Padang Pariaman, beritasumbar.com,-Ratusan masyarakat Nagari Lareh Nan Panjang Selatan, Kecamatan VII Koto Sungai Sariak, Kabupaten Padang Pariaman, Rabu (20/2) malam sangat antusias mengikuti ratib tolak bala pakai obor, di sepanjang jalan semua masyarakat yang mengikuti membaca kalimah tauhid dan acara tersebut di mulai dari batas Nagari Lareh Nan Panjang Selatan dengan Nagari Balah Aie dan berakhir di perbatasan nagari itu dengan Kota Pariaman.


Bupati Padang Pariaman yang di wakili oleh Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Padang Pariaman, Hendri Satria, kita dari pemerintah sangat mendukung kegiatan ritual keagamaan. “Semoga dengan kegiatan atik tolak bala ini bisa menolak kejahatan makhluk halus, sehingganya nagari aman dan nikmat mendekat dan bala musibah jauh,” ujar Hendri Satria.

Dia menjelaskan, ritual keagamaan ini hendaknya bisa menjadi agenda rutin nagari setiap tahun. Dan kepada masyarakat agar menjaga ketertiban disepanjang jalan. “Tentu dengan kegiatan ritual keagamaan ini bisa berlanjut dan menjadi agenda tahunan oleh nagari,” terangnya.

Sementara itu, Wali Nagari Lareh Nan Panjang Selatan, Zainal mengatakan, memang kegiatan ratib tolak bala ini terlaksana berkat kerja antara masyarakat, alim ulama, niniak mamak serta pemerintahan nagari. “Dengan diadakan musyawarah dengan alim ulama dan tokoh masyarakat, akhirnya kegiatan ratib tolak bala bisa terlaksana dan kegiatan sekarang diadakan dengan swadaya masyarakat,” kata Zainal.

Dia mengatakan, kegiatan ritual ratib tolak bala dilaksanakan di nagari bertujuan untuk keamanan, dan dengan kegiatan tersebut kita berharap nagari ini terhindar dari marabahaya. “Untuk sekarang ini, kegiatan ratib tolak bala di lakukan tiga kali berturut-turut dan di mulai Rabu (20/2) malam ini dan dilanjutkan pada Rabu (27/2) serta Rabu (6/3) nanti,” ulasnya.

Acara ratib tolak bala juga di hadiri oleh ibu-ibu, remaja, anak-anak dan Bupati Padang Pariaman yang diwakili oleh Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan, Hendri Satria, Camat VII Koto Sungai Sariak, Yoserizal, Ketua KAN Nagari Lareh Nan Panjang, Damsuar Dt Bandaro Putiah, alim ulama dalam nagari Lareh Nan Panjang Selatan. (bus)