Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Kamis (12/12) Sekitar 11 rumah di Kelurahan Talang Kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh juga kena imbas banjir akibat hujan secara terus menerus.

Mendapat laporan adanya warga yang mengalami banjir tersebut Sekretaris Kelurahan Talang Zikriman Zainal, SH langsung meninjau ke lapangan disambut Ketua RW setempat Afarial B dan sejumlah warga setempat.

Menurut Zikriman, warga di daerah tersebut sering mengalami banjir, air masuk kerumah warga setinggi 10 cm, setiap kali hujan turun. Namun, yang terparah kemarin hampir 25 cm.

Diakui, selama ini belum ada upaya untuk mencari solusi mengatasi masalah warga yang kena dampak banjir di RT. 001/RW 003 Kelurahan Talang. Buktinya, belum ada usulan dari Musrenbang.

Dalam Mufakat RW yang dilaksankan pada tanggal 21 November lalu juga tidak mengusulkan. Kedepan, kita cari jalan keluarnya, coba diusulkan kembali dalam musrenbang tingkat kelurahan maupun ditingkat kecamatan.

Jika, itupun juga mengalami kesulitan. Nanti, coba menyampaikan kepada anggota DPRD Kota Payakumbuh kita berharap bisa dimasukan dalam epokir Dapil Payakumbuh Barat, ujar Zikriman.

Dari 11 rumah tersebut satu yang terparah yaitu rumah yang didiami oleh Adeka Putra bersama tiga putrinya yang masih kecil.

Dari keterangan Ketua RW Afrial B, banjir di di simpang Perumahan Cikasimi itu saat ini telah diatasi oleh warga dengan membuat drainase sementara dari swadaya masyarakat dari sumbangan.

Ada yang memberi semen, pasir. Sedangkan papan dicari papan bekas dari rumah kerumah. Drainase yang dibuat sekitar 35 meter, baru dikerjakan 10 m, menghabiskan 8 sak semen dan 1 mobil pasir.

Saat ini, kita masih butuh sekitar 12 sak semen, 2 mobil L300 pasir. Belum termasuk upah tukang. Dengan adanya drainase sementara ini, dapat mengurangi genangan air, kata Afrial.(rel)

loading...