32 C
Padang
Senin, Januari 18, 2021
Beritasumbar.com

Bom Menyerang Malam Natal
B

Kategori -

Natal tahun ini menjadi momen berdarah bagi warga Iraq dan Afghanistan. Serangkaian serangan bom yang menarget umat kristiani menewaskan puluhan orang. Insiden tersebut menjadi bukti bahwa aparat keamanan kedua negara belum tanggap mengantisipasi ancaman aksi kekerasan dari kelompok garis keras.

Dua bom mobil di selatan Baghdad menewaskan sedikitnya 35 orang. Salah satu bom meledak di luar gereja di selatan Baghdad sesaat setelah para jemaat mengikuti misa Natal. Serangan tersebut mengakibatkan 18 orang tewas dan melukai lebih dari 30 lainnya.

Ledakan kedua terjadi di Distrik al-Dora, tidak jauh dari ledakan pertama. Sebuah ledakan sebelumnya mengguncang sebuah pasar terbuka yang terdapat sejumlah toko milik warga kristiani di Athorien. Sedikitnya 17 orang tewas dan 16 lainnya terluka. Tim medis membenarkan jumlah korban tersebut.

Di antara tiga ledakan, dua ledakan berasal dari bom mobil yang menewaskan 35 orang dan melukai 56 lainnya. Belum ada yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Namun, jumlah warga Kristen di Iraq yang semakin tipis, 400–600 orang, sering menjadi target serangan Al Qaeda dan kelompok pemberontak lainnya.

Serangan pada hari Natal kemarin menambah jumlah korban tewas. Akibat aksi terorisme sepanjang bulan ini, tercatat lebih dari 430 orang tewas. Menurut catatan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), lebih dari 8.000 orang tewas sepanjang tahun ini dalam berbagai aksi kekerasan.

Serangan tersebut tentu saja dilakukan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab. Petinggi Islam di Iraq sendiri selalu menekankan perdamaian di seluruh masyarakat Iraq.

Salah satunya, di tunjukkan Ammar al-Hakim. Pemimpin dewan supremasi Islam Iraq itu ikut menghadiri misa malam Natal di Gereja St Joseph Chaldean di Baghdad, Iraq, pada Selasa malam (24/12).

Di Afghanistan dilaporkan, dua rentetan tembakan menghajar halaman Kedutaan Besar Amerika Serikat di Kabul. Tidak ada korban tewas atau luka dalam insiden tersebut.

’’Sekitar pukul 06.40 waktu Kabul, sedikitnya dua kali rentetan tembakan tidak langsung mengenai halaman Kedutaan Besar AS. Seluruh warga negara AS lengkap dan tidak ada yang terluka,’’ tulis pernyataan resmi dilansir JPNN(Grup padangtoday) dari kedutaan kemarin (25/12). ’’Pihak kedutaan masih menyelidiki serangan tersebut,’’ tandasnya.

Kedutaan tidak menjelaskan lebih detail bahan peledak apa yang ditembakkan atau di mana tembakan tersebut mendarat. Insiden penyerangan tersebut berlangsung di tengah hubungan Afghanistan-AS sedang kritis. Kedua negara sedang bernegosiasi untuk mencapai kesepakatan penting terkait keamanan internal Afghanistan pasca ditarikanya pasukan AS.

Kesepakatan tersebut akan memberikan gambaran tentang penempatan militer AS setelah 2014. Saat itu pasukan koalisi NATO akan menarik 80 ribu personelnya dari Afghanistan.

Awal bulan ini Menteri Pertahanan AS Chuck Hagel yang melawat ke Afghanistan meyakini bahwa kesepakatan keamanan tersebut akan disetujui. Meskipun, hingga kini, kedua pihak belum menemukan titik temu. (*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Sampah Berserakan Di Lembah Harau, Ini Komentar Penggiat Wisata

Kawasan Sarasah Bunta Harau, sudah tidak bisa digarap apapun untuk tujuan wisata natural, artinya kealamiannya mulai tercemar. Hal ini tampak dari banyaknya sampah plastik yang menumpuk di salahsatu objek Wisata di Kabupaten Limapuluh Kota itu.
- Advertisement -

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.

