30 C
Padang
Sabtu, Januari 16, 2021
Beritasumbar.com

Pembangunan Trotoar dan Harapan PUPR untuk Kota Payakumbuh Sebagai Kota Batiah
P

Kategori -

Payakumbuh, BeritaSumbar.com – Pembangunan tahap awal trotoar untuk pedestrian di jalan utama Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah selesai dikerjakan. Selain perwajahan kota yang lebih cantik dan tertata, tertumpu harapan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) untuk kota itu sebagai Kota Batiah. 

Pembangunan tahap pertama trotoar untuk Pedestrian di Kota Payakumbuh telah selesai dikerjakan.

Kepala Dinas PUPR Kota Payakumbuh Muslim mengatakan Batiah yang merupakan singkatan dari Bersih, Aman, Tertib, Indah, Asri dan Harmonis memang adalah harapan semua pihak sehingga membuat pihaknya ingin mengabadikannya di trotoar yang dibangun di pusat kota. 

“Kami ingin setiap kali masyarakat melewati pedestrian ini bisa terus ingat dengan hal tersebut dan bersama-sama mewujudkan harapan itu.” kata Muslim, Rabu (25/11).

Menurutnya, Dinas PUPR Kota Payakumbuh tidak ingin sedikitpun mengenyampingkan promosi kota yang dalam beberapa waktu terakhir terus digencarkan, yakni Payakumbuh sebagai Kota Randang atau ‘The City of Randang’. 

“Kami sadar dengan ini, kami sangat mengerti soal branding itu. Tapi apakah dengan menggunakan istilah Kota Batiah ini berarti kami melupakan atau tidak sejalan dengan ini? Tentu tidak. Ini lebih kepada harapan kami, sehingga nantinya pusat kota kita merupakan perwujudan harapan kita semua akan sebuah lingkungan yang Bersih, Aman, Tertib, Indah, Asri dan Harmonis,” ujarnya.

Ia mengatakan pembangunan trotoar untuk pedestrian tahun ini baru tahap awal dan masih akan dilanjutkan pada tahun 2021, dan teruntuk Branding Kota “The City Of Randang” akan disimbolkan dan direncanakan akan dibangun di kawasan Pedestrian Sudirman.

Terkait adanya komentar negatif yang menyebutkan Dinas PUPR tidak berkompeten, Muslim menyayangkan munculnya pernyataan tersebut, sebab untuk menjadi ASN sangatlah tidak mudah.

Tidak hanya ada serangkaian tes yang harus dilalui tapi animo masyarakat untuk menjadi aparatur pemerintah mengakibatkan persaingan untuk menjadi PNS sangat tinggi, jadi dapat dikatakan hanya yang terpilihlah yang bisa menjadi PNS.

Khusus untuk Dinas PUPR Kota Payakumbuh, Muslim mengatakan 78 persen dari ASN Dinas PUPR telah berpendidikan sarjana, malahan untuk Pejabat struktural dinas, 80 persen telah berpendidikan S2 dan merupakan lulusan universitas yang mumpuni bahkan tamatan Universitas di luar negeri.

Disamping latar belakang akademik, pengalaman kerja juga berbicara. Dinas PUPR sudah acap kali menerima penghargaan untuk prestasi nasional, yang terbaru adalah diakuinya Kota Payakumbuh melalui Dinas PUPR oleh Komisi Pemberantasan Korupsi terkait praktik baik (PB) dalam pelayanan excellent (baik sekali, red) di bidang penataan ruang.

“Sehingga, ketika mengemuka pernyataan ini, maka kami hanya mengasumsikan sebagai Hate Speech, tuduhan tidak berdasar dari orang yang tidak mengerti apa makna dari kompetensi, terakhir mari kita bersama membangun payakumbuh yang menang, basamo mangko manjadi.,” ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi mengatakan digunakannya istilah Kota Batiah di trotoar yang dibangun juga bentuk ingatnya Pemkot Payakumbuh dengan sejarah kota itu sehingga tidak seperti kacang lupa kulitnya.

Sementara itu dari sisi pariwisata, kata Riza, branding kota lebih dari satu adalah suatu hal yang biasa dan sah-sah saja. Seperti Bukittinggi yang disebut kota tri arga, kota sanjai, dan kadang kota jam gadang. 

Meskipun ada perbedaan pandangan terkait ini, Riza mengingatkan agar bahasa-bahasa yang tidak baik tidak perlu dimunculkan apalagi sampai mengatakan pejabat daerah tak berkompeten.

