26.4 C
Padang
Selasa, April 13, 2021
Beritasumbar.com

Pembangunan Trotoar dan Harapan PUPR untuk Kota Payakumbuh Sebagai Kota Batiah
P

Kategori -

Payakumbuh, BeritaSumbar.com – Pembangunan tahap awal trotoar untuk pedestrian di jalan utama Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah selesai dikerjakan. Selain perwajahan kota yang lebih cantik dan tertata, tertumpu harapan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) untuk kota itu sebagai Kota Batiah. 

Pembangunan tahap pertama trotoar untuk Pedestrian di Kota Payakumbuh telah selesai dikerjakan.

Kepala Dinas PUPR Kota Payakumbuh Muslim mengatakan Batiah yang merupakan singkatan dari Bersih, Aman, Tertib, Indah, Asri dan Harmonis memang adalah harapan semua pihak sehingga membuat pihaknya ingin mengabadikannya di trotoar yang dibangun di pusat kota. 

“Kami ingin setiap kali masyarakat melewati pedestrian ini bisa terus ingat dengan hal tersebut dan bersama-sama mewujudkan harapan itu.” kata Muslim, Rabu (25/11).

Menurutnya, Dinas PUPR Kota Payakumbuh tidak ingin sedikitpun mengenyampingkan promosi kota yang dalam beberapa waktu terakhir terus digencarkan, yakni Payakumbuh sebagai Kota Randang atau ‘The City of Randang’. 

“Kami sadar dengan ini, kami sangat mengerti soal branding itu. Tapi apakah dengan menggunakan istilah Kota Batiah ini berarti kami melupakan atau tidak sejalan dengan ini? Tentu tidak. Ini lebih kepada harapan kami, sehingga nantinya pusat kota kita merupakan perwujudan harapan kita semua akan sebuah lingkungan yang Bersih, Aman, Tertib, Indah, Asri dan Harmonis,” ujarnya.

Ia mengatakan pembangunan trotoar untuk pedestrian tahun ini baru tahap awal dan masih akan dilanjutkan pada tahun 2021, dan teruntuk Branding Kota “The City Of Randang” akan disimbolkan dan direncanakan akan dibangun di kawasan Pedestrian Sudirman.

Terkait adanya komentar negatif yang menyebutkan Dinas PUPR tidak berkompeten, Muslim menyayangkan munculnya pernyataan tersebut, sebab untuk menjadi ASN sangatlah tidak mudah.

Tidak hanya ada serangkaian tes yang harus dilalui tapi animo masyarakat untuk menjadi aparatur pemerintah mengakibatkan persaingan untuk menjadi PNS sangat tinggi, jadi dapat dikatakan hanya yang terpilihlah yang bisa menjadi PNS.

Khusus untuk Dinas PUPR Kota Payakumbuh, Muslim mengatakan 78 persen dari ASN Dinas PUPR telah berpendidikan sarjana, malahan untuk Pejabat struktural dinas, 80 persen telah berpendidikan S2 dan merupakan lulusan universitas yang mumpuni bahkan tamatan Universitas di luar negeri.

Disamping latar belakang akademik, pengalaman kerja juga berbicara. Dinas PUPR sudah acap kali menerima penghargaan untuk prestasi nasional, yang terbaru adalah diakuinya Kota Payakumbuh melalui Dinas PUPR oleh Komisi Pemberantasan Korupsi terkait praktik baik (PB) dalam pelayanan excellent (baik sekali, red) di bidang penataan ruang.

“Sehingga, ketika mengemuka pernyataan ini, maka kami hanya mengasumsikan sebagai Hate Speech, tuduhan tidak berdasar dari orang yang tidak mengerti apa makna dari kompetensi, terakhir mari kita bersama membangun payakumbuh yang menang, basamo mangko manjadi.,” ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi mengatakan digunakannya istilah Kota Batiah di trotoar yang dibangun juga bentuk ingatnya Pemkot Payakumbuh dengan sejarah kota itu sehingga tidak seperti kacang lupa kulitnya.

Sementara itu dari sisi pariwisata, kata Riza, branding kota lebih dari satu adalah suatu hal yang biasa dan sah-sah saja. Seperti Bukittinggi yang disebut kota tri arga, kota sanjai, dan kadang kota jam gadang. 

Meskipun ada perbedaan pandangan terkait ini, Riza mengingatkan agar bahasa-bahasa yang tidak baik tidak perlu dimunculkan apalagi sampai mengatakan pejabat daerah tak berkompeten.

“Jadi aneh ketika ada yang bicara seolah-olah Dinas PU ataupun ASN tidak punya kompetensi. Sementara selama ini kinerja mereka selalu diaudit oleh BPK bahkan termasuk terbaik di Sumbar. Kami menduga jangan-jangan yang berkomentar seperti ini tidak punya kompetensi atau hanya sekedar menunjukkan ketidaksukaan terhadap kinerja Pemkot Payakumbuh yang relatif baik,” kata dia.

