Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Sekretaris Kelurahan Talang Zikriman Zainal, SH buka secara resmi Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) Kelurahan Talang, Kecamatan Payakumbuh Barat, Jum’at 6/12 lalu.

Dalam sambutannya Zikriman Zainal menyampaikan, bahwa MMD merupakan pertemuan perwakilan warga desa maupun kelurahan bersama tokoh masyafakat baik itu LPM, Ketua RW dan RT serta para petugas untuk membahas hasil Survey Mawas Diri (SMD) dilakukan sebelumnya oleh kader.

Kemudian, tujuan MMD adalah agar masyarakat mengenal masalah kesehatan diwilayahnya, masyarakat meanggulangi masalah kesehatan melalui pelaksanaan Desa Siaga dan Piskesdes.

Dan masyarakat menyusun rencana kerja untuk menanggulangi masalah kesehatan sebagai program Puskesmas pada tahin mendatang, kata Zikriman.

Sebagai leading sektor kegiatan MMD itu dari Pukesmas Payolansek, pihak Pemerintahan Kelurahan Payolansek hanya sebagai fasilitasi. Sebelum penetapan hasil musyawarah sebelumnya penyampaian ekspose permasalahan kesehatan di Kelurahan Talang.

Dalam eksposenya, Kepala Puskesmas Payolansek Rina F, SKM menyampaikan ada 9 masalah kesehatan yang mesti ada penetapan prioritas dari SMD.

Adapun masalah yang harus ditetapkan itu adalah Tidak memiliki JKN 5 % dengan penetapan perlu pendataan ulang, tidak timbang ke Posyandu 7 %, dengan pemecahan yakni pentingnya sosialisasi Posyandu, tidak ASI eklusif 19 %, tidak KB 41 %, serta merokok 82 %.

Jadi perlu sosialisasi bahaya rokok dan pelaksanaan terapi untuk tidak merokok di Puskesmas Payolansek secara terjadwal.(*/rel)

loading...