25.5 C
Padang
Senin, Oktober 18, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

School of Randang Sebagai Wisata Gastronomi Kota Payakumbuh
S

- Advertisement -

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Tantangan kedepan dari kepala daerah adalah bagaimana membangun network dan komunikasi, tetapi yang perlu digaris bawahi adalah sumber daya manusia (SDM) di dalam tentu perlu untuk mereka benahi. Mereka dituntut untuk bisa menyikapi kondisi sulit di masa yang akan datang, tidak harus terpaku menunggu kondisi ekonomi global membaik tanpa adanya giat yang diperlukan daerah, kemampuan enterpreneurship dan kreatifitas kepala daerah dipertanyakan.

Kreatifitas seorang “CEO” sangat dibutuhkan sa’at badai Pandemi Covid-19 yang membuat lumpuh perekonomian dunia. Erwin Yunaz menggagas sebuah program yang siap mengguncang dunia kepariwisataan. Dengan bermodal julukan The City of Randang, kota kulinernya Provinsi Sumatera Barat, Kota Payakumbuh meluncurkan inovasi School of Randang.

Apa itu School Of Randang?

School of Randang atau sekolah Randang merupakan sebuah sarana dan wadah untuk pelajar/anak sekolah untuk dapat mempelajari tentang dunia Randang. Randang merupakan makanan khas orang Minangkabau yang harus terus dilestarikan, sejak usia dini seluk beluk kearifan lokal ini perlu ditanamkan dalam diri setiap orang Minangkabau.

Menurut Wakil Wali Kota Erwin Yunaz, Jumat (25/6) kepada media menjelaskan dengan bekal ilmu pengetahuan yang telah anak-anak ini dapatkan dari kegiatan School of Randang, diharapkan sedikit banyaknya mereka tau praktiknya dengan baik dan benar, sehingga anak-anak inilah yang nantinya akan melanjutkan dan menjaga kearifan lokal, ada estafet ilmu.

Tidak hanya itu, melalui kegiatan School of Randang ini, menurut Erwin Yunaz sekaligus sebagai ajang untuk memperkenalkan sentra industri Randang Kota Payakumbuh kepada masyarakat.

“Selain untuk belajar ilmu tentang bagaimana cara mengolah Randang, kegiatan ini juga sekalian untuk memperkenalkan keberadaan sentra industri Randang kota Payakumbuh, yang mana ini merupakan satu-satunya sentra industri Randang yang ada di Sumatra Barat,” ujar Erwin.

School Of Randang Sebagai Teaching Factory

School of Randang dinilai oleh Erwin Yunaz, wakil wali kota yang berlatar belakang pengusaha itu sebagai Teaching factory. Teaching factory merupakan sebuah konsep pembelajaran yang berorientasi pada produksi dan bisnis untuk menjawab tantangan perkembangan industri saat ini dan nanti.

“Teaching factory adalah model pembelajaran yang membawa suasana industri ke sekolah sehingga sekolah bisa menghasilkan produk berkualitas industri,” kata Erwin Yunaz.

Dengan proses pembelajaran teaching factory, siswa dapat belajar dan menguasai keahlian atau keterampilan yang dilaksanakan berdasarkan prosedur dan standar kerja industri sesungguhnya. Bukan hanya itu, produk-produk yang dibuat para siswa sebagai proses belajar pun bisa dipasarkan ke masyarakat sehingga hasilnya dapat digunakan untuk pemenuhan ekonomi.

“Di usia sekolah telah memiliki jiwa pengusaha, kenapa tidak? Selain menjadi sebuah gerakan kreatifitas yang akan menjadi ikon dari Kota Payakumbuh. Penguatan dari lintas sektoral untuk sama-sama memahami apa tujuan dari Kota Payakumbuh kedepan, menjadi kota kuliner dengan banyak pengusaha muda dan kreatif di dalamnya,” kata Erwin.

School of Randang Di Sentra IKM Bersertifikasi

Sentra industri randang Kota Payakumbuh ini sudah memiliki semua sertifikasi halal, sehingga baik mulai dari awal pengolahan sampai pengemasan sentra industri Randang ini sudah dijamin kualitasnya. Tentunya dengan sertifikasi ini, hasil produksi dari sentra randang Kota Payakumbuh tidak hanya bisa dipasarkan di tingkat lokal saja, akan tetapi sampai ke pasar mancanegara.

Sertifikasi dibutuhkan agar produk yang nanti dihasilkan bisa terjamin dan bisa menembus sampai ke pasar internasional. Untuk tahun 2019 lalu, Sentra IKM sudah dapat sertifikat izin edar untuk sembilan varian produk rendang, sertifikat halal, sertifikat daya simpan dengan masa kadaluarsa 14 bulan, dan terakhir sertifikat keamanan pangan HACCP.

Untuk 2020, Sentra IKM telah mendapatkan sertifikat Nomor Kontrol Veteriner (NKV) yang merupakan bukti tertulis yang sah telah dipenuhinya persyaratan higiene-sanitasi. Hal itu merupakan kelayakan dasar jaminan keamanan pangan asal hewan pada unit usaha pangan asal hewan.

