27 C
Padang
Minggu, Januari 17, 2021
Beritasumbar.com

Acara Tour Dan Hiking Minang Maimbau Jadi Ajang Reunian
A

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,– Wamen, Archandra tercatat sebagai Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin ITB angkatan 89. Sementara Wako, Riza Falepi masuk pada tahun yang sama di Jurusan Teknik Elektro, sedangkan Benny juga menjadi mahasiswa Jurusan Teknik Kimia ITB. Ketiganya tampak akrab bercengkrama sesekali berdiskusi sambil menyusuri trek menantang dengan suasana perbukitan antara Bukittingi dan Lawang.
Walikota Payakumbuh, Riza Falepi reunian dengan Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI, Arcandra Tahar serta Mantan Direktur Utama Semen Padang Benny Wendry dalam acara Tour & Hiking yang diadakan oleh Forum Minang Maimbau pada Sabtu (31/3) dengan rute Kota Bukittinggi – Lawang, Kabupaten Agam. Wako Riza, Wamen Archandra, dan Dirut Benny merupakan teman satu angkatan dan almamater di Institut Teknologi Bandung (ITB), tepatnya angkatan 89.
Bersama mereka turut hadir Kapolda Sumatera Barat, Irjen.Pol. Fakhrizal beserta rombongan Polda Sumbar, Ketua FMM, Firdaus HB besera pengurus FMM, serta Keluarga Besar Ikatan Keluarga Minang Riau (IKMR).
Walikota Riza Falepi menuturkan bahwa baik Wamen Archandra dan Dirut Benny adalah sosok sahabat yang baik dan rajin sewaktu sama sama belajar di ITB.
“Pak Wamen kita ini saat kuliah di ITB dulu rajin dan senang ikut acara pengajian, sampai sekarang juga masih begitu, kalau pak Dirut, kerjaannya baca buku terus. Kalau saya ketemu beliau, pasti sedang baca buku,” ujar Wako Riza disambut tawa sumringah Wamen Archandra dan Dirut Benny.
Dituturkan Riza, pasca menyelesaikan S1di ITB, ketiganya menempuh jalur yang berbeda. Saat Riza memilih melanjutkan Magister di ITB, Wamen Archandra memperoleh kesempatan melanjutkan studi Magister di Texas A&M University, Amerika Serikat, sementara Dirut Benny memilih berkarier di PT. Semen Padang yang kemudian membesarkan namanya.
“Alhamdulillah, melalui acara ini, kami kembali bertemu dan mengenang masa-masa indah saat berkuliah di ITB dahulu, semoga dengan pertemuan ini banyak hal-hal positif yang kami peroleh sekaligus membawa dampak bagi pembangunan Kota Payakumbuh,” harap Riza.
Saat menyusuri jalur Hiking, Wako Riza mengajak Wamen Archandra dan Dirut Benny untuk menjajal trek Hiking di Kota Payakumbuh.
“Can, kapan-kapan kita jajal trek Hiking di Payakumbuh, kita juga punya namanya Puncak Marajo di kawasan Ngalau, atau di kawasan Harau Lima Puluh Kota, lumayan menantang,” seru Wako Riza memanggil sapaan akrab Wamen Archandra disambut anggukan sang Wamen, yang menunjukkan ke akraban keduanya.
Wamen ESDM, Archandra Tahar sendiri pulang kampung ke Sumatera Barat disamping menghadiri rangkaian kegiatan FMM juga sekalian mengisi liburan panjang akhir pekan bersama keluarga. Suami dari Paulin, dan Ayah dari Syifa dan Zahra ini mengaku rindu dengan suasana alam dan adat Minangkabau.
Archandra terlihat sangat emosional saat memainkan orgen tunggal diikuti alunan suling dari grup kesenian lokal saat mengiringi lagu-lagu minang klasik. Wamen ESDM tersebut tak dapat menyembunyikan rasa rindunya terhadap lagu-lagu minang yang diiringinya.
“Baa dak ka rindu, salamo di Amerika dak ado nan mode ko basuo dek beliau, kok taragak musik minang, paliang mamuta kaset, sudah tu nyanyi sorang, kan indak sero (bagaimana tidak rindu, selama di Amarika Serikat, tidak ada hal (musik suling-red) seperti ini yang beliau temui, jika ingin mendengar musik minang, paling memutar kaset, lalu bernyanyi sendiri, kan tidak seru),” seloroh Riza sembari melirik Wamen dan Dirut Benny.
Pertemuan tiga sahabat ini tak lepas dari acara Tour & Hiking yang diangkatkan oleh Forum Minang Maimbau (FMM). Ketiganya tercatat bergabung dalam forum yang diinisiasi oleh Sesepuh Minang, sekaligus Mantan Menteri era Orde Baru, Fahmi Idris. (*rel)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Taruko Menuju Kampung Wisata

