kedua mengatur civitas. Atau menggunakan terminologi yang sering digunakan sekarang ini yang pertama merujuk pada struktur-struktur respositas dan kedua merujuk pada dikotomi yang jelas.

Simalakama Pandemi: Liburan atau Stay at Home?

Oleh : Niken Februani dan Siska Yuningsih - Mahasiswa Biologi FMIPA Universitas Andalas Corona sudah menjadi beban dunia sejak pertama kalinya China melaporkan adanya penyakit...

Budidaya Sri Rejeki, Pilihan Bisnis Santai Namun Menjanjikan Saat Pandemi

Oleh: Iga Permata Hany & Jelita Putri Adisti Mari mengenal salah satu jenis tumbuhan yang sedang marak dibudidayakan dikalangan ibu-ibu saat ini, siapa lagi kalau...

Indikasi Bunuh Diri Relawan Covid-19 China di Brasil, Ada apa dengan Pengujian Klinis Vaksin Covid-19?

Oleh : Ramadhila Sari - Penulis adalah Mahasiswa Biologi Universitas Andalas Kasus infeksi Covid-19 meningkat di 80 negara sebagian orang di belahan bumi utara menghabiskan...
- Advertisement -