“Jadi aneh ketika ada yang bicara seolah-olah Dinas PU ataupun ASN tidak punya kompetensi. Sementara selama ini kinerja mereka selalu diaudit oleh BPK bahkan termasuk terbaik di Sumbar. Kami menduga jangan-jangan yang berkomentar seperti ini tidak punya kompetensi atau hanya sekedar menunjukkan ketidaksukaan terhadap kinerja Pemkot Payakumbuh yang relatif baik,” kata dia.

Menurutnya, tudingan pejabat ataupun ASN tak berkompeten juga tak berdasar. Pegawai Pemko tak punya kompetensi adalah pernyataan jauh panggang dari api. (Adv)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.
- Advertisement -

Polres Pessel Gelar Giat AYO PAKAI Masker

Anggota Satlantas Polres Pesisir Selatan memasang stiker bertuliskan " Ayo Pakai Masker", di kendaraan roda dua dan roda empat, yang melintas di kota Painan, Jum'at (15/1). Selain stiker, juga dibagikan masker pada warga, juga pengendara di wilayah Hukum Polres Pessel, Jum'at (15/1).

Warga Tanjuang Gadang dihebohkan Penemuan Mayat Laki Laki

Masyarakat Jorong Guaguak None Kenagarian Tanjung Gadang kabupaten Sijunjung dihebohkan dengan penemuan mayat laki-laki Minggu (10/1) Sekitar pukul 09.30 WIB.
- Advertisement -

Riza Falepi : JK Pensiun, Saya dan Wartawan Merasa Kehilangan

Rapat Koordinasi Pemko Payakumbuh di awal tahun 2021 terasa berbeda. Karena juga ada momen perpisahan dengan pejabat yang memasuki purna tugas atau pensiun di Kafe Agam Jua, Kawasan Batang Agam, Rabu (13/1).

Bagaimana Itu Sekolah Tangguh? Begini Kata Kadis Pendidikan Agustion

Menindaklanjuti persiapan program sekolah tangguh yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Kota Payakumbuh pada rapat evaluasi Covid-19 beberapa waktu lalu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Agustion menjelaskan beberapa hal demi kelancaran program tersebut.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Asrama Putri Pesantren Cahaya Islam Payakumbuh Terbakar

Kebakaran hebat terjadi di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara, Sabtu (16/1) dini hari. Gedung Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam terbakar sekitar pukul 01.10 WIB.

Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Sekolah Tangguh

Menindaklanjuti persiapan program sekolah tangguh pada rapat evaluasi covid 19 beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota Payakumbuh menggelar Rapat persiapan sekolah tangguh yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Payakumbuh, Rabu(13/1/2021).

Melalui Disperkim, Pemko Payakumbuh Lanjutkan Program peningkatan Kualitas RTLH

Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kota Payakumbuh kembali lanjutkan program kegiatan bantuan swadaya peningkatan kualitas Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Payakumbuh untuk tahun 2021.

Riza Falepi : JK Pensiun, Saya dan Wartawan Merasa Kehilangan

Rapat Koordinasi Pemko Payakumbuh di awal tahun 2021 terasa berbeda. Karena juga ada momen perpisahan dengan pejabat yang memasuki purna tugas atau pensiun di Kafe Agam Jua, Kawasan Batang Agam, Rabu (13/1).

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...

Beberapa Ivent Besar di Disparpora Kota Payakumbuh Terancam Batal Dilaksanakan

Mengingat pandemi covid-19 di Payakumbuh belum sepenuhnya berakhir, beberapa event besar Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disparpora) Kota Payakumbuh terancam batal di laksanakan di tahun 2021.

Bagaimana Itu Sekolah Tangguh? Begini Kata Kadis Pendidikan Agustion

Menindaklanjuti persiapan program sekolah tangguh yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Kota Payakumbuh pada rapat evaluasi Covid-19 beberapa waktu lalu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Agustion menjelaskan beberapa hal demi kelancaran program tersebut.

Perumnas Kubang Gajah Wakili Kota Payakumbuh Dilomba Kampung Tangguh Tingkat Sumbar

Sebagai salah satu kampung tangguh yang masih aktif sampai sekarang, kampung tangguh Perumnas Kubang Gajah Kelurahan Limbukan ditunjuk sebagai salah satu perwakilan Kota Payakumbuh untuk lomba kampung tangguh tingkat Provinsi Sumatera Barat.
- Advertisement -