Mengawali tahun 2021, Kota Payakumbuh mencoba siapkan destinasi unggulan untuk menarik wisatawan datang. Destinasi tersebut berada di Taruko, Kelurahan Ikua Koto Dibalai, Kecamatan Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh.
- Advertisement -

Asrama Putri Pesantren Cahaya Islam Payakumbuh Terbakar

Kebakaran hebat terjadi di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara, Sabtu (16/1) dini hari. Gedung Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam terbakar sekitar pukul 01.10 WIB.

Diduga Takut Lihat Polisi Patroli, Sopir L 300 Tinggalkan Mobil Bermuatan Kayu

Diduga takut saat melihat anggota Polsek Lengayang melakukan patroli wilayah, mobil L 300 warna bermuatan kayu diduga hasil Ilegal Logging ditinggal sopir ditengah jalan, di simpang Lubuak Bagalung, Nagari Lakitan Induk, Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan.
- Advertisement -

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Erwin Yunaz Pimpin Goro Di Gedung Asrama Ponpes CI Yang Terbakar

Wakil Wali Kota Erwin Yunaz memimpin gotong royong pembersihan dan pembenahan puing-puing bekas kebakaran yang menimpa Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara Minggu (17/1) pagi.

Berpasangan Dengan YB Dt Parmato Alam, Wawako Kalahkan Dirut Perumda Tirta Sago Di Nusa Bersinar Cup

Wakil Wali Kota Payakumbuh memenangkan pertandingan eksekutif saat pembukaan turnamen Nusa Bersinar Cup 2020 di lapangan PB. Nusa Kelurahan Nunang Daya Bangun (NDB), Sabtu (16/01) malam.

Wawako Buka Open Turnamen Nusa Bersinar CUP

Masih dalam rangka peringangatan HUT Kota Payakumbuh yang ke 50, secara resmi Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz membuka open turnamen Nusa Bersinar CUP

Bantuan Randang Siap Saji Dari Pemko Kepada Yayasan Cahaya Islam Yang Alami Musibah Kebakaran

Pemerintah Kota Payakumbuh memberikan bantuan berupa randang kepada Pondok Pesantren Cahaya Islam yang dilanda musibah. Asrama putri ponpes yang berada di Kawasan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate itu ludes dilahap si jago merah, Sabtu (16/1) dini hari.

Kerugian Capai Angka 600 Juta lebih, Pemko Siap Bantu Ponpes Cahaya Islami

Musibah kebakaran yang menimpa Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam di Lingkungan Padang Kaduduak Kelurahan Tigo Koto Diate yang terjadi pada Sabtu (16/1) dini hari sekitar pukul 01.10 WIB menyebabkan 124 santriwati dan 20 orang ustadzah harus dirumahkan.

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Asrama Putri Pesantren Cahaya Islam Payakumbuh Terbakar

Kebakaran hebat terjadi di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara, Sabtu (16/1) dini hari. Gedung Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam terbakar sekitar pukul 01.10 WIB.

Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Sekolah Tangguh

Menindaklanjuti persiapan program sekolah tangguh pada rapat evaluasi covid 19 beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota Payakumbuh menggelar Rapat persiapan sekolah tangguh yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Payakumbuh, Rabu(13/1/2021).

Melalui Disperkim, Pemko Payakumbuh Lanjutkan Program peningkatan Kualitas RTLH

Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kota Payakumbuh kembali lanjutkan program kegiatan bantuan swadaya peningkatan kualitas Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Payakumbuh untuk tahun 2021.

Riza Falepi : JK Pensiun, Saya dan Wartawan Merasa Kehilangan

Rapat Koordinasi Pemko Payakumbuh di awal tahun 2021 terasa berbeda. Karena juga ada momen perpisahan dengan pejabat yang memasuki purna tugas atau pensiun di Kafe Agam Jua, Kawasan Batang Agam, Rabu (13/1).
- Advertisement -