Upacara Dan Tabur Bunga Peringatan Tragedi Titian Dalam

Kendati gerimis, namun upacara tabur bunga dalam rangka peringatan peristiwa gugurnya 9 Syuhada di Titian Dalam di Kenagarian Pandam Gadang, Kecamatan Gunuang Omeh, Senin (11/1) kemaren tetap berlangsung hikmat dan lancar.
- Advertisement -

Sampah Berserakan Di Lembah Harau, Ini Komentar Penggiat Wisata

Kawasan Sarasah Bunta Harau, sudah tidak bisa digarap apapun untuk tujuan wisata natural, artinya kealamiannya mulai tercemar. Hal ini tampak dari banyaknya sampah plastik yang menumpuk di salahsatu objek Wisata di Kabupaten Limapuluh Kota itu.

Tokoh Masyarakat Latina Duduk Semeja Dengan Riza Falepi, Bahas Pembangunan Kedepan

Wali Kota Riza Falepi didampingi Sekda Rida Ananda dan Camat David Bachri menjamu tokoh masyarakat Kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina) di salah satu rumah makan di Payakumbuh, Senin (11/1) siang.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.

Ketua MPR RI Apresiasi, Ormas Surosowan Indonesia Bersatu, yang Peduli Adat dan Budaya Nusantara

Organisasi Masyarakat (Ormas) Surosowan Indonesia Bersatu menjalin silaturahmi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima silaturahmi DPP Surosowan Indonesia Bersatu di Black Stone, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat pada Kamis (14-01-2021)

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.

13 Paket Kecil Sabu Ditemukan Polres Pessel, 3 Tersangka Diamankan

Pesisir Selatan, beritasumbar.com- Tim Ospnal Satnarkoba Polres Pesisir Selatan kembali membekuk tiga orang tersangka penyalagunaan narkoba, berinisial RE (46) warga Pasar 60, Kecamatan Batang...

AMPERA, Komjen. Pol. Dr. Drs. Boy Rafli Amar, M.H Sosok yang tepat menjadi Kapolri

akarta,Minggu (3/1/21). Ditengah akan habisnya jabatan KAPOLRI Idham Aziz Bapak presiden Ir. Joko widodo meminta wakil komisi 3 DPR RI diminta memanggil Komjen. Pol. Dr.Drs. Boy Rafli Amar untuk menjalani ujian kelayakan sebagai KAPOLRI.

Di Hari Jadi Ke 46, Perumda Air Minum Kota Padang Luncurkan Air Minum Dalam Kemasan

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang meluncurkan produk Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK) pada momen hari jadinya yang ke-46 tahun, Rabu (30/12) kemaren.

Antisipasi Jadi Zona Merah, Wilayah Zona Oranye Diminta Perketat Penanganan Covid-19

Zona Oranye atau daerah berstatus risiko sedang penularan Covid-19 bukanlah zona yang aman untuk ditempati. Sayangnya, dalam zona ini diisi mayoritas kabupaten/kota di Indonesia. Satgas Penanganan Covid-19 menyoroti sejumlah daerah yang saat ini masih menghuni zona oranye, jumlahnya mencapai 378 kabupaten/kota berdasarkan data terakhir.

Antisipasi Varian Baru Covid-19, Pemerintah Tutup Sementara Perjalanan WNA ke Indonesia

Adanya informasi ditemukannya strain atau varian baru virus Covid-19, yang menurut berbagai data ilimiah memiliki tingkat penyebaran lebih cepat, Pemerintah memutuskan untuk menutup sementara masuknya warga negara asing ke Indonesia sebagai upaya pencegahan.

WMI Kecam Pelecehan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

Ketua Umum Wahana Muda Indonesia (WMI), Handriansyah mengecam aksi pelecehan yang dilakukan oleh Nitizen Malaysia terhadap lagu Kebangsaan Indonesia Raya dalam sebuah content YouTube, menurutnya hal ini merupakan pelecehan terbesar terhadap harga diri dan Martabat Bangsa Indonesia yang berdaulat.
- Advertisement -