24 C
Padang
Rabu, Desember 1, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Warga Nagari Tandikek harapkan Tindak Lanjut Pemkab Pariaman Dalam Pengendalian Aliran Batang Sani
W

- Advertisement -

Padang Pariaman,beritasumbar.com,-Masyarakat Nagari Tandikek Kecamatan Patamuan berharap kondisi rumah mereka serta jembatan yang sangat terancam oleh aliran Batang Sani segera di tanggapi pemerintah daerah.

Pada 10 Desember 2018 lalu, Rumah dan bangunan di Pasar Tandikek amblas dihantam derasnya aliran air Batang Sani. Sekitar 5 rumah warga hancur masuk sungai.

Wali Nagari Tandikek, Saharudin, menyampaikan, selaku pemerintahan nagari sudah melayangkan surat ke pemerintah daerah, namun hingga saat ini belum ada tanggapan atau respon yang pasti.

Saharudin juga mengatakan, jika tidak ditindaklanjuti secepatnya maka akan banyak bangunan yang terancam ambruk, termasuk bangunan pasar baru yang dibangun dari anggaran pemerintah kabupaten.Jarak bangunan pasar dari bibir sungai hanya sekitar 3 meter. Dan ini yang sangat dikhawatirkan walinagari Tandikek. Tidak tertutup kemungkinan bangunan pasar akan amblas ke sungai jika tidak ada tindakan pengamanan,Imbuh walinagari tersebut.

Saat ini beberapa bangunan warung dan lokasi parkir sudah hancur dibawa banjir.

Sementara itu, Desi (36) salah seorang pemilik rumah yang terkena abrasi, mengungkapkan, jika hujan datang merasa takut dan dihantui akan datangnya air bah lagi. Karena kondisi saat ini antara tebing dengan rumah cuma 50 cm.

“Ya, terpaksa tinggal diam dirumah ini karena belum ada tempat tinggal yang bisa digunakan untuk mengungsi. Jika hujan datang tidurpun tidak nyenyak seperti orang yang rumahnya aman,” pungkasnya dengan berlinangan air mata.

Ia berharap agar Pemerintah Daerah Padangpariaman secepatnya menanggapi erosi yang mengancam banyak bangunan dan Pasar Tandikek. (syamsul)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img