Yang terakhir, Sentra IKM telah mendapatkan sertifikat ISO 22000, yaitu sistem manajemen keamanan pangan internasional.

“Berkualitas dan memenuhi standar. Segalanya kita persiapkan dengan baik, bukti keseriusan kita, tidak hanya gertakan saja sebagai The City of Randang,” kata Erwin Yunaz.

School Of Randang Sebagai Wisata Gastronomi Di Payakumbuh

Kota Payakumbuh juga akan menjadi salah satu kota gastronomi.

Gastronomi atau tata boga adalah seni atau ilmu akan makanan yang baik (good eating). Menurut wikipedia, penjelasan yang lebih singkat menyebutkan gastronomi sebagai segala sesuatu yang berhubungan dengan kenikmatan dari makan dan minuman. 

Sumber lain menyebutkan gastronomi sebagai studi mengenai hubungan antara budaya dan makanan, di mana gastronomi mempelajari berbagai komponen budaya dengan makanan sebagai pusatnya (seni kuliner).

Hubungan budaya dan gastronomi terbentuk karena gastronomi adalah produk budidaya pada kegiatan pertanian sehingga pengejawantahan warna, aroma, dan rasa dari suatu makanan dapat ditelusuri asal-usulnya dari lingkungan tempat bahan bakunya dihasilkan.

Menurut Erwin Yunaz, potensi ini ada di Payakumbuh. Dirinya menggambarkan, sebagai pengambil kebijakan, pemerintah atau kepala daerah harus mampu memikirkan dampak sebab dan akibatnya. Tujuan utama dari geliat City of Randang tak lain dan tak bukan untuk menghidupkan perekonomian masyarakat.

“Bayangkan saja untuk 1 tungku masak di Sentra IKM bisa memproduksi Randang berkapasitas 5 Kg. Maka bila ada 10 kelompok yang ikut dalam program school of Randang dalam sehari, maka Sentra IKM bisa menghasilkan 50 Kg randang. Bila dalam 1 Kg Randang butuh 4 butir kelapa, artinya ada 200 butir kelapa untuk sentra sehari dalam School Of Randang. Untuk 1 bulan, kurang lebih ada 6000 butir kelapa, ini baru untuk pemilik kelapa, belum lagi cabenya, dagingnya, dan lain-lain,” kata Erwin.

“Pengambil kebijakan harus mampu berfikir jauh terhadap project yang telah dibuat. Setelah membuatnya maka perlu ditindaklanjuti dalam bentuk progress yang signifikan. Multiplier efek pada perekonomian adalah yang kita kejar,” tambahnya.

School of Randang Dan Literasi Anak Muda

Keunggulan utama Kota Payakumbuh untuk menjadi gastronomi dunia dengan kegiatan School of Randang sangat besar bagi kedudukan Kota Payakumbuh kedepannya. Dengan kegiatan yang akan direncanakan ini Payakumbuh juga akan menjadi pariwisata unggulan. Secara geografisnya Kota Payakumbuh adalah kota penunjang untuk pariwisata dan harus mempunyai produk unggulan yaitu Randang.

School Of Randang dan Central Randang Kota Payakumbuh harus mempunyai cerita, dengan adanya sejarah Kota Payakumbuh sebagai Kota Randang. Maka harus bisa menjabarkan sejarah bagaimana Kota Randang ini, maka dari itu Kota Payakumbuh juga harus mempunyai perpustakaan atau galeri.

“School of Randang harus punya salah satu keunggulan utama, yaitu kelas literasi mengenai Randang Kota Payakumbuh,” pungkasnya.

Erwin Yunaz menghimbau serta mengajak anak-anak muda di Payakumbuh untuk dapat menyebarluaskan kearifan lokal masakan tradisional Randang kepada semua orang. Melalui generasi penerus kita sekarang inilah tempat menyerahkan bekal ilmu pengetahuan marandang, agar kearifan lokal marandang ini dapat disebarluaskan, ingat Payakumbuh, ingat Randang, Payakumbuh The City of Randang.

“Kita harus mangawal prosesnya, kemana branding City of Randang ini akan dibawa. Butuh waktu mencetak SDM yang kuat, bersinergi dengan banyak pihak. Bukan tidak “Plat Merah Rasa Swasta” di ranahminang, karena kita memiliki ASN yang terampil dan sudah terbiasa dengan kerja “speed tinggi”, mereka bisa beradaptasi dengan program yang kita canangkan. Sementara masyarakat kita sudah cerdas, kepala daerah tinggal mengelola energi ini dan melanjutkan program-program yang dirangkai dari awal, mencerminkan keinginan bersama dan mewujudkan ide-ide kreatif. Payakumbuh menjadi sejarah kebangkitan ekonomi kerakyatan, School of Randang memberikan daya ungkit terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat,” pungkasnya. (tim)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img