Menurutnya, tudingan pejabat ataupun ASN tak berkompeten juga tak berdasar. Pegawai Pemko tak punya kompetensi adalah pernyataan jauh panggang dari api. (Adv)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Saat Rampungkam RPJMD, Bupati Minta OPD Sijunjung Himpun Data Ril Ke Lapangan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Sijunjung diberi waktu selama dua minggu untuk turun ke lapangan dan menyusun langkah strategis untuk...
- Advertisement -

Pengurus KAN Koto Nan Ompek Dikukuhkan Wali Kota Riza Falepi

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Sebagai Pucuak Undang, Wali Kota Riza Falepi mengukuhkan Pengurus Kerapatan Adat Nagari (KAN), Bundo Kanduang, Limbago Anak Nagari, dan Puti Bungsu Koto Nan Ompek Periode 2021-2026 di Balai Adat Balai Nan Duo, Rabu (7/4).

Ridwan Kamil Tepati Janji, Hadiah Motor Buat THL Pemko Payakumbuh Akhirnya Datang

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menepati janjinya kepada salahsatu Tenaga Harian Lepas (THL) Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh, Adi Ironi.
- Advertisement -

Sekda : Jangan Biarkan Warga Menunggu Di Jam Istirahat, Berikan Servis Optimal Kapanpun

Payakumbuh,BeritaSumbar.com- "Jangan biarkan warga menunggu lama, berikan servis bahkan disaat jam istirahat, jangan biarkan meja pelayanan kosong".

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Gelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

Padang,BeritaSumbar.com,-Anggia Erma Rini Wakil ketua Komisi IV DPR RI melaksanakan sosialisasi 4 pilar kebangsaan bertempat di Hotel Pangeran Beach. Padang, Minggu (11/04).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Wali Kota Riza Falepi Tutup Objek Wisata Selama Balimau Dan Libur Lebaran

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Menyambut bulan Suci Ramadhan setiap tahunannya, ada adat istiadat dan budaya yang berkembang ditengah-tengah masyarakat, namanya ”Potang Balimau” yang dilaksanakan di lokasi-lokasi objek wisata sebagai bentuk mensucikan diri sebelum menjalankan ibadah puasa. Ada juga tradisi pulang basamo untuk merayakan hari lebaran bersama saudara dan kerabat.

Pemko Payakumbuh Kembali Sukses Gelar Lomba Karya Inovasi dan Teknologi Tepat Guna

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Untuk kedua kalinya, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) kembali menggelar Lomba Karya Inovasi dan Teknologi Tepat Guna Tingkat Kota Tahun 2021.

Disdukcapil Kota Payakumbuh Disambangi Tim Penilai Tingkat Provinsi

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Payakumbuh disambangi Tim penilai Disdukcapil kabupaten/kota terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Kota Payakumbuh kembali Raih Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,– Kota Payakumbuh berhasil meraih juara II Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021 yang diserahkan langsung oleh Gubernur Provinsi Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah kepada Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi pada acara Musrenbang RKPD tingkat provinsi tahun 2021 di Hotel Grand Inna, Jumat(9/4).

Pemko Payakumbuh Berduka, Roza Thomas Wafat Usai Tabrakan Dengan Truk Colt Diesel

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Kabar duka datang dari lingkungan Pemerintah Kota Payakumbuh. Pasalnya Roza Thomas (40), ASN di Kecamatan Payakumbuh Selatan mengalami kecelakaan lalu lintas setelah bertabrakan hebat dengan mobil colt diesel pada Kamis (8/4), pukul 22.30 WIB malam.

Asisten 1 Pemko Payakumbuh Buka Mukerda LPM

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Payakumbuh yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Yufnani Away membuka secara resmi musyawarah kerja daerah (mukerda) Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Payakumbuh tahun 2021, di Aula Ngalau Indah Lt. III Balai Kota Payakumbuh, Kamis (08/04).

Kadisnakerin Wal Asri : Generasi Milenial Adalah Potensi Duta Informasi Dan Media Promosi

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Beberapa hari ini, banyak aktifitas yang dilaksanakan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh bersama insan pendidikan, mulai dari kunjungan studi tur, sosialisasi bursa kerja, sampai kepada kegiatan penguatan sumber daya manusia lainnya.

BPBD Kota Payakumbuh Berangkatkan KSB Pelatihan Di Padang

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Bencana dapat terjadi kapan saja, dan masyarakat harus selalu siap dan siaga terhadap segala kemungkinan. Kelompok Siaga Bencana (KSB) merupakan organisasi masyarakat di kelurahan yang dibentuk pemerintah agar masyarakat ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan penanggulangan bencana.

Ridwan Kamil Tepati Janji, Hadiah Motor Buat THL Pemko Payakumbuh Akhirnya Datang

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menepati janjinya kepada salahsatu Tenaga Harian Lepas (THL) Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh, Adi Ironi.

Santri Ponpes Al Jauhar IKHD Kota Duri Senang Ke Sentra IKM Randang Payakumbuh

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Tidak bisa dipungkiri lagi saat ini Kota Payakumbuh dengan brandingnya The City of Randang sudah menjadi bagian dari destinasi wisata bagi semua kalangan, baik berasal dari dalam maupun luar Sumatera Barat.
- Advertisement -