24 C
Padang
Senin, Oktober 18, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Payakumbuh Siapkan Lahan 7.000 M2 Untuk Pendirian Kampus UNP
P

- Advertisement -

Payakumbuh, www.beritasumbar.com – Pemerintah Kota Payakumbuh menyiapkan lahan 7.000 meter persegi untuk lokasi pendirian Kampus Universitas Negeri Padang (UNP) di daerah tersebut.

Sehingganya rencana pembangunan Kampus UNP di Payakumbuh sudah didepan mata, sebab pemerintah setempat sedang menyiapkan proses administrasi penyerahan hibah tanah yang berlokasi di Padang Kaduduak.

Wakil Wali Kota Payakumhuh Erwin Yunaz mengatakan pihaknya sangat mendukung berdirinya kampus UNP di Payakumbuh, karena nantinya akan menjadi suatu kebanggaan bagi Kota Payakumbuh dan membawa banyak dampak bagi masyarakat.

“Sesuai kata Wako kita harus cepat merespon untuk kemajuan dunia pendidikan, semoga proses administrasinya segera siap dan kampus bisa segera dibangun,” ucap wawako.

Menurutnya, selain kemajuan dunia pendidikan nantinya diharapkan juga dapat mendongkrak perekonomian warga Payakumbuh dengan hadirnya kampus UNP itu.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh Rida Ananda mengatakan pihaknya akan segera memproses administrasi hibah dari Pemko Payakumbuh ke pihak UNP.

“Kita akan proses secepatnya dengan baik dan benar sesuai dengan regulasi agar dikemudian hari tidak menimbulkan masalah, mudah-mudahan akan selesai tahun ini,” ucap Sekda Rida.

Rektor UNP Ganefri mengatakan nantinya di kampus UNP Payakumbuh akan ada beberapa jurusan dari Fakultas Pariwisata dan Perhotelan (FPP) mengingat potensi daerah yang berada dijalur perlintasan dan Kota Kuliner di Sumbar.

“Awalnya kita akan membuka program study kuliner minang, melihat potensi Payakumbuh kita juga akan membuka prody tatarias, busana dan perhotelan,” katanya saat audiensi dengan Pemko Payakumbuh melalui zoom meeting, Kamis (05/10).

Ia menyebutkan kalau proses administrasi hibah ini bisa selesai ditahun 2020 maka proses pembangunan akan bisa dimulai ditahun 2021 mendatang dengan perkiraan biaya sekitar 30milyar rupiah.

“Kita akan mulai pembangunanya bertahap, mudah-mudahan proses hibah selesai tahun ini  sebab untuk membangun kampus ini merupakan syarat utama dari kementerian,” ucapnya.

“Nantinya kampus ini akan kita buat senyaman hotel agar mahasiswa betah berada di kampus,” tambahnya.

Bangunan yang rencananya akan dibangun dilahan seluas 7000 meter persegi tersebut menganut konsep smart building dengan green campus technologi yang proses pembangunannya akan memakai sumber daya manusia dari UNP, yang berasal dari berbagai disiplin ilmu baik itu dari teknik arsitektur, sipil dan bangunan maupun manajemen dan akuntansi. Gedung ini nantinya akan difungsikan untuk gedung perkuliahan, laboratorium, kantor dan auditorium serta untuk menghubungkan setiap lantai akan menggunakan lift dan tangga dan disetiap lantai ada toilet.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img