30 C
Padang
Kamis, Januari 21, 2021
Beritasumbar.com

Pemko Payakumbuh Gelar Lomba LPM
P

Payakumbuh — Pembangunan merupakan hal penting dalam memajukan sebuah kelurahan. Dan hal ini dilakukan dengan terus berinovasi agar pembangunan yang diinginkan dapat terwujud. Ucap walikota yang diwakili Asisten 2 bidang administrasi umun Elzadaswarman dalam sambutannya ketika memberikan pengarahan pada acara penilaian Lomba Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Berprestasi Tahun 2019 tingkat kota Payakumbuh di aula ngalau indah lantai 3 Balaikota baru ex. Poliko, Selasa (24/9).

Lebih lanjut asisten 2 menyampaikan LPM merupakan lembaga kemasyarakatan yang berperan aktif dalam pembangunan sebagai mitra pemerintah dan pihak lain.

“Untuk itu LPM harus tetap dijaga dan ditingkatkan sebagai lembaga kemasyarakatan yang mampu menggerakkan pembangunan di segala aspek kehidupan. Sebab LPM berperan dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan masyarakat dalam pembangunan partisipatif”, ungkap Om Zed sapaan akrab asisten 2 tersebut.

Selanjutnya, mantan Kepala Dinas Kesehatan kota Payakumbuh tersebut juga mengatakan bahwa penilaian lomba LPM Berprestasi merupakan salah satu bentuk program penyelenggaraan pemerintah umum dalam rangka koordinasi pembinaan lembaga dan organisasi masyarakat.

“Penyelenggaraan Pemerintahan yang profesional dalam tata kelola pemerintahan yang baik akan mewujudkan Nawacita pertama yaitu menghadirkan negara di tengah masyarakat. Begitu pula dengan bidang Kewilayahan Kelurahan demi terwujudnya Kelurahan yang mandiri, maju dan sejahtera pula”, imbuhnya.

Adapun tujuan dari pelaksanaan lomba LPM Berprestasi untuk dapat mendorong sinergitas antara peran pemerintah kelurahan dan partisipasi aktif masyarakat dan lembaga kemasyarakatan di kelurahan dalam proses pemberdayaan dan kemandirian masyarakat. Kegiatan penilaian terbagi dalam dua sesi yakni penilaian dalam sesi ekspose dan wawancara yang berlangsung tanggal 24 september dan penilaian kunjungan lapangan terhadap tiga nominasi LPM terbaik nantinya.

Sementara itu, kepala bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah kota Payakumbuh Erwan selaku panitia pelaksana menyampaikan, untuk peserta lomba LPM Berprestasi ini merupakan LPM terbaik dari setiap kecamatan sekota Payakumbuh.

“Dan LPM ini sebelumnya telah dipilih atau ditetapkan dari kecamatan. Serta di tahun 2019 ada 5 LPM yang akan mengikuti penilaian, diantaranya LMP Taratak Padang Kampuang dari Payakumbuh Utara, LPM Padangdata Tanahmati dari Payakumbuh Barat, LPM Payobasuang dari Payakumbuh Timur, LPM Sawahpadang Aua Kuniang dari Payakumbuh Selatan dan terkahir LPM Koto Panjang Padang dari Lamposi Tigo Nagori”, ungkap Erwan.

Erwan juga mengatakan untuk LPM terbaik pertama nantinya akan mendapatkan reward berupa studi komparatif dan juga akan mewakili kota Payakumbuh pada lomba LPM Berprestasi tingkat Provinsi”, jelas nya.

Tim penilai dalam lomba ini terbagi dalam 3 kelompok dan juga dalam aspek penilaian. Yang mana untuk kelompok pertama meliputi aspek sarana dan prasarana, kinerja, evaluasi dan pelaporan serta hubungan kelembagaan.

Selanjutnya untuk kelompok kedua meliputi penilaian aspek inisiatif dan kreatifitas dalam pemberdayaan masyarakat serta swadaya masyarakat, inovasi serta partisipasi masyarakat.

Kemudian kelompok ketiga meliputi aspek tanggap dan siaga bencana, pengaturan investasi, pendidikan dan ketrampilan, kesehatan dan lingkungan hidup, ekonomi dan juga penanggulangan kemiskinan.

Selain walikota payakumbuh yang diwakili Asisten II Bidang Pemerintahan dan Umum, Elzadaswarman turut hadir dalam acara pembukaan tersebut Staf Ahli bidang ekonomi, keuangan, dan pembangunan Syahril, Kepala bagian Pemerintahan Erwan, Ketua LPM masing-masing peserta lomba, Ketua DPC LPM se-kota Payakumbuh, unsur kecamatan, kelurahan, pengurus LPM Kelurahan, karang taruna, PKK RT dan RW, hadirin dan undangan lainnya.(rel)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Peringatan Peristiwa Situjuah Diisi Dengan Ziarah Dan Tabur Bunga

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, peringatan peristiwa Situjuah ke-72 tahun 2021, Jumat (15/1/2021), berlangsung secara sederhana. Bila sebelumnya acara diawali dengan upacara dan berbagai atraksi, kali ini hanya berupa ziarah dan tabur bunga di makam Lurah Kincia Nagari Situjuah Batua, Kecamatan Limo Nagari.
- Advertisement -

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.
- Advertisement -

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...

Donas Merilis Album The Best Song Volume 1 di Prima Founder Records

Kesuksesan seorang penyanyi tak lepas dari kemampuan seorang penulis lagu dalam mengkomposisi nada untuk lirik, agar dapat diterima oleh orang banyak. Seperti halnya dengan Rimawan Ardono AS yang biasa dipanggil Donas, Musisi Nasional asal Kota Yogyakarta, karya-karya lagunya telah mengantar kesuksesan bagi banyak penyanyi di Tanah Air.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Polres Payakumbuh Aman Pria Pembuat-Pengedar Uang Palsu, Diedarkan 10 Lokasi

Payakumbuh, beritasumbar.com- Polres Payakumbuh, Sumatera Barat mengamankan seorang pria atas nama GUNTUR TRIMERLANDA (26) karena membuat dan mengedarkan uang palsu. Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira...

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Asik Ngelem Dan Bawa Sajam, 3 Pemuda Diamankan Satpol PP Payakumbuh

Menindaklanjuti laporan warga dengan adanya beberapa remaja yang kedapatan sedang mabuk akibat menghisap lem Banteng sehingga sering meresahkan sampai terjadi perkelahian, pada Selasa (19/1) dini hari sekitar pukul 02.00, Tim Penegak Peraturan Daerah Kota Payakumbuh bergerak cepat mengamankan 3 orang pemuda di depan Mesjid Muhammadiyah, pusat Kota Payakumbuh.

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Erwin Yunaz Kunjungi SMKN 1 Payakumbuh

Lakukan kunjungan ke SMKN (Sekolah Menengah Kejuruan Negeri) 1 Payakumbuh, Wakil Walikota Erwin Yunaz disambut langsung oleh kepala sekolah SMKN 1 Yunita Rosanti di ruang kerja bersama beberapa orang guru, Senin (18/1/2021).

Dua Orang Petugas Satuan Pengaman Sentra IKM Randang Dapat Penghargaan

Apel pagi di Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh agak sedikit berbeda dari hari biasanya, dua orang petugas pengamanan dipanggil kedepan oleh kepala dinas secara khusus, Senin (18/1).

Pemerintah Kota Payakumbuh Ikuti Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara PMA, PMDN dan UMKM seluruh Indonesia.

Menindaklanjuti surat Nomor 9/A.9/B.2/2021 dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia, Pemerintah Kota Payakumbuh mengikuti kegiatan secara Virtual Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Kemitraan antara Perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) via Unique Link, Senin(18/1).

Covid-19 Merambah Tenaga Pendidik, Dinkes Payakumbuh Prediksi Kasus Bakal Meningkat

Dalam seminggu terakhir, di Kota Payakumbuh telah ditemukan sebanyak 42 orang guru terpapar Virus Corona (Covid-19), 8 diantaranya berdomisili di luar daerah atau daerah tetangga. Mulai dari guru TK, SD, SMP, dan SMK.
- Advertisement -